Sabtu, 04 September 2021

Investasi Saham Sangat Menggiurkan, Tertarik?

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Investasi Saham Sangat Menggiurkan, Tertarik? Pernah nonton darkor Start Up, itulah pertama kali aku mengetahui kalau bermain saham itu bisa bikin kaya! Baru aku ketahui, investasi saham itu menarik! Ooh, kebayangkan kalau sejak remaja anak bermain saham? Sangat menggiurkan! Apalagi berpotensi mengguntungkan!

investasi saham


Investasi dapat disesuaikan untuk Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang. Tujuan keuangan untuk investasi pun beragam, misalnya beli rumah, biaya pendidikan anak, ibadah haji/umrah, jalan-jalan keluarga hingga biaya hidup untuk pensiun di hari tua nanti.

Pengertian investasi saham sendiri adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Berikut adalah beberapa keuntungan investasi saham:

Dividen

Dividen adalah keuntungan perusahaan yang didapat dan akan dibagikan kepada para pemegang saham. Keuntungan ini tidak semuanya akan dibagikan tetapi beberapa bagian akan ditahan untuk ditanam kembali dan dipergunakan sebagai biaya operasional perusahaan selanjutnya.

Dividen yang dibagikan perusahaan dapat berupa dividen tunai yang artinya kepada setiap pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah untuk setiap saham atau dapat berupa dividen saham yang berarti kepada semua pemegang saham yang diberikan dividen sesuai dengan jumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut.

Capital Gain

Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar modal. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 3.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 3.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya.

investasi saham


Cara Investasi Saham :

· Mendaftarkan Rekening Anda

Untuk bisa membeli saham kita harus terdaftar menjadi salah satu nasabah, Anda harus memilih perusahaan sekuritas sebagai tempat untuk membuka rekening saham yang tentunya sudah tercatat dan terdaftar di situs resmi OJK

· Setor Dana Deposit Awal

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, maka Anda sudah bisa membeli saham. Tapi Anda harus terlebih dahulu install aplikasi online trading milik perusahaan sekuritas Anda di smartphone atau desktop. Kemudian Anda bisa melakukan deposit awal sesuai aturan deposit awal minimal dari perusahaan sekuritas.

· Melakukan Jual Beli Saham

Setelah melakukan deposit, Anda dapat langsung melakukan transaksi beli dan jual saham namun perlu diingat bahwa untuk setiap transaksi saham dikenakan biaya transaksi sesuai yang tercantum pada masing-masing aturan perusahaan sekuritas.

Setelah memahami lebih dalam tentang saham, bagaimana apakah Anda tertarik? jangan lupa juga untuk memperhatikan resiko yang ada, sekecil apapun resiko tetaplah resiko yang harus dihindari demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. meskipun menguntungkan, tentu saja setiap investasi memiliki resikonya sendiri yang tentunya tetap harus kita perhatikan, seperti risiko gagal bayar dan lain sebagainya.

Tapi jangan khawatir untuk anda yang ingin berinvestasi aman tanpa ribet Anda bisa mencoba investasi saham, tentu saja tetap memiliki resiko tetapi berinvestasi jenis ini anda tidak perlu repot-repot memikirkan pasar dan lainnya karena sudah ada yang mengelolanya di pasar saham. keuntungan menggunakan investasi jenis ini juga sangat menggiurkan. jadi tunggu apa lagi, mari berinvestasi saham.

DBS Treasures hadir dengan memberikan layanan terbaik, mudah dan terpercaya. hanya dengan satu aplikasi digibank by DBS Anda dapat membeli dan menjual reksadana saham dan bisa dicairkan dihari yang sama. berikut adalah beberapa fitur dan keuntungan berinvestasi bersama DBS Treasures :

Fitur & Keuntungan Investasi Reksadana

· Meningkatkan diversifikasi
Dana dikelola dengan melakukan diversifikasi kepemilikan ke banyak instrumen, diversifikasi dapat mengurangi risiko investasi dan tentunya hal ini menguntungkan bagi Anda.

· Likuiditas harian
Pemegang reksadana dapat menjual kepemilikan mereka kembali berdasarkan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama. jadi Anda tidak perlu lama menunggu pencairan, bisa langsung masuk ke rekening Anda. Mudah bukan?

· Manajemen investasi profesional
Reksadana dikelola oleh manajer investasi professional untuk mengawasi investasi dana dengan begitu bisa dikatakan investasi Anda tidak perlu dikelola sendiri.

· Pengawasan pemerintah
Reksadana diatur oleh pemerintah serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

· Kinerja transparan dan mudah dibandingkan
Semua reksadana wajib melaporkan informasi yang sama kepada investor, sehingga investor lebih mudah untuk membuat perbandingan antara satu dengan yang lain.

Ref :

https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/tertarik-beli-obligasi-pemerintah-begini-cara-membelinya

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/mengenal-jenis-investasi-obligasi-dan-manfaatnya-di-usia-muda


24 komentar:

  1. Investasi kadang masih takut mengingat maraknya investasi bodong, apalagi kurang pahamnya tentang investasi. Hehe, baru paham tentang itu setelah baca artikel ini thanks infonya, Mbak

    BalasHapus
  2. Investasi saham memang menggiurkan, tapi yang paling penting pelajari dulu betul-betul dan kenali risikonya.

    Buat pemula, tulisan ini bisa jadi panduan, sekaligus dapat rekomendasi pilihan tempat berinvestasi yang aman dan terpercaya :)

    BalasHapus
  3. Adik2ku nih yang ikutan investasi reksadana. AKu sih ga hehehe mungkin belum tertarik. Memang harus dipelajari dulu supaya paham, karena kan urusan ini serius sekali ya hehehe. Seanngnya ada DBS Treasures yang menjadi andalan masyarakat berinvestasi terpercaya.

