5 Amalan Sunah Ketika Anak Baru Lahir

5 Amalan Sunah Ketika Anak Baru Lahir. Ketika anak lahir ke dunia, berbagai sambutan suka cita akan dilakukan oleh orang tua dan keluarga karena kebahagiaan yang dirasakan. Apapun bentuk sambutannya terdapat amalan yang tidak boleh terlupa. 

5 Amalan Sunah Ketika Anak Baru Lahir

Amalan tersebut biasanya adalah anjuran agama yang diharapkan akan membawa berkah dan manfaat untuk sang anak kelak. Apa saja amalan sunah ketika anak baru lahir, berikut cuplikannya:

 5 Amalan Sunah Ketika Anak Baru Lahir



1. Dikumandangkan Adzan

Hal yang wajib dilakukan pertama kali oleh orang tua, utamanya ayah ketika anak lahir adalah mengumandangkan adzan di telinga kanan anak. Kalimat-kalimat dalam adzan menjadi kata pertama yang harus didengar oleh bayi muslim ketika lahir. Harapannya adalah kata yang pertama kali di dengar bayi ketika hadir di dunia adalah kata-kata yang mengandung dan mengajak kepada kebaikan.

2. Mendapatkan ASI

Amalan sunnah ketika anak baru lahir yang lainnya adalah mendapatkan ASI karena hal tersebut merupakan salah satu hak bayi ketika baru lahir. Rasa pertama yang dicicipi bayi sebaiknya sesuatu yang manis. Menyusui bayi ketika ia lahir juga akan menjadi bonding yang kuat antara ibu dan bayi.

3. Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah atau menyembelih kambing ketika bayi lahir ke dunia adalah merupakan salah satu ajaran Nabi Ibrahim yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Untuk pelaksanaannya, jika bayi yang lahir adalah laki-laki, maka kambing yang harus disembelih adalah 2 ekor. Adapun untuk bayi perempuan, kambing yang harus disembelih sejumlah satu ekor.

Aqiqah sendiri hukumnya adalah sunnah  muakkadah. Itu artinya, aqiqah termasuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. 

4. Mencukur Rambut

Mencukur rambut pada bayi yang baru lahir merupakan amalan sunnah lainnya yang menjadi bagian dari aqiqah. Tradisi ini juga masih dilakukan di sebagian besar negara Islam di dunia. Nantinya rambut yang dicukur akan ditimbang lalu disertakan dengan perak atau emas. Kemudian nominal tersebut nantinya disumbangkan pada mereka yang membutuhkan.

sunah mencukur rambut bayi


5. Memberikan Nama yang Baik

Dalam agama Islam, nama bukan hanya sebagai identitas saja. Nama juga bisa menjadi salah satu bentuk doa dan harapan untuk bayi. Untuk itulah ketika bayi lahir disarankan untuk memberikan nama yang baik. Nama-nama yang diberikan sebaiknya mengandung arti yang baik. Bisa diambil dari nama-nama orang besar dalam Islam atau nama lain yang artinya bagus dan penuh harapan.

Itulah beberapa amalan sunah ketika anak baru lahir yang harus dilaksanakan. Masih banyak amalan lain yang bentuknya baik dan penuh harapan untuk anak yang dapat dilakukan. Amalan-amalan tersebut pada dasarnya adalah sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya anak di dunia ini.

Posting Komentar untuk " 5 Amalan Sunah Ketika Anak Baru Lahir"