Bimtek UMKM di Hotel Praba Lampung, Ajang Silaturahmi dan Healing Ala Emak-emak

Bimtek  UMKM di Hotel Praba Lampung. Assalamualaikum sahabat Smart Mom kali ini aku mau cerita pengalaman aku mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek)  UMKM yang diadakan di Hotel Praba Bandar Lampung pada hari Rabu, 15 Maret 2023. 

Acara ini diikuti kurang lebih 60 peserta dari berbagai bisnis. Mulai dari bisnis gorengan, jilbab, cemilan, kripik pisang hingga tapis. Sebelum berkumpul di Hotel Praba Lampung, kami telah dikumpulkan dari WAG untuk komunikasi antar peserta.

Bimtek  UMKM di Hotel Paraba Lampung
Alhamdulillah aku berkesempatan untuk hadir walaupun jujur tempatnya agak jauh dari rumahku sekitar 25 menit. Paginya juga masih ada tugas plus mempersiapkan bekal makan siang anak-anak. 

Emang ya, emak-emak kalau mau ikut kegiatan itu diperlukan perjuangan yang tidak sedikit. Apalagi suami lagi dinas ke luar kota. Tapi, demi mendapatkan ilmu baru mengenai UMKM maka aku hadir berangkat naik go-jek.

Sampai di sana Alhamdulillah aku masih berkesempatan mendapatkan duduk yang strategis untuk mendapatkan dokumentasi yang cocok. Snack juga di antarkan oleh petugasnya, jadi enggak menganggu jalannya acara. Sedangkan di meja sudah siap air mineral, pena dan notebook. Plus dapat juga tas cantik dari tenun dan tapis nih. Cocok banget  buat OOTD hihi...

Narasumber yang menyampaikan materi pun sangat ahli di bidang masing-masing diantaranya ada dari Pegadaian, Bank Indonesia dan juga Bu Yeni sebagai pengusaha dan juga mantan penyiar TVRI Lampung.

Materi yang disampaikan oleh Pegadaian dan Bank Indonesia tentunya tentang cara mendapatkan bantuan dan kerjasama untuk UMKM pemula tapi aku lebih tertarik yang disampaikan oleh Bu Yenny Apriani mengenai ia berawal terjun ke bisnis menyiapkan ayam dan ikan di rumah sakit.

Yenny Apriani

Sebelumnya beliau aktif menjadi penyiar radio dan penyiar TV sehingga memilih
resign dan menekuni dunia supplier ikan daging dan turunannya di beberapa rumah sakit yang ada di Bandar Lampung sampai saat ini.

Menariknya, menurut Bu Yenny, bisnis yang dia tekuni ini tak terlepas juga dengan kepiawaian beliau untuk berkomunikasi dengan konsumen, sehingga peserta yang rata-rata UMKM pemula ini, sangat excited belajar cara berkomunikasi yang baik agar produk lekas laku keras.

Ada 4 tips sukses berbicara menurut  Bu Yenny Apriani :

1. Senyum
2. Gesture Tubuh
3. Percaya Diri
4. Intonasi, artikulasi, ritme, tatapan mata, mimik wajah, gerakan tangan dan posisi tubuh.

Semakin seru ketika Bu Yenny mengajak 2 peserta maju ke depan untuk mencoba menyampaikan cara mereka memperkenalkan produk kepada peserta lainnya.

Selain itu pertanyaan yang seputar peminjaman modal cara untuk promosi produk secara online dan lainnya juga ditanyakan oleh peserta lainnya secara bergantian.


Di akhir acara kami pun berfoto bersama. Alhamdulillah bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki UMKM ataupun bisnis yang baru berkembang atau juga ada yang masih pemula, tapi ingin belajar bersama di acara bimbingan teknologi ini.

Jadi, ceritanya aku diminta salah satu panitia untuk mencari peserta. Nah, sempat iseng share info kegiatan ini di group Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPP Lampung, tempat kantor suamiku. Enggak menyangka banyak yang mau daftar!
Ya, senang banget bisa ngumpul sekalian bersama ibu-ibu DWP yang juga punya usaha. 

Usai foto bersama, kami turun ke lantai 1. Kami menuju restoran untuk makan bersama. Di sini menu-menunya sudah disiapkan dan enak banget, aku sendiri kedua kalinya ke Hotel Praba. Jadi, lihat meja kosong. langsung taruh tas dulu deh dan kembali ikut antri makan.

Kalau makan di acara gini, enggak berani makan daging. Aku memilih menu makan ayam, ikan, sayuran dan buah saja. Kadang sih ngincer es buah hahah...
tak lupa sembari makan, kami ngobrol mengenai kegiatan masing-masing.


