5 Manfaat Bermain Futsal untuk Anak-anak, No 3 Mencegah Obesitas

Futsal adalah permainan yang banyak digemari oleh laki-laki. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga mengemari permainan ini. Walau, tak menutup kemungkinan anak perempuan suka bermain futsal, tapi secara fitrah anak laki-laki lebih banyak suka main futsal.

5 Manfaat Bermain Futsal untuk Anak-anak, No 3 Mencegah Obesitas

Tak jauh berbeda dengan bermain sepakbola, futsal sama-sama mencetak gol lebih banyak untuk mencapai kemenangan. Bedanya, satu tim lebih sedikit dan lapangan juga lebih kecil dibanding sepakbola.

Jika dulu, ayahku gemar sekali nonton pertandingan sepakbola, kini anak keduaku Abang Fatih suka banget main futsal. Selain ekskul di sekolah, Abang Fatih juga latihan khusus di luar jam sekolah. Syukurnya, masih dibimbing oleh gurunya sehingga komunikasi lebih mudah. 

Setiap Ahad pagi, Abang Fatih latihan futsal di Lampung Futsal (LF). Lokasinya tidak jauh dari rumah, tak sampai 10 menit naik motor sampai deh. Latihan setiap pukul 09.00-12.00 WIB. Bersama teman-temannya dibimbing oleh 2 guru olahraga.


Manfaat Bermain Futsal Untuk Anak-Lampung Futsal

Abang Fatih senang sekali bertemu teman-temannya. Bisanya berangkat bersama teman yang dekat rumah, pulangnya kami jemput. Kadang aku atau suami yang jemput. 

Bermain futsal bagi anak laki-laki banyak manfaatnya. Berikut 5 manfaat bermain futsal untuk anak-anak:

1. Hiburan

Kenapa alasan ini pertama aku sampaikan? Ya, Abang Fatih sudah sekolah dari 7.10 WIB hingga 14.30 WIB sehingga diperlukan hiburan yang menyenangkan. Daripada weekend bermain game terus menerus, ketika minta ikut kelompok futsal, dengan senang hati kami izinkan.

Ya, selain hobi bermain futsal, bertemu dengan teman-teman di luar jam pelajaran atau sekolah pasti menyenangkan bukan? Biarlah ia menikmati masa indah SD-nya apalagi sudah kelas 5 dan sebentar lagi sibuk persiapan ujian akhir sekolah.

2. Menjaga Kesehatan 

Bermain futsal membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Tak hanya itu bermain futsal juga menguatkan otot dan membentuk tubuh lebih tinggi.

Namun, perlu juga diketahui, sebelum olahraga dimulai harus melukan pemanasan dan juga menjaga stamina tubuh. Untuk itu, jaga pola makan dan gaya hidup. Anak juga disiapkan nutrisi yang cukup sebelum dan sesudah futsal.

3. Mencegah Obesitas

Anak yang gemar berolahraga akan terhindari dari berat tubuh yang berlebihan atau obesitas.

Bermain futsal dapat terhindari dari kegemukan karena anak akan banyak bergerak. Tentunya dimbangi dengan pola makan yang sehat.

4. Kerjasama Tim

Bermain futsal mengajarkan anak untuk belajar bekerjasama dengan tim. Saling berbagi tugas untuk menang. Abang Fatih pernah cerita, ia dipukul kakak kelas karena dia mengolkan bola, sedangkan kakak kelasnya tidak terima kalah. 

Tentu saja aku lapor ke sekolah agar wali kelasnya mengecek dan menegur si anak. Soalnya dipukul bagian kepala loh.

5. Mengingkatkan Kedisiplinan

Abang Fatih bermain futsal bersama teman-temannya setiap Ahad. Berangkat dari rumah sebelum jam 9 pagi. Nah, jika telat, maka akan kesulitan temannya menunggu tim lengkap. Aalagi bermain di "Lampung Futsal" disewa per jam.

Lampung Futsal

Review Lampung Futsal

Nah, Moms rekomendasi bermain futsal untuk anak-anak di Bandar Lampung, yakni bermain di Lampung Futsal.

Lokasinya mudah ditemukan, jika dari Rajabasa, masuk ke Gang disamping Rumah Belanja Surya, lurus sedikit dan menemukan plang "Lampung Futsal"

Alamat Lampung Futsal

Jl. ZA. Pagar Alam Gg. Abdul Muis No. 2A.Dekat SMK 2 Mei. Bandar Lampung.

Untuk bermain di sini kamu dapat melakukan penyewaan dengan tim futsal sekolahmu. Informasi selengkapnya silakan cek di IG @lampungfutsal

24 komentar untuk "5 Manfaat Bermain Futsal untuk Anak-anak, No 3 Mencegah Obesitas"

  1. Kalau anak punya bakat non akademik dan bermanfaat untuk fisik ini senang rasanya, jadi dia aktif tidak hanya main ponsel di rumah. Banyak juga manfaatnya untuk kesehatan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Selain untuk mencegah obesitas dan penyakit lainnya, bermain futsal juga melatih anak2 agar dapat kerjasama dengan yang lainnya. Duh, kasihan sekali ya sampai dipukul kakak kelas. Ini juga bagian dari pelajaran hidup, kalau kalah harus bisa terima ya. Semoga tidak terulang lagi pemukulannya.

    BalasHapus
  3. Olahraga tuh memang penting banget buat anak-anak ya, Mom. Eh ya nggak cuma buat anak-anak sih, buat yang dewasa juga penting hehe. Saya selalu senang lihat anak yang aktif olahraga, setidaknya bisa mengurangi waktu mereka di depan layar, badan juga sehat.

