6 Tips Jitu Menulis Berita dari Konten Viral untuk Media Digital, Jangan Lakukan Pantangan Ini!

Menulis berita dari konten viral bagi pemula untuk Media Digital membutuhkan banyak latihan. Konten viral dapat ditemui dari berbagai sumber media sosial. 

Tips Jitu Menulis Berita dan Konten Viral
Tips Jitu Menulis Berita dan Konten Viral (Pixabay)

Adapun tahapan pembuatan konten viral tersebut adalah :

1. Harus ada media sosial mana yang menjadi sumber issue viral tersebut.

Apakah dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube atau TikTok.

2. Harus ada pengunggah issue viral tersebut.
Tuliskan nama akun pengunggahh issue viral tersebut.


3. Sematkan postingan dari issue viral tersebut.
Misalnya melampirkan foto, video, utas atau therad.


4. Skala viralitas.
Tuliskan jumlah retweet, comment, like, viws dan lainnya.


5. Atensi dan netizen atau publik.
Tuliskan pendapat netizen mengenai konten viral tersebut, baik yang pro atau yang kontra.


6. Narasi disclaimer
Pada akhir artikel tulisankan misalnya hingga artikel diturunkan, tim SurabayaNetworkid masih mencari soal kebenaran isu tersebut.

Contoh Menulis Berita dari Konten Viral untuk Media Digital

Viral Pecinta Ungu Belanja Ke Warung Bercat Ungu, Membeli Sayuran Serba Ungu

Sebuah video diunggah seorang creator TikTok @betaria_purple dengan menggunakan baju, topi, masker, jam, tas, sendal dan vespa serba ungu belanja ke warung. 

Tak hanya itu, ia juga membeli sayuran berwarna serba ungu. Mulai dari terong ungu, bayam ungu, kol ungu dan selada ungu.

Bahkan alat pembayarannya juga menggunakan uang pecahan Rp 10 ribu yang juga berwarna ungu. Video viral ini diunggahnya di TikTok pada Senin (30/1/2023) yang telah dikomentari oleh 18 ribu warganet. 

Beragam komentar mengenai aksi si ibu pecinta warna ungu ini. Tak sedikit yang mengira hanya filter ungu semata. 

"Selama ini dia pakai filter ungu," kata akun @koepritpalasan27 

"Ini jelas pakai filter ungu. Masak tempat telor sama meja penjual ikutan ungu," kata akun @aida.sweet

"Tapi, kalau filter, warung di sebelahnya itu tetap warna hijau," kata akun @dobbylu

“Editan kayaknya,” kata akun @diyahh_de

Tapi, tak sedikit warganet yang menyukai konten Betaria yang telah memiliki 919,6 ribu followers di akun TikTok @betaria_purple ini. 

Dilansir dari Wolipop.detik.com Beta Ria menyukai warna ungu ini sejak tahun 2016. 

Awalnya ia tertarik dengan salah satu  patung setinggi tubuhnya menggunakan baju ungu dan ia langsung  membeli bajunya.

Perempuan setinggi 180 cm ini ingin mematahkan mitos ungu adalah warna janda. "Ungu itu unik dan mewah," kata Beta Ria. Ia juga aktif di komunitas pecinta warna ungu. 

Perempuan asal Tegal ini memang aktif membuat konten serba ungu di TikToknya. Bahkan sudah diundang ke TV untuk berbagi mengenai konten uniknya.

Demi memiliki barang dengan warna ungu, ia rela menyiapkan budget khusus demi hobinya memiliki barang serba ungu, seperti mobil, motor dan peralatan rumah tangga lainnya. (Naqiyyah Syam).

Nah, ilmu di atas bagus juga dipelajari oleh Mom Blogger untuk mengejar tulisan SEO. Apalagi sekarang berita media digital ini diperlukan untuk menaikkan blog di mata Google. Startegi ngejar Page one, bisa dicoba nih!

Buat Moms yang sedang menerapkan ilmu Home Education  silakan mencoba menulis berita dan konten viral untuk media digital di atas, semoga apa yang aku sharing bermanfaat, ya!

25 komentar untuk "6 Tips Jitu Menulis Berita dari Konten Viral untuk Media Digital, Jangan Lakukan Pantangan Ini!"

  1. Kayak temanku ini mbak, suka barang atau apapun yang warnanya ungu.. jadi semuanya berwarna ungu, unik banget ya

    BalasHapus
  2. Aku lihat juga tuh video yang belanja serba ungu. Gabut atau emang hobi ya. Btw, aku jarang ikutin yang viral-viral. Cukup tahu aja sih

    BalasHapus
  3. aku kurang update kayanya sekrang mak sama isu2 viral di sosmed, terakhir liat video yang BIma lampung itu loh, kalau soal filter dan lain2 aku jarang banget ngikutin trennya di sosmed

    BalasHapus
  4. Wah, iya ya ternyata ada orang-orang tertentu yang saking menyukai hal atau warna tertentu bisa sampai segitunya hihihi. AKu juga suka warna ungu tetapi ga yang begitu amat wkwkwkw. Modalnya gede juga ya kalau keinginan serba ungu kudu dipenuhi. Tapi pasti puas hati dan bahagia menjalani kehidupan seperti itu :D

