5 Sekolah Musik Terbaik di Dunia untuk Persiapan Pendidikan Anak

Bagi orangtua yang memiliki anak dengan minat dalam musik, memilih sekolah musik yang tepat adalah bekal untuk persiapan pendidikan anak. Namun untuk sekolah di tempat ini, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Obligasi Pemerintah bisa membantu Anda mewujudkan keinginan untuk sekolah musik anak.

Sekolah Musik Terbaik di Dunia

Artikel ini akan mengeksplorasi lima sekolah musik terbaik di dunia. Tentu saja, ini adalah sekolah yang menyediakan lingkungan ideal untuk asah bakat anak yang berminat dalam dunia musik.

Sekolah Musik untuk Asah Bakat Anak

Meski di Indonesia tidak banyak sekolah musik, namun di belahan dunia lain, bidang ini banyak peminatnya. Berikut ini adalah beberapa sekolah musik terbaik, yang menawarkan pendidikan kesenian musik untuk anak Anda:

  • Juilliard School

Terletak di New York City, Juilliard School merupakan salah satu institusi musik paling terkemuka di dunia. Letaknya berada di Lincoln Center of Performing Arts, New York. Sekolah ini menawarkan berbagai program pendidikan, mulai dari tingkat pra-kolese hingga pascasarjana. 

Program-program seperti Pre-College Division menyediakan kesempatan bagi anak-anak yang berbakat untuk belajar dari para profesional di industri musik. Juilliard juga dikenal karena fakultasnya yang luar biasa dan fasilitas yang lengkap. Akreditasi dari sekolah ini menduduki peringkat pertama versi QS World Ranking 2020.

  • Royal College of Music

Berlokasi di London, Royal College of Music (RCM) adalah salah satu institusi musik tertua dan terkemuka di dunia. RCM berdiri sejak 1882 dan menjadi konservatorium seni terbesar di dunia.

RCM menawarkan berbagai program pendidikan mulai dari tingkat pre-kolese hingga tingkat pascasarjana. Anak-anak yang belajar di RCM dapat mengakses fasilitas modern dan bekerja sama dengan pengajar berpengalaman serta musisi profesional. 

Program pre-kolese seperti Junior Department menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk mengasah bakat mereka dalam lingkungan yang mendukung. Apabila anak Anda memiliki banyak bakat, RCM bisa memfasilitasi untuk pertukaran pelajar. Salah satu musisi di Indonesia yang lulusan RCM adalah Isyana Sarasvati.

Sekolah Musik Terbaik di Dunia


  • Conservatoire de Paris

Konservatori Paris, atau Conservatoire de Paris, adalah institusi musik terkemuka di Prancis yang telah menghasilkan banyak musisi terkenal di dunia. Sekolah ini menawarkan program pendidikan yang luas mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan. 

Program untuk anak-anak seperti Département Supérieur pour Jeunes Musiciens (DSJM) memberikan pendidikan musik yang intensif untuk anak yang menunjukkan potensi besar dalam dunia musik. 

Apabila anak Anda ingin belajar di sini, bersiaplah untuk bersaing. Sebab, penerimaannya hanya 3 persen dari total murid, atau sekitar 30 murid setiap tahun.

  • Berklee College of Music

Terletak di Boston, Massachusetts, Berklee College of Music adalah salah satu sekolah musik yang fokus pada musik tertentu. Meskipun Berklee lebih dikenal untuk program tingkat perguruan tinggi, namun mereka juga menyediakan program musik untuk anak-anak dan remaja. 

Berklee City Music Network adalah program yang dirancang khusus untuk memberikan akses pendidikan musik kepada anak-anak dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi. Namun, lulusan mereka memang lebih fokus pada bidang seperti orkestra.

Selain itu, sekolah musik yang satu ini juga berfokus untuk menghasilkan artis di puncak tangga lagu. Alumni pun juga banyak yang berhasil dan akhirnya membuat berbagai karya klasik.

  • Hochschule für Musik und Theater Hamburg

Terletak di Hamburg, Jerman, Hochschule für Musik und Theater Hamburg (HfMT) adalah salah satu institusi musik populer di Eropa. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1950. 

HfMT menawarkan program pendidikan musik yang komprehensif untuk anak-anak dan remaja. Program seperti Musikalische Grundausbildung (MGA) dirancang khusus untuk anak-anak usia dini, supaya membantu mereka mengembangkan keterampilan musik dasar secara menyenangkan dan interaktif.

