5 Ciri Oli Motor Maticmu Perlu Diganti

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

5 Ciri Oli Motor Maticmu Perlu Diganti. Liburan akhir tahun ke mana saja? Aku sendiri di rumah saja nih. Selain itu, aku punya jadwal setiap Selasan dan Jumat fisioterapi ke RS Airan. Nah, bolak-balik ke sana aku memilih naik motor. Kadang di antar oleh suami, kadang bawa motor sendiri.

Terbiasa  mengendarai motor, bukan berarti aku hapal cara merawat motor. Lebih banyak suami yang paham. Lebih sering yang aku cek adalah ketersediaan bahan bakarnya, ban atau lampu motor saja. Untuk urusan ganti oli, suami yang lebih banyak bertugas.


5 Ciri Oli Motor Maticmu Perlu Diganti



Namun, ketika suami dinas ke luar kota, perawatan motor menjadi tugasku. Apalagi bolak-balik antar anak ke sekolah atau antar anak ke pondok memerlukan motor yang prima. Untuk itu pentingnya oli motor matic bagi pemilik motor matic.

Salah satu ciri motor matic kehabisan oli adalah mesin akan mati mendadak, timbul asam pada knalpot  dan motor teras berat. Oli sebagai pelumas utama pada bagian motor sangat dipengaruhi oleh gerak pada mesin akibat dari panas. Fungsi oli pada motor sangatllah penting sebagai pelumas, sebagai perata panas pada semua bagian motor.  

Hal ini menyebabkan kualitas oli menurun dan kemampuan oli melumasi juga berubah, itulah alasannya oli berubah warna menjadi hitam dan lebih cair. Jika oli memiliki tanda-tanda berikut, walau belum saatnya ganti oli, yuk segera ganti!

Kenali 5 Ciri Oli Motor Matic Perlu Diganti :

1. Warna Hitam Pekat dan Tekstur Encer

Umumnya oli yang baru berwarna biru atau kuning. Warna hitam oli disebabkan oleh zat panas atau emisi atau kerak bekas pembakaran. Maka, daya lumasnya cepat menurun dan cepat aus-nya.

2. Lebih dari 2000 km

Idealnya oli harus diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 2000 km atau sekitar 2 bulan sekali. Jadi, jangan menunggu sampai lebih dari 2000 km, ya! Aapalagi kalau kamu mengendarai motor setiap hari. Untuk kantor, kuliah, berbisnis dan lainnya. 

3. Volume oli  mesin kurang

Volume oli yang sekitar 800 cc berkurang disebabkan oli menguap saat  pemanasan, oli masuk ke ruang bakar dan adanya kebocoran oli. Jika oli mesin berkurang mengakibatkan komponen mesinnya cepat aus. 

4. Suhu mesin lebih terasa tinggi dari sebelumnya

Jika kondisi memburuk, daya hantarnya juga berkurang, inilah menyebabkan penyebaran  panas tidak merata  sehingga akan merasakan panas banget ke arah kaki yang awalnya tidak terasa.

5. Suara transmisi menjadi kasar atau overheat

Suara yang kasar pada mesin transmisi karena kualitas oli mulai menurun. Daya lumas pada gir juga ikut terganggu.

Untuk menjaga motor agar terus prima sebaiknya memilih produk oli motor yang sesuai dengan motor. Oli untuk motor matic berbeda dengan motor lainnya. Perhatikan juga kemasan dan logo asli saat memilih produk oli. 

Selain itu, pemakaian oli yang asli akan membantu dalam merawat motor menjadi awet dan terjaga dengan baik. Jika bingung memilih jenis oli motor matic berkualitas, sebaiknya langsung ke tukang servis yang terpercaya.

