Serunya Mewarnai Tote Bag di Acara Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Weekend ceria, Sabtu (13 Mei 2023) kami sekeluarga mengikuti acara  Fun Family Festival 2.0 yang diadakan oleh SDIT Permata Bunda 1 Rajabasa Bandar Lampung di Wira Garden. 

Acara  Fun Family Festival 2.0 ini diprakarsai oleh komite sekolah dan juga dewan guru. Masya Allah rangkaian acaranya juga sangat menyenangkan, di antaranya silaturahmi keluarga dan mewarnai tote bag anak dan orang tua.

manfaat mewarnai tote bag


Berhubung acaranya di Wira Garden, anak-anak sangat excited karena tahunya di sana ada sungai. Jadi, Abang Fatih dan Aisyah sudah siap-siap pengen mandi di sungai Wira Garden usai acara.

Nah, kedua anakku ini emang aktif banget, makanya sebelum berangkat harus dibuat kesepakatan, "Mandinya setelah acara selesai, ya!" atau "Tidak jajan di lokasi, ya! Umi sudah belikan jajanan," dan lainnya.

Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1


Selain itu, acara ini kan silaturahmi keluarga, beberapa wali di group menanyakan jika bawa anak lebih dari yang ditentukan bagaimana? Ternyata boleh, tinggal nambah biaya masuk Rp 15 ribu/orang. Sedangkan peserta lainnya sudah dibayar dari pihak sekolah.

So, aku langsung inisiatif mengajak Mas Faris yang biasanya weekend pulang ke rumah. Mas Faris mau ikutan, maka kami berlima pun menuju Wira Garden.

Serunya Mewarnai Tote Bag  di Acara Fun Family Festival 2.0

Pukul 08.30 WIB kami tiba di lokasi. Di gerbang Wira Garden ramai mobil mengantri masuk. Kami pun masuk ke bawah dengan jalan menurun dan mencari parkir yang kosong. Usai registrasi dan mendapatkan Tote Bag yang akan diwarnai, kami segera mencari lokasi untuk duduk. 

Di lokasi sudah ramai peserta. Bayangkan saja, ada anak kelas 1-6 beserta kedua orang tua hadir di acara ini, ramai banget kan? Kami pun memilih tempat duduk di belakang. Acara pembukaan pun segera dimulai.

Aku sendiri berkoordinasi dengan pengurus komite bagian konsumsi karena 2 anak beda kelas, Aisyah kelas 2 dan Abang Fatih kelas 5, jadilah aku muter-muter buat ambil snack hahaha...

Pukul 10.00 WIB kami dipindahkan ke seberang sungai. Lokasi mewarnai dipisah antar kelas. "Gimana nih bi kita mau disatukan saja atau pisah?" awalnya kami mau satu tempat saja di kelas Aisyah, tapi Abang menolak karena dia pengen dekat teman-temannya, jadilah aku mendampingi Aisyah dan Abi mendampingi Abang Fatih.

Mewarnai Tote Bag
Proses mewarnai Tote Bag 

Mewarnai Tote Bag pun dimulai. Oiya, sebelumnya orang tua sudah diberitahu untuk menyiapkan alat mewarnai seperti cat air akrilik, palet dan kuas. Jadilah kami berbagi tugas. Kegiatan ini seru banget.

Aku sendiri tidak jago mewarnai, tapi happy banget saat mewarnai Tote Bag. Pas lihat teman-teman Aisyah yang lain, ada juga yang Mamanya pintar pewarnai, bagus banget gradasi warnanya.

Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1
Mewarnai Tote Bag anak dan orang tua 

Main ke kelas 5 tempat Abang Fatih dan Abi mewarnai Tote Bag, abi ternyata pinter juga milihin warna, hihi... kan jadi tahu bakat terpendam suami, selama ini tahunya Abi emang bisa gambar aja. Saat anak-anak kecil, Abi sering mengajak gambar ikan di kertas, lalu diwarnai dan digunting.

Manfaat Mewarnai Tote Bag

Satu jam mewarnai Tote Bag ternyata menyenangkan bagiku yang sudah dewasa ini. Mulai dari perasan senang, teringat masa kecil yang sering ikut lomba mewarnai bahkan ketemu Pak Tino Sidin (Pelukis) terkenal, dulu sering mengisi acara di TVRI. 

