Jumat, 03 September 2021

Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala. Siapa nih yang masa kecilnya sebelum tidur dinyanyikan lagu anak? Aku jadi teringat saat mengasuh keponakan dulu. Keponakanku itu suka sekali lagu anak-anak. Ia belum mau tidur kalau belum dinyanyikan lagu anak-anak. Zaman itu, lagu anak-anak masih populer. Liriknya juga masih aman bagi anak-anak. Dengan mendengar lagu anak-anak, keponakanku juga jadi banyak menambah kosa kata.


Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala
Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala

Saat anak pertamaku lahir, lagu anak Indonesia mulai sulit dinyanyikan anak-anak. Aku memberikan CD film kartun yang ada lagunya. Anakku menghapal lagu lewat film kartun itu, kosa katanya semakin meningkat dan usia 2 tahun sudah jelas berbicara dan pandai bercerita.

Kini, aku sangat prihatin lagu anak-anak mulai jarang dinyanyikan. Bahkan anak-anakku saat TK sedikit sekali lagu anak-anak yang ia hapal. Salah aku juga sih kurang mengenalkan lagu anak-anak, tapi itu smeua karena aku bingung memilih lagu anak-anak yang sesuai zamannya. Maka, saat aku berselancar di instagram, aku menemukan akun Hoala & Koala. 

Mengenal Hoala & Koala

Karakter musikal Hoala & Koala ini muncul akhir tahun 2020. Hadir dikala  lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia.  Dua karakter lucu ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.

Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala
Karakter di Hoala & Koala

Siapa Hoala & Koala. 

Dua karakter ini adalah  sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Kedepannya, keduanya akan banyak mengeluarkan banyak lagu, loh! Hoala & Koala ini sengaja ditampilkan secara 3D. Membuat karakter ini kelak tidak akan terkekang waktu. Bisa terus menemani anak-anak Indonesia tanpa khawatir mereka dewasa dan mengalami perubahan suara. Yes, ikut senang dong kedua karakter ini akan mewarnai industri musik tanah air!

Tokoh Animasi di Hoala & Koala

Moms, nanti dapat mengenalkan kepada anak-anak dalam serial animasi Hoala & Koala ini dengan berbagai karakter. Ada tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Makin penasaran dong tokoh tersebut bernyanyi dan anak-anak akan terhibur bahagia. Apalagi sejak pandemi ini, anak-anak jarang keluar rumah, ruang gerak sangat sempit dan pastinya kangen bertemu dengan guru dan teman-teman.

Hiburan banget menonton animasi Hoala & Koala ini, ditemani ayah dan bunda, anak-anak dapat menambah kosa kata dan boading bersama kedua orang tuanya. Kakak dan adik juga bisa menonton karena lagunya juga sangat aman untuk anak-anak. Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Perkembangan Musik Lagu Anak Indonesia

Zaman aku kecil dulu, ada artis cilik menyanyikan lagu anak-anak, ingat banget setiap lebaran lagunya diputar! Isinya nasehat untuk tetap bersyukur walau tidak ada baju baru! Baju yang ada saja tak mengapa. Lirik lagu yang mengena dan emang dinyanyikan anak-anak. 

Tapi sekarang, industri musik anak-anak di Indonesia lesu. Sangat jarang dikemas dengan serius. Baik musik, lirik atau pun video klipnya! Sedih dong, pengen berbuat tapi enggak bisa! Hiks... eits, tapi kini sudah ada alternatifnya, kamu dapat nikmati Youtube lagu dan animasi anak khas Hoala & Koala

https://www.youtube.com/c/HoalaKoala
Lagu Anak  Hoala & Koala

Untuk itu, aku berharap sekali dengan adanya Hoala & Koala menjawab kerinduanku sebagai orang tua mengenai lagu anak-anak. Kabarnya sih, animasi ini digarap secara serius dan matang! Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, wow asyik!

Menariknya, ada banyak alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Jadi ingat pelajaran anakku yang kelas 4 mengenai lat musik, hehe...

Pengalaman Mendengar Lagu Hoala & Koala

Kuman-kuman dapat kamu bersihkan

Dengan segera mandi

Setelah kamu pergi 

Lirik lagu Hoala & Koala yang aku dengar di instagramnya ini sangat pas dengan kondisi saat ini. Anak-anak harus menjaga kebersihan saat harus dari keluar rumah. Lirik dan nadanya sangat dipikirkan dan asyik didengar! Hoala & Koala membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain itu Moms, aku melihat vokal juga sangat diperhitungkan oleh pihak Hoala & Koala, termasuk dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Ada banyak harapan lagu anak Indonesia segera bangkit lagi! Yuk, dukung Hoala & Koala!

24 komentar:

  1. Wah bisa jadi referensi anakku nih, dr kemarin lagi cari referensi tokoh apalagi ya buat nonton youtube? Kayaknya kecerdasan kinestetiknya lumayan menonjol soalnya. Mau aku optimasi :)Tfs

    BalasHapus
  2. Lagunya enak didengar, karakter yang tak lekang oleh waktu, genrenya bervariasi, beneran jawaban buat lagu anak-anak di Indonesia ini. Hoala Kola patut membersamai anak-anak kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget ada yang kepikiran bikin untuk anak-anak ya.. Lirik dan musik juga klipnya sangat sesuai dengan usia anak..