    BalasHapus
  4. Aduh bahasa-bahasa keuangannya bikin saya mumet.. hahaha.. saya belum pernah nyoba investasi di reksadana sih, Mba. Banyak yang nyaranin. Saat ini masih aman investasi di emas.

    BalasHapus
  5. Mbak Naqi udah mencoba investasi di DBS ini? Rasanya saya kok kepengen mencoba ya

    BalasHapus
  6. Untuk yang awam pasti membantu ini, ada DBS Treasures yang hadir memberikan layanan terbaik, mudah dan terpercaya. dengan satu aplikasi digibank by DBS kita bisa membeli dan menjual reksadana saham yang bisa dicairkan di hari yang sama

    BalasHapus
  7. Sangat menarik tulisannya mbak. Bisa nambah wawasanku tentang investasi saham. Kalo aku pribadi lebih minat investasi di sektor riil selama ini.

    BalasHapus
  8. Investasi saham ini memang menggiurkan banget ya, Mbak, tapi perlu hati-hati karena banyak jebakan batmannya. Kalau mau investasi bisa dimulai dari reksadana. Bisa banget nih DBS Treasures, karena banyak fitur dan keuntungan yang kita dapatkan.

    BalasHapus
  9. Saya gak main saham. Selain gak paham, juga gak kuat lihat turun naiknya hahaha. Tetapi, anak pertama saya punya investasi di saham. Jadi saya suka tanya-tanya ke dia atau paling gak kasih support

    BalasHapus
  10. Aku suka dengan penjelasan sederhana ini.
    Tambah tercerahkan soal investasi saham.

    Setuju!
    Semua bentuk investasi memang selalu ada resiko yang mengintip.
    Jadi istilahnya kudu siap dengan pil pahit jika tidak berjalan sesuai rencana.
    Nah lantaran resikonya tinggi, imbalan atau keuntungannya juga tinggi.
    Apalagi di era digital, membeli saham semakin mudah, secara online!

    Jadi, Mak sudah beli saham apa saja nih?

    BalasHapus
  11. Terus terang kalau inves aku masih main emas atau reksadana mbak, kalau saham msh belum
    Tapi emang aku juga melirik beberapa aps yg yaa mirip2 DBS juga atau bahkan DBS sendiri malah yang bisa beli saham dgn modal dikit
    Siapa sih yg gk pengen punya saham di perusahaan A, trus ikutan rapatnya dibaiih dividennya hehe
    Thanks infonya

    BalasHapus
  12. Masih belajar tentang saham tapi belum berani investasi. Kalo yang udah aku ambil sebatas Reksadana pendapatan tetap. Aku baru tahu kalo Reksadana juga dijamin oleh pemerintah

    BalasHapus
  13. Iya, sekarang banyak temanku yang main saham
    aku juga mulai tertarik sih, tapi kayaknya harus belajar dulu, biar nggak salah pilih

    BalasHapus
  14. Aku tertarik dengan investasi saham ini tapi masih belum paham cara mainnya. Kalo langsung untung mah seneng-seneng aja ya. Takutnya kalo pas failed dan naggung resikonya yang lumayan itu, bisa nyesek yak. Karena harga saham naik turun kan, gak bisa diprediksi..

    BalasHapus
  15. Saham tuh menarik ya yang penting mau belajar banyak tentang prosesnya dan menyiapkan modal untuk berinvestasi insya Allah hasilnya oke ya...

    BalasHapus
  16. iya di drama start up anak sma gegara main saham langsung auto kaya :D
    aku belum berani untuk investasi saham karena ga paham 'aturan mainnya'. sekarang jadi tercerahkan. makasi infonya mba :)

    BalasHapus
  17. Investasi Reksadana ini yang paling minim resiko yaa.. Dengan investasi yang sesuai kebutuhan keuangan dan dipandu oleh DBS Treasures, saling belajar dan semoga mendapatkan keuntungan yang sesuai harapan.

    BalasHapus
  18. Pengin gitu mulai investasi saham. Tapi maju mundur aja sampai akhirnya kena badai pandemi. Kalau sekarang nunggu situasi normal dulu aja. Kalau udah pulih baru dah pengin serius investasi saham.

    BalasHapus
  19. Cob nonton drakor itaewon class juga mak, di sana kan juga gak sengaja yah meracuni soal saham. Tapi aku belum pernah nyobain, hehehe

    BalasHapus
  20. Waah mba Naqi mulai mendalami saham nih kayanya. Aku suka baca tentang investasi saham sejak dulu tapi belum action juga nih, haduh....

    BalasHapus
  21. Aku tertarik pengen nyoba saham terutama yang sudah ada label syariahnya dari MUI kan banyak ya yang aman

    BalasHapus
  22. Hanya dengan satu aplikasi saja milik DBS kita bisa melakukan investasi saham ini ya mba. Masih banyak yang harus kupelajari nih sebelum menjalankan investasi saham.

    BalasHapus
  23. sekarang investasi saham memang lagi booming banget ya di masa pandemi. cuma memang harus benar-benar belajar soal saham ini terutama kalau mau trading. saya aja sampai sekarnag nggak ngerti-ngerti itu istilah PER dan sebagainya

    BalasHapus
  24. Oh iya, tentu. Bermain saham itu untungnya menggiurkan. tapi harus jeli juga kapan wajib banget menjualnya dengan cepat. Tap overal setuju banget tentang saham dan reksadana ini

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^