7 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Ngeblog

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom.

7 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Ngeblog. Apakah pernah mengalami write's block? Kalau aku sih pernah banget! Aku yakin semua pernah mengalami, tapi tentu setiap orang memiliki cara khas yang berbeda untuk mengatisipasi dan mengatasinya. Yap,  write's block ini bisa diantisipasi loh agar tidak menghampat kerjaan sebagai blogger.

Write's block sendiri adalah kebuntuan, mendadak bingung mau nulis apa, kehilangan selera menyelesaikan tulisan, merasa stuck hingga akhirnya job ngeblog di depan mata malas dikerjakan dan deadline bagai monster yang siap menelan kita.


Write's block  ini sangat menghambat kerjaan produktif seorang blogger. Disaat ingin rajin menulis konten di blog, tapi sifat menunda-nunda perkerjaan membuat psikologi terganggu, asam lambung naik dan akhirnya jenuh melanda kebuntuan berkarya.

Aku sendiri mengalami write's block saat ngeblog konten organik mau pun konten job. Saat ingin menulis konten organik, rasa malas, jenuh dan capek menyerang, "Hei, enakkan rebahan aja!" bisik hatiku. Pas mau nulis job, brief malah enggak dibaca berulang-ulang, akhirnya saat dikumpulkan, lupa menuliskan utm atau link yang diminta. Asli enggak fokus karena terburu-buru.

7 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Ngeblog

Nah, Write's block  ini dapat diatasi dengan kita melakukan beberapa tips jitu berikut ini :

1. Membaca 

Untuk menulis konten organik, Moms dapat membaca buku-buku tema parenting, bisnis, novel atau apa pun sesuai niche blog teman-teman. Bacaan itu coba dirangkum atau ditulis ulang  dengan bahasa sendiri. Moms, juga dapat mencari ide dengan membaca caption dari Instagram para tokoh, selebgram atau artis yang Moms ikuti. Kemudian tulis artikel dengan gaya bahasa sendiri.

Tapi, jika ingin menulis sesuai brief, Moms harus membaca berulang-ulang. Kalau diperlukan diprint dan stabilo kalimat yang penting. Hindari bertanya di group WA jika belum membaca brief secara lengkap, maklum, kadang ketemu PJ job yang galak! Heheh...

2. Jalan-jalan

Siapa nih yang suka mentok ide menulis di blog, kemudian langsung cari tempat nongkrong yang instagramble? Yes, ini salah satu cara jitu memancing ide konten di blog. Moms  dapat ajak keluarga untuk wisata kuliner, wisata sejarah atau ke tempat unik lainnya di sekitar rumah. Dengan jalan-jalan, pikiran kembali fresh, mood kembali baik dan ide menulis semakin lancar. 

3. Cek Bank Idemu

Ini yang aku lakukan jika aku mengalami write's block. Aku membuka kembali catatan/draft bank ideku. Aku memiliki buku khusus kumpulan ide ngeblog. Biasanya aku juga mengecek draf di blogku. Ada beberapa tulisan yang belum aku selesaikan, maka aku tambahkan foto atau mengedit status di facebook/caption di instagram, sehingga jadilah sebuah konten organik. 

4. Diskusi

Ngobrol dengan teman adalah cara jitu yang aku lakukan. Contohnya, aku janjian dengan temanku yang kini jadi salah satu wartawan di Seputar Lampung. Kami membahas bagaimana sih agar artikel menjadi viral dan cuan semakin bertambah? Wow, aku jadi kian semangat! Intinya emang rajin riset dan segera menulis yang lagi hits. Konten organik juga sangat diperlukan. Bukan berarti semua yang lagi viral, kita ikut menulisnya di blog! Tetap sesuaikan dengan niche yang kamu sukai!

5. Makan

Cari makanan yang enak dan disukai. Biasanya jika makan-makanan yang disukai akan mengembalikan mood. Aku biasanya jika bosan dan suntuk, makan tekwan. Kadang bersama anak kadang sendirian. Tekwan adalah makanan favorit keluargaku.  Jadi, kalau sudah makan tekwan, perasaan jadi happy dan kembali fresh!