Selain mendapat ilmu acara ini juga menjadi temu kangen salah satunya aku bertemu dengan dua tetangga rumahku ya ini Bu kopi dan Bu is walaupun rumah kami berdekatan Kami jarang sekali untuk berjumpa sehingga ketika mengikuti acara ini menjadi tempat atau ajang jumpa kangen
Ada juga aku bertemu dengan desli yang sudah lama tidak bertemu di acara offline kalau dengan mbak Yohana dan Rika beberapa waktu sebelumnya aku sudah bertemu.

Di foto yang rame-rame ada juga Mbak Melly dan juga Laila Awalia teman-teman sama-sama di Tapis Blogger, Masya Allah di sini kami saling bertukar kangen!

Nah, Moms apakah sama seperti aku kalau ikut acara seneng banget? Nambah ilmu, juga menjalin silaturahmi. Sesekali bolehlah ikut kegiatan ya, sekaligus menjaga kesehatan mental dari penatnya tugas domestik, hehe...

Ada loh, emak-emak yang suntuk, enggak punya teman, susah bercerita akhirnya drop depresi. Jika mengalami kesulitan dan berlum bertemu teman tukar pikiran, aku rekomendasikan untuk cek kesehatan mental.    

Aku sendiri pernah banget mengalami depresi saat ibuku meninggal, rasanya gelap, sedih, sepi dan maunya menangis terus. Menyalahkan diri sendiri dan tidak punya semangat hidup. 

Zaman itu, aku mengurung diri di rumah, enggak mau ikut kegiatan apa saja. Kalau sekarang semakin dimudahkan, untuk konsultasi psikiater   dapat dilakukan dengan BPJS.

Alhamdulillah sekarang aku udah menjadi emak-emak ceria dong, apalagi sudah ikutan Bimtek UMKM di Hotel Praba Lampung. Nah, semoga cerita aku di atas bermanfaat, ya!

56 komentar untuk "Bimtek UMKM di Hotel Praba Lampung, Ajang Silaturahmi dan Healing Ala Emak-emak"

  1. Silaturahmi seperti ini memang banyak manfaatnya apalagi untuk acara yang berbobot seperti ini. Ngomongin bisnis apalagi, pas banget untuk obrolan di masa sekarang. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Wah acaranya seru banget pastinya ya mba menjadi salahs atu sarana buat healing apalagi baru mulai era baru pastinya happy banget ketemu banyak teman dan juga dapat ilmu banyak, sukses selalu mba Naqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran deh aku jadi pengen ikutan, menimba ilmu sekalian healing judulnya hehehe. Apalagi ketemu temen2 yang se frekuensi jadi makin semangat kan, meski jauh dari rumah ya ayolah gaskeeeunnn!

      Hapus
  3. Masya Allah senangnya berkumpul dengan teman2 UMKM. Jadi banyak sharing ttg dunia bisnis juga ya mba

    BalasHapus
  4. Masyaallah, beneran ini menjadi anjang yang bikin happy ya, Mba Naqi. Kita bisa bertemu tema satu frequensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin happy dan bikin isi otak bertambah pula ya mbak, banyak ilmu baru yang diperoleh, nambah jaringan pertemanan pula

      Hapus
    2. iya banget Mbk happy sekali

      Hapus
  5. asyik banget ikut kegiatan gini ya Mbak, dapat ilmu, dapat silaturahmi juga, dapat beragam hadiah juga dong pastinya ya buat dibawa pulang ke rumah :)

    BalasHapus
  6. Emang kenapa mba ga berani makan daging?
    Takut khilaf kah kayak ade.. wkwkwk..

    Emang emak2 butuh upgrade ilmu, cuma memang mau jalan agak rempong ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku takut kolesterol jadi menghindari makan daging, kalau segigit sih bisa aja hehe

      Hapus
  7. Bener banget tuh kumpjl2 apapun bentuknya pasti hdpi dan imum pun bertambah oke. Asyiknya ya ada service khusus diantar ke meja participants jadi gak mengganggu acara. Kl ada acara offline seperti ini aplg ada ada.pembelajaran tambahan ilmu bunda paling suka dan bela2in utk datang selama jarak masih terjangkau dengan Ojek Online hehehe...

