Mortgage Calculator Money Games, Ajarkan Anak Literasi Keuangan Sejak Dini

"Mi, Aisyah mau les di sana!"
"Kenapa Aisyah mau di sana?"
"Pengen belajar tambahan, kurangan, banyak teman!" ujar Aisyah.
"Tapi, kan jauh!"
"Aisyah bisa naik sepeda kok!" jawabnya.

Mortgage Calculator Money Games, Ajarkan Anak Literasi Keuangan Sejak Dini


Jujur aku masih khawatir melepas Aisyah untuk ikut les berhitung. Bukan soal menyiapkan dana tambahan, tapi lumayan ngeri melepas pergi sendiri, sedangkan mau antar jemput motornya bergantian karena Mas Faris sebentar lagi mau kuliah.

Nah, pas dikenalkan teman dengan salah satu games mengenalkan literasi keuangan ini. Aku jadi tertarik untuk mengasah kemampuan Aisyah dalam berhitung.

Apa Itu Literasi Keuangan?

Literasi keuangan adalah mengajarkan anak-anak untuk mampu mengelola keuangan sesuai dengan kebutuhan. Di sekolah memang diajarkan anak-anak untuk menabung, berinfaq dan uang saku tidak boleh lebih dari 10 ribu.

Tapi, tetap saja uang saku yang diberikan, ingin nambah terus. Uang saku sudah aku selipkan di bekal makan siang, pas pulang sekolah minta lagi uang jajan karena teman-temannya ngajak main bersepeda.

Inilah jadi PR agar aku mengenalkan ke Aisyah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Terutama mengelola uang saku atau uang jajan. Misalnya, Aisyah ingin berenang. Setiap berenang tiket masuk 19K, selama di sana mau beli jajanan dan mie ini diperlukan pengeluaran yang lumayan kalau dilakukan setiap minggu. Ini diperlukan diskusi untuk mengelola keuangan lebih baik.

Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak:


1. Ajak Anak Diskusi
Ajak anak diskusi lewat cerita atau dongeng mengenai keuangan.
2. Ajak anak belajar menabung.
3. Beritakan contoh kegiatan untuk menghasilkan uang.
4. Ajarkan anak kegiatan sehingga anak mampu menghasilkan uang sendiri, misalnya berdagang di Market Day.
5. Ajarkan anak konsekuensi. Misalnya diberikan uang saku 10K per hari, jika lebih dari itu tidak boleh minta lagi.

Mortgage Calculator Money Games


Jika di atas mengenalkan literasi keuangan lewat diskusi dan praktik langsung. Ada satu lagi dengan cara yang menyenangkan, yakni bermain games. Salah satunya, Mortgage Calculator Money Games.

Games online ini membantu menjadi jembatan komunikasi orang tua dan anak dalam mengenalkan penjumalahan, pengurangan, perkalian dan lainnya.

Berikut contoh Mortgage Calculator Money Games :



Zaman aku kecil, senang banget bermain menjadi kasi-kasiran. Tak kecuali, Aisyah. Kalau bermain "jual-jualan" ia akan berperan sebagai kasir dan Uminya sebagai pembeli. Di Games Cashier Simulator mengenalkan anak untuk melakukan menghitung barang, pembayaran, pengembalian uang hingga struk belanja.

Cashier Simulator


Games ini memiliki 160 tahapan. Anda bisa mendapatkan hingga 3 bintang di setiap tahap tergantung pada kinerja Anda.


Di games Treeze Coinz, anak-anak belajar melakukan penambahan koin sehingga disetorkan ke gumball machine. Di sini anak belajar menggunakan bahasa, seperti bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis.

Treeze Coinz


Pilih denominasi koin mana yang ingin anak gunakan. Pilihan untuk anak adalah: 1, 1 dan 10, atau 1 dan 5 dan 10.


Idle Hypermarket Empire adalah game simulasi toko kelontong tempat anda mengelola hypermarket yang berorientasi vertikal. 

Hypermarket memiliki 9 lantai: buah dan sayuran, daging, bahan makanan, pujasera, furnitur, elektronik, pakaian jadi, perhiasan, dan kosmetik.

Wah, serunya anak jadi belajar mengelola toko dengan berbagai jenis bahan jualan nih!

Idle Hypermarket Empire



Cara bermain farming town ini dengan mengajak anak menanam benih, mengumpulkan tanaman dan menjualkannya. Games ini mengajarkan anak untuk memahami profesi petani agar semakin menghargai makanan atau sayuran yang dimakan. Seru banget mengajak Aisyah bermain, awalnya sempat bingung. Tapi, tenang aja sudah ada panduannya.

Farming Town


5. Cash Back 

Permainan ini mengajarkan anak untuk belajar mengembalikan uang kertas atau koin. Anak juga belajar konsep penjumlahan dan pengurangan.

Cash Back


Nah, Sahabat Smart Mom, itulah 5 games seru dari Mortgage Calculator Money Games. untuk mengenalkan literasi keuangan pada anak. Games ini tdak perlu mendownload aplikasi. Cukup buka websitenya di hp atau laptop secara gratis. Belajar sambil bermain tentunya akan semakin menyenangkan jika bersama orang tua. Menambah bonding dan rasa percaya diri anak. Selamat mencoba!

