Selasa, 09 Maret 2021

Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

7 Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula. Menjadi konten creator saat pandemi ini emang jadi tantangan tersendiri. Beberapa aplikasi membuka lowongan untuk menampilkan konten yang menarik. Konten yang lagi digandrungi anak muda dan juga para ibu-ibu adalah video. Tapi, tidak semua orang nyaman di depan kamera. Nah, konten masakan dapat menjadi alternatif karena tidak semua tampil wajah di depan kamera.


Aku sendiri lagi senang membuat konten video masakan. Video sederhana sebagai dokumentasi masakan sehari-hari untuk keluargaku. Sebagai pemula, tentunya aku mencari contoh video masakan orang lain sebagai perbandingan. Namun, tak lama aku menemukan ciri khas tersendiri dan keasyikan dalam mengedit video masakanku. Alhamdulillah challenge selama Februari aku sudah membuat lebih dari 50 video masakan berdurasi 20-40 detik/video.

Berikut Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula ala aku :


1. Buat konsep

Buatlah jalan cerita dalam membuat video masakan. Setidaknya Moms sudah punya konsep awal, tengah dan akhir dari video masakan. Siapkan bahan masakan yang masih segar dan tentukan perlengkapan penunjang.

ikan mas acara kuning


2. Tema Menarik


Pilih tema video masakan yang Moms sukai dan kuasai. Entah masakan santan, tumis, rebusan atau lainnya. Tema yang menarik dan tematik sangat disukai penonton. Misal, video masakan Moms adalah video masakan rumahan, tanpa pengawet atau masakan di bawah 50K.

3. Cahaya

Perhatikan cahaya dalam pengambilan video. Jika memerlukan cahaya tambahan, gunakan ring light sebagai cahaya tambahan. Aku sendiri sering mengambil video pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB atau sore pukul 16.00 WIB. Selebihnya harus menggunakan cahaya tambahan.

pencahayaan dalam membuat video masakan

4. Tunjukan Proses Masak

Nah, Mom ini mungkin perlu banyak latihan ya. Cara pengambilan video apakah langsung pegang kamera smartphone (aku pakai smartphone dalam membuat video masakan) atau memerlukan tripod. Sesuai konsep yang ada, siapkan wadah makanan untuk bumbu, bahan yang sudah dibersihkan, sampai proses memasaknya.

proses mebuat video masakan


5. Perlengkapan Masak

Ada baiknya menggunakan wajan yang terlihat bersih dan masih baru. Namun, jika wajan atau panci sudah lama pun tidak menjadi masalah. Ini hanya soal keindahan saja. Lengkapi juga mangkuk dan piring yang sesuai dengan masakan.


6.Gunakan Aplikasi Edit Video

Ada banyak aplikasi edit video yang akan membantumu membuat video. Mulai dari Kinemaster, Quik, Capcut, VN dan lainnya. Untuk pemula, aku sarankan menggunakan aplikasi edit video Capcut. Namun, jika ingin lebih bagus hasinya, maka gunakan aplikasi edit video Kinemaster.

pepes ikan mas

7. Jaringan Internet yang Kuat


Selain edit video, Moms dapat membuat video masakan langsung dari aplikasinya, misalnya aplikasi Tiktok atau Snack Video. Tak perlu mengedit video, cukup klik pause saat akan perpindahan video. Namun, perlu disiapkan jaringan internet yang stabil. Tak jarang sudah merekam video, tapi tidak keluar musik atau text pada aplikasi tersebut.

Untuk itu, Moms aku rekomendasikan jaringan internet yang cukup membantu dalam membuat video masakan yaitu Smartfren Extra Unlimited. Ada beberapa kelebihan dengan menggunakan smartfren ini yaitu internet aktif 24 jam, berlaku nasional dapat digunakan di mana saja, bisa digunakan pada semua aplikasi serta berlaku untuk pengguna lama dan baru.

Smartfren Extra Unlimited

Makin salut dengan kencangnya internet Smartfren Extra Unlimited ini saat diajak ke hutan atau daerah jauh dari perkotaan, masih kencang. Untuk itu, Speed internet Smartfren Unlimited ini sangat membantuku dalam membuat konten kreatif video masakanku.

Dengan adanya Smartfren Unlimited aku aku tak perlu ragu lagi untuk kehabisan ide membuat video masakanku. Aku dapat browshing atau tukar pikiran dengan teman-teman sesama konten creator video masakan.

Nah, semoga 7 Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

26 komentar:

  1. kencangnya speed internet Smartfren Extra Unlimited memang bikin hidup makin enjoyyy ya mbaaa
    akupun terbantu bangettt dgn SmartFren ini
    Ntab jiwa!!

    BalasHapus
  2. aku jadi inget udah lama ngga buat video masak dan tutorial nih mba... banyak feed traveling soalnya hehehe. Tapi memang seru yaaa

    BalasHapus
  3. Nah, saya tuh masih lumayan gagap deh kalau bikin video. Tetapi, pastinya buat content creator keberadaan internet yang bagus itu penting banget

    BalasHapus
  4. Saluuut mbak Naq yang uda berani bikin konten video. Saya mah baru bikin video untuk pribadi saja hehehe. semisal video anak-anak. Belum pede kalau mau beneran buat konten video utk blog apalagi youtube.