5 Ciri Oli Motor Maticmu Perlu Diganti

Bagi kamu yang ingin merawat motor matic tetap awet dan berkualitas, silakan cek di https://planetban.com/ kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai oli motor matic. Di daerahku sendiri, Lampung, khususnya Bandar Lampung ada di alamat ini : 

PLANET BAN PANGERAN ANTASARI LAMPUNG

JL. Pangeran Antasari RT.004 RW.001 Desa/Kel. Kalibalau Kencana Kec. Kedamaian Kota Bandar Lampung, Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Lampung 35133

Telepon : 081510399736
Jam : 09:00 - 21:00

Jangan khawatir di daerah lainnya ada loh! Jangan sampai melalaikan motormu. Oli bagi motor seperti makanan, jika udah "kelaparan" maka akan sulit bergerak, tapi kalau sudah kenyang (ganti oli), maka performa motor menjadi baik.

Nah, Sahabat Smart Mom, yuk terus menjaga kualitas motormu! Jangan sampai mogok di tengah jalan loh! Oiya, siapa nih yang buat list liburannya mau servis motor juga? Yuk, cerita di kolom komentar, ya!

11 komentar untuk "5 Ciri Oli Motor Maticmu Perlu Diganti"

  1. Urusan ganti oli emang kayak rumit gitu. Aku biasanya ganti oli tuh setiap bulan. Terus ditegor sama bapak. Katanya boros. Wong aku motoran juga nggak jauh-jauh amat. Sebulan juga nggak bakal lebih dari 1000 km katanya. Jadi minimal 2 bulan lah. Kecuali kalau motornya kupakai perjalanan jauh. Baru dah tuh langsung kuganti oli. Hehehe

    BalasHapus
  2. Iya mba meskipun saya ga paham masalah otomotif tapi emang kerasa kok klo oli motor harus diganti, tarikan mesin terasa berat dan motor ga enak banget dipakainya jd memang harus rutin service motor dan ganti oli utk jaga performa kendaraan

    BalasHapus
  3. ternyata planet ban ada dekat rumah saya di Jatinangor lho
    sehingga anak saya bisa segera cek sepeda motornya ke planet ban
    semula mengira planet ban hanya ada di Bandung, untunglah

    BalasHapus
  4. Mengganti oli secara teratur ini saya setujui banget. Selain untuk keawetannya juga demi keselamatan kita saat berkendara. Memang terasa beda lho kalau motor baru keluar dari ganti oli sama motor yg lama belum diganti olinya itu

    BalasHapus
  5. Kalau aku sih yang nomer 2 ya. Biasanya aku catat berapa KM saat ganti oli. Terus kalau sudah 2000 km, ganti oli lagi...

    BalasHapus
  6. Setuju. Ayo semua, khususnya rider matic jangan main-main sama takaran serta kualitas oli. Nanti rusaknya kemana-mana.

    BalasHapus
  7. Motor terawat baik itu penting ya mbak, biar awet dan lancar digunakan. Nah aku tuh ada 3 motor di rumah, tapi belum pernah sekalipun ngurus perawatannya, semuanya anak dan suamiku yang urus, jadi pengetahuanku soal oli motor tuh nol banget 😅 Alhamdulillah lewat tulisan Mbak Naqqiyah di sini jadi tahu.

    BalasHapus
  8. Nah ini penting banget ya mbak untuk kita aware. Seringkali cuma bisa pake motor tetapi tidak menyadari kondisi oli motor matic wajib diganti. Artikel yang bermanfaat

    BalasHapus
  9. Oli motor ini jadi hal yang urgent ya buat diperhatikan para pengendara. Jadi jangan hanya bisa mengendarai tetapi gak bisa merawatnya ya

    BalasHapus
  10. penting banget mengganti oli mesin kendaraan secara berkala yaa agar mesih tetap awet

    BalasHapus
  11. Kalau udah hitam warnanya harus diganti ya. Suamiku pernah kayak gini dan nunda ganti karena lom ada duit buat beli oli. Akhirnya diterusin dan efeknya ke mesin. Sejak itu jadi gak mau ngeremehin lagi dan cek oli sebelum jadi hitam lagi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^