Pengalaman Fisioterapi karena Syaraf Kejepit di Leher

Pengalaman Fisioterapi karena Syaraf Kejepit di LeherAssalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar semua semoga sehat, ya! Aku sendiri alhamdulillah sehat hanya perlu fisoterapi untuk syaraf kejepit di leherku. Kok bisa kena?

Pengalaman Fisioterapi karena Syaraf Kejepit di Leher


Awalnya tanganku mengalami rasa ngilu dan nyeri yang hebat saat aku berada di Jakarta acara nikahan keponakanku pada awal Januari 2022. Saat itu, aku pikir karena kecapekan atau faktor pernah cidera saat aku ketimpa motor ditahun 2018-an. Jadi, aku hanya makan obat dan pijat saja

 

Namun, sampai di Lampung, rasa nyeri hebat itu tidak hilang bahkan sudah makan obat dari dokter. Emang sih masih masih bertahan ke dokter umum, bolak-balik ke klinik tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 BPJS (faskes 1), dikira asam urat dan kolesterol. Jadi, aku dikasih obat untuk asam urat saja. Tapi, setelah didesak keluarga, aku lab untuk ronsen dan hasilnya bahunya ada yang retak.

Obat  Syaraf Kejepit di Leher
Obat saat nyeri tak tertahankan


Berbekal hasil ronsen, aku ke dokter orthopedi dan diberi makan obat. Ada sekitar 3x aku berobat dengan umum dan sempat tanganku digendong untuk istirahat 2 minggu. Selanjutnya, dokter menyarankan aku fisoterapi sejak awal Juli 2022, tapi saat itu aku mikirnya udah deh pakai BPJS aja biar murah, nah salahnya aku ganti dokter dengan rumah sakit yang berbeda. Dokter kedua malah enggak mengatakan ada retak, tapi nyeri sendi biasa.

"Dok, perlu fisoterapi enggak?"
"Enggak kok, ini enggak retak, nyeri sendi aja!" ujar dokter kedua sembari melihat hasil ronsenku dan sambil menulis karena pasiennya sangat banyak.

Lama enggak ada perkembangan, aku balik ke faskes 1 dan bertemu dokter yang pernah merawatku saat keracunan kerang. Aku ceritakan pengalamanku berobat dengan 2 dokter berbeda ini, beliau menyarankan menemui dokter pertama dengan BPJS  ke RS Airan Raya.


RS Airan Raya Dokter Bayu Orthopedi



Akhirnya aku bertemu lagi dengan dr Bayu dan mendapatkan rekomendasi fisioterapi. Sebelum ke fisioterapi, aku harus bertemu dengan dokter Leo, spesialis rehabilitasi medik. Nah, diceklah tangan dan bahu dengan beberapa gerakan. "Ini sudah ke syaraf leher, bu! Nanti fisioterapi aja dulu, ya!" 

Jadilah aku melaksanakan fisioterapi sebanyak 8x yakni setiap Selasa dan Jumat.
Untungnya ada jadwal siang, jadi engak terlalu lama antri. Aku datang sekitar pukul 14.00 WIB dan selesai menjelang asar.

Setelah 4x fisioterapi bertahap rasa panas dan nyeri menjalar itu hilang. Rasanya enak sekali kalau sudah fisoterapi, bertahap tanganku "tidak lemah lagi" bisa digunakan untuk kegiatan mencuci atau memasak dengan leluasa. Biasanya tangan kiri mengangkat piring saja terasa sakit menjalar sampai ke ujung jari.

Alat terapi Syaraf Kejepit di leher
Alat terapi Syaraf Kejepit di leher


Berikut Tanda Saraf Kejepit di leher :

- Nyeri menusuk dari leher sampai ke lengan
- Leher sakit terasa panas sampai ke lengan
- Kesemutan dari leher sampai ke lengan.
- Bahu terasa kaku
- Tangan menjadi lemah
- Mudah capek dan kebas

Sebelum bertemu dr Leo, aku enggak tahu kalau kena syaraf kejepit, aku hanya tahunya bahuku ada retak sesuai hasil ronsen, tapi pas aku tanya ke perawat yang membantuku fisioterapi, katanya aku ini sudah karena cidera + kerjaan aku di depan laptop yang terlalu lama menunduk sehingga kena syaraf kejepit di leher.

