Ibu Berdaya, Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital Bersama DWP BPP Lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah, pada tanggal 22 Desember 2022 lalu aku dipercaya dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balai Perlatihan Pertanian (BPP) Lampung untuk sharing dengan tema, "Ibu Berdaya, Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital".

dharma wanita persatuan bpp lampung

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, DWP BPP Lampung mengelar berbagai acara. Mulai dari agenda rutin arisan, seminar hingga potong tumpeng di Aura BPP Lampung. Acara ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan dari DWP lain. Senang banget acaranya berjalan dengan lancar.

Nah, Sahabat Smart Mom, apa saja materi yang aku sampaikan? Berikut garis besarnya, ya!

Apa Itu Era Digital?

Era digital adalah kemunculan media dengan jaringan internet. Di era digital ini semuanya serba cepat, mudah dan instan. Anak muda atau Moms juga merasakan, sulitnya kehabisan kuota menjadi uring-uringan dan tidak berselera makan. Apa apa ini? Apa ada yang salah dalam diri ini? 

Ternyata kehidupan kita saat ini lebih banyak tergantung dengan internet. Dengan internet kita lebih mobile melakukan aktivitas. 

Bagaimana Membimbing Anak di Era Digital


Moms dapat mencari resep masakan dengan Googling di internet. Moms bisa melakukan pembayaran tiket kereta, pesawat, bayar pulsa, membeli makanan dengan internet.

Aku juga sharing mengenai 4 Dampak Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan.

4 Dampak Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan


1. Kecanduan 
Sibuk di depan Smartphone atau laptop, membuat waktu berlalu dengan sia-sia.

Solusinya :
Buat manajeman waktu, tentukan tujuan sebelum membuka Smartphone. Prioritaskan keluarga atau komunikasikan jika ada hal yang mendesak harus mengunakan Smartphone, misalnya saat mengikuti kulwapp.

2. Tsunami Informasi
Terlalu banyak group yang diikuti, bingung mau memulai dari mana mengembangkan potensi diri.

Solusi : Kenali diri sendiri. Lakukan tes bakat. Pahami apa yang diperlukan saat ini. Seleksi grup WA yang benar-benar mendukung potensi diri atau silaturahmi. Cek isi hp apa saja aplikasi pendukung mengembangkan potensi diri. 

3. Gangguan Kesehatan
Terlalu lama menggunakan Smartphone, akan mengalami gangguan penglihatan, duduk terlalu lama menjadikan bentuk tulang menjadi tidak normal, menganggu kualitas tidur, sakit kepala dan lainnya.

Solusi :
Buka WA dengan laptop sesuai dengan jadwal gadget Moms masing-masing. Lakukan olahraga. 


4. Gangguan Kesehatan

Terlalu lama menggunakan Smartphone, akan mengalami gangguan penglihatan, duduk terlalu lama menjadikan bentuk tulang menjadi tidak normal, menganggu kualitas tidur, sakit kepala dan lainnya.

Solusi :
Buka WA dengan laptop sesuai dengan jadwal gadget Moms masing-masing. Lakukan olahraga. 

Bagaimana Membimbing Anak di Era Digital Ini?

Bagaimana Membimbing Anak di Era Digital

Mau tidak mau, suka tidak suka, di era digital ini, kita sulit mengerem anak-anak tidak bermai gadget. Tapi, ini semua ada di tangan kita. Anak-anak juga tanpa diajarin, sudah cepat menyerap informasi dari mana saja.

Pengalaman, anak pertama dulu suka nonton DVD Kisah Sahabat Nabi dan kartun Petualangan Huruf, belajar berbicara juga lebih cepat dan mudah bersosialisasi.

Anak kedua, kenal games angry bird dan Boboiboy sejak usia 2,5 tahun. Sempat mengalami gagap dan kesulitan bersosialisasi. Akupun evaluasi apa karena aku terlalu sibuk mengejar impian pasca resign, sehingga anak keduaku sibuk dengan gadget atau karena kurang stimulasi.

Ibu Berdaya, Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital Bersama DWP BPP Lampung


Anak ketiga, sudah paham apa itu jedag jedug, dia bisa ngedit video lewat template Capcut, bahkan bisa membuat akun TikTok. Jujur, sempat kaget dengan perkembangan anakku ini. Tapi, bagaimana aku harus menyikapinya?

Jangan kaget Moms, anak-anak sekarang sangat cepat berkembang, mungkin karena aku juga kerjaku banyak di medsos, anak-anak jadi melihat. Untuk itu diperlukan kerjasama.
Ibu Berdaya, Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital Bersama DWP BPP Lampung


Buat Kesepakatan Bersama :
  • Beri batas waktu anak mengunakan gadget.
  • Tentukan jam penting keluarga.
  • Ajarkan anak pentingnya sholat 5 waktu.
  • Dampingi anak dalam menggunakan gadget.
  • Upgrade diri.
Sebenarnya, ada beberapa materi lagi yang aku sharing di acara ini, tapi lain kali aku tulis lagi ya, semoga kita dapat berperan sebagai ibu yang dibanggakan oleh keluarga. Jangan lupa bahagia!

25 komentar untuk "Ibu Berdaya, Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital Bersama DWP BPP Lampung"

  1. Luar biasa Ibu satu ini, memang benar di era digital keluarga menjadi instrumen penting untuk menjaga anak. Mengingat era digital memberi berbagai dampak entah itu positif maupun negatif. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Masya Allah, acara ini meriah sekali, sarat ilmu parenting yang bisa menambah wawasan para ibu membesarkan anak-anaknya di rumah. Betul, anak-anak zaman now lebih cepat dan mudah tahu info secara online dari gadget ya. Mesti saling ada pemahaman mesti bagaimana ini-itu bicarakan baik-baik orangtua dengan anak-anaknya.

