Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Pernah mengalami enggak gatal, bau di bagian oragn intim wanita? Kalau aku pernah mengalaminya apalagi disaat hari pertama menstruasi atau lagi dalam perjalanan jauh. Nah, berhubung sebentar lagi mau mudik dan mendekati jadwal menstruasiku, maka aku mau berbagi cara menghilangkan rasa gatal saat menstruasi.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi

Zaman aku SMP, ibuku rajin mengajarkan aku untuk cebok dengan rebusan daun sirih. Diambil sekitar 5 lembar daun sirih lalu direbus, ketika airnya hangat-hangat kuku, maka airnya digunakan untuk membersihkan organ intim kewanitaanku. Namun, perjalanan waktu, saat aku pindah ke Lampung, aku enggak punya tanaman daun sirih dan industri sudah berkembang, tidak harus daun sirih lagi, tapi sudah ada antiseptik khusus pembersihkan organ intim wanita.

Baca Juga : Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Sebelum aku ceritakan antiseptik yang aku gunakan, maka aku ingin menceritakan pengalamanku apa saja penyebab terjadinya rasa gatal saat menstruasi.

Penyebab Rasa Gatal Saat Menstruasi




Penyebab Rasa Gatal Saat Menstruasi

1. Perubahan Hormon

Saat menstruasi ini menandakan bahwa ovarium (indung telur) melepaskan sel telur. Proses ini disebut dengan ovulasi. Nah, jika ovulasi terjadi, sebagian dinding rahim akan handur dan keluarlah menjadi menstruasi.

Saat menstruasi, perubahan hormon terjadi yang dapat menyebabkan jumlah bakteri dan jamur pada area kewanitaan menjaid tidak seimbang. Inilah yang memicu gatal di area miss V.

2. Iritasi

Saat menstruasi sebaiknya rajilah mengganti pembalut. Sebaiknya diganti setiap 4-5 jam/

3. Alergi

Bahan pembalut dapat menjadi penyebab alergi. Aku sendiri ada merk khusus pembalut yang cocok dan ada yang tidak cocok. Terkadang aku memilih pembalut dari kain yang lebih nyaman digunakan. Tapi, untuk keluar rumah dalam waktu lama, maka aku memilik pembalut yang sering dijual dipasaran.

4. Infeksi Jamur dan Bakteri

Untuk memastikan penyebabnya Anda dapat berkonsultasi ke dokter. 

5. Kurang Menjaga Kebersihan 

Saat menstruasi, ada baiknya rajin mandi setidaknya 2x sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh. Rajin cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Selain itu Anda juga dapat membersihkan dengan Betadine Feminine Hygiene.

Mengenal Betadine Feminine Hygiene 

Betadine Feminine Hygiene merupakan cairan pembesrih (antiseptik) untuk area organ intin kewanitaan bagian luar. Diproduksi oleh Mahakam Beta Farma. Cairan ini aku beli jika aku mengalami keluhan gatal saja. Jadi tidak setiap hari aku gunakan.

Betadine Feminine Hygiene mengandung povidone-iodine. Dimana  dalam setiap mililiter cairan betadine feminine hygiene mengandung povidone-iodine 75 mg yang setara dengan kandungan yodium 7,5 mg. 

Betadine Feminine Hygiene

Baca Juga : Amalan Boleh dan Tidak Boleh Saat Mentruasi 

Nah, secara mudahnya, povidone-iodine ini mampu membunuh mikroorganisme (microbicidal) dan berfungsi untuk melawan berbagai mikroorganisme seperti bakteri, jamur, protozoa, dan virus.  

Jika mudik nanti, jangan sembarangan dalam membersihkan miss V. Jika ke dalam toilet umum, ada baiknya bawa handuk kecil untuk lap miss V setelah buang air kecil. Jika dalam keadaan menstruasi ganti pembalut dan celana dalamnya. Kadang, wanita malas mengganti celana dalam hanya pembalut saja, akibatnya timbul rasa gatal-gatal.

Betadine Feminine Hygiene  ini packingnya botol kecil yang tidak mudah tumpah dan mudah dibawah. Dengan ukuran 60 ml dapat dibawa kedalam tas jinjing.  

Cara Pakai Betadine Feminine Hygiene

Teman-teman dapat melarutkan 1 tutup botol sekitar 8ml dalam 1 liter air dan basuhkan pada organ intin kewanitaan.Diamkan selama 1 menit dan bilas sampai bersih.

Oiya Moms, penggunaannya tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusul, kecuali atas saran dokter. Jadi, saat aku mencoba ini aku tidak dalam keadaan hamil ataupun menyusui.

Nah, Moms itulah pengalamanku dalam menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Jika teman-teman ingin membeli  Betadine Feminine Hygiene silakan cek di https://betadine.co.id selamat mencoba, ya!

24 komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Gatal Saat Menstruasi"

  1. Nah, ini nih yang sering terjadi biasanya setelah menstruasi pun masih keputihan. Intinya harus jaga kebersihan, ya, biar gak gatal. Masalah mens cewek memang sensitif, ya. :)

    BalasHapus
  2. Aku selalu sedia Betadine yg ungu ini juga mbaaaa 😄. Ampuh memang buat haid. Gatal jadi berkurang, dan bau darah yg hanyir itu jadi ga terlalu kecium. Krn wangi dari Betadine tadi. Aku suka sih aromanya, kayak wangi rumah sakit yg steril 😁.

