Pengalaman Berenang di Kolam Renang Unila

Pengalaman Berenang di Kolam Renang Unila. Liburan kenaikan kelas kali ini aku dan keluargaku di rumah saja. Tidak sepenuhnya di rumah sih, kami masih sempat ke Kolam Renang Unila yang jaraknya dekat dengan rumah. Tak sampai 10 menit sampai naik motor aja loh!

Kolam Renang Unila ini emang milik kampus Universitas Lampung (Unila), tapi sudah terbuka untuk umum, loh! Jadi, warga lainnya bisa berenang di sini. Kolam renang ini murah meriah, sebelum liburan hanya 12 ribu, tapi saat liburan anak-anak naik menjadi 20 ribu. 

Pembelian tiket menggunakan GoPay, tapi kalau tidak ada aplikasinya atau enggak bawa hp, bisa dibantu oleh petugas dengan biaya tambahan 2 ribu. Menurutku, ini peningkatan pelayanan sih, agar tahu juga kunjungan yang datang, ya! Selain itu biaya parkir tidak ada, ya! 


Selain itu, berenang  di sini juga ada pilihan nih buat para perempuan berhijab. Jadwalnya khusus yakni setiap Rabu pukul 7.30-8.30 WIB. Nah, kami bisa puas deh berenang bareng teman-temanmu! Soalnya kalau berhijab memilih berenang agak sulit ya di tempat ramai.

Kolam Renang Unila ada berbagai macam pilihan, ada yang untuk anak balita sampai orang dewasa. Kolam Renang Unila memiliki 3 ukuran kolam renang, yakni ada yang ukuran 25 meter dan panjang 50 meter.Bahkan ada yang tempat loncat indah dengan ketinggian mencapai 5 meter. 

Berenang bersama keluarga adalah momen yang langka bagi kami karena enggak semua bisa ikutan. Mamas Faris yang sudah di pondok tidak ikut, tapi kali ini ada Abi yang mendampingi. Abi biasanya duduk di dekan kolam saja, aku yang seirng bergantian dengan Mamas Faris menjaga adiknya berenang. Nah, suatu ketika Abi mau diajak berenang. Terakhir Abi berenang entah tahun berapa ya masih Mas Faris 4 tahunan sedangkan sekarang sudah 16 tahun.



Awalnya Abi menemani Aisyah dan Abang Fatih berenang. Sudah sejak lama pengen les kan Aisyah berenang tapi terkendala ada aja nih. Apalagi ada pandemi kemarin, tertunda deh. Nah, semoga entar bisa terlaksana, ya! Abang Fatih terlihat senang sekali ditemani Abi berenang.

Tak lama Abi ngajak berenang ke kolam renang dengan ukuran yang besar dan dalam. "Mi, Abi mau lompat indah ala anak kampung!" Tentu saja aku kaget. Dari jauh melihat Abi dan Abang Fatih sudah bersiap. Sedangkan aku dan Aisyah lagi pesan pop mie di kantin dalam lokasi Kolam Renang Unila.

Jujur khawatir banget Abi mau melompat soalnya ada kendala di gendang telinga Abi, jika kemasukan banyak air akan sakit. Ini disebabkan pernah kecelakaan motor sekitar tahun 2010. Sejak itu Abi enggak diperbolehkan berenang lagi. Tapi syukurlah pulang berenang ini Abi tidak mengalami kendala di telinganya.

Oiya teman-teman kalau ingin berenang atau traveling (liburan) ke Kolam Renang Unila, sebaik dipersiapkan dulu, ya!

Aku berenang di Kolam Renang Unila

Tips Mengajak Anak Berenang :

1. Siapkan kesehatan anak. 
Jangan sekali-kali bepergiaan jika anak masih dalam kondisi sakit, sebaiknya ditunda dulu. Termasuk kalau ingin berenang.
2. Siapkan baju ganti anak.
Yes, kalau perlu ada bebepa tas khusus. Ada untuk baju ganti, baju basah, makanan dan tas obat-obatan.
3. Jangan lupa sarapan.
Membawa anak-anak ke kolam renang rentan sakit kalau belum sarapan. Hindari perut kosong. Ada beberapa kolam renang yang membolehkan bawa makanan dari luar. Maka, manfaatkan untuk makan dulu sebelum berenang, ya!
4. Bawa obat-obatan.
Selain minyak kayu putih, bawa handplast jika diperlukan. Soalnya, pengalaman banget kalau ngajak anak-anak bepekergian, ada aja kreativitasnya. Entah ke sandung, ketusuk duri, dll. Oiya, satu lagi minyak andalanku adalah minyak but-but untuk anak yang kena benjol.
5. Pemanasan
Kalau ingin berenang, sebaiknya pemanasana dulu ya, jangan sampai ada cidera saat berenang.

