Cara Mudah Menggunakan CCTV Outdoor Tanpa Kabel

CCTV Outdoor Tanpa Kabel


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Kerapkali kalau nonton drakor dalam memecahkan misteri kriminal dengan melihat CCTV. Tentunya CCTV baik di dalam maupun di luar ruangan memiliki manfaat yang luar biasa. Saat ini CCTV outdoor sudah hadir dalam bentuk yang lebih canggih, yaitu CCTV tanpa kabel atau lebih populer dengan sebutan CCTV Wireless. Kehadiran CCTV seperti ini dinilai lebih praktis untuk digunakan karena bisa terhubung langsung dengan menggunakan wireless saja.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa bingung menggunakan CCTV wireless lantaran CCTV ini masih belum terlalu familiar. Karena itu, banyak dari mereka yang memutuskan untuk menggunakan jasa pasang CCTV yang biasanya disediakan langsung oleh distributor CCTV.

Cara Memasang CCTV Outdoor Wireless


Bagi kamu yang berencana untuk membeli CCTV outdoor tanpa kabel dan ingin memasangnya sendiri di rumah, ada beberapa langkah kecil yang bisa kamu lakukan. Berikut ini langkah-langkah untuk memasang CCTV wireless.

  1. Pastikan IP kamera berada dalam kondisi hidup. Jangan sampai IP pada device tidak dinyalakan karena tidak akan bisa mendapat visualisasi dari DVR.
  2. Lakukan penyesuaian IP Camera dengan IP pada komputer.
  3. Instal software IP Installer yang biasanya juga akan disertakan dengan kamera CCTV Wireless pada saat kamu membelinya.
  4. Lakukan uji coba terhadap device yang telah kamu setting dengan masuk ke browser dan buka setting IP Camera tersebut.
  5. Masukan IP Camera. Kamu akan menemukan IP Camera tersebut dari kemasannya. Jika benar, visualisasi dari CCTV outdoor tersebut akan muncul dengan otomatis.

Cara Menginstal CCTV Outdoor Wireless

Jika sebelumnya telah kita bahas bagaimana cara pemasangan, kini kami juga akan berikan bagaimana cara mengatur kamera pengintai ini hingga benar-benar siap digunakan.

1. Hubungkan Wireless dengan Wifi
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa memasang CCTV tanpa kabel ialah dengan menghubungkan terlebih dahulu IP Camera dengan jaringan wifi. Untuk menghubungkannya, kamu bisa menggunakan UTP.

2. Instal Software IP Camera Player
Software IP Camera Player diperlukan untuk membantu kamu agar bisa melakukan pengaturan dan mengakses IP Camera. Salah satu software yang bisa kamu gunakan ialah OCX Setup.

3. Jalankan Software IP Camera
Setelah software telah terpasang, gunakan search tool untuk menemukan IP Address dari CCTV outdoor wireless yang kamu miliki. Untuk mengetahui IP Address tersebut, kamu bisa menemukannya di Equipments. Jika IP Address sudah dapat ditemukan, kamu bisa melepas kabel UTP tadi.

4. Akses dan Operasikan Wireless IP Camera
Untuk mengakses dan mengoperasikan CCTV outdoor tanpa kabel, kamu bisa menggunakan notebook yang sudah mendukung jaringan internet atau memiliki wifi sehingga bisa selalu online. Caranya yaitu, cukup buka browser, kemudian masukkan IP Address.

Setelah URL dimasukkan, nanti kamu akan menemukan sebuah form yang meminta username dan password. Silahkan isi username dengan admin kemudian kosongkan password.

Selanjutnya, kamu akan menemukan sebuah kotak dialog. Klik sign in pada ActiveX Mode jika menggunakan IE Browser. Sementara itu, klik Server Push Mode jika menggunakan Firefox dan Google Browser. Jika kamu menggunakan tablet atau PC, maka silahkan gunakan Mobile Mode.

Berikutnya, kamu akan menemukan main menu interface operation. Main menu ini akan membantu kamu pada saat mengoperasikan CCTV outdoor tanpa kabel ini dari mana saja. Pastikan kamu mengoperasikan menu ini dengan baik agar mendapatkan hasil gambar yang bagus.

5. Setting Wireless IP Camera

Pada menu Interface Operation, kamu akan menemukan option device status. Pada options tersebut, akan ditampilkan pengaturan CCTV wireless. Silakan klik Wireless Lan Settings.

Selanjutnya, klik tombol scan pada Wireless Network List, nanti akan muncul nama jaringan wifi yang kamu gunakan untuk melakukan pengaturan. Klik submit, dan tunggu hingga IP Camera reboot. Tunggulah sekitar 30 detik lamanya sampai kamera CCTV outdoor kamu benar-benar siap digunakan.

Hikvision AcuSense: Penyedia Beragam Jenis CCTV Canggih Tepercaya


Cara Mudah Menggunakan CCTV Outdoor Tanpa Kabel


Sedang mencari distributor CCTV yang menyediakan berbagai jenis CCTV dengan fitur canggih untuk beragam kebutuhan? Hikvision AcuSense menawarkan beragam jenis CCTV untuk kamu, termasuk CCTV outdoor.

Bukan sembarang CCTV, Hikvision AcuSense menawarkan sistem pengawasan kamera yang bisa menampilkan keadaan secara realtime. Dilengkapi dengan fitur yang cerdas yang mudah diakses, CCTV ini akan memberikan kamu banyak keuntungan, diantaranya sebagai berikut.