    BalasHapus
  8. iyaya mba, pas buibu mau menimba ilmu walau agak jauh dan kudu siap2 dari paginya tetap dilakoni yaa.. masya Allah mbaa. Aku nunggu foto tasnya hihi. Suka dengan tas2 kain tenun gitu aku. Bimtek gini memang ajang mencari ilmu dan me time ya mba, seruuu^^

    BalasHapus
  9. Lha, pertanyaanku kok sama kayak Mbak Ade Ufi, kenapa gak berani makan daging? Apa takut keras gitu? hehe. Soalnya saya pribadi punya pengalaman kurang mengenakkan, pas ada acara saya ambil daging, tapi dagingnya masih keras padahal di hotel besar lho. Sejak itu juga jrg ambil daging, hehe. Btw, emak2 kalau suntuk emang bahaya. Badan terasa sakit semua, plus uring2an, hehe.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah dapat banyak ilmu dan kenalan baru ya mbak di kegiatan bimtek UMKM ini. Nggak cuma gimana mengembangkan usaha dan cara memperoleh pinjaman modal, tapi juga dapat ilmu cara berkomunikasi menawarkan/memasarkan produk juga

    BalasHapus
  11. Masya Allah Maaak, Insya Allah semangat dan bahagia terus yaaa. Memang bahagia itu kita yang ciptakan (kalau kata orang, hihi). Tapi kalau merasa diri gak baik-baik aja, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan, kalau perlu dari ahlinya langsung. Btw sama Maaak, aku pun excited kalau bisa ikutan event, ilmunya dapat, happy-nya juga dapat.

    BalasHapus
  12. Wowww tipsnya noted banget: intonasi, artikulasi, ritme, tatapan mata, mimik wajah, gerakan tangan dan posisi tubuh. Ini harus belajar lagi akutuuu. Apalagi harus percaya diri, yang masih sering grogi kalo mau sukses bicara di depan umum.

    BalasHapus
  13. Bagus banget mbak acaranya, bisa dapat ilmu sekaligus networking apalagi kalau yang jadi narasumber insiratif jadi makin termotivasi berbisnis kyknya ya.

    BalasHapus
  14. Betul banget ini, emak-emak tuh kalau mau berkegiatan tetap harus menyelesaikan tugas domestik dulu. Aku pun gitu, kalau mau keluar rumah minimal keadaan sudah beres, makanan juga sudah ada. Keren banget ini acara Bimtek UMKM ya dibantu untuk pencarian modal untuk usaha ya mak.

    BalasHapus
  15. Asik banget nih ikutan bimtek ya mbak, banyak ilmu yang didapatkan

    BalasHapus
  16. Saya juga seneng ikutan kalau ada acara seperti itu, Mbak. Selain mau dapat ilmunya juga bisa ketemu dengan teman-teman. Seru kalau udah ketemu sesama emak, bisa ngobrol dan haha hihi bareng :)

    BalasHapus
  17. Mbaa, kalau menurutku 25 menit deket. Hehhee. Tergantung lokasinya yaa. Btw gesture memang penting banget saat berbicara. Datang kesini dapat wawasan banget.

    BalasHapus
  18. Acara yang bermanfaat banget, Mbak. Bisa mendapatkan ilmu, bersilaturahmi dengan teman dan lainnya.

    Pengen banget saya menguasai gimana cara sukses berbicara di depan umum. Seringnya saya udah grogian dulu.

    BalasHapus
  19. Pesertanya kebanyakan Ibu-ibu dan terlihat seru. Semoga jadi banyak yang mau jadi UMKM dan memang bimbingan kaya gini bakal bantu banget buat lebih memahami pasar

    BalasHapus
  20. Sama mbak, aku pun kalau ada kegiatan di luar pasti seneng banget. Kesempatan untuk bertemu banyak orang, terutama orang-orang di luar circle. Insya Allah memperluas networking ya.

    BalasHapus
  21. Wah seru banget ya
    Bimtek bisa sekalian buat ajang reuni dan kumpul kumpul
    Ya belajar, ya bersenang-senang y

    BalasHapus
  22. Akuu sukaak kalau ada acara spt ini itung2 emak refresing apalagi dpt ilmu, ketemu teman baru tambah seneng lagi kalau acaranya pas anak2 sekolah😃

    BalasHapus
  23. Wah, sunguh ada bimtek seperti ini umkm bisa makin berkembang ya mbak
    Senang lagi karena bisa bertemu banyak teman-teman nyanyjik

    BalasHapus
  24. Kalau berkumpul bersama teman begini, dapat ilmu, dapat teman, dapat pengalaman juga... Super happy dan aku bisa melihat kebahagiaan kak Naqi yang tak terkira. Barakallahu fiikuna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul
      Kalau aku sudah jadi self healing dari dunia rumah tangga yang tidak pernah ada batasnya hahaha

      Hapus
  25. Emak-emak juga butuh healing ya mbak supaya fresh kembali dalam beraktivitas. Tapi sekainya beraktivitas di luar juga sekaligus dapat ilmu keren banget ini acara bimtek UMKMnya

    BalasHapus
  26. Pentingnya silahturahmi, dapat healing, hati happy bonus ilmu lagi yaa no worry be happy

    BalasHapus
  27. Makin senang deh UMKM kalau ada pelatihan semacam ini
    Apalagi di hotel karena pasti kenyamanan sudah terasa banget

    BalasHapus
  28. Masya Allah, mbak Naqi keren amat sih, ajang silaturahmi ini begitu pas momennya juga untuk kangen-kangenan. Bertambah ilmu dan wawasan sekaligus menjalin pertemanan bersama emak-emak kece seperti ini pasti bikin susah move on :) Mantaplah Bimtek UMKM di Hotel Praba Lampung ini, banyak plusnya!