      Hapus
  3. Ponakanku yg masih TK dan SD pasti super hepi ini mbaaa
    asik asiiik, ada channel yg bisa memberikan dampak positif utk tumbuh kembang anak ya.
    Mantaabb!

    BalasHapus
  4. Hoala Koala ini channel rekomended untuk anak mendengar lagu dan musik sesuai usia, dan bagus buat belajar bernyanyi. Semoga senantiasa jadi pilihan yang baik untuk anak :)

    BalasHapus
  5. Aku mau kenalin channel ini ke Faza ah. Biar nontonnya enggak channel2 yang isinya nursery rhymes dari luar negeri.

    BalasHapus
  6. aku senang banget ada chanel YouTube Hoala dan Koala ini mbak
    anak anakku sekarang bisa mendengarkan lagu lagu yang sesuai dengan umurnya

    BalasHapus
  7. Beragamnya alat musik, genre lagu, dll yang merupakan peningkatan kualitas dari musik anak-anak zaman dulu ini nih yang terdengar menarik. Semoga Hoala Koala dapat menjadi pilihan yang pas ya buat anak-anak Indonesia :)

    BalasHapus
  8. itu koalanya bikin gemeees ya mba... dan memang lagu - lagu anak - anak Indonesia itu baguuus lho

    BalasHapus
  9. Senang pasti ya anak-anak bisa menyanyikan lagu yang pas sesuai dengan usianya. Aku belum pernah buka channel YouTube Hoala Koala ini, mbak. Jadi kepo deh, nanti aku share deh link nya ke ponakan

    BalasHapus
  10. aku sudah ajak anak anakku nonton chanel YouTube Hoala dan Koala ini mbak
    anak anak suka, lagunya enak didengar , animasinya pun bagus

    BalasHapus
  11. Lewat musk & lagu anak-anak bisa belajar ya & mengembangkan motoriknya juga dengan mengingat kosa kata apalagi buat anak-anak di bawah 5 tahun.
    Hoala & Koala lucu juga ya karakternya

    BalasHapus
  12. Hoala & Koala ya. Mau cariin buat anak aah. Dia suka nonton lagu-lagu anak. Dari situ belajar juga, alhamdulillah,

    BalasHapus
  13. Sebuah keingan makin banyak lagu anak bisa terwujud dengan adanya channel ini mba. Buat rekomendasi untuk keponakanku bisa aku sampaikan deh. Dia pasti senang sekali

    BalasHapus
  14. Ini bisa menghidupkan lagi lagu2 anak y mba, yang katanya sekarang hilang deh... dengan Bernyanyi Lagu Anak Bersama Hoala & Koala. Smoga bisa bangkit lagi lagu anak2

    BalasHapus
  15. Iyaya..
    Orangtua dulu mengajarkan anak-anak melalui kisah legenda anak dan lagu anak. Namun anak sekarang kurang sekali sosok itu. Alhamdulillah Hoala Koala menyegarkan kembali memori-memori anak-anak zaman dulu untuk generasi anak masa zaman digital.

    BalasHapus
  16. Du, dah lama tidak pernah denger lagu anak-anak lagi. Terakhir waktu saya masih SMP, waktu ada petualangan Sherina

    BalasHapus
  17. waaah saya tau nih kak hoala & koala
    bagus banget channel youtube nya
    banyak lagu2 anak dg makna yang mendidik

    BalasHapus
  18. Iya neh anak kecil zaman now lebih mengenal lagu-lagu dewasa terutama yang trending di sosmed kayak tiktok, termasuk anak-anak saya. Kehadiran Hoala dan Koala ibarat oase di padang pasir lagu anak yang semakin kalah oleh lagu dewasa.

    BalasHapus
  19. suka banget lagu2 yang ada di channel ini
    beberapa waktu lalu kulihatkan ke anak2 ku juga
    mereka suka banget
    semoga nanti banyak anak-anak memang menyanyikan lagu yang anak-anak juga bukan lagu dewasa

    BalasHapus
  20. Anakku yang pertama seringnya aku nyanyiin lagu jaman masa kecilku dulu..cuma jadi mati kutu karena terus diulang-ulang. Makasih untuk referensinya, Mbak. 😊

    BalasHapus
  21. kalo lagi suntuk saya juga suka klik channel YouTube Hoala & Koala

    jadi happy lagi deh

    semoga Hoala & Koala semakin berkibar menghibur dan emngedukasi anak indonesia ya?

    BalasHapus
  22. anakku juga pas kuputarin lagu hoala koala ini langsung suka, mbak. dia sukanya lagu cuci tangan dan ingat kata ibu. jadi kami kadang nyanyi bareng deh kalau pas mandi

    BalasHapus
  23. Anak-anak memang membutuhkan figur karakter yang sesuai dengan usianya juga yaa..
    Hoala Koala ini sungguh manis sekali.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^