Cara Menjaga Kesehatan Gigi agar Terpelihara

Cara Menjaga Kesehatan Gigi agar Terpelihara. Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik memang harus diketahui oleh setiap orang. Misalnya, dengan menggosok gigi dua kali sehari serta menjaga pola hidup sehat dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selain bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, kebiasaan baik tersebut juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi agar Terpelihara

Tentu saja jika mengalami masalah di gigi, akan sangat menyakitkan. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, bisa jadi Anda tidak dapat bekerja maupun beraktivitas secara normal karena harus merasakan rasa sakit ini. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan gigi tersebut?

Cara Menjaga Kesehatan Gigi di Rumah Secara Mandiri

Supaya terhindar dari rasa sakit yang berkepanjangan atau mencegah timbulnya masalah kesehatan oral, ada cara-cara yang dapat dilakukan. Cara menjaga kesehatan gigi bisa Anda praktekkan berikut:

1. Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Memilih sikat gigi yang tepat bisa menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cobalah untuk memilih sikat gigi yang mempunyai bulu lembut sehingga nyaman ketika dipakai. Sebaiknya, pilih juga yang memiliki ujung sikat gigi yang kecil membulat. Kalau sudah digunakan selama 3 bulan, maka sebaiknya diganti.


2. Pastikan Cara Menyikat Gigi Benar

Tidak hanya memperhatikan bentuk dari bulu sikat gigi saja, cara menyikat gigi juga bisa menjadi faktor penentu kesehatan gigi dan mulut. Sebaiknya, saat menggosok gigi dilakukan dengan gerakan memutar serta tidak terlalu menekan. Perlu juga untuk mengeluarkan waktu kurang lebih 2 menit untuk menggosok lidah.

3. Melakukan Floshing

Floshing atau membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi dapat dilakukan setiap hari yang bertujuan membersihkan sisa kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Cara menggunakannya dengan melilitkan salah satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan satu yang lagi di telunjuk kiri.

Selanjutnya, jepit kedua ujung benang menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tegang dan bersihkan sela-sela gigi. Berikutnya, Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang disertai air garam untuk membersihkan bagian gigi dan mulut.

4. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang selanjutnya dapat dilakukan dengan mengurangi makanan dan minuman manis. Misalnya, minuman berenergi, minuman bersoda, roti dan kue manis. Kandungan gula yang ada di dalamnya, bisa menjadi pemicu gigi berlubang.

5. Berhenti Merokok

Kandungan tar dan nikotin yang ada di dalam rokok bisa membuat warna gigi berubah. Selain itu, zat yang lainnya juga bisa membuat gigi menjadi rapuh dan mudah patah serta meningkatkan risiko kanker mulut. Oleh karenanya, disarankan menghentikan kebiasaan merokok untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut.

6. Mengecek Kesehatan Gigi Secara Teratur

Kebiasaan sehari-hari yang sudah dilakukan dengan tips di atas, memang penting untuk menjaga kesehatan ingin secara keseluruhan. Akan tetapi, disarankan juga untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi 6 bulan sekali. Ini untuk memastikan deteksi jika ada masalah di gigi, atau bagian dalam mulut.

Aku pernah mengajak anakku Aisyah ke dokter gigi, "Ayo, Aisyah giginya dicabut kita ke dokter gigi! Kalau enggak dicabut nanti giginya jelek!" kebetulan itu gigi susu dan gigi permanen di belakangnya sudah mulai kelihatan tumbuhnya. 

"Enggak pa-pa Mi, giginya jelek, asal hatinya baik!" jawab Aisyah.

Ya... enggak gitu juga konsepnya, nak! Hahaha... gigi jelek juga menganggu buat pertumbuhan ke depan. Kalau gigi sehat dan kuat makan jadi nyaman, nutrisi insya Allah akan tercukupi.

Aisyah pernah mengalami trauma ke dokter gigi saat cabut gigi pertama kali. Dokternya tambah mengajak ngobrol tiba-tiba dicabut saja giginya dan giginya langsung dibuat, Aisyah nangis kejer! Dia mau giginya dibawa pulang, dokternya enggak ngasih alias udah masuk ke tong sampah! Jutek deh tuh dokter hahah...

Berhubung di klinik itu dokternya hanya dia ya terpaksa pas cabut kedua dan ketiga kalinya masih dengan dokter yang sama dan Aisyah nangis dulu setiap mau ke dokter. Tapi, alhamdulillah kini ada dokter gigi praktik pagi hari dan dokternya ganti hihi... Aisyah sudah mulai berani cabut gigi susu lagi.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Travelling


Nah, kalau lagi jalan-jalan ini jangan lupakan sikat gigi. Apalagi kalau naik bisa atau mobil ya. Disaat berhenti, segera ke kamar mandi untuk sikat gigi. Pernah aku makan jagung rebus saat dalam perjalanan, eh itu jagung nyangkut dan bikin enggak nyaman banget. Alhasil segera sikat gigi saat bis berhenti, hihi...

Nah, jika gigi Anda sensitif saat makan dan minum, segera cek ke dokter! Bisa jadi ada yang bermasalah, seperti ditulis oleh Blogger Lamongan satu ini! Menurutnya, penyebab gigi sensitif adalah :
- Ketika makanan atau minuman yang panas atau dingin.
- Makan makanan yang manis atau asam.
- Menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol.
- Membersihkan gigi dengan sikat gigi atau dengan benang.
- Saat udara dingin.

Sahabat Smart Mom, mengatasi gigi sensitif ala aku sendiri adalah mengenali gigi kita sendiri. Jangan tunggu sakit, cegah sebelum terjadi! Hindari makan atau minuman yang merangsang ngiluh. Ya termasuk pilih pasta gigi yang mendukung! 

Cara menjaga kesehatan gigi memang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lain. Karena itulah, Anda perlu juga untuk memenuhi asupan makanan dengan yang bergizi. Misalnya, konsumsi konsumsi sayur dan buah, serta minum air putih dengan jumlah cukup. Jika ada keluhan dengan gigi, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Yukm jaga kesehatan gigi! Semoga tips di atas bermanfaat! 

Posting Komentar untuk " Cara Menjaga Kesehatan Gigi agar Terpelihara"