Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Melon Untuk KesehatanMelon, buah berdaging yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae yang meliputi labu siam, mentimun, labu kuning, dan labu siam, merupakan buah, namun sering digunakan sebagai sayuran kuliner.

Manfaat buah melon ini kebanyakan dimakan segar sebagai makanan penutup karena aromanya yang unik dan manis. Mereka memiliki cangkang dan kaldu yang keras dengan biji yang tertanam di dalamnya. Varietas melon yang populer termasuk semangka, melon melon, melon musk, dan metalloaf.

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan


Beberapa bisa dimakan mentah dan yang lain bisa dimasak terutama dalam sup dan semur. Melon adalah makanan bergizi yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan selain sifatnya yang mendinginkan dan menenangkan.

Apa Manfaat Buah Melon Jika Dikonsumsi?

Pertama, memiliki sifat anti kanker, kandungan karotenoid yang tinggi dalam buah melon dapat mencegah kanker dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Mengkonsumsi buah ini secara teratur/

Karena itu, tambahkan melon ke dalam makanan Anda untuk mencegah penyakit fatal. Yang kedua adalah kesehatan jantung. Antikoagulan yang disebut adenosin, ditemukan dalam buah melon, dapat mencegah pembekuan sel darah, yang dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung.

Kedua, Melon menurunkan risiko penyakit jantung dengan melunakkan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam melon memberikan efek menenangkan yang membekukan mulas.

Ketiga, pengobatan penyakit ginjal. Kandungan pada melon terdapat deurotik, dimana deurotik ini memiliki kelebihan yang sangat baik dan bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal. Kombinasi melon dan lemon juga dapat efektif dalam mengobati asam urat.

Keempat, kesehatan pencernaan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mengeluarkan tinja yang lunak dan mudah saat makan melon. Kandungan air dalam melon baik untuk pencernaan dan membantu melancarkan ekskresi, sehingga kandungan mineralnya menghilangkan keasaman yang sering menyebabkan masalah pencernaan. 

Kelima, bertindak sebagai penambah energi. Kebanyakan melon mengandung vitamin B, yang merupakan bagian terbesar dari produksi energi tubuh. 


Pengalaman Panen Melon di Kantor BPP Lampung

panen melon di BPP Lampung
Panen Melon di BPP Lampung

Akhir tahun 2020 aku diajak ibu-ibu arisan Dharma Wanita BPP Lampung panen melon. Ya, kami panen melon bersama dan dapat gratisan 1 melon. Kalau mau beli juga boleh dong!Tentu saja kesempatan itu enggak aku sia-siakan. Kapan lagi kan ke kebun melon? Walau sebelumnya sering sih diajak suami melihat kebun kantornya, tapi ini kan rame semua ibu DWP.

Manfaat Buah Melon
 Golden Melon

Melon yang aku pilih ternyata yang berwarna kuning. Namanya golden melon. Melonnya berwarna kekuning emasan gitu deh. Konon golden melon digemari karena bentuknya kecil dan teksturnya renyah dan lebih manis. Okelah, aku cobain deh sampai rumah! Heheh...

Honeydew Melon
  Honeydew Melon

                                                                    
Ada juga Honeydew Melon yang aku lihat. Tapi karena sudah dipanen, jadi sisanya banyak yang udah ada busuknya. Jujur aku enggak terlalu maniak makan melon, tapi kalau metik langsung aku ya suka banget makannya.Honeydew Melon ini dikenal sebagai melon madu yakni melon terbaik dari segala buah melon.Disebut melon madu karena daging biahnya rasanya paling manis. Kulitnya mulut tanpa net dan bentuknya lonjong. Ketika matang mengeluarkan wangi.

BPP Lampung
Foto bersama dengan kepala kantor BPP Lampung

Usai panen, kami pun foto bersama dengan kepala kantor BPP Lampung. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan DWP hari ini. Pokoknya seru deh kalau udah ketemu ibu-ibu, bawa anak atau tanpa bawa anak yang penting cekrek, foto bareng!

kebun BPP Lampung
Kebun BPP Lampung


Kebun Melon BPP Lampung
Kebun Melon BPP Lampung

Siang menjelma, aku pun pamit pulang. Jika ada tanah yang luas, boleh banget tuh berkebun melon. Rasanya betah banget berlama-lama dan ingin panen lagi, heheh... Tapi, berkebun di lahan sempit juga bisa loh, Moms! Contohnya temanku Ugik Madyo ini berkebun di lahan sempit. Banyak sekali tanaman yang dapat dicoba. Apalagi hobi berkebun membuat badan jadi fresh dan anti stres.

Menurut Ugik Madyo, berkebun di lahan sempit dapat menanam tanaman bunga, sayuran seperti sawi, bayam, kangkung atau kacang panjang. Mungkin saja menanam cabe rawit yang harganya sering tiba-tiba naik. Nah, patut dicoba nih!

Demikian artikel yang kami buat tentang manfaat buah melon, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan"