Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Rabu, 06 Juli 2016

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah setelah berpuasa selama sebulan di bulan ramadhan, akhirnya kita bertemu di Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Ada rasa sedih berpisah dengan Bulan Ramadhan yang penuh ampunan dan limpahan pahala dan ada kegembiraan karena berhasil puasa penuh di Bulan Ramadhan ini. Sungguh rasa yang bercampur menjadi satu, sehingga ketika takbir bergema, aku menangis. Ya Robb, begitu cepatnya waktu berlalu sehingga Ramadhan pun berganti dengan Syawal.

Hari yang fitri ini aku terbangun oleh suami. Ya, aku tertidur sudah larut malam karena berberes rumah dan mengejar deadline lomba hihihi... awalnya sudah enggak diizinkan suami ngetik, "Besok lebaran loh, jangan kecapekan!" pesan suami. Tapi, aku ngetik juga saat suami sibuk keluar karena tetangga samping rumahku kena musibah, ibunya meninggal dunia. Innalillahi wa innailahi rojiun. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, Taqabbalallahu Minna wa Minkum.

Baca jugaMembangun Komunikasi Keluarga Harmonis
Suami pun sejak malam membantu tetangga kami mempersiapkan pemakaman ibunya, sedangkan aku mengurus rumah. Usai mengetik tulisan, aku pun menyetrika pakaian yang akan digunakan saat Sholat Id. Hari ini kami memilih berpakaian putih. Ini pertama kali kami sholat pakai baju putih hihihi.... kebetulan dapat hadiah baju dari kakakku yang pulang umroh dan alhamdulillah anak-anak suka, asyik deh pakai baju baru putih-putih.

Saat berangkat menuju sholat Id, kami sekeluarga jalan kaki karena memang Masjid Al Huda di dekat rumah hanya beda satu gang. Kami berjalan beriringan. Aisyah kugendong dan suami memimpin perjalanan.Kulihat Fatih sangat bersemangat hingga berseru, "Cepatlah, Mi!"

Menuju masjid untuk sholat Idul Fitri

Baca Juga : Resep Ketupat Lebaran

Sampai di masjid Al Huda, sudah ramai jama'ah. Bahkan sholat sudah mau dimulai. Ya, sholat di sini dimulai Pukul 07.00 WIB. Berbeda saat sholat di Padang yang dimulai Pukul 07.15 WIB dan saat di Lampung Timur sholat Id dimulai pukul 07.30 WIB. Alhamdulillah kami dapat datang on time. Aku memilih shaf di belakang, maklum punya anak balita hehehe....

Mendengarkan khotbah sholat Id
Kusiapkan Aisyah duduk di sampingku. Sengaja sudah kubelikan susu kotak UHT dan beberapa cemilan kue. Aisyah sudah sejak semalam kusampaikan kalau besok akan sholat Id dan meminta Aisyah tidak rewel, duduk dekat Ummi saja. Menjelang sholat Id, semua berdiri dan shaf merapat. Ada barisan yang kosong, aku segera maju, Aisyah duduk di belakangku. 

Saat takbir dimulai, aku hanya bisa pasrah dan berdoa, "Ya Robb, aku titipkan anakku pada-Mu," soalnya di Masjid Al Huda ada tangga yang tinggi hingga ke lantai dua. Aisyah saat acara berbuka puasa bersama selalu senang naik turun tangga hingga membuatku senewen, huhu.... aku jadi deg-deng-an deh. Tapi aku berusaha fokus fokus fokus sholat semata. 

Beruntung sholat Id tidak lama-lama, imamnya membaca surat yang cukup pendek, jadi usai sholat aku segera mengecek Aisyah. Alhamdulillah Aisyah ternyata sedang berdiri di luar masjid di sampingnya ada kucing hihihi.... sambil melihatku dan menutup mulutnya dengan kedua tangannya. Itu artinya Aisyah mau bilang, "Bau, Mi!" karena Aisyah sudah pup.

Aisyah Fahira
Aisyah duduk minum susu 

Langsung aku bawa ke kamar mandi dan membersihkannya. Usai ganti diaper, aku duduk kembali dan mendengarkan khotbah. 

"Kata Ustad dikhotbah sholat Id tadi, Idul Fitri adalah pesta makan pagi. Jika selama ramadhan diharamkan makan pagi, maka setelah Idul Fitri sebaliknya, haram tidak makan pagi. Maka, orang rela mudik untuk makan bersama orang yang dicintai. Luar biasa nikmatnya makan bersama orang yang dicintai.  Sebelum makan, jangan ada saling marah lagi. Di bulan ramadhan kita hendaknya sudah maafkan semua. Apa pun pandangan orang. Kita bisa memaafkan."

Yuk, makan! Yuk, saling memaafkan!


Wah, alhamdulillah ya sebelum sholat Id kami sudah sarapan dengan menyantap makanan yang telah kubuat sejak semalam. Ada rendang, opor, sayur kentang, buncis, ketupat dan sambal cengeh. Teman-teman apa menu lebaranya kali ini? Selamat maan bersama dengan keluarganya ya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H dari kami sekeluarga, mohon maaf lahir dan batin ya!


5 komentar:

  1. rendanggg yummy kemaren rendangnya habis duluan hahahah
    Raffi pas solat idul fitri riweh mainan pembatas jalan :v
    lupa bawa minum makan secara aku mikirnya deket --"

    selamat hari raya Idul Fitri ya ^^

    BalasHapus
  2. kalau lagi sholat bawa anak,ibu hanya bisa berdoa ya mba naqy, aku juga sama , pasrah sama Allah SWT.

    BalasHapus
  3. selamat idul fitri Mba Naqi, mohon maaf bila selama ini ada salah-salah kata :)

    BalasHapus
  4. Maaf lahir batin mba Naqiii :)

    BalasHapus
  5. wahh aisyah pinter nggak nangis,
    anakku kemarin rewel mbak karena masih ngantuk hihii

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...