Alat terapi Syaraf Kejepit di leher
Alat terapi Syaraf Kejepit di leher


Nah, Moms jangan sepelekan jika sudah mengalami ciri-ciri di atas, itu yang aku alami ya jadi ini murni sesuai pengalaman saja. Jika ada pengobatan alternatif mungkin teman-teman bisa share juga di komen, ya! Salam sehat!

47 komentar untuk "Pengalaman Fisioterapi karena Syaraf Kejepit di Leher"

  1. Semoga lekas sehat kembali ya mbak Naqi. Baca tulisan mbak mengingatkan aku sama ibuku yang tahun lalu sempat kena syaraf kejepit juga karena beliau jatuh ketika sedang ikut outing dan harus fisioterapi sampai 10x. Wah iya, bahuku juga sering berasa pegal dan nyeri, apalagi kalau sudah duduk di depan komputer/laptop berlama-lama, tapi nggak sampai panas dan kebas sih.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah yaa udah ketemu penyebabnya ternyata dari retak sampai syaraf kejepit. Berarti selama belum fisioterapi, lengan kiri ga bisa dipakai? kalau nyetir motor gitu gimana mbak?

    BalasHapus
  3. Kalau baca orang sakit bagian tulang dan persendian tuh ngilu banget rasanya. Nggak kelihatan sakitnya tapi nyerinya naudzubillah. Kayak aku nih cedera ligamen jg kalau buat jongkok susah. Udah gitu kalau sakit di bagian tulang2an, suka lama sembuhnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penyakitnya nggak kelihatan, tapi efek nyerinya lama hilangnya. Saat kayak gini, saya kadang mikir, satu urat saja bermasalah, ternyata efeknya luar biasa bagi tubuh. Jadi banyak bersyukur diberikan nikmat sehat oleh Allah

      Hapus
  4. Aku pernah ngalaimin syaraf kejepit area pinggang aja sakitnya luar biasa smpe gk bsa jalan gimna kalau leher area yg jelas2 lunak ..smoga cpet sembuh dan pulih kembali ya mba

    BalasHapus
  5. Ya allah karena terlalu byk nunduk ya mba di depan laptop. Aku dulu pernah pas intens nulis tangan kananku kayak gitu. Nyeri2 kebas gitu. Tp alhamdulillah sembuh begitu ngurangin ngetik

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sudah terasi ya mak, jadi perhatian banget ciri-cirinya ya dan memang sih kalau badan sudah memberikan sinyal gak enak tuh gak boleh disepelekan. Semoga selalu dalam keadaan sehat ya mak Naqi

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau ada saraf kejepit di leher. Ini mungkin kalau pernah kecelakaan, ya? Saat ini leherku juga sakit banget sampai benjol gede tapi aku mikirnya kecapean menyusui aja. Dikompres es pelan2 mereda.

    BalasHapus
  8. Syaraf kejepit itu bisa terjadi dimana saja ya Mbak di anggota tubuh kita, emang kudu jaga kesehatan ya.
    Moga cepat sembuh ya Mbak, semangat terus ya hadapi rangkaian fisioterapinya.

    BalasHapus
  9. Maasyaa Allah aku alami juga ini sekarang
    Minum obat dokter baru enakan
    Cuma sering kambuh karena bolak balik gendong bayi
    Tak coba periksa ah

    BalasHapus
  10. Terima kasih kak Naqi.
    Sejujurnya, tangan kananku mulai terasa tidak nyaman. Kaya yang kalau di ke atasin sakit.
    Rasanya aku kudu banget lebih rutin olahraga. Apakah itu akan membantu?
    Atau kudu cek ke rumah sakit ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya nyaman ya.. kalau sudah diobati dengan ahlinya begini..
      Datang ke fisioterapi secara rutin, semoga lekas sehat kembali seperti sedia kala, kak Naqi..

      Hapus
  11. semoga lekas sembuh mbak, nggak nyangka bisa gitu hingga nggak bisa beraktifitas dengan normal, hinnga juli sampai sekarang sabar banget mbak menahan sakit, untungnya ada perubahan jadi lebih baik ya. Jadi peringatan juga nih untuk nggak berlama-lama kerja depan laptop

    BalasHapus
  12. Suamiku syaraf kejepit di pinggang mbak, udh MRI kalau kambuh gak bisa jalan. Tapi nanti sembuh sendiri. Udh berkali2 sampai terapi dimana2. Masih suka kambuh juga.

