Curhat Menjadi Content Creator di Media Online

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, beberapa waktu lalu aku bergabung dengan portal online untuk menjadi content creator. Sebenarnya lebih ke penulis artikel ya, bukan content creator yang dikenal bikin video atau vlog.

Jujur Ini pengalaman yang seru dan menyenangkan setelah beberapa lama aku menjadi wartawan kampus kini bergabung kembali menjadi jurnalis yang menuliskan berita dan juga artikel lainnya.

Curhat Menjadi Content Creator di Media Online

Pengalaman yang menyenangkan ini berbeda ketika aku menjadi blogger karena yang kita tulis di blog kita itu lebih banyak pengalaman pribadi, tapi pengalaman ini membuat aku semakin terbuka, bahwa mendapat penghasilan dari dunia kepenulisan itu semakin terbuka lebar.

Entah kamu berlatar belakang seorang penulis atau baru banget belajar menulis karena banyak yang belum bisa menulis, ketika menjadi konten kreator mendapatkan penghasilan yang jutaan bahkan seorang temanku pernah mendapatkan penghasilan 22 juta perbulan dari menulis artikel.

Memang sih tidak semudah yang kita bayangkan karena menulis artikel tidak ujug-ujug selesai begitu saja diperlukan riset dan kecepatan kita mengelola data yang ada di lapangan, entah itu kita melihat media lain kompetitor ataupun media sosial dari berita yang lagi viral.

Aku sendiri mengalami kesulitan di awal-awal bergabung karena aku termasuk idealisme dalam menerapkan berita-berita yang akan aku tulis, tapi setelah aku belajar ini menulis di portal online itu jauh berbeda dengan nulis di blog atau menulis buku kita tidak boleh berlama-lama

Memilih ide karena kita kalah cepat dengan Real Time orang mencari berita tersebut beda kalau beritanya itu bertema gaya hidup kesehatan wisata ataupun Khazanah atau keislaman. Nah, yang seperti ini memang evergreen dan tidak memerlukan waktu yang cepat untuk menyetorkan tulisan tapi sayang karena view orang membaca itu akan berbeda setiap harinya.

Karena cepat sekali bergantian berita yang ditayangkan selama ini sebagai blogger aku sendiri masih mood-mood-an menulis sudah lama jarang sekali nulis yang rutin setiap hari.



Saat awal membangun blog aku rajin sekali karena ingin mengejar DA 20 sebagai syarat awal kerjasama dengan salah satu brand besar sehingga aku menulis dua artikel per hari dengan cara menanamkan keyword dan SEO.

Semakin ke sini semangat menulis itu sempat menurun karena tugas sebagai blogger itu semakin banyak tidak hanya untuk menulis, tapi juga mengelola media sosial, blogwalking,  menjaga view artikelnya dan lain sebagainya

Hal inilah yang membuat aku sempat hibernasi dan merasa aku sepertinya memerlukan hal baru untuk membuat semangat membara haha... karena ilmu yang kudapat sepertinya mentok mengelola blog dan SEO aja.

Pernah nggak sih teman-teman mengalami seperti aku? Kejenuhan yang membuat kita, ya... pengen istirahat sejenak tapi juga kita tidak bisa berlama-lama seperti, ini karena yang bisa dilakukan kerjaan di dalam rumah itu nggak banyak selain bisnis dan menulis.

Aku sempat berganti profesi ingin menjadi Tik-Tokers dengan program LIVE sehari minimal 2 jam Jujur Awalnya aku sangat tertarik karena melihat kesuksesan orang-orang yang ada di tik tok tapi semakin aku pikirkan Kok berat sekali ya karena fisik juga tidak mendukung untuk konsisten like 2 jam per hari

Sempat juga aku mau fokus nulis buku lagi terutama nulis buku anak berapa Kelas menulis cerita anak aku ikuti untuk menambah semangatku kembali menulis buku lagi-lagi aku merasa Wah kesulitan untuk mencari ide yang menurutku spektakuler karena itu tadi aku pengen sesuatu yang berbeda padahal ide itu nggak harus yang beda-beda banget bisa aja dari hal-hal yang sederhana di sekitar kita