Selain itu, mewarnai bagi orang dewasa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasaan otak. Jadi ikutan mikir memilih warna yang pas gradasi yang cocok. Aiih, enggak kepikiran latihan dulu di rumah, pas di tempat celengak-celenguk lihat kiri kanan pilihan warnanya bagus-bagus haha...

manfaat mewarnai bagi orang dewasa
Hasil Karya Umi dan Aisyah 

Bagi anak-anak, kegiatan mewarnai ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi. Aisyah termasuk yang pengen cepat selesai, sedangkan Abang Fatih termasuk lebih santai. 

Selanjutnya, bermanfaat meningkatkan kreativitas. Ada yang mau menambahkan gambar lain selain gambar yang ditentukan panitia, tapi ada yang terima saja sesuai gambar di Tote Bag-nya.


Manfaat Mewarnai Bagi Anak
Ternyata banyak manfaat mewarnai bagi anak

Bagi anak dan orang tua, kegiatan mewarnai di Acara Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1 bermanfaat untuk meningkatkan bonding antar orang tua dan anak. Saat mewarnai dibutuhkan komunikasi dan kerjasama.

Obrolan ringan dan receh sering tercipta, "Ini bagusnya warna apa, ya?" atau "Mau warna apa lagi? Nanti Umi siapkan!" atau "Abi, bantuin dong!" obrolan ini menjadi begitu menyenangkan akan dikenang sampai jauh hari kelak.

Usai acara mewarnai, karya anak-anak kelas atas dikumpulkan sedangkan kelas bawah hanya difoto oleh guru masing-masing. Kemudian makan siang dibagikan dan kami makan bersama.

Nah, ini hasil karya Aisyah dan Umi, senang sekali pokoknya ikutan Mewarnai Tote Bag di Acara Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1 ini, semoga tahun berikutnya komite dan sekolah bikin lagi, ya! 

Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1
Alhamdulillah ini karya Aisyah

Untuk kegiatan mandi di sungai akan aku share di sini, ya!

Nah, Sahabat Smart Mom, itulah keseruanku dan keluarga mewarnai Tote Bag, apakah ikutan tertarik? Modalnya enggak banyak kok, bisa juga beli Tote Bag polos sehingga digambar sendiri, loh! Untuk cat air akrilik  dapat dibeli mulai dari 23-50 ribu, palet 5 ribu dan kuas 5 ribu. So, selamat mencoba!

23 komentar untuk "Serunya Mewarnai Tote Bag di Acara Fun Family Festival SDIT Permata Bunda 1 "

  1. Mewarnai Tote Bag di acara fun family seperti ini seru dan bisa mengasah sisi kreativitas anak ya mbak
    Selain itu juga bisa meningkatkan bonding dengan sesama anggota keluarga

    BalasHapus
  2. Memang katanya mewarnai itu bisa bikin rileks dan penghilang stress, Mba. Saya aja kalau butek pikirannya den banget main games mewarnai.

    BalasHapus
  3. Bagus hasil tote bag Aisyah, apalagi dibantu umminya jadi makin bagus, hehehe. Bagus ide acara family nya, jadi memang menghasilkan dan menimbulkan keakraban

    BalasHapus
  4. aih aku paling suka kemana-mana pake tote bag. cakep paduan warnanya pas jadi. acara seru dan kreatif ajak anak dan ortu mewarnai tote bag

    BalasHapus
  5. Masya Allah, acara Family Festivalnya bener-bener fun ya, Mak.. Dan dari kegiatan mewarnai tote bag aja, sebuah keluarga bisa kembali "ngobrol" ringan dan asik. Terus aku jadi sadar bahwa ternyata, bisa "ngobrol" enak dengan anggota keluarga adalah sesuatu yang amat mahal. Apalagi di zaman sekarang ya, Mak, di mana teknologi komunikasi semakin berkembang, tetapi kadang malah menjauhkan yang dekat.

    BalasHapus
  6. Seru nih acaranya, apalagi mewarnai adalah aktivitas favorit sebagian besar anak-anak usia SD, selain dapat banyak manfaat bagi anak seperti pengalaman dan ilmu baru, yaitu belajar mewarnai Totebag, kegiatan ini juga membantu anak lebih kreatif.

