Minggu, 03 Juli 2016

Sri Rahayu : Cinta Dunia Kuliner dan Menulis Sejak SD hingga Menerbitkan 21 Buku

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar? Sudah siap mau mudik ya? Atau sudah di kampung halaman? Sembari mempersiapkan hari Idul Fitri yang dinanti, aku mau mengenalkan kembaranku, eits... kembaran nama maksudku, hihi... namanya Mbk Sri Rahayu atau Mbk Yayuk. Jiaaah, namanya sama persis hihihi... ( Baca Juga : Kenapa Naqiyyah Syam? ).

Mbk Sri begitu aku memanggilnya di group arisan kami, lahir di Jakarta,15 September 1976. Beliau lulusan Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya tahun 2002. Saat ini, ibu dengan dua putra bernama M. Farhan Raditya Putra dan Favian Attar Firdaus tinggal di Bali.

Sri Rahayu : Cinta Dunia Kuliner dan Menulis Sejak SD hingga Menerbitkan 21 Buku

Mbk Sri sangat menyukai dunia kuliner. Sudah tahukah beberapa hari lalu ramai di timeline facebook yang share petisi menolak tayangan di Kick Andy tentang Cafe Jamban? Yup, Mbk Sri penggagasnya. Pecinta kuliner ini sudah dilakoninya sejak dibangku kuliah dengan menjadi pedagang nasi  goreng dan cattering mahasiswa. Wow, seorang pemuda tangguh ya? Salut deh.

Selain kuliner, Mbk Sri menyukai dunia tulis menulis. Terbukti, bukunya sudah banyak terbit. Buku pertama yang ditulis adalah Resep Jus Penangkal Batuk dan Flu. Masuk dalam kategori buku kesehatan. Menurut Mbk Sri, proses kreatif buku ini sangat menguras air mata, sebab berbarengan dengan kondisi anak opname dan belum paham dunia fotografi makanan, huaaah kebayang deh usahanya ya?

Mbk Sri menulis sejak di bangku SD (nulis diary dan surat buat sahabat pena). Mulai ikut lomba menulis SMP. Ia menulis puisi dan pantun, naskah pidato, lalu karya ilmiah. Untuk menulis tema kuliner, Mbk Sri tidak punya kiat khusus, “Cukup pakai hati aja, katanya. Wah, emang ya kalau nulis udah sesuai passion itu bakal ngena deh ke hati.


“Bila seorang pemula yang paling penting adalah menulis apa yang dia kuasai. Sebab kalau tidak akan terlalu banyak bahan terbuang untuk mendapatkan resep yang pas. Begitupun soal tema, pilih yang memang dia kuasai dan lagi trend. Contoh nih kalau ramadhan kita mau ajukan outline sebaiknya bertema menu dan hidangan Idul Adha. Kalau menu buka puasa atau hari raya sudah telat. Usahakan tema itu berlaku 3 bulan ke depan.” Ujar Mbk Sri saat kutanya mengenai kiat tembus penerbit.
Beberapa karya Sri Rahayu Penulis Kuliner dan Blogger dari Bali
Berikut 21 karya Mvk Sri Rahayu :

1. Jus Sakti Tangkal Batuk dan Flu
2. Resep Sambal Paling Laris (duet )
3. Lauk Kering Paling Istimewa
4. Aneka Resep Sup Favorit Keluarga
5. Nasi Goreng Paling Indonesia
6. Kreasi Sosis
7. Cara Mudah Bikin Sushi ala Jepang
8. Budidaya Buah Naga
9. Budidaya Kelengkeng
9. Budidaya Mangga di Lahan Sempit
10. Budidaya Lele di Pekarangan
11. Jurus Sakti Pembesaran Lele Sangkuriang di Lahan Terpal
12. Buku Aneka Kreasi Puding Cantik
13. Buku 25 Resep Menu Penyetan
14. Aneka Resep Steak
15. Budidaya Kopi (duet)
16. Kumpulan Kisah Inspiratif "Saat Terakhir"
17. Brantas Kanker Dengan Herbal
18. Story Cake Jalan Taubat
19. Story Cake Keajaiban Rezeki
21. Aneka Kreasi Roti Bekal Anak

Mbk Sri juga suka dunia fotografer loh. Lihat saja di fanpage-nya. Banyak resep bertaburan. Kamu juga bisa lihat di blognya banyak resep kece badai. Mudah, praktis, dan halal dong. Nah, menurut Mbk Sri, fotografer sangat penting bahkan foto merupakan nafasnya buku kuliner. Jadi foto harus paling bagus.

“Kalau kita ngga bisa menghasilkan gambar bagus sebaiknya kita sewa food fotografer,” pesan Mbk Sri. “Tips memotret makanan terletak pada angle, pencahayaan, plating, dan properti pendukung.” Kata Mbk Sri. Wah, pantesan hasil fotonya bagus-bagus ya, dunia kuliner harus dijodohkan dengan fotografi, hihihi...
 
Bersama teman-teman Blogger bali

Salah satu fotografi karya Mbk Sri

Mbk Sri ini memiliki usaha kuliner yang diberi nama Dapur Sehat Bunda Sri. Produknya Lauk kering sehat dengan label MS. “Awalnya berangkat dari dorongan teman dan suami yang suka sekali masakan saya dan menyarankan untuk buka usaha. Prosesnya simple. Karena saya kerjakan setahap demi setahap,” cerita Mbk Sri.

Dalam dunia kuliner, Mbk Sri Rahayu punya prestasi juga loh pernah menang lomba masak nasi goreng pas zaman kuliah, walau sekarang sudah jarang ikut lomba. Tapi, Mbk Sri pernah menjadi juri lomba masak di TK Aisiyah 5 Denpasar
 
Di acara Blogger Bali
Bagi Mbk Sri, menjaga kesehatan menjaga kesehatan keluarga lewat makanan sangat diperlukan. Caranya adalah selalu menyajikan yang fresh, lebih banyak asupan sayur dan buah. Masakan kesukaan suaminya adalah aneka steak. Sedangkan anak anak suka nugget dan bakso. Mbk Sri sering menyajikan makanan itu dalam bentuh fresh.

Untuk kegiatan ngeblog, Mbk Sri mempunyai impan. “Keinginan terbesar di dunia blog adalah menjadikan blogku sebagai tempat nongkrong para pemerhati kuliner (belum terwujud karena belum konsisten nulis blog).” Pungkas Mbk Sri.


Lauk Kering Buatan Mbk Sri Rahayu


Wah, kita doakan yuk impian Mbk Sri ini tercapai. Nah, teman-teman yang ingin berkenalan lebih jauh, silakan add media sosialnya ya!

 Facebook : Sri Rahayu
Twitter : rahayu_ sp
Instagram : sri.rahayu. sp
Blog : http://www.istanabundavian.com/
Fanpage : Dapur Sehat Bunda Sri

2 komentar:

  1. kecintaannya pada kuliner membuahkan hasil ya mbak. Mbak apa kabar? maaf selama ramadahn aku baru bisa mampir ke blognya

    BalasHapus
  2. Mwnulis emang sebaiknya pakai hatiii. Passs.

    Aku jadi laper liat foto makanannya Mba.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...