Moms Wajib Tahu, Ini Fungsi Bawang Pada Masakan

Sejak menikah, memasak adalah sebuah kegiatan tanda cintaku kepada keluargaku. Awal menikah, belum terlalu bisa masak. Sekedar masak tumisan atau santan khas Bengkulu sih sudah bisa, tapi masakan lain seperti rending, opor, pindang dan lainnya aku belum jago. Namun, seiriing waktu, memasak ternyata tidak begitu sulit seperti yang aku bayangkan.

Fungsi Bawang Pada Masakan



Memasak tak lepas dengan bumbu sebagai pelengkap cita rasa, termasuk bawang, baik bawang merah, bawang putih atau bawang bombai. Apalagi masakan Sumatera, dengan bumbu kuning dan santan. Tanpa bawang, tidaklah lengkap. Jadi, fungsi bawang dalam masakan sangat penting.

Fungsi Bawang Pada Masakan


Ada 3 jenis bawang yang sering digunakan untuk masakan, seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombai. Berikut pembahasannya :

Bawang Merah

Fungsi utama bawang merah yakni sebagai penyedap masakan. Dalam penggunaannya, bawang merah dihaluskan dan ditumis bersama bumbu lainnya. Masakan Sumatera yang memakai bawang merah seperti rendang dan pindang. Masakan dari Jawa sering menggunakan bawang merah seperti masakam gudeg, lodeh, dan lainnya.

Bawang Putih


Salah satu bumbu masakan khas Indonesia, sering kita jumpai adalah bawang putih. Tanpa bawang putih, cita rasa masakan jadi berkurang.

Kehadiran bumbu bawang putih menambah gurih dan lezat pada masakan. Bawang putih dapat digunakan pada masakan apa saja? Banyak sekali, contohnya membuat mie bihun, opor ayam, sup, ayam panggang dan lainnya.

Bumbu bawang putih dapat digunakan hanya diiris atau digiling. Ini sesuai selera sih, tapi aku sendiri senang digiling, apalagi buat campuran menggoreng ikan, sehingga rasa ikan goreng makin gurih!

Fungsi Bawang Pada Masakan

Bawang Bombai


Bawang merah dan bawang bombai dari jenis yang sama, tapi ukurannya lebih besar. Sebagai rempah atau bumbu masakan, kehadiran bawang bombai ini membuat cita rasa masakan lebih lezat.


Penggunaan bawang bombai sudah lama digunakan masyarakat untuk bumbu masakan. Aku sendiri sering menggunakan bawang bombai pada beberapa makanan seperti Pizza, BBQ, dll.


Tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan, bawang bombai dapat mengatasi masalah kesehatan, seperti diabetes, batuk, flu dan malaria.


Cara Beli Bawang di Tokopedia

Di era digital ini, belanja secara online menjadi sebuah kebutuhan yang sangat membantu ibu rumah tangga. Berbelanja hanya dengan satu klik dalam ponsel saja. Tak perlu ngantri atau macet naik transportasi.


Di Tokopedia sendiri tersedia berbagai jenis bumbu masakan, tak terkecuali bawang. Ada bawang merah, bawang putih dan bawang bombai.

Fungsi Bawang Pada Masakan


Harga bawang sendiri terus berubah sesuai dengan harga pasar, namun harga di Tokopedia dapat dipantau dan disesuaikan dengan harga yang beredar di masyarakat.


Belanja di ecommerce tokopedia akan sangat membantu perekonomian petani. Anda dapat mencoba peruntungan menjual sendiri hasil panen langsung tanpa lewat perantara.

Aku sendiri memilih stok bawang untuk di rumah dengan belanja bulanan, soalnya di rumahku lebih sering masak menggunakan bawang merah dan bawang putih. Sedangkan bawang bombai untuk masakan tertentu saja.

Penyimpanan bawang juga harus diperhatikan, agar tidak cepat busuk, bawang dapay disimpan diwadah penyimpanan bawang sesuai dengan jenisnya. Bawang yang sudah dikupas dapat disimpan di kulkas, sedangkan bawang yang belum dikupas dapat disimpan di tempat terbuka. Selain itu, bawang sebaiknya dijauhkan dari buah.

Oiya, hati-hati ya bawang mudah sekali busuk jika terkena air, sehingga penyimpanan yang tepat akan membantu Anda untuk lebih hemat loh!

Nah, Moms itulah info mengenai bawang semoga bermanfaat! Selamat memasak makanan yang bergizi untuk keluarga.

20 komentar untuk "Moms Wajib Tahu, Ini Fungsi Bawang Pada Masakan"

  1. Selama ini cuma pandai konsumsinya doank. Saya benar-benar belajar banyak tentang berbagai jenis bawang dan peran pentingnya dalam masakan. Yah membuat saya lebih menghargai penggunaan bawang dalam setiap hidangan kwkwkw. Oh iya thanks juga tipsnya mba tentang cara menyimpan bawang yang juga sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas dan rasa.

