Tips agar Anak Suka Baca Buku

Tips agar Anak Suka Baca Buku. Buku ada jendela dunia dan membaca adalah jembatan ilmu, istilah yang memang sangat sesuai. Banyak sekali manfaat membaca bagi anak mulai dari menambah kosakata, mengasah empati, menambah wawasan dan pengetahuan dan lain sebagainya. Oleh karena itu kegiatan membaca menjadi sangat penting bagi anak dan mengetahui tips agar anak suka baca buku juga sangat penting bagi orang tua.

Tips agar Anak Suka Baca Buku

Ini 6 Tips Agar Anak Gemar Membaca


Ciri anak yang gemar membaca adalah sangat antusias saat melihat buku dan kemampuan bahasanya sangat baik. Banyak orangtua yang menginginkan anak gemar membaca buku, namun tidak tahu harus melakukan apa. 

Berikut ini tips agar anak suka baca buku yang bisa dilakukan orang tua:

1. Kenalkan Buku Sejak Bayi

Mengenalkan buku sejak bayi adalah langkah awal yang baik untuk membiasakan agar mencintai buku. Gunakan buku sesuai dengan periode usia bayi, misalnya untuk anak bayi menggunakan buku yang terbuat dari kain sehingga tidak akan sobek jika digigit atau kena air. Bayi akan merekam semua yang Anda ajarkan.

2. Teratur Bacakan Buku Cerita Sebelum Tidur

Ibu atau ayah bisa membuat jadwal membacakan buku cerita untuk anak saat akan tidur. Selain akan melatih anak menyukai buku, kegiatan ini juga akan mempererat bonding antara orangtua dan anak-anak. Jangan lupa bacakan pesan moral dari cerita yang dibacakan agar anak mendapatkan pelajaran.

3. Seringlah Ajak Membaca Buku Bersama

Jangan sia-siakan waktu bersama anak, karena masa ini hanya akan terjadi sekali seumur hidup dan hanya dalam waktu yang singkat saja. Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu bersama anak untuk membaca bersama. Dalam kegiatan ini akan terjadi komunikasi dua arah antara orangtua dan anak seperti tanya-jawab, kegiatan ini akan melatih anak berpikir kritis.

4. Sediakan Koleksi Buku yang Anak Sukai

Hobi membaca buku akan tumbuh dengan sendiri jika Anda memfasilitasinya dengan menyediakan koleksi buku yang anak sukai. Sediakan banyak buku di rumah, terutama yang disukai anak-anak, sehingga anak akan betah membaca dan pada akhirnya menjadi sebuah hobi.

5. Menjadikan Buku Sebagai Hadiah

Jika selama ini Anda sering memberi hadiah mainan ke anak, maka cobalah menggantinya dengan buku. Jadikan buku sebagai hadiah untuk momen berharga seperti kenaikan kelas, ulang tahun atau momen lainnya. Selain berkesan, hadiah buku juga akan memberi manfaat dalam jangka waktu yang lama.

6. Untuk Anak Usia Dini Berikan Buku Bergambar dan Berwarna

Untuk menarik minat anak pada buku di usia dini, Anda bisa membelikan buku yang bergambar dan berwarna. Dengan begitu anak bisa menyukai buku yang Anda bacakan karena tertarik dengan warna-warni gambar yang ada di dalamnya.

Mudah sebenarnya membiasakan anak agar suka baca buku, hanya dibutuhkan usaha orang tua yang konsisten saja agar berhasil. Tips agar anak suka baca buku di atas bisa diterapkan di rumah jika Anda memiliki anak kecil. Yakinlah usaha tidak akan mengkhianati hasil, jadi teruslah berusaha agar anak mencintai buku dan gemar membacanya.

13 komentar untuk "Tips agar Anak Suka Baca Buku"

  1. Ya Allah paaas pisan kemarin aku nanyain ini ke grup,. kebanyakan tipsnya kayak Mbak Naqi gitu. Kalau mau anak suka membaca, ya orang tuanya harus membaca juga. Nah, masalahnya aku kan udah sebisa mungkin sering membaca buku, tapi kayaknya mereka belum tertarik juga, terutama si sulung. Semoga suatu hari anak-anakku bakal suka membaca semua deh, biar makin banyak pengetahuannya.

    BalasHapus
  2. tipsnya bermanfaat banget mba Naqi, kebetulan ada keponakan kecil di rumah, pengen biasain dia akrab dengan buku agar suka baca, sementara ini masih suka buku dengan warna-warna yang eye catching, dan dia tertarik kalau pas lihat gambar-gambar binatang, jadinya sesuai saran mba Naqi memang kayaknya wajib belikan dia buku-buku yang dia sukai ya untuk sementara membangun kecintaaannya pada buku, baru setelah itu kita arahin ke buku-buku yang lebih beragam

    BalasHapus
  3. Tantangan mengajarkan anak agar mencintai buku ini memang lebih besar yaa saat ini karena banyak anak yang lebih tertarik main game di handphone dibandingkan membaca buku. Makasih tipsnya, Mba, kebetulan saat ini saya sedang mengajarkan anak untuk menyukai baca buku nih

    BalasHapus
  4. Setuju banget mba, banyak orang tua yang pengen anaknya punya kemampuan bahasa yang baik dan menyukai buku. Tapi mereka maunya yang instan. Nggak mau menemani anak membaca buku atau sekadar membacakan buku. Semoga bisa menjadi refleksi kita bersama.

    BalasHapus
  5. Nah, saya juga juga sedang dalam fase ini nih. Mumpung masih bayi, saya bela-belain buat cetak gambar kontras dan beliin buku cerita bergambar. Walaupun pada prakteknya, tuh buku cuma diremes atau berakhir di mulutnya, hehe.

    BalasHapus
  6. Nah tipsnya patut dicoba nih ke keponakanku yang hobinya main HP berjam-jam. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  7. Tipsnya bagus banget niy mba bisa saya terapkan ke keponakan-keponakan saya yang kadang kalau diabcian buku atau diajarin baca buku masih malas-malasan atau kadang ga mau, jadi mesti pakai tips bair mereka tertarik dan mau baca

    BalasHapus
  8. Makasih tipsnya. Aku kadang beliin Keponakan Buku Bergambar. Tapi ya itu, kalau main sama temannya suka disobek. Buat bacain cerita, ini belum sih. Anaknya masih tidur sama Emaknya

    BalasHapus
  9. Perjuangan ya di era digital mengajarkan anak rajin membaca, terasa banget deh. Masa anakku yang pertama dan kedua itu, buku bagai surga buat mereka, yang kecil ini yang sudah era digital

    BalasHapus
  10. setuju banget nih, semakin dini dikenalkan dengan buku maka anak akan senang dengan buku.
    Bungsuku saya lihat gitu, dibanding dengan kedua kakaknya dia yang lebih senang buku :)

    BalasHapus
  11. Sepertinya mau coba hadiahkan anak buku kesukaannya biar dia semakin suka baca buku

    BalasHapus
  12. Wah perlu ade praktekin nih. Kalau jaman abang mudah sekali kasih buku. Kalau adeknya duuuh.. Kudu cari cara

    BalasHapus
  13. Faktor terbesar yg bisa bikin anak-anak jadi suka membaca itu, karena minimal ibunya suka membaca. Kalau bisa memang ayah dan ibu sama2 senang membaca.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^