Nah, Moms, itulah cerita aku dan keluargaku saat berenang di Kolam Renang Unila. Gimana pengalaman liburan teman-teman? Apakah traveling ke suatu tempat? Sebelum bepergian lakukan tips travelling ala Mbk Nurul Rahma di blognya. Beliau juga pernah Jadi Local Guides dan Diundang Google ke Amerika ikuti juga ceritanya mengenai traveling ke berbagai daerah.

14 komentar untuk "Pengalaman Berenang di Kolam Renang Unila"

  1. Tatapan mata ummi mengandung banyak makna ini sepertinya hehe
    #justkidding
    Soal berenang, Salfa juga pengen sekali apalagi ada fobia sama air banyak, jadinya butuh pendampingan ekstra.

    BalasHapus
  2. Segerrr bgttt

    Aku udah lama ngga berenang nih Mak.

    Lihat kolam gini aja, rasanya auto pengin nyebuurrr

    BalasHapus
  3. Kolam renangnya bersih ya, Mbak. Jadi nyaman berenangnya. Apalagi ada waktu khusus untuk yang berjilbab.

    BalasHapus
  4. Penting banget nih untuk yang berhijab atau khusus wanita!
    Soalnya susaaaah banget cari yang tertutup gitu. Oya aku andalan banget tuh bawa minyak kayu putih - sama ... popmie hahaha kali aja di sana kehabisan popmie kan repot cari yang anget anget

    BalasHapus
  5. ini kalau di Bandung sama Mbak kolam renang UPI juga suka dibuka untuk umum, dan harganya terjangkau juga, cuma saya jarang berenang di sana karena cukup terbuka sih kalau untuk perempuan, banyaknya memang mahasiswa yang rajin berenang di sana

    BalasHapus
  6. Seru, menikmati waktu bersama keluarga dengan berenang alternatif nya ada tempat seperti di Unila ini. Pernah baca2 kalau fasilitas disini cukup memadai dan pernah dapat rewards dari proses pembayaran tiket yg berbasis Qris

    BalasHapus
  7. Enak nih kalo kolam renang ada jam berenang khusus perempuan berhijab karena kadang juga walaupun udah pakai baju renang hijab, tetap nggak nyaman kalau pas ramai dan banyak yang bukan muhrim. Apalagi sejak ada kasus pelecehan seksual anak trus pelakunya ngincer orang di kolam renang, parno jadinya.

    BalasHapus
  8. Seger dan seruu ya berenang sekeluarga. Apalagi kalau abi nya juga ikutan main gini, jadi lebih berkesan nih buat anak-anak kayanya yaa.

    BalasHapus
  9. Kalau habis berenang ini memang enaknya makan pop mie 🤣 Anget anget sedap

    BalasHapus
  10. Aku udah lama banget nggak berenang, padahal berenang adalah olahraga favorit aku dan keluarga. Di dekat kompleks sebetulnya ada kolam renang yang mumpuni, cuma tiket masuknya lumayan mahal, plus bercampur. Kalau yang dipisah (ada jadwal untuk akhwat) lumayan jauh lokasinya. Oya, ada rekomendasi pakaian renang muslimah nggak mbak?

    BalasHapus
  11. Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan apalagi untuk anak-anak.
    Selain bisa meningkatkan ketangkasan juga melatih pernapasan.
    Yang asik memang kalau orangtuanya bisa mengajarka sendiri ke anak yaa.. Berhubung aku juga gak bisa renang ((renang gaya bebas, karena beneran bebas aja yang penting jalan, hahaha)), jadi aku sering nodong suami buat ikutan nyemplung nemenin anak-anak renang.

    Seneng, jadi bisa family time.

    BalasHapus
  12. Wah senangnya ada kolam renang dalam kampus yang bisa dipakai umum yaa. Harganya juga cukup terjangkau dan kolamnya bersih. Nyaman jadi tempat family time nih.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^