Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Pernah mengalami enggak gatal, bau di bagian oragn intim wanita? Kalau aku pernah mengalaminya apalagi disaat hari pertama menstruasi atau lagi dalam perjalanan jauh. Nah, berhubung sebentar lagi mau mudik dan mendekati jadwal menstruasiku, maka aku mau berbagi cara menghilangkan rasa gatal saat menstruasi.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi

Zaman aku SMP, ibuku rajin mengajarkan aku untuk cebok dengan rebusan daun sirih. Diambil sekitar 5 lembar daun sirih lalu direbus, ketika airnya hangat-hangat kuku, maka airnya digunakan untuk membersihkan organ intim kewanitaanku. Namun, perjalanan waktu, saat aku pindah ke Lampung, aku enggak punya tanaman daun sirih dan industri sudah berkembang, tidak harus daun sirih lagi, tapi sudah ada antiseptik khusus pembersihkan organ intim wanita.

Baca Juga : Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Sebelum aku ceritakan antiseptik yang aku gunakan, maka aku ingin menceritakan pengalamanku apa saja penyebab terjadinya rasa gatal saat menstruasi.

Penyebab Rasa Gatal Saat Menstruasi




Penyebab Rasa Gatal Saat Menstruasi

1. Perubahan Hormon

Saat menstruasi ini menandakan bahwa ovarium (indung telur) melepaskan sel telur. Proses ini disebut dengan ovulasi. Nah, jika ovulasi terjadi, sebagian dinding rahim akan handur dan keluarlah menjadi menstruasi.

Saat menstruasi, perubahan hormon terjadi yang dapat menyebabkan jumlah bakteri dan jamur pada area kewanitaan menjaid tidak seimbang. Inilah yang memicu gatal di area miss V.

2. Iritasi

Saat menstruasi sebaiknya rajilah mengganti pembalut. Sebaiknya diganti setiap 4-5 jam/

3. Alergi

Bahan pembalut dapat menjadi penyebab alergi. Aku sendiri ada merk khusus pembalut yang cocok dan ada yang tidak cocok. Terkadang aku memilih pembalut dari kain yang lebih nyaman digunakan. Tapi, untuk keluar rumah dalam waktu lama, maka aku memilik pembalut yang sering dijual dipasaran.

4. Infeksi Jamur dan Bakteri

Untuk memastikan penyebabnya Anda dapat berkonsultasi ke dokter. 

5. Kurang Menjaga Kebersihan 

Saat menstruasi, ada baiknya rajin mandi setidaknya 2x sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh. Rajin cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Selain itu Anda juga dapat membersihkan dengan Betadine Feminine Hygiene.

Mengenal Betadine Feminine Hygiene 

Betadine Feminine Hygiene merupakan cairan pembesrih (antiseptik) untuk area organ intin kewanitaan bagian luar. Diproduksi oleh Mahakam Beta Farma. Cairan ini aku beli jika aku mengalami keluhan gatal saja. Jadi tidak setiap hari aku gunakan.

Betadine Feminine Hygiene mengandung povidone-iodine. Dimana  dalam setiap mililiter cairan betadine feminine hygiene mengandung povidone-iodine 75 mg yang setara dengan kandungan yodium 7,5 mg. 

Betadine Feminine Hygiene

Baca Juga : Amalan Boleh dan Tidak Boleh Saat Mentruasi 

Nah, secara mudahnya, povidone-iodine ini mampu membunuh mikroorganisme (microbicidal) dan berfungsi untuk melawan berbagai mikroorganisme seperti bakteri, jamur, protozoa, dan virus.  

Jika mudik nanti, jangan sembarangan dalam membersihkan miss V. Jika ke dalam toilet umum, ada baiknya bawa handuk kecil untuk lap miss V setelah buang air kecil. Jika dalam keadaan menstruasi ganti pembalut dan celana dalamnya. Kadang, wanita malas mengganti celana dalam hanya pembalut saja, akibatnya timbul rasa gatal-gatal.

Betadine Feminine Hygiene  ini packingnya botol kecil yang tidak mudah tumpah dan mudah dibawah. Dengan ukuran 60 ml dapat dibawa kedalam tas jinjing.  

Cara Pakai Betadine Feminine Hygiene

Teman-teman dapat melarutkan 1 tutup botol sekitar 8ml dalam 1 liter air dan basuhkan pada organ intin kewanitaan.Diamkan selama 1 menit dan bilas sampai bersih.

Oiya Moms, penggunaannya tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusul, kecuali atas saran dokter. Jadi, saat aku mencoba ini aku tidak dalam keadaan hamil ataupun menyusui.

Nah, Moms itulah pengalamanku dalam menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Jika teman-teman ingin membeli  Betadine Feminine Hygiene silakan cek di https://betadine.co.id selamat mencoba, ya!

4 komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi"

  1. Nah, ini nih yang sering terjadi biasanya setelah menstruasi pun masih keputihan. Intinya harus jaga kebersihan, ya, biar gak gatal. Masalah mens cewek memang sensitif, ya. :)

    BalasHapus
  2. Aku selalu sedia Betadine yg ungu ini juga mbaaaa 😄. Ampuh memang buat haid. Gatal jadi berkurang, dan bau darah yg hanyir itu jadi ga terlalu kecium. Krn wangi dari Betadine tadi. Aku suka sih aromanya, kayak wangi rumah sakit yg steril 😁.

    Sementara kalo sednag traveling, aku bawa yg model tisu, utk cebok apalagi kalo kamar mandi umumnya jorok.

    BalasHapus
  3. Kalau sekarang jadi lebih praktis ya mba untuk menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Ada betadine feminime hygine yang aman buat miss v

    BalasHapus
  4. Kalau sekarang jadi lebih praktis ya mba untuk menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Ada betadine feminime hygine yang aman buat miss v

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^