    BalasHapus
  29. Wah daging nih materinya berguna sekali buat peserta yang rata-rata UMKM pemula ini, di antaranya bisa belajar cara berkomunikasi yang baik agar produk lekas laku keras. Sekalian bisa silaturahmi dan healing di Bimtek UMKM ya Mak

    BalasHapus
  30. Memang kita2 nih harus saling bertukar pikiran dengan orang lain, dan jangan segan2 menambah ilmu apalagi kalau ada acara2 seperti ini. Selain dapat pengetahuan baru, kita juga bisa bersosialisasi. Eh, sudah seru acaranya, dapat hadiah pula!

    BalasHapus
  31. seneng banget dong dapat tas cantik dan kain tapis. materinya daging banget ya buat public speaking.

    BalasHapus
  32. seneng banget ih bisa upgrade ilmu sekaligus silaturahmi sama teman teman ya

    BalasHapus
  33. Alhamdulilah senang ya mbak kalau ada kesempatan keluar rumah untuk mendapatkan ilmu baru, apalagi jika bisa kumpul sama sesama ibu yang punya semangat yang sama. Pulang benar happy.

    BalasHapus
  34. Iyaa betul mba, kalau ada yg sperti itu cek kesehatan mental, nggak apa. Jadi emak memang luar biasa yaaa. Alhamdulillah mba Naqi langsung cek.. kayaknya kakak aku harus konsul jg 😭

    BalasHapus
  35. Acara bimtek selalu menarik dan bikin kita bahagia. Selain dapat ilmu baru, juga dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Kalau banyak orang, jadi semangat buat belajarnya. Semoga UMKM makin tambah maju ya

      Hapus
  36. Idem mbak aku pun senang sesekali keluar rumah ke event2 gitu, selain nambah wawasan juga bisa menambah teman. Bisa buat healing pula :D
    Emak2 emang sebaiknya jangan di rumah mulu, apalagi kalau anak2 dah bisa ditinggal sendiri, memperbanyak aktivitas di luar bisa bikin hepi yaaa.

    BalasHapus
  37. emak-emak juga harus teus upgrade ilmu supaya lebi maju ya di jaman teknologi begini. Bagus ada event butek UMKM seperti ini buat para emak

    BalasHapus
  38. Ah, seneng banget kelihatannya mbak. Senang karena selain seru, acaranya bermanfaat banget, bisa belajar bagaimana memperkenalkan produk dan bicara dengan baik. Aku seneng banget dan pengen banget bisa bicara selancar itu lho di depan orang banyak. Soalnya selama ini belum pernah bisa, ahaha

    BalasHapus
  39. Ah senang banget ya kalau bisa datang di acara seperti ini
    Sudah dapat banyak ilmu, plus bisa mempererat silaturahmi

    BalasHapus
  40. acaranya seru banget ya Mbak, selain nambah ilmu jga bisa ketemu sama teman-teman. jadi kangen ikut acara lagi, sudah lama cuma di rumah saja. hehehe

    BalasHapus
  41. happy banget ya mbak bisa ikut acara apalagi yang banyak mengandung ilmu kayak gini. Wah bonus temu kangen lagi ya. Materi yang disampaikan bu Yeni keren banget mbak, bisa diadopsi tuh sebagai UMKM pemula seperti saya. Terima kasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  42. Seru banget acara Bimtek UMKMnya ya Mba. Bisa nambah ilmu, ketemu banyak orang, sekalian refreshing juga soalnya biar nggak jenuh ama kegiatan sehari-hari di rumah sebagai IRT

    BalasHapus
  43. Mempresentasikan produk sendiri dengan kepercayaan diri yang tinggi itu membuat orang tertarik akan produk kita.

    BalasHapus
  44. Wahh seru banget ya mb silaturahminya, apalagi bisa mendapat tambahan ilmu sekaligus bisa healing time bersama temen temen.

    BalasHapus
  45. Sama sy juga senang kalau ikut acara bermanfaat, ilmunya dapat silaturahmi dapat . Bener irt kalau di rumah aja ga punya teman gampang stress

    BalasHapus
  46. Wah alhamdulillah banget nih mak bisa ikut bimtek giniii. Ilmu nambah, relasi pun ikut nambah ya mak, bonus berasa lagi healing, istirahat sebentar dari rutinitas biasa yaaaa.. hehe

    BalasHapus
  47. Ilmunya dapat, silaturahmi nya juga dapat ya. Alhamdulillah jadi menambah ilmu dan sahabat juga nih kalau acara seperti ini.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^