Selasa, 22 November 2016

Memperoleh Uang Tambahan Dari Blog


Memperoleh Uang Tambahan Dari Blog

Memperoleh Uang Tambahan Dari Blog. Saat masih lajang, tak pernah terpikirkan olehku untuk menjadi ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja. Ya, terbayang aku menjadi orang kantoran, pakai seragam dan berkarir. Lalu, aku menikah dan menetap di Lampung Timur. Perjalanan hidup pun dimulai. Saat bisnis tambak ikan suami bangkrut dan kami harus bertahan hidup dari berjualan pulsa, menyewa buku, hingga akhirnya aku menjadi guru sebuah SD Swasta.



Rencana Allah membawa aku menjadi guru selama 6 tahun di SDIT. Selama itu, aku mengabdikan diri menjadi guru yang SMART. Walau mengajar dan memiliki aktivitas yang tinggi, aku masih sering ikutan lomba menulis dan ikut audisi buku antologi. Bahkan karena terlalu sering aku mengikuti audisi buku antologi, seorang teman menjulukiku sebagai Ratu Antologi. Ya, walau buku antologiku baru 38 buku, namun karena waktu tahun 2010 itu seringnya aku ikutan lomba dan audisi, sehingga teman bercanda “Wah, elo lagi, elo lagi!” hahah....

Senangnya mencoba hal baru dan berburu lomba membawa aku mengenal blog. Saat beberapa teman memiliki blog yang kece, aku langsung bertanya, “Ajari dong buat blog!” sayangnya, tak satu pun teman yang bersedia mau aku ganggu buat ngajarin blog, hiks... hingga aku dipertemukan seorang teman yang baik hati menghadiahkan blog untukku. Nama blogku kala itu diambilnya dari sebuah cerpenku. Olala, senangnya hatiku tak kala blog yang seumur jagung itu langsung menang juara 1 Kisah Sejati yang diadakan Anazkia bekerjasama dengan Denaihati. Semangatku mengikuti lomba di blog semakin menjadi-jadi.

Usai wawancara ANTV Lampung 

Bersama teman-teman Tapis Blogger

Bertahun kemudian, blognya berisikan info lomba dan audisi menulis. Aku bahkan tidak paham kalau sebenarnya tidak diperbolehkan mengcopas tulisan dari blog lain. Jadi, maaf ya kalau di blogku ini awal-awal menulis masih banyak copasnya heheh...

Lalu, tahun 2013 aku memutuskan resign mengajar, aku mau fokus mengurus anak-anak dan kegiatan kepenulisanku. Di sinilah titik balikku menjadi seorang blogger. Aku membeli domain dan blogku menjadi http://www.naqiyyahsyam.com

Alhamdulillah setelah blogku berdomain, sekitar 3 bulan DA di blogku menjadi 20 dan tawaran kerjasama semakin mengalir. Aku jadi lega karena dapat uang tambahan dari blog tanpa harus banyak keluar rumah. Mendapat penghasilan dari blog itu sangat menyenangkan. Berbeda rasanya saat menulis buku atau mengirim tulisan ke media cetak. Contohnya, saat mendapat job review menulis 350 kata mendapat imbalan Rp. 300 ribu. Sedangkan dalam menulis cerpen di koran lokal hanya mendapat imbalan Rp. 250 ribu. Enaknya lagi, menulis di blog itu bayarannya lebih cepat. Ada yang hitungan hari. Tak pernah lebih dari 1 bulan! Serunya lagi, menulis di blog itu idenya tak perlu sulit, pengalaman mengurus anak dan keluarga disisipi dengan sponsor jadi deh. Kalau nulis dongeng? Wiih, lama nyari idenya!

Setelah blog utamaku ini mulai berkembang, mulai ada keinginan untuk “beternak blog” istilah membuat blog yang lain. Alasannya agar niche tidak campur aduk dan bisa mengaet penghasilan dari pintu blog lainnya. Kemudian, aku pun mencari informasi mengenai membuat cara membuat website, termasuk informasi domain yang murah dan mudah. Maklum, saat blog pertama aku masih cupu, aku meminta tolong teman. Nah, untuk tambahan blog ini aku pengen merasakan sendiri. Pilihanku jatuh pada domanesia.com. apalagi saat itu ada diskon hanya Rp 35 ribu/domain net. Wah, langsung aku sambar deh! 

Ternak Blog, Siapa Takut!