6. Nonton

Mencari ide dengan menonton adalah salah satu jalan ninjaku mencari ide. Saat menulis buku anak tentang sahabat nabi, aku kesulitan memvisualisasikan daerahnya. Maka, aku nonton banyak video, vlog dan dokumenter mengenai sejarah Islam. Baik di Youtube atau di Instagram. Ini sangat membantu dalam membayangkan situasi dan karakter tokoh. Apalagi kalau menulis kisah sejarah, wah, jangan sampai deh salah! Untuk itu, diperlukan banyak referensi. 

Jika Moms mendapatkan job menulis review hasil webinar misalnya, ada baiknya menonton rekaman ulang acaranya. Jika tidak ada dari panitia, Moms dapat merekam saat acara berlangsung, sehingga tulisan lebih detail dan sesuai yang diharapkan.

7. Main Games di Plays.org 

Sebagai ibu dengan 3 orang anak aku tetap saja pernah jenuh menulis tema parenting. Untuk mengatasinya, aku bermain games di Play.org. Permainan di sini sangat banyak dan penuh tantangan. Permainan tak hanya milik anak-anak orang dewasa jika mengalami kebosanan juga mencari games yang ringan dan bikin happy.

Games pertama yang aku coba adalah Scooby Doo Doo Good Food Frenzy. Aku memilih games ini di  Plays.org  ini untuk refreshing dan terasa sangat menyenangkan. Dulu, suka nonton kartun Scooby Doo Doo, menemukan games ini jadi ingat nostalgia deh. Gamesnya menyenangkan dan membuat semakin lebih santai. 



Games kedua aku coba adalah Dora and Friends. Bersama anakku Aisyah aku mencocokkan baju, rok dan sepatunya. Seru dan menyenangkan dapat meningkat bonding bersama anak, loh! Jadi, anak enggak merasa sendirian ketika ibunya sibuk mengejar deadline heheh...

Usai bermain, aku kembali minta izin kepada Aisyah untuk melanjutkan tulisanku. Alhamdulillah tidak rewel dan tidak "sibuk" mencari perhatian karena sudah diajak bermain bersama.

Ada banyak pilihan games di Plays.org. Orang tua dapat membantu anak memilihkan mainan yang sesuai dengan usianya. Aku sendiri menyukai games yang simpel dan tidak menguras otak hahah... soalnya, aku enggak jago berhitung jadi games tentang matematika, aku hindari, hihi....


Bermain games online sering dipandang sebelah mata, namun jika kita melihat sisi positifnya, ada banyak kelebihan bermain games online. Di antaranya mengasah otak kanan, menghilangkan stress, melatih sifat optimis, melatih pantang menyerah, dan lainnya.

Games di Plays.org menjadi alternatif di kala write's block melanda. Selanjutnya kembali riset bahan tulisan untuk di blog. Jika benar-benar kelelahan, sebaiknya istirahat karena kesehatan itu jauh lebih penting ya, Moms!

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 7 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat NgeblogSemoga bermanfaat, selamat mencoba!

41 komentar untuk "7 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Ngeblog"

  1. nah saya tuh gak ada bank ide, hikkss kudu belajar neh dan yg menarik maen game nya neh

    BalasHapus
  2. Nah kayak gini nih sering banget nyari ide gak bisa nyusun kata-kata, memang perlu istirahat sejenak.

    BalasHapus
  3. Senangnya tidak harus memikirkan memori gadget yang kalau main game aplikasi ngaruh banget kan itu ya.
    Saya pun main game itu udah jadi me time banget. Sedikit mewaraskan diri deh, hehehe

    BalasHapus
  4. wah gak ada satupun di sini

    biasanya saya masak, makan atau nyapu ketika writer's block

    mau coba games Plays.org ah, semoga dapat ide cemerlang

    BalasHapus
  5. Kalau saya bisa dibilang jarang banget kena writers block, mungkin karena waktu buat nulisnya sempit.
    Kalau menurut saya, writers block itu karena memang lagi penuh aja ya pikiran, bener banget tuh kadang main game bisa ngilangin kepenatan pikiran, dan jadi fresh kembali :)

    BalasHapus
  6. Banyak cara menemukan ide menulis, ya. Ngegame salah satunya. Aku bahkan sempat mau menulis soal game. Masih di bank ide saat ini

    BalasHapus
  7. Bunda Naqiyyah, samaan kita. Saya juga kalau buntu ide, cara biar ada ide itu juga baca, Jalan-jalan, nonton, sama main game. Sukanya main game saat ini ada yang tak perlu install-install, jadinya mainnya lebih menyenangkan. Sebab tak perlu memikirkan sisa memori HP.