    BalasHapus
  7. Aisyah dah gede banget ya, masyaAllah, inget pas kecilnya dulu hehe btw iya mewarnai Tote bag ini menyenangkan yaa, apalagi kalau dilakukan bersama sama. Btw keren hasil mewarnai Tote bag Aisyah, jadi ada kenang kenangan yaa

    BalasHapus
  8. Kapan hari anakku juga ada acara mewarnai tote bag di sekolah, acaranya di Gramedia gitu. Seru banget, karena emang belom pernah. Dan pas pulang katanya, "ini buat ibu.." duuuh nyesss banget deh. Priceless ya mbaa.

    BalasHapus
  9. Saya menyerah kalau urusan menggambar dan mewarnai, Mbak Naqi tetapi supaya anak-anak senang, saya diam saja, ngikutin ritme mereka.

    BalasHapus
  10. Seru banget kegiatan sekolahnya. Dulu saya jarang ada kegiatan kayak beginian. Padahal bermanfaat ya utk anak2.

    BalasHapus
  11. Seru banget kegiatan sekolahnya si adek. Molly dulu jarang sekolahnya ngadain acara beginian. Padahal kan bermanfaat banget.

    BalasHapus
  12. Waau..rame sekali dong mbak kelas 1-6 sama ortu, bisa bawa pasukan tambahan pulak. Udah kayak festival yaaa hehehe. Btw, cat akrilik ini luntur ga sih kalau dicuci? aku belum pernah nih mewarnai kain pakai cat.

    BalasHapus
  13. Kayak anak sulungku Rafa nih yang demen menggambar dan mewarnai. Selain tote bag, macam benda dia warnai sampai jadi makin cantik bendanya. Aktivitas relaksasi pikiran mnewarnai ini ya mbak. Ini htm murah banget cuma 15K.

    BalasHapus
  14. Aisyah nggak mau kalah dengan Abang Fatih, ikut keseruan Fun Family festival di sekolah ya mbak. Cakep hasil mewarnai berdua nih, dan Tote bag nya bisa untuk belanja di minimarket dekat rumah, hihihi

    BalasHapus
  15. Acara Family Fun Festival ini bukan hanya seru, Mbak, tapi membahagiakan semuanya. Selain anak-anak, orang tua juga bisa turut serta.

    Rupanya aktivitas mewarnai begitu banyak manfaatnya. Entah untuk melatih otak, bahkan untuk kreativitas.

    BalasHapus
  16. Aisyah pinter nih mewarnai totebagnya.
    kegiatan seperti ini bagus banget diadakan rutin biar anak-anak fun dan ga bosan belajar di kelas. dengan biaya yang nggak mahal, manfaat untuk perkembangan anaknya banyak

    BalasHapus
  17. Kebayang keseruannya, jadi ingin nyobain juga sama anak-anak modalnya juga nggak terlalu gede. Hiburan sekaligus mengasah skill menggabar dan mewarnai

    BalasHapus
  18. Seru juga acaranya. Ini kalau ada di daerahku, Keponakan bakal suka dan pasti ikutan. Dulu ada sih, tapi lomba mewarnai aja di kertas, bukan pakai media tote bag

    BalasHapus
  19. MashAllah~
    Kaka Aisyah dan Mas Fatih keren sekali. Kesabaran anak-anak dalam mewarna dan membuatnya indah ini patut dipuji sih, karena memang mewarnai membutuhkan banyak aspek dari konsentrasi hingga "feel" art yang dimiliki masing-masing anak.

    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  20. Salah satu cara mengikat bonding dengan anak tanpa membuat anak merasakan kekakuan akan tujuan dilakukannya aktivitas ini
    Sehat selalu mbak dan si kecil

    BalasHapus
  21. Seru banget acaranya Kak. Kalau acara Fun family seperti ini kebaynag serunya. Anak-anak kelas 1-6 kumpul bersama. Para wali murid juga bisa saling berinteraksi secara langsung. MUngkin hanya bisa ngorol via chat saja selama ini.

    BalasHapus
  22. Wahhh seru banget ya acara Fun Familynya, apalagi anak anak sudah pasti seneng banget kalau bermain dengan warna.

    BalasHapus
  23. Wah seru banget ini ya. Bisa memggali kreativitas anak. Dulu anakku yang cowok pernah ada kegiatan begini juga. Tapinya dia gak ada jiwa seni kayak bapaknya. Jadinya di kebingungan mau gambar apa. Heheheh.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^