Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur

Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur - Mendongeng merupakan salah satu cara untuk mengenalkan kebiasaan membaca kepada anak sejak dini. Manfaat membacakan dongeng untuk bayi juga besar loh! Anda tidak perlu khawatir jika si kecil tidak mengerti apa yang Anda bicarakan. Sebaliknya, membacakan cerita secara rutin sebelum tidur justru dapat membantu meningkatkan tumbuh kembang anak Anda di kemudian hari.

Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur


Manfaat Mendongeng untuk Anak merupakan hal yang penting bagi Anda sebagai orang tua. Karena seiring berjalannya waktu, rutinitas menasehati anak sebelum tidur kini mulai ditinggalkan oleh orang tua. Padahal, story telling sebelum tidur dapat menawarkan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur


1. Memperkuat Hubungan Antara Anak dan Orang Tua


Membaca dongeng untuk anak sebelum tidur merupakan cara yang sangat efektif untuk memberi peluang waktu untuk memberikn kasih sayang kepada anak Anda. Padahal, kegiatan ini juga bisa membantu mempererat bonding dengan si kecil. Karena memang begitu?

Saat Anda membacakan cerita pendek, proses komunikasi interaktif antara orang tua dan anak biasanya terus berlanjut, meskipun anak Anda masih balita. Tanpa disadari, hal ini menciptakan kehangatan di antara kedua belah pihak.


2. Menambah Perbendaharaan Kata Anak


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang telah diajari membaca sejak kecil akan memiliki lebih banyak kosakata dan keterampilan berhitung yang lebih baik daripada anak-anak lain yang tidak diajari membaca sejak kecil.

3. Meningkatkan Imajinasi Anak


Saat mendongeng, orang tua dapat mengubah suara dan intonasi sesuai karakter tokoh dongeng. Kadang berubah besar seperti tokoh Gorila atau suara mengecil seperti tokoh si kelinci. Anak-anak akan membayangkan wujud si tokoh dan meniru suaranya. Jika masih balita, anak dapat meniru gerak si tokoh karena anak belum dapat membaca.

Pilihan Dongeng Sebelum Tidur


Untuk memulainya, tidak perlu membaca cerita yang terlalu panjang. Mulailah dengan cerita pendek. Agar anak-anak dapat menikmati sesi mendongeng bersama Anda, ciptakan suasana mendongeng yang menyenangkan. Tak kalah pentingnya, pastikan Anda memilih dongeng yang serat dalam makna hidup dan mengajarkan nilai-nilai kebaikan.

Selain dongeng negara-negara Barat, Indonesia juga memiliki banyak legenda rakyat yang menarik. Cerita rakyat ini memiliki nilai kehidupan yang baik dan dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya cerita tentang Bawang Merah dan Bawang Putih yang mengajarkan anak untuk tidak berbuat semena-mena dengan orang lain. Anda juga memiliki cerita tentang Timun Mas, seorang gadis pemberani yang berhasil melarikan diri dari raksasa jahat.

Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur


Namun, aku sendiri lebih senang membacakan buku cerita anak Islami yang membawa hikmah. Ada banyak cerita anak yang aku koleksi dan aku bacakan pada anakku menjelang tidur. Alhamdulillah Aisyah suka dan bahkan membuat cerita sendiri versinya.

Agar lebih rapi dalam memilih buku yang akan dibacakan setiap malamnya, aku membuat pohon literasi. Menempelkan daun pada ranting yang aku buat dan menuliskan judul buku pada pohon literasi. Selain itu, aku memiliki rak buku khusus buku anak-anak. Ditaruh sesuai jangkauan anak-anak. Walau anak belum lancar membaca, anak belajar tertarik saja akan menjadi bekal kelak ia akan mudah menulis.

pohon literasi-naqiyyah syam



Pengalamanku sejak kecil sering dibacakan dongeng oleh Ayah dan Ibu. Selain buku-buku Donal Bebek, Majalah Bobo dan buku dongeng lainnya. Aku jadi banyak ide untuk menuangkan dalam bentuk tulisan. Untuk itu, aku senang membacakan dongeng kepada anak-anakku, semoga kelak mereka bisa semakin banyak wawasan dan berimajinasi tinggi. Cita-cita semakin jauh dengan dongeng-dongeng yang dibacakan.