Saat membeli domain di https://www.domainesia.com awalnya aku bingung banget. Wah, gimana ini caranya? Walau sudah ada tahapan caranya, aku ternyata lola banget soal kode-kode! Aku pun bertanya kepada seorang teman di group WA Tapis Blogger. “Wah, kalau saya ngurus ganti domain, cukup 10 menit, Mbk!” ujar seorang teman. Aku pun tertantang! Wih, kok bisa 10 menit saja? Kenapa aku susah banget? Kok enggak jadi-jadi? Akhirnya, aku menyiapkan waktuku untuk memahami perintah yang ada di website domanesia.

Yuk Buat Website di Domanesia


“Wah, gimana kok enggak keluar kodenya? Kok belum jadi? Maksudnya gimana?” tanyaku lagi kepada seorang teman.
“Coba hubungi email Cs-nya, Mbk?” jawab temanku.

Aku pun mengirimkan email dari keluhanku. Untunglah tanggapannya ramah dan segera menjawab. Berkat bimbingan itu akhirnya aku berhasil mengubah domain sendiri untuk 2 blog baru! Yes! Yes aku berhasil membuat website sendiri !
Pilihan membeli domain murah, hosting murah, di DomaiNesia aja :)



Akan dibantu jika mengalami kesulitan

Hah? 2 blog? Banyak banget! Berikut alasanku :

Pertama : Blog www.jalanjalanaisyah.net

Blog ini aku buat untuk fokus dalam menulis cerita jalan-jalanku. Memang sih di blog utama sudah ada, tapi ini agar terdokumentasi lebih rapi. Apalagi, Aisyah anak perempuanku, aku ingin sejak sekarang berivestasi untuk mendapat penghasilan dari ngeblog. Nah, lumayankan kalau sudah investasi sejak dini? Hehe...



Kedua : Blog www.dapurbiru.net

Aku suka memasak, tapi belum jago memotret makanan. Tak apalah ya, nanti sambilbelajar saja. Blog ini aku rencanakan untuk menyimpan resep dan seputar dapur. Kupilih nama dapur biru sesuai dengan warna dapurku di rumah, apalagi aku memang penggemar warna biru, hehe... selain itu, aku punya kakak di Bengkulu yang jago masak. Semoga kelak aku bisa berkolaborasi untuk menyemarakkan blog ini. Seru ya kalau dari uang tambahan dari blog bisa naik haji, aamiin.



Nah, sahabat Smart Mom, itulah ceritaku mengenai memperoleh uang tambahan dari blog. Tak perlu gentar dengan persaingan antar blogger saat ini. Tak usah takut dengan informasi perbanyak follower, DA, PA, ALEXA dan lainnya. Perlahan saja sambil jalan. Menurutku yang lebih penting adalah perbanyak artikel yang sering dicari orang. Sebarkan tulisan yang mencerahkan agar tulisanmu bukan menjadi bumerang. Yuk, mencari uang tambahan dari blog! #ciptakanwebsitemu sekarang!

46 komentar:

  1. Setuju banget Mak Naqi, yang penting ngeblog, jangan terlalu musingin teknis DA, PA, Alexa. Insyaallah bakalan ngikutin ko kalo dah konsisten apdet.
    Buatku memperoleh uang dari blog seperti sekarang, menikmati kerja sampai saat ini justru berkah dari Ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbk, emang harus konsisten ngeblog dulu baru merasakan nikmatnya :) heheh eh berkahnya

      Hapus
  2. Mbak Naqiy iiiih.... bikin tambah ngiler bikin blog lagi. Mau juga blog tentang kuliner (baik wiskul dan masak2 sendiri), tapi kata suami belajar foto dulu. Meluluhkan hati suami buat bikin blog lagi. Hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, kalau suami udah acc asyik banget tuh, cuuus bikin lagi, ayo semangat !

      Hapus
  3. 3 bulan sdh 20...haaaa

    Ajarin dong mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajarin? Wah, aku juga lagi belajar menerapkan semua ilmu dari para blogger lain hehe, yuk semangat!

      Hapus
  4. Untuk monetize blog sebaiknya memang memiliki blog dengan TLD agar lebih tampak profesional
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pakde, mau belajar dari Pakde :)

      Hapus
  5. Waah ... keren nih Mbak Naqiyah, dalam rentang waktu 3 bulan sudah bisa menghasilkan dari blog. Lha aku? Hiks, masih jauh.

