Senin, 27 September 2021

Berencana Investasi Reksadana Saham? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Sadar bahwa mulai investasi itu penting? Apalagi jika Anda memiliki tujuan untuk investasi jangka panjang. Reksadana saham menjadi pilihan investasi yang tepat, khususnya jika Anda ingin menjadi investor agresif yang mendambakan high return.

Secara pengertian, reksadana merupakan wadah untuk menghimpun masyarakat pemodal yang investasinya akan dikelola oleh manajer investasi menjadi portofolio. Nantinya ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa dipilih manajer investasi, hanya saja dalam kasus ini adalah saham. 

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-biru-laptop-kantor-6120178/


Setelah mengenali pengertiannya, Anda jangan terburu-buru dulu untuk berinvestasi sebelum mengenali beberapa hal berikut ini. Tujuannya agar tetap mendapat keuntungan. 

4 Hal Penting sebelum Berinvestasi pada Reksadana Saham

Keuntungan utama yang ditawarkan dari reksadana adalah pengelolaan semua dilakukan oleh manajer investasi. Anda sebagai pemilik dana hanya perlu menginvestasikan uang pada manajer investasi yang kredibel. 

Berbeda jika Anda harus investasi saham sendiri, modal yang dibutuhkan lebih besar Anda juga harus rutin menganalisa pergerakan pasar. Bagi pemula tentu semua hal tersebut akan terasa sulit.

Oleh karena itulah memilih reksadana saham adalah keputusan yang baik. Hanya saja investasi ini bukan tanpa resiko. Beberapa resiko seperti masalah likuiditas, berkurangnya unit penyertaan hingga tindakan wanprestasi perlu diperhatikan. 

Nah, supaya Anda tidak keliru dalam berinvestasi, sebaiknya perhatikan kelima hal berikut ini terlebih dahulu. 

Menentukan Tujuan Keuangan Investasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika Anda siap untuk investasi jangka panjang maka reksadana saham adalah pilihannya. Hal ini berkaitan dengan jangka waktu yang dimiliki investasi ini adalah sekitar 10 tahun atau kurang dari 15 tahun. 

Mengingat karakteristiknya tersebut, Anda harus memperhitungkan tujuan keuangan sejak awal. Siap untuk mendapat keuntungan dalam jangka waktu tersebut menjadi salah satu resiko yang harus ditanggung. 

Mengenali Betul Perusahaan Manajer Investasi

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah mencari tahu soal perusahaan manajer investasi. Anda akan berinvestasi pada manajer investasi, oleh karena itu mencari perusahaan yang kredibel sangatlah penting. 

Anda harus tahu bagaimana jejak rekam manajer investasi ketika mengelola reksadana saham. Cek juga legalitasnya melalui situs OJK agar lebih aman. 

Mengetahui Cara Kerjanya

Ketahui juga bagaimana cara kerja reksadana saham, karena meskipun pengelolaan dilakukan manajer investasi, bukan berarti Anda lepas tangan. Anda juga perlu mengenali proses investasi yang benar dan produk apa yang sebaiknya dipilih. 

Mengenali Informasi Produk dengan Lengkap

Terakhir adalah mengetahui produk yang akan dipilih, Anda harus mencari informasi lengkap mengenai profil produk tersebut. Baik itu dari segi profil risiko, jenis mata uang, sampai dengan scoring. 

Mengenali profil produk ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan dana yang dimiliki. Jadi jangan sampai salah pilih produk investasi. 

Aplikasi Terbaik untuk Membeli Reksadana Saham 

Anda sudah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum investasi reksadana. Kini saatnya Anda menentukan aplikasi mana yang akan digunakan untuk berinvestasi. Soal ini, Anda bisa mempercayakan pada digital banking dari digibank by DBS yang bisa memudahkan proses transaksi investasi Anda hanya melalui smartphone.

Masyarakat modern tentu sudah tidak asing lagi dengan kehadiran digital banking.  Hanya dengan satu aplikasi saja, Anda bisa bebas membuka tabungan online, transfer di manapun, mengecek saldo tabungan termasuk berinvestasi. 

Aplikasi dari PT Bank DBS Indonesia ini memudahkan Anda untuk berinvestasi bukan hanya di reksadana saham saja. Ada pilihan lain seperti reksadana pasar uang yang memiliki jangka waktu 1 tahun dan menggunakan pasar uang dalam negeri. 

Kedua adalah reksadana pendapatan tetap yang tersedia dalam bentuk obligasi atau surat utang dengan nilai paling sedikit 80% dari aset. 

