Mengenal Cara Kerja dan Ragam Keuntungan Obligasi Korporasi

Obligasi menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang semakin diminati berkat peluang profitnya yang menjanjikan. Selain obligasi pemerintah, kamu juga direkomendasikan untuk mengambil peluang melalui obligasi korporasi. Mari simak lebih jauh apa saja keuntungan obligasi korporasi ini dan seperti apa cara kerjanya.

Sumber : https://www.pexels.com


Cara Kerja dan Keuntungan yang Ditawarkan

Sebelum menginvestasikan uang ke sebuah instrumen, penting sekali untuk memahami konsep cara kerja dari instrumen tersebut. Ini akan menjadi bahan pertimbangan yang matang untuk menentukan apakah memang investasi tersebut menguntungkan atau tidak. Instrumen obligasi korporasi itu sendiri diterbitkan oleh perusahaan swasta termasuk BUMN maupun BUMD, bukan oleh pemerintah.


Jenis obligasi ini akan memberikan beberapa jenis kupon kepada investornya. Jenis kupon yang diberikan meliputi kupon tetap, kupon variabel, dan kupon obligasi dengan prinsip syariah. Kupon inilah yang nantinya akan menjadi sumber profit bagi investor. Selain itu, keuntungan obligasi korporasi ini juga bisa didapatkan dengan menjual aset tersebut ke investor lain.


Pada intinya, cara kerja obligasi korporasi sama seperti obligasi pemerintah. Hanya saja poin pembedanya adalah pihak yang mengeluarkan obligasi atau surat utang tersebut. Selain itu, kedua jenis obligasi ini juga menawarkan keuntungan yang berbeda. Berikut adalah beberapa keuntungan obligasi korporasi yang penting untuk kamu ketahui:

Memberi Pendapatan Tetap

Instrumen investasi yang satu ini akan memberikan keuntungan berupa pendapatan tetap untuk investornya. Pendapatan tetap atau fixed income itu berupa kupon atau bunga yang dihasilkan. Bunga ini akan dibayarkan secara regular dan konsisten sampai tiba waktunya jatuh tempo.


Investasi obligasi dinilai menguntungkan karena bunga yang ditawarkan terhitung tinggi. Jika dibandingkan dengan deposito atau produk tabungan lainnya, bunga ini jauh lebih besar. Tentu saja nilai bunga tersebut akan berpengaruh pada total profit investasi yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga dapat membuat perhitungan terlebih dahulu untuk memperkirakan berapa banyak profit yang akan diterima.

Ada Capital Gain

Selain pendapatan tetap berupa bunga, investor di instrumen obligasi korporasi ini juga bisa menerima capital gain. Capital gain ini merupakan keuntungan dari hasil penjualan obligasi. Keuntungan tersebut didapatkan dari selisih antara harga jual dan harga beli instrumen. Jika kamu menjualnya di waktu yang tepat, maka besar keuntungan obligasi dari capital gain ini bisa sangat memuaskan.

Secara mudah, capital gain ini bisa didapatkan jika seseorang membeli obligasi dengan harga diskon atau harga yang rendah. Kemudian dalam jangka waktu tertentu, orang tersebut memutuskan untuk menjual obligasinya dengan harga yang lebih tinggi atau harga normal. Dari penjelasan ini bisa dengan mudah dipahami bahwa selisih harga jual dan beli tadi akan memberi keuntungan obligasi yang memuaskan.

Relatif Aman

Jenis investasi ini bisa dikatakan relatif aman apalagi jika dilihat dari segi risikonya. Apabila kamu membandingkannya dengan risiko investasi di aset saham, maka instrumen ini terbilang lebih aman. Pergerakan harga dari instrumen obligasi tidak terlalu fluktuatif sehingga keuntungannya bisa lebih terasa bagi investor.

Namun, perlu dicatat bahwa tetap ada risiko kerugian yang diberikan oleh instrumen ini. Keuntungan obligasi memang akan selalu disertai dengan risiko yang harus diwaspadai oleh investor. Risiko tersebut adalah gagal bayar yang dialami oleh perusahaan. Namun hal ini bisa dihindari jika kamu melakukan analisis yang tepat dan memilih instrumen obligasi dari perusahaan yang tepercaya.

