Sabtu, 29 Mei 2021

Surat Hak Milik dan Fungsinya

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,  

Ketika ingin membeli suatu apartemen ataupun menjadi penghuninya, maka seseorang harus mengurus beberapa dokumen terlebih dahulu agar apartemen tersebut bisa diakui kepemilikannya oleh mereka. Salah satu dokumen tersebut adalah Surat Hak Milik, yang memiliki beragam fungsi tidak hanya bagi para penghuni sendiri saja, namun untuk keluarga mereka pula.

surat hak milik

Beberapa Fungsi Surat Hak Milik Apartemen

1.             Memberi Perlindungan Hukum pada Penghuni

Fungsi pertama yang dimiliki oleh Surat Hak Milik adalah mampu memberi perlindungan hukum bagi pemilik atau penghuni apartemen. Hal tersebut pun membuat mereka diakui sebagai pemilik unit apartemen di mata hukum yang sudah berlaku, sehingga risiko mereka terkena masalah yang cukup merepotkan terkait dengan kepemilikan bisa semakin berkurang.

Tidak hanya itu, dokumen surat ini juga sangat berguna ketika pemerintah sedang melakukan suatu kegiatan untuk memperoleh data yang dimiliki oleh penghuni unit apartemen. Penghuni pun juga bisa merasa aman dan tidak akan merasa khawatir harus terkena kerugian ataupun diusir oleh pihak ketika saat ada beberapa masalah yang tidak diinginkan.

2.             Bisa Diwariskan Pada Keluarga

Selain memberikan perlindungan hukum, Surat Hak Milik pun bisa menjadi sangat berguna karena jangka waktunya termasuk sangat lama. Ketika penghuni yang memiliki surat tersebut sudah meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkanlah yang menjadi pewaris unit apartemen tersebut tanpa harus melalui proses hukum yang rumit terlebih dahulu.

Karena hal tersebut, maka anggota keluarga yang ditinggalkan pun tidak akan merasa kesulitan ketika ingin mencari rumah yang bisa dihuni sebab sudah bisa menghuni unit apartemen yang sebelumnya dihuni oleh pemilik surat tersebut. Sehingga, tidak hanya menguntungkan pemilik saja namun juga mampu membuat anggota keluarganya senantiasa berada di dalam kondisi yang aman.

3.             Berfungsi Sebagai Aset

Fungsi selanjutnya yang dimiliki oleh Surat Hak Milik adalah sebagai aset pribadi yang mampu menjadi properti simpanan ketika suatu saat dihadapkan oleh suatu masalah finansial yang cukup menakutkan. Meskipun Anda tidak menjadi pihak yang mendirikan bangunan apartemen tersebut, namun tanah apartemen itu tetap bisa memberi Anda beberapa keuntungan yang tinggi.

Salah satu contohnya adalah ketika banyak investor yang menjadikan Apartemen Sudirman Suites di Makassar sebagai aset mereka. Karena banyak yang memberikan ulasan positif mengenai apartemen ini, maka banyak investor yang mempercayakan uang mereka untuk diinvestasikan. Ada beragam kelebihan lain mengenai apartemen ini yang bisa dilihat di Sudirman Suites.

4.             Menjadi Jaminan Perbankan

Fungsi terakhir yang membuat surat ini begitu penting untuk dimiliki adalah kegunaannya yang sangat tinggi yaitu menjadi jaminan perbankan bagi para pemiliknya. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dan berguna sebab surat tersebut mampu menjadi suatu jaminan ketika pemilik surat ingin mengajukan kredit perbankan ataupun pinjaman di bank.

Dengan begitu, maka pihak bank pun akan menganggap bahwa pemilik surat merupakan pihak yang mampu dipercaya sehingga proses pinjaman pun akan berjalan dengan lancar. Mereka tinggal menunggu sampai pemilik surat mampu mengembalikan uang yang sudah dipinjamnya.

Demikianlah beberapa fungsi Surat Hak Milik yang dapat Anda ketahui. Selain memiliki fungsi yang begitu berguna, surat ini memang menjadi hal yang cukup krusial bagi para pemilik unit apartemen untuk membuktikan kepemilikan mereka yang sangat sah di mata hukum. Sehingga, mereka pun bisa beristirahat di apartemen tanpa harus kerepotan oleh dokumen lain yang membingungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^