    BalasHapus
  2. Emang deh tanpa bawang putih masakan hambar, ya, hehee
    Saya juga dulu belum nikah ngga pernah dan ga suka masak. Sekarang tuntutan harus masak deh tiap hari. Berbekal resep dari google jadi deh,,,
    palagi sekarang bumbu instan juga udah banyaak ya.
    Pokoknyaa... menyala bawangkuuu hehee

    BalasHapus
  3. Memang bener sih, masakan tanpa bawang merah maupun bawang putih memang akan berbeda sekali...bawang merah memang benar sebagai penyedap, agar nafsu makan juga jadi meningkat.

    BalasHapus
  4. Bawang bombai dong lagi mahaaal banget. Mosok sebutir 7-9K. Duh...Padahal aku seneng numis ditambahin bawang bombai. Jadi diirit-irit deh.
    Mau ah cek Tokopedia, semoga ada bawang yang aku cari...

    BalasHapus
  5. Bawang merah dan bawang putih jadi bumbu wajib kalau saya masak, Mbak. Sedang bawang bombai sesuai kebutuhan saja, karena harganya lebih mahal. Kalau bawang lagi murah, di rumah kadang bikin bawang goreng.

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang ya. Bahkan bawang pun bisa beli di e-commerce. Cuma memang kudu ati-ati sih ya.

    Soalnya, bawang kan nggak kayak baju atau kosmetik yang lebih lama daya tahannya.

    BalasHapus
  7. Di Tokopedia bisa beli bawang juga, ya. Coba cek ah apa ada yang di kotaku

    BalasHapus
  8. Di dapur rumahku, ketiga bawang ini wajib ada. Gak sreg rasanya menikmati masakan tanpa bawang. Suami bahkan sudah stok aneka bawang giling biar saat dibutuhkan bisa langsung digunakan. Gak repot motong-motong lagi. Kalau saya suka banget dengan bawang bombay goreng. Kalo bingung mo makan apa, pasti deh bikin telor ceplok ditambah dengan bawang bombay goreng. Atau bikin dadar yang isinya serba bawang.

    BalasHapus
  9. Wah apa jadinya masakan rumahan tanpa bawang putih, bawang merah dan bawang bombay, jadi wajib ada persediaan di rumah
    Kebiasaan yang diturunkan dari alm ibunda
    Dan ibunda selalu stock banyak sehingga gak ada ceritanya sedang masak eh tiba-tiba kehabisan bawang
    Sekarang dengan adanya Tokopedia, nyetok bawang semakin mudah

    BalasHapus
  10. Daku pernah kelupaan menyimpan bawang yang belum dikupas di dalam kulkas, eh kelupaan sampe muncul akarnya haha

    BalasHapus
  11. Bawang, terutama bawang merah dan putih tuh kayak nyawa banget dalam sebuah masakan. Makanya wajib banget tetap tersedia di dapur. Kalau bawang bombay sih saya sesekali aja pakainya. Eh itu bawang ada di tokped juga? ya ampun lengkap amat.

    BalasHapus
  12. Aku biasanya naro bawang yang utuh di suhu ruangan dapur aja. Iya, kalau udah dikupas kulitnya, disimpan di dalam kulkas. Oh, baru ngeh ternyata si bawang kudu dijauhkan dari buah-buahan hehehe. Mau coba ah belanja bawang merah di Tokopedia. Praktis banget dan kalau ada promo siapa sih ibuk2 yang ga mau? Hehehehe.....

    BalasHapus
  13. Eh aku juga pernah beli bawang di tokopedia. Pas lagi mahal eh liat di keranjang malah lebih murah, yaudah cuss beli sekilo hahaa

    BalasHapus
  14. Daya tarik baru dari Tokopedia nih..
    Penjualan secara online yang membantu perekonomian petani, sehingga ketika petani mendapatkan hasil panen langsung dapar dijual di ecommerce tanpa perantara. Cakeepp amaatt.

    BalasHapus
  15. Aku jadi teringat pernah nonton sebuah acara masak memasak, si cheff bilang klo kunci dari rasa itu sebenarnya bawang.
    Sekarang utk beli kebutuhan dapur atau bumbu2nya pun semakin fleksibel bisa lewat ecommerce

    BalasHapus
  16. Wah, baru tahu bisa beli bawang online di Tokopedia ya lengkap betul ternyata...andalanku kalau masak nih bamer baput hehe

    BalasHapus
  17. Kayaknya masak apapun duo bawang ga pernah ketinggalan ya. Bakal tambah mantul kalo di tambah bombay. Jadi trio sedap dah.

    BalasHapus
  18. Kalau masak menu tradisional Indonesia, bawang-bawangan ini kudu berani yaa..
    Rasa yang kuat sama bumbunya bikin menu masakan khas Indonesia menjadi semakin enaaakk~

    BalasHapus
  19. Dalam seminggu pemakaian normal bawang merah di rumah cukup 1/4 kilo. Tiap beli langsung kupasin terus disimpan di kulkas deh. Jadi praktis ☺

    BalasHapus
  20. bawang ini memang bumbu penting dan dasar banget buat masakan kita ya, mbak. aku bahkan selalu nyetok bumbu bawang dasar biar masak nggak ribet

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^