    BalasHapus
  3. Bener, Mba Naqi.. Eranya berubah setiap anak. Anakku yang bontot ini malah ahli dgn aplikasi yang berhubungan dengan desain dan animasi. Saya aja ga bs.. Xixixi.. Kita sebagai ibu ya harus pintar2 dan terus belajar menggikuti perkembangan anak2. Biar nggak keteteran, minimal kita selangkah lebih maji dr mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget Mbk, beda zaman perkembangan anak beda lagi. Kita mesti ikutan nambah skill.

      Hapus
  4. Tsunami informasi nih yg sampai saat ini harus hati-hati, apalagi banyak yg share info di grup keluarga, padahal informasi yg disebar belum tentu fakta, gak boleh gampang terpancing sama segala info yg masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mbk, jangan sampai kita terpancing ikut menyebarkan hoax.

      Hapus
  5. Keren sekali nih mbak, makasih telah berbagi

    Punya anak yang udah kenal gadget emang perlu banget pengawasan. Aku tuh bikin aturan anqk boleh main game tapi harus yang ada manfaatnya misal Minecraft yang melatih daya kreativitas

    BalasHapus
  6. di masa sekarang yang serba digital, kita ibu - ibu juga harus aware dan paham dengan berbagai perkembangan jaman ya mbaa

    BalasHapus
  7. kerenn banget, moms naqi. klo ada di palembang, molly otw juga ikutan nonton. pematerinya cantik, materinya juga asik banget.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah semoga dengan pelatihan ini akan semakin meningkatkan literasi digital di kalangan ibu karena bagaimana pun Ibu adalah sosok penting dalam keluarga. Ibu harus menjadi smart mom di era digital ini agar bisa mendampingi anak-anak yang notabene adalah generasi digital.

    BalasHapus
  9. Masya Allah, semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat ya dan bisa dijadikan pengetahuan ibu2, sebab sekarng ini maaf banyak juga emak2 yang kadang suka spam di grup dan klik2 aneka link, hehehe

    BalasHapus
  10. Haturnuhun, kak Naqi.. sudah memberikan resumenya.
    Sangat relate sekali. Anak-anak dan kemajuan zamannya sehingga kita sebagai orangtua tidak melarang, tapi juga tidak memberikan sepenuhnya. Tetap harus ada parental controlling dari kedua orangtua dan komitmen.

    BalasHapus
  11. Sekalipun kita sudah berbeda jauh dengan era anak-anak kita, tapi kita wajib belajar terus ya mbak, agar bisa mendampingi anak dalam perkembangan digital yg sangat cepat. Minimal tahulah apa saja yg dilakukan anak-anak kita.

    BalasHapus
  12. Iyaa, anak-anak jaman sekarang makin bisa menguasai teknologi, jadi kita memang harus pintar-pintar ya mak sebagai orangtua untuk mengerem dan memantau penggunaan gadget mereka.

    BalasHapus
  13. Keren Mbak, jadi narsum di acara DWP dan bisa sharing pada para ibu..Memang penting ya jadi Ibu berdaya, untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital ini

    BalasHapus
  14. Zaman serba digital, sebelum ngasih gadget ke anak, orang tua kudu upgrade informasi. Ojo bingungan kalau dapat informasi. Jadi bisa ngarahin si anak deh dan ngasih batas-batasan juga

    BalasHapus
  15. Idem mbak naqy anak2ku tu tiba2 udah pd bisa oprek gagdet bahkan yang kadang emaknya kudu elajar dulu. Meski demikian hal itu jangan sampai membuat kita berhenti memonitor kegiatan anak dengan gadgetnya ya.

    BalasHapus
  16. Batasan waktu ini kalau dilanggar mamak bisa garang hahaha
    Soalnya sudah diberi kepercayaan artinya harus tanggung jawab
    Atau kalau mau dilanggar konsekuensi no gadget forever

    BalasHapus
  17. Zaman cepat sekali berubah, Anak-anak bisa mengikuti dengan cepat pula kita sebagai ortu kadang terkaget kaget dengan perkembangan anak anak

    BalasHapus
  18. Wah, keren sekalu acara dwp nya. Membahas topik yang kekinian ya mbak
    Memang harus ada kesepakatan bersama dengan anak terkait penggunaan smartphone

    BalasHapus
  19. masyaAllah barakallah mbak, psati banyak ibu yang akan terinspirasi oleh materi yang diberikan mbak Naqi. ibu masa kini harus melek teknologi digital ya mba, agar bisa memberikan yang terbaik kepada anak dan mencegah hal negatif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi digital yang semakin mudah diakses anak anak.

    BalasHapus
  20. Ibu berdaya dari rumah tapi anak-anak malah diasuh gadget ya. Anakku nih jadinya kurang sosialisasi. Memang harus dibatasi dan dikontrol penggunaan gadget ini.

    BalasHapus
  21. Teknologi emang serupa pisau bermata dua ya mak,harus ditangani dengan hati hatiiii. Alhamdulillah banget bisa ikutan acara ibu berdaya ini, nambah ilmu banget pasti ya maaak

    BalasHapus
  22. Bener banget, 4 dampak di atas sangat nyata ancamannya. Bahkan untuk anak balita pun sudah terasa. Rata2 kalau ada ortu yang bilang anaknya tidurnya terlalu malam saya tanya, pegang HP atau tidak dan jawabannya iya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^