Sumber : https://www.pexels.com

Investasi Mulai Sekarang di digibank by DBS

Mulailah berinvestasi sekarang juga untuk mendapatkan profit yang optimal. Bersama digibank by DBS, kamu bisa memulai investasi obligasi dengan mudah dan tentunya aman. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi dalam bentuk obligasi di digibank by DBS:

Dapat Profit yang Memuaskan

Melalui investasi dalam bentuk instrumen obligasi bersama digibank by DBS, kamu bisa mendapatkan profit yang memuaskan. Nilai imbal hasil yang ditawarkan yaitu 4,95 % p.a (per annum atau per tahun). Angka ini bisa jadi acuan perhitungan berapa banyak untung yang dapat kamu terima.

Ada Peluang Diperjualbelikan

Keuntungan obligasi tidak hanya bisa didapatkan dari profit tetap namun juga dari hasil penjualannya. Investasi dalam bentuk instrumen ini di digibank by DBS akan mempermudah kamu untuk mendapat keuntungan tersebut. Mulai tanggal 11 Juni 2022 mendatang, investor bisa memperjualbelikan instrumen obligasinya.

Pencairan Profit Tiap Bulan

Investor obligasi di digibank by DBS bisa menikmati profitnya secara leluasa. Pencairan profit dapat dilakukan setiap bulan sehingga sangat fleksibel bagi kamu yang ingin mendapat pemasukan tambahan. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena mempermudah kamu dalam mengelola keuntungan hasil investasi.

Ada Untung saat Dijual

Kamu bisa menikmati keuntungan obligasi saat aset tersebut berhasil dijual. Tentu saja dibutuhkan perhitungan yang matang sebelum menjual aset agar bisa mendatangkan keuntungan. Pilih waktu yang tepat untuk menjual aset sehingga kamu dapat menikmati profitnya.

Pembelian Mulai dari Rp1 Juta

Investasi obligasi di digibank by DBS memang mudah dan menguntungkan. Kamu bisa melakukan pembelian obligasi dengan nilai mulai dari Rp1 juta. Angka ini terbilang ringan namun bisa mendatangkan profit yang memuaskan jika kamu cerdas mengelolanya. Mulailah berinvestasi sekarang juga karena semakin dini memulai maka semakin banyak pula peluang untung yang bisa didapatkan. Pelajari lebih jauh tentang instrumen surat utang atau obligasi ini agar kamu semakin yakin. Segera nikmati keuntungan obligasi secara optimal bersama digibank by DBS. Buatlah perhitungan yang matang dan pastikan jenis investasi ini sesuai dengan profil risikomu.

7 komentar untuk "Mengenal Cara Kerja dan Ragam Keuntungan Obligasi Korporasi"

  1. Wah mantep gak tuh bisa investasi yang resmi, lumayan keuntungannya ya. Baru tahu cara kerjanya, kalau kayak gini mah gak bakalan ketipu sama investasi bodong.

    BalasHapus
  2. saya baru tahu bedanya obligasi korporasi dengan obligasi pemerintah ternyata dari
    pihak yang mengeluarkan obligasi atau surat utangnya ya. saya juga menggunakan aplikasi digibank ini mba Naqi

    BalasHapus
  3. terimakasih untuk infonya, jadi semakin tau tentang obligasi

    BalasHapus
  4. Aku belum pake aplikasi digi bank bun. Keren ya Allhamdulilah kalau punya investasi begitu.

    BalasHapus
  5. wah nambah ilmu pengetahuan ini. saya baru tahu kalau ada obligasi pemerintah dan korporasi. kiran sama aja.

    BalasHapus
  6. pengen buka obligasi tapi belum berani, ternyata di digibank ada ya, aku ada aplikasinya nih

    BalasHapus
  7. Digibank by DBS ini banyak produknya ya, tidak hanya untuk KTA tapi bisa juga instrumen investasi ya.
    semoga kita dimudahkan ya untuk bisa berinvestasi juga, demi masa depan gak jadi generasi Sandwich :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^