    Tapi aku ingin semangat ngeblog ah, semangat nulis saja dulu. Semoga kelak aku juga bisa seperti Mbak Naqiyyah. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat, nikmati prosesnya ya :)

      Hapus
  6. keren mbak...pengen deh konsisten isi konten blog, kayaknya perlu banyak belajar lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo silakan, mari kita rajin ngeblog hehe

      Hapus
  7. Aku juga mulai ternakin blog mba, hehe.. kerasa banget ya perjuangannya, apalagi klo 22nya mau diprofesionalin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perjuangan ini juga lagi belajar ngatur waktunya hehe

      Hapus
  8. Wahh keren Mbak Naqi... Sipp betul sekali menulislah sebanyak2nya lupa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya menulis yuk, pelan-pelan bisa jadi banyak hehe

      Hapus
  9. Itulah mengapa saya betah banget ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh tos ya, suka deh ngeblog :) curhat tapi menghasilkan uang tambahan :)

      Hapus
  10. Paling bikin mupeng kalau diundang buat jalan2 gratis. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betul dan aku mesti bersabar nungguin anak-anak agak gede hehe

      Hapus
  11. Sampingan yang cocok buat ibu2 kaya aku. :D

    BalasHapus
  12. Wah 38 buku masih sedikit mba? Masya Allah.. Semoga terus menginspirasi ya mba.

    Btw, asik juga nih ternak blog, cuma aku belum bisa menghandle waktu ngeblog. Mungkin bisa kali ya direncanakan buat awal tahun depan. Makasih sharingnya mba naqi :)

    BalasHapus
  13. wah pelayanannya benar-benar memuaskan ya, mbak. kalau saya tertariknya sama fitur instant deploy-nya

    BalasHapus
  14. Keren banget emang mba Naqi ini :) semoga Alloh selalu memudahkan y mba..
    BTw gudluck lombanya mba

    BalasHapus
  15. Ternak Blog???...hehehe... 2 aja udah pusing kepala... Salut Sama Mbak Naqi..

    BalasHapus
  16. Keren banget ternak blog. Aku ngurus 1 aja masih kerasa berat. Artinya aku harus semangat rajin nulis lagi nih. Biar bisa dapet bayaran 300rb buat nulis 350 kata kaya Mbak Naqi.

    BalasHapus
  17. Mbaaak, keren amat sih udah 38 buku antologi. Salut deh!

    BalasHapus
  18. Uhuuuuy, Aisyah sudah punya blog sendiri. Kereeeen!

    BalasHapus
  19. Mbak Naqi, blog dengan nama domain jalanjalan.aisyah.net itu gmn? Itu subdomainnya aisyah.net kah?

    BalasHapus
  20. Aih keren bisa ternak blog. Semoga semakin produktif nulis ya.

    Sukses lombanya mbak!

    BalasHapus
  21. waah baru tahu blog mbak naqi yang lain. mau mampir ah...
    moga sukses untuk lombanya

    BalasHapus
  22. langsung berangkaaat.. ternak blog, boleh juga !

    salam kenal mba

    BalasHapus
  23. mba..kereen ihh...blognya banyaaak dan bisa keurus semua. Aku blog satu sering terbengkalai, kereen dan menginspirasi

    BalasHapus
  24. Baru tau Mbak Naqy ternak blog juga :))

    BalasHapus
  25. mba udah lama banget ya nulisnya kalau saya dr tahun 2013 bersyukur juga meski alexa gendut dan DA masih kosong karena baru bbrpa bulan pake TDL tetep aja dapet tawaran krjsama dr bbrpa pihak.

    BalasHapus
  26. Apa diskonnyaa masih ya mbak.Naqi, kebetulan ada blog masakan.Siapa tau bisa aku bikinin domain.oalala senangnya emak2berburu domain murmer.hahaha

    BalasHapus
  27. Keren mbak, jadi ingin lebih banyak belajar lagi

    BalasHapus
  28. Asyik ya mbak dapat penghasilan dari blog

    BalasHapus
  29. Asyik ya mbak dapat penghasilan dari blog

    BalasHapus
  30. keren mba, jadi pengen dan banyak belajar lagi

    BalasHapus
  31. Saya terinspirasi, terima kasih ya mbak sudah berbagi kisah heheh..
    Sedang mencoba nulis dan nulis yang bermanfaat.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^