Nah, Moms, semoga tulisan manfaat mendongeng untuk anak sebelum tidur bermanfaat dan selamat mencobanya!

30 komentar untuk "Manfaat Mendongeng untuk Anak Sebelum Tidur"

  1. Mendongeng itu cara klasik buat menidurkan anak, tetapi banyak banget manfaatnya terutama berkaitan dengan edukasi. Jadi, harus luangin waktu sendiri kalau malem buat dongengin mereka.

    BalasHapus
  2. Betul banget sangat setuju maak membacakan anak cerita sebelum tidur banyak manfaatnya.

    Jadi teringat 10 tahun lalu anak2 pas masih kecil suka saya bacain buku buku juga sampai saya ikut jualan buku anak online supaya bisa punya koleksi banyak dari hasil laba jualan

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah mba, sampai sekarang aku setiap hari suka mendongen atau bacain buku cerita ke anak apalagi sebelum tidur malam. Aku ngga ga tau sih sampai usia berapa nanti anak menolak dibacakan buku cerita hihihi 😂

    BalasHapus
  4. ada masa di mana aku sering mendongeng untuk anak - anak mba.. sekaligus membaca keras. Bonding banget dengan mereka ya

    BalasHapus
  5. Banyak banget ya manfaat mendongeng sebelum tidur ini. Kalau dulu di tv saya sering lihat tayangan anak dibacakan dongeng sampai dia tertidur. Kalau saya, membacakan dongeng, eh saya yang ngantuk duluan. Bocahnya masih seger dan minta dibacain dongeng yang lain

    BalasHapus
  6. Memang banyaaakkk banget manfaat mendongeng utk anak ya Mom.
    Ibu2 kudu semangat sih... walopun ngantuk karena udah masuk jam bobo :D tetep usahakan buat ndongeng dulu yak.

    BalasHapus
  7. Membaca adalah jendela dunia. Dan betul banget manfaat membaca berlimpah ruah seperti yang tertulis di artikel ini mba. Love banget...

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya Mba, pengingat banget nih buat saya.
    Dulu waktu kecil, mama saya sering dongengin kami yang kerekam terus bahagianya sampai sekarang.
    Eh punya anak sendiri kok seringnya malas dongengin 😅

    BalasHapus
  9. Setuju pakai banget ini, mendongeng untuk anak sebe;um tidur memang punya manfaat.
    Sama dengan mba Indah, aku mendongeng dengan membaca keras ekspresif.

    Aku termasuk yang mengamalkannya dengan putriku, Yasmin!

    Alhamdullillah, kini doi pun senang membaca!

    BalasHapus
  10. Kebiasaan mendongeng pada anak ini sangat bermanfaat saat dewasa kelak. Saya aja masih teringat jelas saat ibu mndongeng setiap kali mau tidur di masa kecil yang pulihan tahun telah berlalu. Imajinasi jadi berkembang dan kaya akan wawasan dan kosakata..

    BalasHapus
  11. Aku dulu suka bacain dongeng sama Keponakan. Terus dianya suka berimajinasi dong. Emang betulan bagus sih mendongen ini apalagi buat anak-anak balita. Jadi nambah kosa kata

    BalasHapus
  12. Saya masih sering mendongeng untuk anak kalau waktu mau tidur, kadang dongeng bebas, kalau lagi males ya baca buku cerita. Emang banyak banget manfaatnya buat anak dan buat bonding juga

    BalasHapus
  13. Ah iya, aku dulu juga selalu didomgengin papaku
    Dongeng dari buku cerita KLO nggak majalah anak-anak
    Sekarang aku pun juga mendongeng untuk anak-anakku

    BalasHapus
  14. keren, mbak sampai bikin pohon literasinya. kalau aku malah belum konsisten nih bacain dongeng ke anak sebelum tidur. kadang akunya yang sdah malas dan mengantuk kadang anaknya juga yang nggak mau dibacain dongeng

    BalasHapus
  15. aku juga lebih memilih membacakan buku mba...kadang suka kehabisan dongeng yang bisa diingat dengan detail untuk diceritakan. Anak2 sekarang kan kritis yaa, jd ga bisa ngarang yg asal gt klo mendongeng, jaid mendingan bacain buku cerita kli aku sih

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, anak-anakku masih suka didongengi, Mbak. Bahkan yang usia 10 tahun kalau mau tidur masih minta ditemeni, sekedar untuk mendengarkan saya membaca buku atau bercerita. Kami juga masih langganan Bobo, tapi kata anak-anakku udah gak menarik. Jadi mereka maunya dibacakan, heuheu. Lumayan capek kalau bacain Bobo karena tulisannya super imut.