    BalasHapus
  5. Aku kefikiran buat bikin video masakan secara tiap hari aku masak, tapi kok rasanya agak ribet ya heuheu.. Mungkin karena belum terbiasa ya, mbak. Btw makasih sharingya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Makasih tipsnya.
    Aku sukaaa liat video2 masakan, baik itu di IG atau youtube, buat nambah2 ide memasak di rumah. Tapi masih belum sanggup bikin video masakan sendiri, apalagi saat proses memasaknya di kompor. Parno duluan pegang hp dekat kompor, takut bahaya hehe. Mungkin harus beli tripod ya, biar hp bisa diletakkan di jarak yg agak jauh dan dizoom aja.

    BalasHapus
  7. wuih keren sekali kamu mba, aku pernah nyoba beberapa kali untuk bikin konten video masakan, rasanya beneran deh butuh banyak alat ataupun asisten.

    BalasHapus
  8. Iya video masak memasak tuh selalu ada penontonnya ya tinggal kota mengemas videonya dengan baik dan enak ditonton..

    BalasHapus
  9. Oh astaga.. Aku baru tau tyt ring light itu bs dibengkokin gitu ya buat bikin video mode flat lay gitu mba? Aku blm pernah otak atik ring light itu. Keren nih tipsnya jd pengen coba jg

    BalasHapus
  10. Kalau dibaca, tipsnya kurleb juga dengan buat konten di blog ya.
    Kudu unik, otntik dan konsiten!

    Selain itu, yes, jaringan internet kudu kencang, karena kita upload konten video, bukan teks.
    Nelangsa jadinya kalau jaringan internet cuma muter-muter kayak komidi puter.
    Hihihi.

    BalasHapus
  11. Konten memasak ini memang lagi digandrungi ya. Selain banyak video yang menarik, resep-resep yang dibagikan juga sangat bermanfaat. Aku juga pernah membuat konten memasak di Youtube, dan memang prosesnya cukup membutuhkan kesabaran ya..hehe..

    BalasHapus
  12. Makasih tipsnya mbk.. Aku selama ini bikin video masak pake cahaya alami karena area dapur sampingnya terbuka hehe. Di tempatku sinyal Smartfren lumayan kenceng

    BalasHapus
  13. Aku beberapa kali tuh sempat bikin video masak dan jadi ketagihan deh, hehehehee... kalau boleh saran daripada pakai ringlight bisa ambil LED yang khusus video mbak.

    BalasHapus
  14. Bener bnget kalau buat video yg Penting pencahayaan y mba terus peralatan juga hrs menunjang apalagi pakai Smartfren Extra Unlimited anti buffering lancar jadinya

    BalasHapus
  15. Masya Allah..Aku jadi terinspirasi pingin buat video juga.. Apalagi, dg Internet yg kenceng ala Smartfrend unlimited. Thanks tips nya mbak

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu ring light bisa ditekuk gitu, waaah. pengen coba bikin video masak belum juga. ternyata triknya banyak ya termasuk minta tolong paksu buat siapin bahan-bahannya hehe..

    BalasHapus
  17. Terima kasih banyak Mbak, saya sedang mencari tahu nih, bagaimana membuat ide video yang menarik dan intinya bagaimana supaya saya konsisten

    Salah satunya jaringan internet juga wajib stabil ya

    BalasHapus
  18. ah iya mbak, makasih tipsnya ya , ijin atm ya mbak dan benar sekali mbak emang pas bikin konten pakai smartfren Unlimited ini

    BalasHapus
  19. Dapur saya gelap banget, salah posisi, jadi enggak pede kalau harus bikin video di dapur...

    BalasHapus
  20. aku dari kemarin pengen banget ini tapi entah ga jadi2
    mau bikin beberapa kali napasnya ilang semangatnya
    tapi kayaknya kudu dimulai deh apakagi kalau didukung layanan cepat buat internetan

    BalasHapus
  21. buat video tuh memang butuh jaringan yang kenceng ya, Mba buat upload videonya. Apalagi video masak. Konsepnya kudu jelas dari awal. biar pas masak ga jadi mubazir ya, Mba

    BalasHapus
  22. Kak Naqi lagi seneng banget sama konten kuliner yaah..
    Aku ikutan happy lihat review makanannya. Berasa blink-blink ceria mata berbinar.
    Ternyata kelancaran upload video di dukung oleh Smartfren niih..

    BalasHapus
  23. Cahaya matahari yang paling pas kalau untuk videoin makanan menurutku karena benar benar pas, ga kurang ga lebih
    Bahkan saya sedang belajar kalau artificial light menyiasatinya gimana

    BalasHapus
  24. Mbak ringlight beli dimana? Aku juga lagi butuh ringlight buat konten

    BalasHapus
  25. Bintangin, ah. Barang kali saya ingin membuat video masak, tinggal praktekkan aja. BTW, baca ini, saya jadi pingin pindah ke Smartfren juga 🤭

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^