Akhirnya aku menemukan banyak hal sejak menjadi content creator di portal online ini untuk itu aku menjalaninya dengan penuh semangat walaupun sempat kesulitan penyesuaian manajemen waktu. Ada targetan penulisan artikel sehari minimal 10 artikel sedangkan aku masih mentok sebanyak 5 artikel sehari kadang malah hanya dua artikel saja haha kalau seperti ini gimana mau kaya kan? Hehehe

Nah, Moms itulah curhatku mengenai kegiatan aku selama ini kenapa Aku akhirnya sempat vakum mengisi blog yang kusayangi ini. Tapi, percayalah aku akan kembali untuk rajin mengisi blog aku ini setelah kelak aku menemukan hal baru yang membuat aku makin Jatuh cinta lagi dengan dunia blogger

14 komentar untuk "Curhat Menjadi Content Creator di Media Online"

  1. Waaah...selamat ya Mbak Naq. Semoga makin cemerlang karir penulisannya. Tentunya menjadi pengalaman yang keren dan menghasilkan cuan pula... Mengelola blog sendiri memang rawan hibernasi (haha itu sih akuu ....). Kalau jd content creator di media orang jd ada kewajiban yg mau ga mau harus mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak Mbk, iya mbk sempat merasakan down banget dan malas ngurusin blog hahah ternyata ada yang pernah juga.

      Hapus
  2. Iya mba.. Kelola sosmed tuh yg bener2 berat banget buat kita para blogger. Kita soalnya awal fokus ya ngeblog. Tapi kesininya orang2 bahkan brand lebih suka dengan hal2 berbentuk visual. Kalau kita terlalu idealis juga ga dilirik brand.. Huhuhuhu.. Sedih kan?

    Eh, jadi ikutan curhat.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget itu yang bikin lelah, sosmed juga perlu disisi dan diminta like dan komen yang banyak, jagain ER IG dll.

      Hapus
  3. Mbaaak.. kayaknya ada yang berubah dari tampilan blognya ya? Pangling sama blognya.
    Kalau sehari 2 artikel ya keren banget lah, Mbak.. Apalagi sampe 5-10 artikel. Aku ngerjain 1 artikel aja tergantung mood, bisa 1 jam kelar, tapi bisa seminggu baru kelar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha nah itu karena dipaksa oleh tugas jadinya bisa, coba mengelola blog asli males banget 1 artikel sehari

      Hapus
  4. Merasa relate nih, karena sempat lamaaaa banget ga ngeblog. Cuma asal-asalan saja alias memaksa diri minimal artikel per bulan. Artikelnya si digarap serius, feelnya yang terbang ke mana. Baru minggu ini memaksa diri harus bisa menulis di blog lagi karena harus kembali mengejar cuan. Ga idealis lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kadang ego itu perlu diturunka ya, bisa capek sendiri kalau mau idealis hehe...

      Hapus
  5. ahaaaiii selalu ada cerita ya mbaaa
    dari aktivitas kita ini.
    ttp semangat buat kitaaa

    BalasHapus
  6. Asiknya dapat penghasilan 22 juta sebulan. Aku juga pengen update tiap hari tapi kok susah ya. Terutama kalo moodnya terjun bebas. Ga ada kata yang keluar.

    BalasHapus
  7. Waah Mbak Naqy keren. Sehari bisa lima artikel. Woow banget. Apa daya aku yg sebulan dua artikel. Selamat menjadi content creator ya mbak. Harus kreatif terus ya. Ide ide nulisnya gak boleh abis.

    BalasHapus
  8. Wahh...sehari bisa dpat 5 artikel itu udah luar biasa hebatnya. Semiga bisa konsisten dan terus bertambah sesuai target ya, Mbak

    BalasHapus
  9. 5 artikel sehari kereeen mbakuu...apa kabar aku yg ngot2an apalagi sebulan ini ada di fase super duper malesss😭.

    Membaca ini jadi bersemangat lagi

    BalasHapus
  10. Beberapa kali aku juga sempat mengalami kejenuhan untuk update blog mbak. Mungkin memang butuh jarak dengan melakukan aktivitas online yang lain agar rasa rindu untuk mengisi blog kembali hadir. Selalu ada rindu sih untuk ngeblog, ya kan mbak?

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^