    BalasHapus
  17. Lewat cerita di dongeng anak kecil bisa belajar banyak hal ya mbak walaupun belum mengerti. Mereka bisa merasakan kehangatan dan sentuhan orangtuanya juga.
    Bener banget imajinasi anak juga jadi berkembang mereka bisa lebih berekspresi jadinya

    BalasHapus
  18. Memang banyak sekali manfaat mendongen untuk anak sebelum tidur ini ya mbak.. akupun jadi terbiasa juga, jadi anak² ga bisa tidur sebelum di kasih pengantar dongeng.. ehhehe

    BalasHapus
  19. aku setuju mba naqi.. sebelum tidur membacakan cerita untuk anak bisa meningkatkan imajinasi dan kosakata anak juga, sekaligus meningkatkan bonding ibu dan anak ^^

    BalasHapus
  20. Mendongeng emang bikin bonding antara ibu dan anak ya mbak, karena mereka merasa diperhatikan dan dirilekskan dulu sebelum tidur. Anak saya juga suka sekali dibacakan dongeng sebelum tidur

    BalasHapus
  21. Zaman anakku masih belum bisa baca, setiap hari ku bacakan apalagi menjelang tidur. Sampe pegel dia minta diulang-ulang. Hahaha. Tapi efeknya kelihatan bertahun-tahun kemudian. Anak jadi cinta buku, reading not only for school but for fun. Bangga!

    BalasHapus
  22. Anak-anak sekarang lebih suka baca sendiri sih sudah pada gede tapi kadang aku suka bacakan juga dongeng buat mereka sebagai obat kangen..

    BalasHapus
  23. Huhuhu...jadi kangen bacain cerita sebelum tidur. Dulu sejak anak pertama dan kedua umjr setahunan aku selalu bacain buku sebelum tidur. Itu berlangsung bertahun tahun sampai mereka umur 9 tahun. Kalau belum baca cerita ya gak bisa tidur .

    Trus hamil anak ketiga dan jadi mager. Buyar deh semua. Da keterusan sampai sekarang. Bahkan si kecil bontot pun gqk pernah dibacain cerita sebelum tidur . Jadi nggak terbiasa. Padahal bagus ya untuk melatih imajinasi.

    BalasHapus

  24. aku setuju bangetttt sih mba, aku juga suka banget read aloud sama Julio biar dia juga cinta sama buku, ga cuma cinta sama Youtube :)

    BalasHapus
  25. Manfaat mendongeng sebelum tidur ternyata ada banyak sekali ya Mbak. Noted banget nih, jadi PR juga nih buat saya agar rajin membacakan anak2 dongeng sebelum mereka terlelap.

    BalasHapus
  26. jadi kebiasaan paling favorit nih sebelum tidur ya, Masya Allah ternyata manfaatnya luar biasa :)

    BalasHapus
  27. Makasi ya mba sharingnya, aku sebenernya juga dongengin anak cuma ga konsisten malah kadang pas aku dongeng anaknya keburu tidur padahal dari situ dia bisa dapet pohon literasi kan, nambah perbendaharaan kata, semoga aku lebih konsisten lagi dan bisa spare waktu agak lama sebelum tidur biar ga keburu ngantuk anaknya.

    BalasHapus
  28. Jadi ingat almarhum bapak. Saat kecil, bapak selalu membacakan buku dan mendongeng sebagai pengantar saya tidur. Ini juga awal mula bapak mengenalkan saya dengan buku dan kegiatan membaca 😊

    BalasHapus
  29. Aku suka banget didongengin bun, jaman kecil sudah lupa pernah didongengin atau ga hehehhe. Tapi insyaallah akan menerapkan ini saat akan menjadi calon orang tua

    BalasHapus
  30. Dulu mamakku juga suka ngedongengin ketika kami masih kecil, sayangnya aku hanya inget poin ceritanya saja, jadi gak bisa mengulang cerita tersebut. Pake buku jalan sekarang kalau mau cerita ke anak sebelum tidur.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^