29 komentar untuk " Mortgage Calculator Money Games, Ajarkan Anak Literasi Keuangan Sejak Dini"

  1. Farming town ini ternyata juga menjadi salah satu game yang bisa mengajarkan keuangan ya

    BalasHapus
  2. Banyak banget nih ya kak ternyata game yang bisa digunakan untuk literasi keuangan

    BalasHapus
  3. Dengan bermain game yang ada di atas bisa juga sebagai media belajar anak ya

    BalasHapus
  4. Gamenya memang sangat menyenangkan kak, selain itu juga bisa menjadi media pembelajaran keuangan

    BalasHapus
  5. Dengan bermain sambil belajar tentunya anak juga bisa mengetahui tentang keuangan sejak dini ya

    BalasHapus
  6. Banyak banget nih ya kak game yang bisa digunakan untuk mengajarkan anak tentang literasi

    BalasHapus
  7. Dengan bermain game tersebut tentunya juga bisa sekalian belajar keuangan ya kak

    BalasHapus
  8. Mengajarkan keuangan pada anak di usia dini memang sangat penting si menurut saya

    BalasHapus
  9. Literasi keuangan memang sangat penting untuk diajarkan kepada anak ya kak agar mengerti tentang keuangan

    BalasHapus
  10. Saya jadi penasaran dengan game cash back nih kak buat anak, soalnya sepertinya menarik

    BalasHapus
  11. Ini namanya belajar sambil bermain. Seru-seruan bermain game, diam-diam dapat ilmu, nambah pengetahuan tanpa harus mengerutkan kening. Apalagi mengajarkan calistung pada anak itu gampang-gampang susah kan Mak. Nah, dengan bermain game anak santai, tidak stres dan ilmu pun masuk.

    BalasHapus
  12. Jika sejak kecil anak-anak sudah dikenalkan tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan dan bagaimana mereka mengelola emosi tentangnya, InshAllah kelak besar, mereka tumbuh jadi orang dewasa yang melek segala hal tentang keuangan ya Mbak. Bahwa uang itu hanyalah alat tukar, kita yang kendalikan agar hidup kita lebih baik, bukan malah sebaliknya

    BalasHapus
  13. Masya Allah Aisyah pemberani mandiriii. Jadi ingat masa kecil naik sepedahan. Belum ada games online kayak sekarang ini. Pas SMP baru ada yg card gitu. Asyik gamesnya bisa sambil belajar ya

    BalasHapus
  14. Belajar sambil bermain game tentang keuangan bikin anak happy . Apalagi mainnya saat weekend

    BalasHapus
  15. Huah, pilihan gamesnya banyak dan menarik yaa untuk anak-anak. Kayanya oke banget sih ini dimainkan sama anak. Kita juga tenang karena jadi tau, anak bukan sekedar main games gak jelas, tapi juga belajar tentang matematika dan bahasa.

    BalasHapus
  16. super duper pentiiingg ajarkan anak tentang literasi keuangan.
    dgn cara ini makin enjoyy ya

    BalasHapus
  17. Meungajarkan anak-anak literasi keuangan tuh memang butuh banget calculator games gini sih. Apalagi kalau anaknya senang belajar dengan model seperti ya mak.

    BalasHapus
  18. Emang praktik tuh lebih melekat ama anak mak, apalagi coba aja ke warung kasih uang, suruh belanja dll. Senang mereka belajar literasi Keuangan apalagi lewat game yah

    BalasHapus
  19. Aku dan anak2 suka main Farming Town dan Hypermart gitu mbak. Kasir2an juga demen hihihihi. Memang sangat dianjurkan kita mengenalkan literasi keuangan pada mereka sejak kecil agar ada gambaran dan sekaligus belajar pengelolaan keuangan demi masa depan gemilang.

    BalasHapus
  20. banyak juga pilihan money games yang menarik di sini ya mba. Anak- anak pasti tertarik meilhat simulasi dan akan membantu mereka mengerti keuangan sejak dini ya

    BalasHapus
  21. Setuju mba mengajarkan anak keuangan sejak dini juga penting yaa sebatas memilih kebutuhan dan keinginan an sj kadang orang dewasa jg sulit melakukannya, apa karena gak dilatih sejak dini ya?. Anak2 pasti lebih cepet mencermati dan suka dengan permainan games seru

    BalasHapus
  22. Asyik ya, dengan bermain game di Mortgage Calculator, anak bisa main sambil belajar berhitung. Belajar dengan cara yang menyenangkan biasanya anak cepet bisanya.

    BalasHapus
  23. Seruu nih ga perlu les bisa di rumah bareng bundanya main mortgage calculator dimana banyak games edukatifnya.

    BalasHapus
  24. sambil bermain sekaligus belajar ya, jadi lebih menyenangkan mengajarkan literasi keuangan pada anak

    BalasHapus
  25. Kecerdasan anak-anak dalam mengenal literasi keuangan ini menjadi tugas orangtua dalam mengenalkan di tahap awalnya. Dengan mengajarkan melalui cara yang menyenangkan melalui Mortgage Calculator Money Games, anak-anak bisa memahami makna "uang" dan cara mendapatkan juga menggunakannya secara bijak.

    BalasHapus
  26. Mudah cara mainnya, ga perlu download aplikasi juga...bisa nih dicoba games seru dari Mortgage Calculator Money Games untuk mengenalkan literasi keuangan pada anak.

    BalasHapus
  27. Kayak anakku juga, Mbak. Udah dikasih uang saku eh kadang pulangnya masih minta beli ini itu di toko deket rumah. Memang gak bisa dalam waktu singkat ya ngajarin literasi keuangan yang bener tuh. Dengan main money games di Mortgage Calculator dapat membantu juga yaa.. asyik belajar keuangan di sana :)

    BalasHapus
  28. Ini sih termasuk game edukasi ya mbak, jadi gak sekedar bermain game tapi ada unsur pembelajaran di dalamnya. Pasti menyenangkan buat anak-anak yang suka berhitung dan lainnya

    BalasHapus
  29. Mortgage bikin anak banyak belajar ya Bun. plus orangtuanya juga ikutan happy kalau gini sih

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^