    BalasHapus
  4. Di dekat rumahku ada lapangan futsal. Kelihatannya yang banyak main memang remaja laki-laki. Mungkin ini kodrat permainan yang mengandung kemacoan ya Mbak, makanya lebih banyak di sukai anak laki-laki. Dan terlepas dari gender yang memainkan, banyak sekali manfaat dari bermain futsal ternyata. Semua hal manfaat yang dituliskan di atas memuat konten pendidikan semua

    BalasHapus
  5. Banyak sekali manfaat bermain bola untuk anak ya mom. Bener ya olahraga itu bukan hanya melatih fisik tapi juga sosial emosi dll.

    BalasHapus
  6. Main futsal banyak manfaatnya ya mbak. Manfaat buat kesehatan tubuh, juga pikiran, karena jadi lebih fresh. Dulu Alief pas SD dan SMP gemar main futsal, pas udah SMA ga lagi. Olahraganya ganti yang lain. Pas kuliah olahraganya lain lagi, di tempat gym.

    BalasHapus
  7. Bagusss Fatih latihan futsal, selain untuk hiburan, melatih motorik kasar, menjaga kesehatan juga yaa. Anakku masih tipe yang main bola di lapangan aja bareng teman-teman, belum ikutan semacam les bola.

    BalasHapus
  8. Wah, olahraga futsal ini kegemaran anakku Fakhri pas SD dulu. Sampai ikutan les segala da timnya, ikutan pertandingan. Walau belum juara tapi dia senang sekali. Iya, futsal dilakukan rutin bisa mengurangi obesitas. GImana nggak? Gerak melulu, kudu lincah bagai kijang hahaha :D

    BalasHapus
  9. Olahraga memang paling enak dan seru kalau rame-rame. Nah, futsal kan termasuk olahraga tim. Jadi bisa seru banget. Apalagi kalau mainnya sama orang-orang yang udah kenal dekat

    BalasHapus
  10. Masya Allah Fatih semangat latihan nya kalo serius bisa berprestasi di futsal bagus juga mak, ada anak temanku mulai masuk sekolah pun jalur prestasi. Sekarang juga udah banyak temp[at latihan dan klub ya.

    BalasHapus
  11. Futsal adalah olahraga yang banyak disukai anak anak
    Main futsal punya banyak manfaat untuk kesehatan anak

    BalasHapus
  12. anakku tuh suka main game bola ya trus udah bisa sedikit menguasai tekniknya tapi kalo disuruh main bola di lapangan dia gak mau

    BalasHapus
  13. Banyak gerak pada orang dewasa saja itu penting ya, apa lagi untuk anak-anak. Kebetulan aku memang lebih suka mengajak anakku melakukan aktivitas. Dia lebih sering main futsal juga sama teman-teman sekolahnya.

    BalasHapus
  14. Seru emang ya kalo punya anak yg hobi olah raga. Apalagi main futsal. Anakku keduanya cewek n belum tau olahraga apa yg sesuai sm minatnya. Emang kudu ditingkatkan jg ketertarikan dg olahraga untuk perkembangan motorik n kesehatannya ya

    BalasHapus
  15. Kakakku dari kecil sampai dewasa ini tetap main bola. Dulu waktu muda ya bola di lapangan besar. Pas udah dewasa, ganti futsal. Tapi tetap rutin olahraganya ini. Kalau anak-anak, bagus ya buat asah kemampuan mereka

    BalasHapus
  16. Bermain futsal ini emang sebaiknya dikenalkan sama anak sedari dini ya, Mak. Apalagi manfaatnya nggak sekadar buat hiburan semata, bisa mencegah obesitas dan meningkatkan kedisiplinan jadi poin plus banget, nih!

    BalasHapus
  17. Semangat abang Fatih, semoga main futsalnya makin mantap ya..Memang banyak manfaatnya ya futsal. Kegiatan positif mengisi akhir pekan anak ini...Ga cuma bisa jadi hiburan tapi juga baik untuk kesehatan dan kedisiplinan

    BalasHapus
  18. Setuju bnget mba.. aktivitas olga futsal itu banyak sekali manfaatnya selain buat tubuh sehat ,, membentuk juga rasa solidaritas...seneng y ada tempat futsal yg nyaman sekarang

    BalasHapus
  19. banyak ya manfaat bermain futsal salah satunya mencegah anak menjadi obesitas. Dengan mengikuti olahraga ini, anak jadi lebih sehat dan lebih berisi ya mbak

    BalasHapus
  20. Olahraga memang bagus untuk kesehatan dan juga pertumbuhan fisik anak. Semangat yaaa abang Fatih latihan futsalnya.

    BalasHapus
  21. Semangat Bang Fatih. Bermain futsal selain seru akan membuatmu kuat dan tangguh.

    BalasHapus
  22. Pengen deh ada klub futsal begini di Ungaran, mau cari informasi ah biar Alde bisa ikutan dia suka sepakbola dan sekarang baru lulus SD nggak ada kegiatan euy keren ya klub futsalnya anak-anak kelihatan ceria banget

    BalasHapus
  23. Kalo aku suka nontonnya sih Mak hehehe sekalian nemenin pacar. Yang penting jangan malam2 sih Mak karena bahaya buat jantung kalo terlalu malam dan dalam keadaan capek sepulang kerja.

    BalasHapus
  24. Suka dengan kegiatan anak-anak yang aktif seperti ini. Selain bisa menghindari obesitas juga biar belajar sosialisasi dan berolahraga secara sportif ya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^