Ada beberapa genre yang bisa anak Anda pelajari pada sekolah ini, jika sekolah. Mulai dari musik pop, jazz, gereja, instrumental, menjadi konduktor, hingga komposer; semua bisa Anda tempuh melalui sekolah musik dengan didukung keuntungan dari Obligasi Pemerintah.

Memilih sekolah musik yang tepat untuk anak-anak adalah langkah penting dalam mendukung perkembangan bakat dan keterampilan mereka. Sekolah seperti Juilliard School hingga Hochschule für Musik und Theater Hamburg menawarkan lingkungan yang ideal untuk perkembangan  bakat anak. 

Anak bisa mengasah bakat melalui program-program yang dirancang khusus untuk mereka. Selain itu, sekolah  juga akan mengantarkan anak Anda untuk bersaing secara sehat dengan musisi-musisi di dunia. 

Investasi Obligasi adalah jawaban untuk persiapan sekolah anak Anda. Dengan menjadikan perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra, Anda bisa berinvestasi Obligasi lebih mudah dan keuntungan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan musik anak.

Tidak perlu ragu untuk berinvestasi bersama DBS Treasures, karena Obligasi diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam undang-undang. Selain itu, Anda akan memeroleh pendapatan berupa kupon Obligasi Pemerintah yang dibayarkan secara berkala. Terdapat pula potensi capital gain dan Anda akan ditawarkan kupon yang bersifat kompetitif.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Kemudahan dalam genggaman! Cukup dengan mengakses Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Jadi, sekolah anak perlu Anda persiapkan dengan baik melalui Investasi Obligasi Pemerintah. Maka dari itu, segera jadikan DBS Treasures sebagai mitra untuk berinvestasi demi bekal masa depan anak Anda! Adapun untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, klik di sini!

7 komentar untuk "5 Sekolah Musik Terbaik di Dunia untuk Persiapan Pendidikan Anak"

  1. Julliard School di New York tuh memang mantap sih kalau bisa sekolah musik di sana. Sebagai orang tua memang harus berpikir jangka panjang untuk pendidikan anak yah. Salah satunya berinvestasi do DBS Treasures.

    BalasHapus
  2. Wah pilihannya gereget semua ini. Bisa amat mendukung bakat di anak di bidang musik lebih makin terasah lagi, karena belajarnya langsung di sekolah musik terbaik ya

    BalasHapus
  3. Juilliard School ini yang jadi tujuan sekolah Putri Ariani ya?
    Bahagia rasanya lihat masyarakat Indonesia mulai respek dengan bidang selain eksakta, karena dianggap lebih bergengsi
    Lulusan sekolah musik pun bisa sukses dan bermanfaat
    Terlebih lulusan sekolah musik terbaik di dunia

    BalasHapus
  4. Ke-5 sekolah musik terbaik ada di luar negeri ya. Buat yang suka musik dan ingin menekuni bidang ini, harus banget tahu soal informasi tentang ke-5 sekolah ini, euy.

    Makanya, kualitas musik Isyana Sarasvati udah nggak bisa diragukan lagi ya.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat waktu kerja di Taiwan, itu sejak tiga tahun anak majikan sudah ikut les musik sana sini mulai dari nari, nyanyi, biola sampai piano. Entah deh sekarang anak majikan mahir di seni yg mana...
    Di luar negeri seni itu penting sehingga diberikan kepada anak sejak dini ya

    BalasHapus
  6. JUILLIARD SCHOOL itu jadi idaman dan mimpi anak-anak yang kaya dengan skill musik. Bergengsi dan memang gak gampang untuk masuk ke sana. Kalau sampai keterima, bukan cuma urusan finansial yang mesti dipikirkan tapi juga si anak harus berjuang keras membuktikan diri sebagai seniman berbakat. Temenku ada tuh satu anaknya yang lulusn JUILLIARD. Sekarang kerja di US sebagai guru musik. Dibayar gede sampe gak mau pulang ke tanah air.

    BalasHapus
  7. Pengen bgt kalau punya anak masukkin ke sekolah musik ini Conservatoire de Paris soalnya sekolah musik terkenal juga di dunia lulusannya juga akan mendapatkan sorotan. Apalagi Paris salah satu negara impian aku untuk menetap hihi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^