    BalasHapus
  13. ALhamdulillah, setelah terapi, syaraf kejepit di lehernya bisa diatasi, ya mba.
    Tambahan pengetahuan untuk kita-kita yang mengalami gejala yang sama,jadi tau tindakan apa yang harus dilakukan. Makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  14. Masyaallah Mbak Naqi sangat kuat, Syaraf kejepit kan sakit banget
    Tetangga saya sampai mengaduh setiap reaksi pain killernya habis
    Saya juga sekarang sedang sakit leher karena kelamaan di depan laptop
    Saya ikhtiar dengan olahraga beban

    BalasHapus
  15. Mbak Terima kasih sudah berbagi...oh gejalanya seperti ini ya syaraf kejepit di leher. Kabayang pasti menganggu aktvitas ya. Semoga sudah membaik dan makin baik ya. Sehat selalu ya Mbak

    BalasHapus
  16. Terima kasih sharingnya Mak, biasanya saya dengar tuh syaraf kejepit di punggung, ternyata bisa juga di leher ya.
    Jadi memang mesti aware terhadap isyarat tubuh, jangan menyelepekan kalau ada tanda-tanda tak biasa di tubuh. Supaya bisa segera dapat penanganan yang semestinya

    BalasHapus
  17. Seram kena saraf kejepit, kerjaan kita memang perlu jeda. Jangan sampai terus menunduk

    BalasHapus
  18. Duh jadi ingat pengalaman sendiri. Saya punya syaraf kejepit sepanjang tulang belakang badan Mbak. Sempat bedrest dan berobat berbulan-bulan tanpa solusi di RS dengan beberapa dokter. Pemicunya adalah saya yang sejak kecil sering jatuh karena berbagai sebab. Mulai dari jatuh dari pohon, karena main basket, jatuh di kamar mandi, dll. Sembuhnya malah dengan seorang ahli terapis yang pernah belajar di Cina dan buka praktek sendiri. Alhamdulillah. Meski harus menjaga ini dan itu, sejauh ini syaraf kejepit itu tidak datang lagi.

    BalasHapus
  19. Semoga lekas sehat dan pulih seperti sedia kala, Mba ^^
    Terimakasih sharingnya, ini bisa jadi pelajaran juga jika ada tanda-tanda seperti itu bisa tahu bagaimana langkah pengobatannya..

    BalasHapus
  20. Gejalanya awam ya mbk, kadang kalo ga peka bisa mikirnya pegel2 biasa atau salah tidur dah tuh 😁
    Makasi sudah berbaginya mbk, ke depan jadi lebih aware. asehat selalu mbk...

    BalasHapus
  21. Semogaaaa sehaattt selalu ya mba Naqiii
    Ga ada keluhan lagi utk badan kita makin sehat paripurna.
    Aamiin aamiin ya robbal alamiinn

    BalasHapus
  22. semoga lekas membaik dan sembuh ya mba, makasi sudah berbagai pengalaman di blog

    BalasHapus
  23. Efeknya jd penulis dan orang yg banyak lerjq depan laptop gini x yq mbak. Ngebayangin nyeri yg dirqsakan aku pun ikutan nyeri mbak pasti ga enak bgt syukurlah udh tertangani ya. Get well soon mbak

    BalasHapus
  24. Semoga lekas sehat ya maak...jadi catatan nih buatku ciri2 kena saraf kejepit dan solusinya makasih ya

    BalasHapus
  25. Kerjaan kita rentan ya terkena syaraf kejepit ya mba. Jadinya memang baiknya mencegah ya mba. Tak nyaman dan sakit kena syaraf kejepit. Bismillah semoga sembuh total dan ga kambuh lagi

    BalasHapus
  26. Baca tulisan ini jadi merinding mba. Moga mb Naqi lekas sembuh dan normal lagi. Yang penting rutin berobat sama terapi ya, mba.

    BalasHapus
  27. Curhat dan kisah Mbak Naqiyyah sangat menginspirasi, khususnya saat mbak berani ambil keputusan kembali ke dokter ketiga. Semoga sehat terus ya Mbak.

    BalasHapus
  28. Syafakillah Bu Naqi.
    Jadi pembelajaran buat daku dan pembaca lainnya.
    Kalau udah terkait dengan bagian saraf harus lekas mendapat penanganan yang cepat dan tepat ya

    BalasHapus
  29. mertuaku juga sering mengeluhkan sakit di lengan kirinya. Setiap malam beliau selalu merasa kesakitan. Udah minum obat tapi belum sembuh. Mungkinkah beliau juga mengalami syaraf kejepit?