    Sementara kalo sednag traveling, aku bawa yg model tisu, utk cebok apalagi kalo kamar mandi umumnya jorok.

    BalasHapus
  3. Kalau sekarang jadi lebih praktis ya mba untuk menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Ada betadine feminime hygine yang aman buat miss v

    BalasHapus
  4. Kalau sekarang jadi lebih praktis ya mba untuk menghilangkan rasa gatal saat menstruasi. Ada betadine feminime hygine yang aman buat miss v

    BalasHapus
  5. Oww... saya noted deh produk ini. Betadine Feminine Hygiene ... soalnya kalau menstruasi, biasa tiba2 gatal menyerang. Bisa diatasi dengan Betadine Feminine Hygiene ini ya.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah udah ada solusinya. Molly juga sering ngalamin. Duh gak nyaman banget deh

    BalasHapus
  7. Oh cara pakainya dilarautkan di air dulu ya. Kirain bisa langsung dibasuh ke area kewanitaan gitu. Kalau pas perjalanan jauh kayak mudik gitu emang wajib sedia pembersih kewanitaan gini ya, biar tetap nyaman

    BalasHapus
  8. Bagian kewanitaan harus selalu dijaga kebersihannya, apalagi penggunaan celana dalam harus yg nyaman menyerap keringat tidak bikin lembab.

    Disaat menstruasi lebih sering dijaga kebersihannya untung ada pembersih kewanitaan dari betadine. Lebih bersih segar setelah pakao

    BalasHapus
  9. Butuh bangettt produk ini

    Kadang aku juga alami gatal2 klo.lagi mens gt mba.

    Pengin hempasss rasa gatal ntuh

    BalasHapus
  10. Kalau saya pakai Betadine Feminine Wash, Mbak. Juga pakai yang wipes kalau pas bepergian dan harus ke toilet umum. Nah, untuk masa haid sepertinya harus coba Betadine Feminine Hygiene ini, ya.

    BalasHapus
  11. Gatal di area organ intim ini emang sangat mengganggu. Aku baru tahu nih ada betadine feminine. Thanks infonya Mbak.

    BalasHapus
  12. Kalau lagi traveling dan belum ketemu toilet stop yang memadai, saya biasanya malas banget ganti pembalut. Pokoknya nunggu toilet yang bersih, biar sampai sore juga saya tahan. Tapinya ya gitu deh, gatal-gatal. Mestinya pas lagi traveling bawa Betadine Feminine Hygiene juga ya, biar bebas dari gatal-gatal

    BalasHapus
  13. Kembali ke gaya hidup khususnya menjaga kebersihan dan kesehatan ya. Masalah saat datang bulan memang sering diikuti permasalahan lain ya

    BalasHapus
  14. Andalan aku banget ini si Betadine, karena sudah terlanjur cinta. Apalagi untuk menjaga kebersihan wanita ya, sejauh ini sih aku gak pernah mengalami gatal saat menstruasi

    BalasHapus
  15. aku banget ni pake betadine feminine hygiene saat haid dan setelahnya. suka lupa aja mau bawa di tas buat ke toilet umum. nanti mah jangan lupa lagi ahhh

    BalasHapus
  16. Memang ya rasa gatal saat menstruasi menganggu sekali...apalagi pas pergi. Maka bawa Betadine Feminine Hygiene yang packingnya botol kecil , tidak mudah tumpah yang travel friendly ini jadi solusi

    BalasHapus
  17. Saya pernah gatal-gatal setelah pakai pembalut yang panjang itu, Mak.. Maksud hati biar tenang tidur malamnya, tapi mungkin karena lembab, malah jadinya gatal-gatal dan iritasi. Huhuhu...

    BalasHapus
  18. Betadine selain dapat mengurangi gatal bikin segaar juga, ya. Semoga mudiknya lancaaar ya, Mbak.

    BalasHapus
  19. Belum pernah coba pakai Betadine Feminine Hygiene. Kayaknya produk Betadine yang pernah saya pakai ya yang kemasannya kuning itu, untuk atasi luka. Padahal ada banyak banget ya rangkaian produk Betadine, yang bagus banget untuk kesehatan.

    BalasHapus
  20. Aku pernah merasa gatal-gatal saat menstruasi. Ternyata terjadi iritasi karena aku terlambat mengganti pembalut. Setelah itu aku jadi lebih aware dengan kebersihan organ intim terutama saat menstruasi. Betadine bagus nih untuk menjaga miss v tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

    BalasHapus
  21. Nah ini dia ... untuk menghilangkan rasa gatal saat menstruasi, bisa dicoba nih untuk beli Betadine Feminine Hygiene

    BalasHapus
  22. Saat haid memang rentan membuat miss V Kita jadi tak nyaman ya, mbak Salah satunya bikin gatal gitu. Kalau buat di luar masa haid bisa jugakah produknya digunakan, mbak?

    BalasHapus
  23. Iyaya pas mens mengganggu banget gatal itu, kata dokter ku perempuan itu mahluk hormon, hidupnya dikendalikan oleh hormon hihihi

    BalasHapus
  24. Beberapa kali pernah ngerasain juga nih Mak kalo masalah gatal di area kewanitaan. Setelah saya pelajari, itu semua karena area tersebut lembap dan bikin bakteri jadi lebih betah dan menyebabkan rasa gatal. Jadi lebih baik sering ganti pembalut kalau sedang menstruasi atau ganti celana dalam selama berkegiatan.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^