Jenis ketiga adalah reksadana campuran yang investasinya akan digunakan pada beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi dan pasar uang. 

Tinggal pilih saja, mana investasi reksadana yang cocok dengan tujuan keuangan Anda. Selain banyaknya pilihan tersebut, digibank by DBS juga menyediakan beberapa keuntungan lain yang memudahkan investor pemula yaitu:

Anda dapat Memilih Lebih dari 50 Produk

digibank by DBS memiliki 50 produk lebih yang bisa Anda pilih dengan mudah dan lengkap layaknya sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang. Semuanya bisa Anda pilih hanya dengan satu aplikasi saja. Keunggulan ini memudahkan Anda yang ingin berinvestasi tanpa harus repot pergi ke bank.

Proses Pembelian secara Berkala Lebih Fleksibel

Ingin langsung membeli reksadana secara berkala? Anda bisa melakukannya di aplikasi digibank by DBS. Anda bahkan bisa menentukan tanggal serta bulan dan mengubah jumlah dana investasi. 

Hanya Membutuhkan Modal Rp100.000

Tidak membutuhkan modal yang besar untuk investasi, cukup dengan Rp100.000 saja Anda sudah bisa memulai. Anda tak perlu takut akan kerugian karena modal yang dibutuhkan saja kecil. 

Pemilihan Mudah Berdasarkan Kategori 

Bagi Anda yang masih pemula dan bingung memilih produk, jangan khawatir. Semua produk telah dilengkapi prospektus dan informasi reksadana dengan lengkap. Mempermudah Anda memilih, telah disediakan tiga kategori reksadana pilihan berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring yang terbaik. 

Cukup Sekali Daftar SID Bisa Beli, Jual dan Switch 

Tak ketinggalan, untuk mulai investasi Anda hanya perlu mendaftar Single Investor Identification (SID) sekali saja. Konfirmasinya berlangsung 1X24 jam, setelah itu Anda bisa membeli, menjual atau switch produk reksadana dengan leluasa.

Kini Anda yang berencana untuk melakukan investasi pada reksadana saham tidak akan bingung lagi. Hanya dengan modal Rp100.000 saja Anda bisa langsung membeli produk reksadana di digibank by DBS. 

Pemilihan produknya mudah dengan informasi lengkap dengan manajer investasi yang terpercaya. Bagaimana tidak, Bank DBS telah meraih gelar Bank Teraman di Asia selama 12 tahun berturut-turut oleh Global Finance. 

Soal keamanan dan juga pilihan produknya tentl tidak diragukan lagi. Langkah memulainya pun sangat mudah, Anda cukup menginstal aplikasi digibank by DBS secara gratis. Jangan lupa untuk follow digibank IG agar tidak ketinggalan informasi. 


26 komentar:

  1. Waalaikumsalam, ini penting untuk yang mau investasi saham mengingat reksadana penting untuk yang ingin investasi jangka panjang. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Wah, keren nih untuk yg mau investasi..
    Jdi inget waktu kuliah dulu, mata kuliah saham..

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh.
    MasyaAllah mbak Naqi, hatur nuhun ini sudah berbagai informasi tentang dunia investasi saham. ilmu baru buat Aye. bener-bener awwam. Dari dulu sering dengar tentang saham ini, namun kurang begitu maksud dengan penjabarannya. alhamdulillah tulisan mbak Naqi membantu

    BalasHapus
  4. Wah pas banget aq punya debet dan aplikasi DBS. Pernah beli ori di sana, tapi lainnya belum coba. Mau coba ah

    BalasHapus
  5. Saya kenal investasi reksadana dari anak sendiri. Dia yang banyak belajar. Karena investasi itu dipengaruhi waktu dan persepsi, waktu itu saya merasa terlalu beresiko. Untung lah anak saya tipikal orang yang senang belajar. Jadi tahu seluk beluk main reksadana dari dia. Jadi sekarang ikutan berinvestasi disana :)

    BalasHapus
  6. waalaikum salam, ini aku masih maju mundur untuk mulai investasi di reksadana kayak gini, bukan karena takut resikonya krn memang kan semua investasi pasti ada resikonya. tp mungkin lebih krn minim info aja tuh, keliatannya aplikasi dr digibank ini bikin lbh mudah yaa

    BalasHapus
  7. bahagia jadi ibu jaman now,
    kalau ada mentoring dan tutorial yang benar, bisa jadi "mainan" reksadana, saham, bursa efek ini jadi mata pencaharian utama juga ya