    BalasHapus
  30. Itu makanya kita disarankan buat gerak-gerakin badan secara berkala saat duduk bekerja seharian ya.

    Bahaya banget sih kalau kena saraf kejepit. Nggak kebayang sakitnya euy..

    BalasHapus
  31. syaraf kejepit bisa di banyak tempat yah. Efeknya lumayan itu mbak, bisa berbulan-bulan. Mbak Eni dan Mbak Echa juga mengalami syaraf kejepit. Oh ya, pernah lihat suaminya artis yang Jengkelin itu lho sampai operasi.
    alhamdulillah Mbak Naqi cukup fisioterapi.

    BalasHapus
  32. Wah sampai retak juga ya, Mbak. Semoga lekas pulih. Bisa gitu ya dokter dikasih hasil rontgen, tapi bilangnya masalah sendiri. Untung udah balik ke dokter pertama dan dapat perawatan

    BalasHapus
  33. Wah sampai retak juga ya, Mbak. Semoga lekas pulih. Bisa gitu ya dokter dikasih hasil rontgen, tapi bilangnya masalah sendiri. Untung udah balik ke dokter pertama dan dapat perawatan

    BalasHapus
  34. Ada teman yang kena saraf kejepit ini dan tersiksa banget katanya. Sering menyerang penulis ya karena posisi kerja yang salah kadang. Alhamdulillah sekarang sudah baikan ya abis fisioterapi, cepat pulih yaa

    BalasHapus
  35. Pencerahan sekali, kak Naqi..
    Karena memang aku sedang butuh info mengenai sakit di bagian leher aku juga nih.. rasanya kalau uda pegel tuh jadi lemes gak bertenaga,
    Kudu cek dan mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak berlarut-larut.

    Semoga kak Naqi sehat selalu.

    BalasHapus
  36. Wa'alaikumsalam, Mba.. semoga cepet sembuh. Ini juga buat pengingat kita semua. Bahwa kerja nunduk terus lama-lama bikin leher/pundak kena syaraf kejepit. Kudu rajin olahraga nih saya. Enggak melulu di depan laptop.

    BalasHapus
  37. Dulu pernah ada teman kena syaraf kejepit di tulang belakang. Dia bilang sakitttt dan menyiksa sekali. Dari itu, aku jadi tahu kalau syarat kejepit itu semenyakitkan itu. Mbak Naq semoga cepat pulih 100 persen yaaa... Thanks sharing terapinya.

    BalasHapus
  38. Karena cedera dan ditambah duduk untuk bekerja terlalu lama jadi nambah parah ya mba. Semoga setelah ikutan terapi lekas membaik ya mba Naqi, butuh ketekunan untuk menjalani pengobatan nya

    BalasHapus
  39. Memang harus ke beberapa dokter ya buat cari second opinion. Alhamdulillaah akhirnya bisa ketahuan sebabnya karena apa, dan Alham langsung fisioterapi rutin.

    Semoga lekas sehat ya mbaakk. Kata dokternya, ada tips2 mencegah saraf kejepit gak ya mbak?

    BalasHapus
  40. Ya Allah mba ... Semoga mba Naqi visa segera pulih dan kembali beraktivitas seperti biasanya ya mba... Kedepannya mungkin harus babyak olah-raga dengan gerakan ringan ya mba

    BalasHapus
  41. Meilia WuryantatiSelasa, Januari 24, 2023

    Syaraf kejepit emang gak enak banget mba yah, sakit apalagi di leher. Aku pernah ngalamin di tangan aja udah kayak gimana bolak balik pengobatan nya, ya Rontgen, ya minum obat dll.. semoga sehat2 selalu yah mba aamiin

    BalasHapus
  42. Duuuh mbak Naqi,
    aku sedih bacanya, semoga cepat diberikan kesembuhan, syaraf kejepit itu ga main main ya - nyerinyaaaa subhanallaaaah

    BalasHapus
  43. Makasih pengalamannya. Fisioterapi emg penting tuk recovery pasca cidera atau sakit. Tentu harus dg penanganan yg tepat.

    BalasHapus
  44. Masya Allah.. semangat mba dan semoga iktiarnya dimudahkan dalam kesembuhan.. beberapa kerabatku juga mencoba berbagai teknik terapi.. semoga dimudahkan ya mna

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah, Bunda sudah baikan sekarang. Syaraf kejepit memang manakutkan. Katanya sakitnya luar biasa. Alhamdulillah, masih bisa diterapi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^