    BalasHapus
  8. Kalau writer's block menyerang, biasanya langsung kubawa nonton drakor, pergi keluar makan-makan, atau jalan-jalan :D

    Kalau ngegame hampir ga pernah, karena memang gak gemar aktivitas gaming. Tapi ini memang tips jitu yang banyak dilakukan oleh orang lain, karena terbukti berhasil, khususnya mereka yang memang gemar ngegame.

    BalasHapus
  9. Kalau saya sih saat bertemu writer's block, yang lebih dulu saya lakukan adalah rileks kemudian ngecraft. Salah satu sisi kegiatan saya yang lain. Lewat ngecraft biasanya hati jadi lebih lapang. Selanjutnya adalah tidak memaksakan diri. Lewati saja waktu-waktu tersebut sebagai masa istirahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau melakukan kegiatan/hobi lainnya, semangat buat nulis akan muncul kembali. Ngobrol dengan teman-teman, terutama yang sefrekuensi juga bisa jadi solusi yang pas.

      Hapus
  10. Main game gratis di plays.org buat ngatasi writer's block oke bangettttt. Apalagi mainnya di laptop yang sama. Hehehe. Bisa bolak balik nulis dan main. Asik banget.

    BalasHapus
  11. Ah bener banget mbak. Bank ide saya suka kosong. Wkwkwk beneran harus diisi terus ya. Ibarat bak mandi, kalau kosong kita ga bisa mandi. writers block ini memang hal paling menakutkan deh

    BalasHapus
  12. Bank ide memang perlu selalu ditambah, biar ada gagasan untuk mengalirkan tulisan menjadi artikel di blog

    BalasHapus
  13. Asyik memang maen game di plays.org. Udah kucoba dan banyak game2 klasiknya tapi tetap seru kok. Wajib coba untuk pembaca disini.

    BalasHapus
  14. Wah bener mantep tips mengatasi writer block buat blogger seperti saya

    BalasHapus
  15. sering banget nih kena writer block, biasanya aku siasati dengan main game atau keluar rumah keliling jalan-jalan. habis itu otak langsung fresh lagi. hehe

    BalasHapus
  16. Wah..sama, mbak. Aku pun kadang baca buku pas lagi kurang ide. Eh, jadi pingin coba game juga deh supaya lebih fresh..

    BalasHapus
  17. Seringnya writer's block terjadi karena kurang data.
    Saya juga sesekali main game untuk melancarkan otak. Hehehehe. Game ringan aja.

    BalasHapus
  18. Kalau aku biasanya dengerin podcast mbak buat memperluas ideku sblm dieksekusi.. Emang sih tantangan bgt kerjaan nulis tuh writers block ya

    BalasHapus
  19. Apa sama block writer dengan writer block?tips di atas seperti membaca, jalan - jalan, diskusi bahkan bermain game akan mengurai kebuntuan membuat tulisan. Sarat motivasi, keren!

    BalasHapus
  20. Wah ternyata masih banyak cara untuk tetap produktif menulis di blog. Yang sering aku alami malas, apalagi kalo badan sudah lelah setelah seharian bekerja. Semoga selalu diberikan semangat ngeblog nya.

    BalasHapus
  21. Ide menarik nih, untuk main game online dulu, biar lebih semangat.
    Kalau saya biasanya kena writers block tuh pas lagi capek dan lelah, trus istrahat sejenak, eh malah keterusan malasnya hahahaha.

    BalasHapus
  22. Wah, asyik semua ya tips jitu mengatasi writer's block. Makan, jalan2, nonton dan sebagainya tentu bisa relaksasi pikiran hehehe. Apalagi kalau ada main game juga. Meskipun kita emak2, main game di plays org kayaknya seru nih, aku kepengen coba ah kalau lagi ada waktu senggang :D

    BalasHapus
  23. Naah seringnya nyari kalimat awalan ini yang susah sekali... penyebab gagal nulis ya ini nih. akhirnya mentok di judul dan dratfnya banyak tapi judul doang semuanya hahaa. Ya ampuun... perlu ditiru ini tips2nya mantaaap

    BalasHapus
  24. artikel nya sangat membantu, terlebih lagi ketika terjadi writers block, terkadang saya juga melakukan beberapa hal dikomputer hingga menemukan ide baru.

