5 Sumber Foto Pendukung Artikelmu, Bebas Hak Cipta

5 Sumber Foto Pendukung Artikelmu, Bebas Hak CiptaMenulis artikel tanpa foto, bagai masakan tanpa garam, rasanya hambar. Untuk itu, kehadiran foto menjadi sangat penting agar pembaca tertarik untuk membaca artikelmu.

5 Sumber Foto Pendukung Artikelmu, Bebas Hak Cipta
Sumber Foto :  Unplash/Christin Hume

Namun, tidak semua foto bebas kamu gunakan. Ada foto yang berbayar dan ada yang watermark. Gunakan sumber foto yang tidak dikenakan hak cipta, jangan sembarang mengambil foto dari google.

Ada baiknya menggunakan foto sendiri, tapi jika tidak memungkinkan, berikut 5 sumber foto yang dapat dipilih sebagai pendukung artikelmu, yakni :

1. Pixabay

Situs ini populer digunakan oleh para blogger atau jurnalis media digital. Foto yang ada di Pixabay bebas digunakan dengan cara mengunduh foto yang diinginkan secara gratis. Kamu cukup berselancar di https://pixabay.com.

2. Pexels

Pada situs https://www.pexels.com kamu dapat menggunakan foto secara gratis. Ada 20 ribuan foto dan gambar yang dapat diunduh sebagai ilustrasi artikelmu.

3. Freepik (free)

Pada situs https://www.freepik.com ini banyak sekali pilihan di sini. Baik yang non premium atau yang premium. Caranya cukup kamu simpan foto dengan memilih foto tanpa icon emas di pojok kanan. Setelah diunduh, foto dapat digunakan.

4. Unsplash

Banyak foto dan gambar yang ada di situs https://unsplash.com. Untuk kamu yang ingin menulis artikel dan membutuhkan ilustrasi, tinggal pilih dengan cara menggunduh foto yang ada dan bebas tanpa watermark. Lebih disarankan menuliskan nama pemilih foto di unsplash.

5. Canva

Baik Canva free atau Canva Pro foto dapat digunakan dengan bebas. Namun untuk skala besar atau bisnis yang menghasilkan, ada baiknya tidak menggunakan foto dari Canva, seperti cover buku kecuali dicetak secara indie.

Jika ingin menulis tema home education center banyak juga pilihan foto di sana.  Mulai dari tema foto pernikahan, anak, ibu, rumah dan lainnya.

Ada juga blog home schooling yang senang menuliskan catatan bagaimana ibu homeschooler mengelola waktu? Jujur waktu anak-anak belajar daring saja aku sudah bertanduk, bagaimana kalau aku mengajar anak-anak 24 jam di rumah saja?

Menurut blogger homeschooling ini ada beberapa cara yang harus dilakukan, yakni :

- To do list

- Membuat kuadran aktivitas

- Membangun support system

- Me time

- dll

Itulah 5 sumber foto pendukung artikelmu, bebas hak cipta semoga membantu dalam kamu berkarya. Oke selanjutnya pengen curhat nih! Hahaha....

Ada yang setuju, ada juga tidak untuk blogger diusia 40 tahun job sudah mulai berkurang. Bukan mengecilkan rezeki, ya. Tapi, tawaran job blog maksudku. Jadi, tidak ada salahnya mom blogger mencari peluang lain.

Ada banyak niche blog yang tetap eksis walau mom sudah berusia 40 tahun karena rezeki tawaran job bukan hanya dari blog. Dapat dari job ngetwit, post di IG atau menjadi content creator di TikTok.

Cara membuat konten juga cukup mudah, gunakan sumber foto yang bebas hal cipta di atas, bikin konten yang menarik dan konsisten. Memulai emang sulit, tapi kalau ada niat akan mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Coba deh Moms cek di TikTok akun @ddhivaaaa, ia membagikan tips suksesnya. Menurut Adhiva Amalia, berkreasi di TikTok tak hanya membuat konten dan menjadi affiliate saja, tapi diperlukan inovasi konsep yang membuat kita berbeda dari yang lain.

Nah, Moms tinggal pilih mau tetap fokus ngeblog atau jadi content creator juga nih? Jangan lupa gunakan foto yang bebas hak cipta, selamat mencoba!

2 komentar untuk " 5 Sumber Foto Pendukung Artikelmu, Bebas Hak Cipta"

  1. iya mbak,, aku juga pakai canva dan pixabay, alhamdulillah bikin konten blog dan IG jadi lebih bagus dan benar-benar banyak pilihannya dan gratis

    BalasHapus
  2. seringnya di Canva nih, secara rasanya semua dibutuhkan ada di sana :D
    pengalaman sekolah daring memang nano-nano ya Mbak, saya pun rasanya tak sanggup kalau harus terapin homeschooling, makanya salut banget yang bisa terapin homeschooling tuh :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^