Sabtu, 13 Mei 2017

Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri. Sejak kecil, anak-anakku sering ikut kami dalam berkegiatan. Apalagi saat itu aku masih mengajar. Faris si sulung lebih sering ikut aktivitas di sekolah dan acara sekolah, seperti kemah, lomba-lomba, ekskul dan lainnya.

Sejak aku resign dan memilih lebih banyak aktivitas di dalam rumah, aku tetap mengajak anak-anakku dalam aktivitasku, tapi Faris sekarang sudah kelas V. Sudah jarang ikut, lebih memilih di rumah saja. Bermain ikan, kemah-kemahan atau main lainnya bersama teman-teman.

Faris mudah akrab dengan teman-temannya, malah lebih sering usil dan ada aja bikin orang ketawa. Sempat kebat-kebit juga dengan gaya Faris di sekolah. Alhamdulillah Faris punya wali kelas yang baik hati. Waktu pindahan dari Padang ke Lampung kembali, Faris sempat mengalami kesulitan mengerem gaya bicara hingga sempat enggak percaya diri karena teman-temannya menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, perlahan Faris mulai timpul percaya diri lagi, disetiap kegiatan sekolah Faris ikuti dengan gembira. 

Ramainya anak-anak dan wali murid di acara Puncak Tema kelas 3,4 dan 5 SDIT PB 1


Baru-baru ini kelas Faris mengadakan Puncak Tema. Kegiatan ini untuk mengajarkan anak-anak tampil percaya diri. Kelas 4,5 dan 6 berbarengan untuk unjuk kebolehan. Ada yang menari, menyanyi, drama, dan lomba membuat mainan dari barang bekas.

Faris sendiri mendapat peran bermain drama. “Mas Faris jadi apa?” tanyaku. “Jadi teman-teman, Mi.” Wah, aku penasaran nih, apalagi Faris rajin sekali latihan. Sampai beberapa hari pulang sekolah telat karena harus latihan. Memang sih komunikasi terus berjalan, lewat group WA Komite kelas, kami terus berkomunikasi antar wali murid.

Menjelang hari H, Faris sempat mengeluh pusing, “Capek, Mi. Latihan terus!” aku memberikan semangat kalau mau tampil memang harus latihan dengan giat, kasihan Bu guru sudah menyiapkan semuanya, Mas Faris sehat ya, nak! Kubujuk dengan makanan kesukaannya dan rajin minum madu.

Alhamdulillah pas hari H Faris sehat dan penuh semangat. Memang sebelum tampil di Puncak Tema, seharinya Faris harus mengikuti Wisuda Tahfidz Juz 30. Padat luar biasa kegiatannya.

Aisyah di pameran tugas anak kelas 6

Puncak Tema dan Salah Kostum

“Mas Faris pakai baju apa?”
“Baju main, Mi!”     
“Kok, baju biasa?”
“Mas Faris nanti jadi anak main-main, Mi!”

Jadilah pagi itu Faris berangkat dulu diantar Abinya ke sekolah dengan baju biasa dia main, sebuah kaos warna kuning dan celana karate warna hitam. Aku dan suami berangkat agak telat karena aku mengalami diare dan baru bisa berangkat jam 9. Sampai di sekolahan Faris, acara sudah dimulai dan ramai sekali. Aisyah malah memilih melihat hasil kreasi anak kelas 6.

“Foto dulu, nanti kelas 6 kita buat kayak gini juga,” ujar seorang wali murid yang asyik mengabadikan kreasi murid kelas 6.

Di tenda yang ramai murid dan wali murid itu aku mencari Faris dan menanyakan kesiapan tampil. Walau masih lemas karena diare, aku kuatin deh demi lihat anak tampil hehe...



Kulihat Faris sudah nyaman, aku akhirnya ke arah kantin tempat beberapa orang jualan makanan. Kupilih jus mangga agar makin kuat. Tiba-tiba Faris mendekat.
“Ummi, Mas Faris mau ganti baju! Mamas dibilang pengemis sama teman-teman,”
“Ya katanya pakai baju main, nantikan ganti kostum baju gamis,” jawabku.
“Tapi Mamas gak mau baju ini, mau ganti!”
“Jam berapa Mamas tampil?”
“Masih 3 penampilan lagi!”
“Oke, Ummi pulang dulu!”

Yaelah, hebohnya pagi itu, kami akhirnya pulang dulu mengambil baju Faris. Sampai di rumah, nyetrika dulu baju Faris, haha... sehari aja Ummi sakit, pakaian udah numpuk belum dicuci plus setrika, akhirnya Abi berinisiatif jemput Faris ganti baju di rumah saja, untunglah rumah dekat ya hehe...

Tampilan Tari Indang (Dindin Badindin) 


Faris Main Drama dan Nyanyi

Tak lama, kelas V Ibnu Majah tampil, Faris awalnya bermain drama, dramanya mengenalkan ke anak-anak untuk tidak terlena dengan gadget. Permainan tradisional juga sudah banyak. Faris menjadi anak-anak biasa dengan 2 teman lainnya. Ia mengenalkan permainan yang menyenangkan selain gadget. 