    BalasHapus
  5. Aku jarang nulis tentang yang sedang viral mbak.
    Tapi bagus juga nih tipsnya buat dicobain, siapa tahu setelah menuliskan konten yang sedang viral, page view blog bisa bertambah

    BalasHapus
  6. Ternyata menulis dari hal yang viral juga ada aturannya ya, mbak. Jadi nggak asal tulis aja. Dan yang paling penting harus menuliskan sumbernya dari mana. Ini yang kadang orang suka lupa atau entah sengaja lupa.
    Padahal menuliskan sumbernya juga merupakan salah satu bentuk kredibilitas tulisan kita dan bentuk penghargaan ke sumber yang viral itu tadi

    BalasHapus
  7. Kayaknya saya juga pernah lihat video mbak-mbak yang pakai serba ungu. Salut aja dengan effortnya yang rajin ngumpulin banyak benda warna ungu. Saking cintanya dengan warna ungu ya...

    BalasHapus
  8. Kayaknya saya pernah juga lihat yang suka serba merah gitu, deh. Trus ada juga yang suka karakter tertentu, misalnya Hello Kitty.

    BalasHapus
  9. Whaaa aku pun penyuka UNGU!
    I do loooove looove loooove purple! Bisa dicek - kaos kaki - kemeja - celana - kalung - mukena (ngakak inget ngotot beli yang ungu)

    BalasHapus
  10. Ini tuh yang modelan koleksi dan mempercantik rumah dengan 1 warna tuh kadang bikin takjub. Aku tuh suka lihat berseliweran, warna ungu, pink, hijau dan biru warna ini kayaknya lebih sering ya.

    BalasHapus
  11. Untuk menuju viral memang harus konsisten ya. Jangan mageran, jangan angin-anginan uploadnya. Kalau konsisten dan unik, bisa banget buat viral.

    BalasHapus
  12. Pernah lewat beberapa kali di beranda aku, yang menarik perhatian memang serba ungunya itu, unik ya. Kalau aku termasuk jarang nulis konten viral meskipun secara enggagement tinggi, males kalau ada yang pro dan kontra, soalnya beberapa tahun lalu pernah kasus gini, males di DM terus.

    BalasHapus
  13. Tapi berarti memang harus follow akun yang cukup update juga donk yaa supaya tau dan update dengan yang viral viral. Mesti punya Twitter & Tiktok kayanya ya ahaha

    BalasHapus
  14. thanks for the tips and tricks mba... bisa ikutan viral ya kalau kita mengomentari konten yang viral

    BalasHapus
  15. Saya punya akun tiktok dan twiiter, tapi jarang membuka keduanya. Namun, saya jadi tahu konten/berita yang viral di kedua platform itu karena tulisan semacam di atas di portal berita hehehe. Nice sharing mba..

    BalasHapus
  16. Yang begini harusnya diketahui semua netizen ya. Gak hanya para jurnalis, blogger, atau apa pun yang sering nulis di internet. Abisnya banyak yang begitu. Wartawan-wartawan bodrex yang cuma ngandelin click bait. Isinya hoax semua. Semoga blogger mah gak gitu ya. :(

    BalasHapus
  17. Ada lewat berandaku juga keluarga ungu semua serba ungu, ingin nulis viral biar ikutan viral tapi minim ilmu seo ku

    BalasHapus
  18. Jadi pengen liat akunnya Betaria purple. Ntar deh kalo dah kelar tugas. Makasih infonya Mak.

    BalasHapus
  19. aku juga liat videonya dan sebagai pecinta ungu aku suka liatnya tapi buat totalitas ber ungu ria sik aku gak pede hihihi...saya kebanyakan mikir sik kalo nulis artikel jadi momen viralnya keburu lewat

    BalasHapus
  20. Aku banget niiih...penyuka ungu dari jaman gadis. Tapi seiring jadi ibu, entah kenapa kebiasaan suka barang ungu ini tak semenggebu jaman dulu. Makasih ya tips menulis konten viralnya, mau coba praktek ah

    BalasHapus
  21. Belum pernah liat kontennya. Cuman unik banget ya ungu lovers. Lumayn juga nyiapin propertinya.

    BalasHapus
  22. Aku sih suka sama warna ungu
    Tapi ya sebutuhnyanaja beli klo emang ada
    Nggak harus semua harus ungu

    BalasHapus
  23. Aku punya kenalan penyuka warna ungu juga, kak Naqi.
    Dia punya usaha jastip barang-barang branded dari Amrik gitu kan.. Nah, karen dia pecinta ungu, semua barang branded yang limited edition ungu, dia selalu tawarin.

    Karena dia sendiri pakai, jadi bisa kasih testimoni.
    Seru rasanya bisa jadi diri sendiri dan viral dengan keunikannya.

    BalasHapus
  24. Aku jarang mantengin sosmed banget, tapi kalau yang viral viral biasanya anak aku yang tau duluan hehe. Tapi emang viral tuh ga bisa diprediksinya

    BalasHapus
  25. Aku lihat nih konten si Mbaknya, peralatan rumah, bahkan galon aja juga ungu.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^