    BalasHapus
  8. Sekarang banyak sekali pilihan produk investasi reksadana, tinggal pilih mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Dan ga perlu pake bingung lagi karena lewat aplikasi digibank by DBS semua serba mudah

    BalasHapus
  9. Mungkin maksudnya reksadana "dan:" saham gtu ya mbak Naqy? Krn setauku dua produk investasi ini beda.
    Yg kucoba baru reksadana, terus terang saham apalagi obligasi itu blm pernah
    Btw digibank by DBS ini aplikasi yg mayan lengkap ya, gak cuma buat nabung tp jg utk inves dan kelola keuangan TFS infonya

    BalasHapus
  10. wah keren aplikasi digibank ternyata bisa buat beli reksadana ya, mbak. jadi bisa langsung potong dari rekening di bank dbs dong ya?

    BalasHapus
  11. Oh jadi lewat DBS bisa sekalian invest saham reksadana ternyata ya. Suamiku punya sih tabungan di DBS. Bisa juga nih ivest saham di DBS

    BalasHapus
  12. Investasi yang aman dan sangat bermanfaat bagi yang baru belajar adalah dengan mempercayakannya pada digibank by DBS. Karena reksadana saham ini kayanya banyak lika-likunya yaa, kak Naqi.

    BalasHapus
  13. Iya mbak sebaiknya sebelum berinvestasi harus mempelajari dulu keseluruhannya ya supaya gak sia-sia nantinya. Gali informasi selengkap mungkin supaya ga ada kekeliruan di kemudian hari. OH dari DBY ada ya produk reksadananya juga

    BalasHapus
  14. Sekarang investasi di Reksadana makin mudah,bahkan bisa ya mulai dengan nilai nominal 100 ribu. Jadi mau nyoba beli di DBS

    BalasHapus
  15. Tahu rekam jejaknya perusahaan manajer investasi emang penting banget ya mbak, kan kita mau mempercayakan dana kita untuk dikelola di situ.

    BalasHapus
  16. aku belum paha soal investasi reksadana ini, tapi waktu nonton itaewon class jadi pengen juga, hahaha. terima kasih ya mak udah diberikan tambahan wawasan

    BalasHapus
  17. yng investasi seperti ini tuh jadi inget tim akunting jeli banget sayangnya aku masih bingung sih tujuannya maka bener bnget penting kenali tujuannya dulu ya mba

    BalasHapus
  18. Mempelajari cara kerja nih penting banget ya Mba. Aku sendiri juga masih belajar nih soal investasi masih cetek ilmu. Makasih udah di share in ilmu bermanfaat ini.

    BalasHapus
  19. bener mbak, investasi itu penting yaa, tapi kudu beneran paham agar tidak mudah tertipu. Sekarnag serba online ya mbak, bisa dipelajari dengan mudah, apalagi investasi dengan nilai yang rendah, 100ribu zaman now dapat apa ya mbak, kalau diinvestasikan akan bisa menjadi sesuatu yang besar dan menguntungkan

    BalasHapus
  20. Modal 100 ribu udah bisa jalan nih reksadana sahamnya ya.. Jadi gak harus banyak duit untuk memulai...Dah lama pengen cobain...

    BalasHapus
  21. Investasi di Reksadana memang asyik, karena pengelolaan sudah dipegang reksadana. Walau begitu tetap harus memahami dasarnya. Biar tahu mau ambil reksadana apa.
    Soal Reksadana ini ternyata bisa juga melalui aplikasi DBS ya mba.

    BalasHapus
  22. Sekarang berinvestasi makin mudah ya tinggal unduh aplikasi dan mendaftar deh, besarannya pun nggak harus jutaan rupiah untuk memulai investasi, tinggal pintar pilih REKSADANA apa yang bikin cuan mengalir

    BalasHapus
  23. thanks for all the tips and tricks mba.. aku juga pakai Reksadana nih.. semoga aman semuaaa

    BalasHapus
  24. Wah, menarik nih reksadana saham. Aku dulu pernah investasi ini. Kepengen lagi deh bisa investasi di reksadana saham. Semoga modalnya bisa ngumpul 😁

    BalasHapus
  25. Investasi saham sekarang lebih aman ya karena bisa manager investasi yang disediakan bank terpercaya spt DBS ini

    BalasHapus
  26. Jujur, saya belum paham mengenai rekasadana saham ini, tapi setelah baca tipsnya jadi tertarik pelajari secara langsung

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^