Kamis, 27 Mei 2021

Sundance Film Festival : Asia 2021 Short Film Competition

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sundance Film Festival : Asia 2021 Short Film Competition. Ada yang suka nonton film pendek atau suka membuat film pendek. Awalnya aku kurang tertarik soal film pendek. Namun, diawal pandemi, Film Tilik sangat booming dan mencuri hatiku.

Film pendek karya anak bangsa? Wow, ternyata banyak yang bagus! Anak pensantren juga berlomba-lomba bikin film pndek. Kamu mau juga? Ini ada info keren mengenai lombanya, loh!



Buat kamu yang suka bikin film pemdek, IDN Media dan XRM Media tahun 2021 gelar Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian dari Sundance Film Festival : Asia. Kompetisi ini disponsori oleh Argo yang dikenal zebagai platform streaming dan kurator global film pendek. 

Kompetisi untuk filmmakers di Indonesia. Tujuannya tiada lain untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan karya-karya mereka ke kancah internasional.

Menurut Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan story telling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia.  Untuk peserta Short Film Competition 2021, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya."

Winston juga berharap agra Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.

Nah, menarik sekali ya? Tak sabar deh menantikan karya film pendek berkualitas! Apalagi kelak, film-film pendek yang mengikuti kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Pemenang short film competiton Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000. Hadiah ini sponsor dari Argo, loh! 


Juri Lomba Film Festival Asia 2021

Berikut nama-nama dewan juri yang akan melakukan kurasi terhadap film-film pendek dalam kompetisi ini, mereka adalah:
  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  3. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  6. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Menariknya, film pendek yang memenangkan kompetisi akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada September 2021 mendatang. Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

Kapan Pendaftaran Short Film Competition ?

  1. Dibuka hingga 9 Juli 2021.
  2. Warga Indonesia
  3. Usia 18 tahun baik tinggal di dalam/luar negeri.

Tak perlu ragu dan bingung, untuk materi film, tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.


Kata Mereka Tentang Sundance Film Festival


Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival mengatakan, “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias. ”

Lain waktu, Michael Chow, Founder of XRM Media menyampaikan bahwa “XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”

“Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Kami yakin misi kami untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek, ” Kata Arcadiy Golubovich, CEO Argo.

Sundance Institute

Baca Juga : Review Film 5 Penjuru Masjid dan Nobar yang Seru Abis!

Mengenal Lebih Dekat Sundance Institute


Sundance Institute didirikan tahun 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat. Sundance Institute merupakan lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang.Tentunya, sebagai kurator film independen,   program yang sangat keren!

Program-program yang diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif.

Kehadiran dari Sundance Film Festival akan sangat membantu dalam menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.

Selama ini, Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, On The Record, Boys State, The Farewell, Honeyland, One Child Nation, The Souvenir, The Infiltrators, Sorry to Bother You, Won't You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Mudbound, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Between the World & Me, Wild Goose Dreams and Fun Home.


Yuk, Kenalan dengan IDN Media


Nah, teman-teman, bagi yang belum mengenal IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Apa Itu Argo?


Argo adalah platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas, menghubungkan pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dinilai ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia. Argo menjamin hak komersial para pembuat film. Atas dasar bagi hasil, Argo bertujuan untuk memastikan bahwa pembuat film dapat memiliki kesempatan untuk benar-benar menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru. 

Nah, Sahabat Smart Mom, semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Untuk infomasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

2 komentar:

  1. Wah film apa ini? Aku gak update dan blm pernah nonton. Boleh nih di coba tonton

    BalasHapus
  2. Event keren nih, banyak talenta dan creator muda di Indonesia yang bakal kumpul di sini, ya. Inget film pendek langsung kebayang sama bu tejo. Susah move on dari katakternya🤭

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^