    BalasHapus
  25. Aku jarang banget ngeblock, tapi lebih sering kayak sulit untuk memulai. Kayak terlalu enggan berpindah dari satu concern aktivitas ke yang lain apalagi sama2 di depan laptop. Jadi kayak ada perasaan muak sama laptop wkwkkwkw tapi ide buat ngegame ini oke juga, Mbak. Mengingat Aku tidak punya game sama sekali di hape mau pun laptop setelah uninstall scrabble

    BalasHapus
  26. asyik ada Scooby Doo, Dora and friends di Play.org

    mau ah, coba cara lain untuk writers block

    Biasanya kalo writers block saya nyapu atau masak

    sesudah masak, makan trus ngantuk trus tidur

    hehehehe

    BalasHapus
  27. Artikelnya informatif sekali, ya betul penyakit penulis salah satunya adalah writer's block, dari 7 tips, saya suka yang nomor 5 hehehe

    BalasHapus
  28. writer block ini memang harus ditaklukkan yaa mba, we need to refresh our mood sih, dan memang main game tuh biasanya sukses bikin mood jadi semangat lagi

    BalasHapus
  29. Wah seru nih pas lagi bosen menulis atau hilang ide menulis bisa sejenak alihkan ke maen game online di plays.org. Permainan yang mudah dan pastinya menyenangkan ya :)

    BalasHapus
  30. ah iya benar itu mbak
    kadang klo sudah terlalu la berkutat dengan tulisan, yang namanya Writer block auto muncul
    makanya perlu rehat sejenak ya, dengan main game di plays ini

    BalasHapus
  31. Luarbiasa, ada insight baru yang bisa kuambil point' pentingnya. Saat mengalami writers block bisa cek bank ide. Benar juga ya kak 👍 mantul tipsnya

    BalasHapus
  32. Bank ide sebetulnya kita semua punya. Bedanya adalah, ada yang begitu dapat ide, itu langsung dia catat, sehingga ada gambaran. Ada lagi yang begitu punya ide ya udah diabaikan saja, lupa dicatat. Jadinya ya gak punya bank data. Padahal bank data itu penting banget kalo someday kita mengalami writer's block atau kehabisan ide.

    Mentok-mentok kalo gak punya bank data, ya kasih rehat sejenak buat otak main game. Hehehe. Asik nih banyak mainan gratis di plays.org

    BalasHapus
  33. Aku tuh kendalanya sekarang karena kelamaan ngeblog jadi susah nulis novel. Sering banget nemu writers block pas nulis novel. Kalo nulis blog insya Allah lancar. Kapan2 bagi tips buat masalahku dong Naqy

    BalasHapus
  34. Sama nih aku suka ngeblank mau nulis apa, dan suka main di plays org juga hehe

    BalasHapus
  35. wah mbak Naqi punya buku khusus kumpulan ide ngeblog. Boleh juga nih saya tiru, kadang emang pas lihat sesuatu terlintas ide buat nulis, tapi karena nggak di catat, jadi ilang deh idenya sebelum dituliskan.

    BalasHapus
  36. Saya kalau makan di luar biasanya jepret jepret nih mbak untuk bekal menulis organik di postingan blog. Lumayan juga stok ide nambah. Kadang susah kalau udah stuck dan malas nulis ya mbak

    BalasHapus
  37. Bener juga ya kalau lagi writer block, emang butuh recek lagi bank idenya. Kadang main game juga bisa jadi solusi, saya juga suka main bareng anak games di Plays.org

    BalasHapus
  38. Pas banget ini...aq juga sering ngalamin...tipsnya yakin jutu banget soalnya pernah nyoba semua tips disini..beneran jadi lancar loooo...

    BalasHapus
  39. naah klo habis ngobrol gitu pasti ada insight baru ya Mbak, apalagi soal cuan, duuh yaakin ngalir idenya *eeh

    tapi main game juga oke, habis main game otak jadi fresh lagi, bisaa juga tuh sekalian jadikan postingan, review game di Plays.org :)

    BalasHapus
  40. Aku pernah ngalamin saat ngeblog fan nulis novel. Dududu cedih, trus ya baca buku, ngobrol dan nayangin dollar wkwk

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^