Fokus Akurat

Hikvision AcuSense dilengkapi dengan fitur kamera yang memiliki akurasi fokus yang tinggi. Kamera CCTV ini bisa membedakan manusia, kendaraan, hewan kecil atau benda lain yang tidak relevan. Kamu bisa menikmati fitur ini dengan VCA yang bisa mendeteksi adanya gerakan dari target kamera.

Hal ini akan membuat alarm CCTV tidak akan berbunyi sembarang karena kamera yang salah fokus. Karena itu, Hikvision AcuSense akan sangat cocok untuk dijadikan CCTV outdoor untuk menjaga rumah, ruko, toko, kantor, atau yang lainnya.

Fitur Dual Peringatan

Bukan hanya memiliki fitur fokus yang akurat, AcuSense juga dirancang dengan fitur dual peringatan yaitu auditori dan visual. Dengan fitur ini, kamu akan mendapat tambahan perlindungan.

Kamu bisa memberikan peringatan langsung di tempat dengan mudah menggunakan fitur auditori visual ini. Selain itu, kini sudah tersedia fitur yang memungkinkan terjadinya interaksi audio dua arah.

Cari Target dengan Efisien

Hikvision AcuSense akan memberikan kemudahan untuk kamu pada saat mencari target pada klip tertentu. CCTV ini akan mengurutkan video klip berdasarkan kategori objek yang ditangkapnya, seperti kendaraan, manusia, atau klasifikasi objek lainnya sehingga pencarian dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dalam memilih CCTV outdoor, tentunya kamu harus memilih CCTV yang sudah dilengkapi dengan fitur yang cerdas seperti Hikvision AcuSense. Kamu akan mendapatkan fitur keamanan berlapis dan kemudahan pada saat mengaksesnya.

14 komentar untuk "Cara Mudah Menggunakan CCTV Outdoor Tanpa Kabel"

  1. Bagus ya spesifikasi cctv indoor, fiturnya canggih dan memberi kenyamanan dan keamanan bagi kita pengguna cctv.
    Btw saya jadi inget waktu ke rumah ustaz mardani, pasca dikirim bom molotov, beliau kan oasang cctv, anak anak sampai bolak balik lihat visualnya hihi dasar ndeso. Kata anak anak canggih ya mi cctvnya.

    BalasHapus
  2. informasinya penting banget nih, kaya aku kemarin pasang cctv outdoor pakai kabel, jatuhnya lumayan banyak karena harus ngitung berapa meter kabel yang terpakai, kalau gak pakai kabel cukup pakai wifi.

    BalasHapus
  3. Untuk faktor keamanan emang udah kudu banget pasang CCTV biar semua jadi aman terkendali.
    Apalagi CCTV sekarang udah banyak pilihan dan super canggih. Ngga perlu repot pake kabel lagi, semua bisa terkoneksi dengan mudah

    BalasHapus
  4. Canggih luar biasa sih zaman sekarang yah, mbak. Hikvision juga udah handal banget nih di kelas perCCTVan.

    BalasHapus
  5. Wahhh CCTVnya sangat efektif sekali yaa, apalagi tidak sensitif jika ada object yang tidak terlalu mencurigakan. Kadang ada tuh CCTV yang suka bunyi padahal gak ada apa-apa, mana bunyinya kenceng bangett punya tetangga sebelah. Memang pilih CCTV harus yang tepat dan memiliki fitur-fitur yang mumpuni seperti ini.

    BalasHapus
  6. Kalau CCTV outdoor yang dengan kabel memang rentan masalah ya..Karena di rumah aku pakai ini, misalnya putus kabelnya karena digigitin tikus. Kalau nirkabel begini jadi praktis dan lebih minim masalah. Aku kepoin aja Hiikvision Acusense lihat-lihat model dan harganya

    BalasHapus
  7. Nah enak ini pake mode wireless kalaupun butuh kabel paling cuma kabel power aja y mbak koneksi mah udah pake wifi n ip based

    BalasHapus
  8. Wah, butuh bgt nih .plgi klo tinggal diperkampungan padat ataupun permukiman sepi, CCTV mmg sdh jd kebutuhan

    BalasHapus
  9. Btwe saya baru tau lho ada CCTV tanpa kabel kayak gini, ternyata cara pasangnya juga cukup mudah. Terima kasih mba informasinya ❤️

    BalasHapus
  10. Panduan yang lengkap jelas dan runut, sehingga tidak usah repot repot meminta bantuan orang orang lain, kalau ada tahapan yang lupa tinggal baca lagi artikel ini. Satu permasalahan telah selesai...

    BalasHapus
  11. Terima kasih infonya. Penting banget ya CCTV ini karena semua gerak-gerik yg mencurigakan bisa terpantau di sini. Rekomended ya, CCTV outdoor ini.

    BalasHapus
  12. baru tahu ada cctv outdoor tanpa kabel. enak nihh, apalagi dilingkungan rt saya masih pake cctv kabel. jadi kurang bagus:)

    BalasHapus
  13. makin praktis ya, jadi keliatan lebih rapi deh dan sekarang memang penting banget nih ada cctv di luaran area.

    BalasHapus
  14. Canggih ya kalau bisa tanpa kabel gini. Pernah lihat di rumah murid pas lagi error, ini memang kabel2nya yang diperiksain.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^