Faris bermain drama

Kulihat Faris mulai tenang dan percaya diri tampil di panggung. Tangannya bergerak dan kakinya ikut bergerak sesuai perannya. Beruntung gurunya kreatif ya, sudah ada pengisi suara, jadi tidak tak perlu sibuk pegang mic, hehe...

"Ada juga loh permainan lompat karet, permainan ini dimainkan oleh orang tuaku masa kecil, loh!"

"Ini permainan belajar berani dan pasti bersosialisasi yang baik,"

"Ada juga permainan lainnya, seperti sepak bola, kasti,futsal, asyik-asyik deh!"


Kreatif ya bu guru dan anak-anak ini?

Faris dan teman-temannya bernyanyi
  
Selanjutnya, Faris dan teman-temannya ganti konstum dan bernyanyi yang bikin haru nih, hiks...

Lirik lagu: Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) 

Tuhan tolonglah sampaikan
Sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji
Tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya
Ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu

"Ummi, Mas Faris nangis," ujar Faris usai pentas. Ah, senangnya Faris ditonton Abi dan Ummi saat pentas. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan pulang acara Faris pulang membawa hadiah dari bu guru karena telah membuat kegiatan dari barang bekas.

Hore dapat hadiah :)

Dari pengalaman di atas, berikut Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri :

1. Jaga Kesehatan Anak Sebelum Tampil
Berlatih sebelum tampil tentu berulang-ulang dan bisa membuat anak bosan dan kecapekan. Beri anak suplemen dan motivasi agar anak tetap sehat.

2. Siapkan Kostum
Agar tidak salah kostum, tanya sejelas-jelasnya kepada anak dan wali kelasnya. Kadang informasi di kertas atau surat pemberitahuan belum dapat diterjemahkan secara tepat.

3. Datang Tepat Waktu
Hindari datang telat disetiap acara penampilan anak, sapa tahu diperlukan kostum tambahan atau keperluan lainnya.

4. Temani Anak
Dampingi  anak dalam pentas, apalagi acara ini tidak datang setiap bulan. Anak sudah berlatih dengan giat dan ingin menunjukkan kemampuannya.

5. Doa
Iringi dengan doa agar anak sukses dan lancar menjalin perannya saat tampil. Baik bernyanyi, menari, drama atau pengisi suara. Ajak anak berdzikir untuk menghilangkan rasa cemas. Bismillah, anak akan percaya diri.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah pengalamanku mendampingi anak agar percaya diri. Semoga Tips Agar Anak Tampil Percaya Diri di atas bermanfaat. Ada yang punya pengalaman anaknya pentas? Share dong!

12 komentar:

  1. Keren umi, faris nya juga hebat ya.. Jadi ikut bangga bacanya. Gimana itu tips nya agar anak bisa hafal 30 juz? Pengajaran Sekolahnya yg bagus apa Sudah dibiasakan dari balita?
    Anak ku baru 4 tahun iqro satu

    BalasHapus
  2. wah faris keren yah udh berani tampil mbk. btw, makasih tipsnya mbk, suatu hari nnti pasti brguna. shat trus buat mbk dan kluarga yaa

    BalasHapus
  3. Mas Faris hebat deh. Semangatnya luar biasa. Tips dari Umi bermanfaat sekali. Anakku umur 5 tahun baru iqro 1. Semoga bisa ketularan semangatnya mas Farids dan hafal 30 juz. Aamiin

    BalasHapus
  4. makasih bun, tetap semangat terus, untuk mendidik anak supaya menjadi anak yang cerdas dan kreatif

    BalasHapus
  5. Wuaaaaah, kerennya sekolahannya.. Puncak Temanya dibuat semacam pentas seni gitu ya mak.. Bangga sekaligus haru pasti ya mak, liat anak berani tambil di pentas gini.. Ehehee. Makasi tipsnya juga ya mak Naqi <3

    BalasHapus
  6. Nomer 5 itu selalu ya sebagai Ibu

    BalasHapus
  7. Wah keren abang Faris semoga Neyna juga bisa kek abang yah. btw tipsnya makasi mba emang sbg ortu kita juga perlu mempersiapkannya selain juga dari anak sendiri

    BalasHapus
  8. wah mas faris hebat deh.. ummi abi dan sekolahannya juga keren
    mbak naqiy juga pasti terharu lihat faris percaya diri ya
    saya aja lihat ubay udah ga takut lagi sama orang senangnya bukan main, :)

    BalasHapus
  9. Wah mas Faris pentas ya, kereen. Btw, emang prepare itu penting ya mba sebelum anak tampil, untung aja rumahnya deket, jd bisa tancap gas pas ada yg terlewat, hihi

    BalasHapus
  10. Keren Mamas Faris, karena ibunya percaya diri juga. Menular ke anak-anak ya.

    BalasHapus
  11. perlu diterapkaan ni ke anak saya

    BalasHapus
  12. Faris hebaaat!... memang perlu didukung dan didampingi yaaa mba

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^