Rabu, 11 Mei 2011

Sumbang Tulisan Remaja Tema FIKSI FANTASI untuk Galang Dana Rumah Dunia

Rumah Dunia lagi galang dana untuk beli tanah, salah satu caranya adalah nyodorin naskah ke penerbit. berhubung butuh banyak naskah, maka kami membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menyumbang tulisan, dengan catatan HONOR PENULIS DISUMBANGKAN KE RUMAH DUNIA.

untuk genre remaja, infonya sebagai berikut:

Ayo, silakan yang mau ikutan sumbang tulisan remaja, FIKSI FANTASI.

7-8 halaman spasi 1, Times New Roman, font 12, tidak menyinggung SARA,

sertakan biografi penulis, surat prnyataan asli karya sendiri dan bersedia disumbangkan ke Rumah Dunia,

kirim ke: .

di Subjek ditulis nama pengarang dan judul

Deadline: 20 Mei 2011.

Silakan, terbuka bagi siapa saja.

makasih, makasih....

kepada yang besok berkenan hadir di Rumah Dunia, hatur nuhun sebelumnya:)

Salam,

Serang, 7 Mei 2011

Menjelang Hari Kebangkitan Buku ke-4 esok pagi,

Tias Tatanka

"Rumah Dunia", Komplek Hegar Alam 40, Serang 42118.

Sumbang Tulisan Tema Anak-anak untuk Galang Dana Tanah Rumah Dunia

Dear friends,

entah bagaimana kami harus menggambarkan suasana hati beberapa bulan belakangan ini. Ini terkait dengan cita-cita membeli tanah bagi Rumah Dunia. Dan parahnya lagi, kami berkeras untuk tidak hanya menunggu donasi. Meskipun para donatur-lah yang mengiringi langkah kami berkegiatan, menjagai gawang Rumah Dunia dan terus menggemakan kegiatan literasi, dalam skala kecil pun.

Saya dan mas Gol A Gong sudah lekat dengan diskusi dan pikiran soal ini. Bahkan dalam diam pun kami sama-sama mengerti, hati kami sebenarnya risau, dengan otak memikirkan jalan apa yang dapat diupayakan untuk memperoleh uang pembelian tanah.

Seperti yang telah diketahui, dan kami sering tulis, bahkan mungkin ada yang sudah bosan membacanya (mohon maaf jika demikian), tanah incaran seluas 1873 meter persegi dengan harga Rp 200.000,-/m2 itu telah dibayarkan downpayment sebesar rp 74.600.000,-. Sisa Rp 300 juta dibayar dalam 2 tahap, masing-masing Rp 150.000.000,- di bulan Juli dan Desember tahun ini. Konsentrasi kami sekarang adalah menghadapi tahap pertama, Juli ini. Sudah ada kira-kira Rp 50juta, jadi kurang Rp 100juta.

Sungguh, saya masih yakin Allah akan menolong dengan cara-Nya yang rahasia, dengan tanda-tanda yang diberikan pada kami, dan seringkali kami yang bodoh belum mampu menerjemahkannya. Tapi, tidak ada kata berhenti berharap dan berusaha. Beragam upaya yang kami lakukan, bersama relawan dan donatur tentu saja, karena tanpa mereka Rumah Dunia tidak akan berjalan.

Donatur yang di mana pun berada, yang begitu panjang daftarnya jika dituliskan di sini, telah ikhlas menyisihkan zakat dan sodaqoh dari rezekinya. Relawan Rumah Dunia bergiat menggalang dana dengan mengumpulkan koin atau menjual kupon sumbangan tanah bervariasi nominal rupiahnya.Sementara beberapa bulan ini Mas Gong keliling memberi pelatihan menulis dengan menjual buku. Dari setiap buku yang terjual disisihkan Rp 10ribu untuk tanah Rumah Dunia.

Semua bersinergi, termasuk lingkaran luar Rumah Dunia sendiri. Mereka yang tergerak untuk membantu kami, mengupayakan berbagai cara semampu mereka. Salah satunya adalah menyumbang tulisan untuk Rumah Dunia.

Apakah mudah untuk mengupayakan cara ini? Jawaban saya tidak juga. Tapi seperti yang kami yakini, Allah berkehendak dengan misterius, karena kasih sayangnya, bukan hanya pada kami, tapi untuk kita semua. Saat saya punya ide, bahwa Rp 100juta yang harus kami siapkan untuk tahap Juli itu bila dibagi rata Rp 5juta sebagai harga satu naskah buku, harus ada 20 naskah buku yang deal dengan penerbit. Dan syaratnya adalah harus jual putus, minimal dengan harga Rp 5juta, dibayar Juli 2011. Sementara pengerjaan naskahnya bisa minta waktu dari penerbit. Istilahnya "ijon".

Semula, saya sendiri sangsi, ada nggak penerbit yang bersedia? Tapi saya mencoba mengirimkan penawaran kerjasama penerbitan naskah dengan cara seperti ini. Sementara ini saya masih menunggu langkah berikutnya.

Salah seorang penulis yang saya ajak diskusi soal ini, Triani Retno (Eno) ternyata punya naskah siap edit, hasil lomba di fesbuknya, yaitu antologi tulisan, tentang apakah itu, masih jadi rahasia ya:) Saya dengan sukarela dan ikhlas membacanya, karena separuh ngarep itu tadi:) Tapi saya memang jatuh cinta dengan naskahnya. Tulisan-tulisan di dalamnya bagus-bagus, dan Eno mengemasnya dengan baik. Tambah lagi, mereka tidak keberatan ikut proyek untuk RD. Langsung saya hubungi Aminah Mustari dari penerbit Al Kautsar, dan promosi naskah ini.

Alhamdulillah, Al Kautsar menyambut naskah tersebut, sudah dibaca, direvisi dan dikirim balik ke penerbit. Saya pun sudah dimintai data diri untuk penyusunan Surat Akad Jual Beli Naskah. Oh ya, dalam hal ini yang mewakili para penulis itu adalah saya, dari Rumah Dunia dan Gong Publishing sebagai literary agent.Doain semua lancar ya:) Bismillah...

Nah, ilustrasi di atas mencambuk saya bahwa Allah begitu jelas memberi tanda, bahwa cara itu sangat mungkin, sementara saya sendiri sempat ragu, sehingga baru sekarang berani dan yakin membuka kesempatan bagi siapapun untuk mengikuti para penulis yang ingin berpartisipasi bagi Rumah Dunia.

Maka, inilah kesempatan itu, untuk pertama, dibuka genre ANAK-ANAK. Infonya sederhana:

Tema: BERBAGI ITU INDAH (berbagi ke siapa saja, tak selalu ke Rumah Dunia, ya!)

Terbuka untuk penulis siapa saja, penulis dewasa atau yang masih anak-anak.

Panjang naskah 4-5 halaman, font Times New Roman, spasi 1.

Sertakan Biografi penulis (setengah halaman).

SErtakan surat pernyataan bahwa tulisan adalah asli karyanya sendiri dan bersedia menyumbangkan SELURUH HONORNYA UNTUK GALANG DANA RUMAH DUNIA.

Kirim tulisan ke

Deadline tanggal 20 mei 2011.

Demikian teman-teman, terima kasih atas perhatiannya, semoga Allah meridlai niat baik kita. Doakan banyak penerbit yang mendukung, ya! Begitu pula wahai para penerbit, mohon dukungannya untuk langkah ini. Kepada teman-teman yang punya akses ke penerbitan, mohon bantuannya juga ya, untuk melobi:)

Oh ya, menjelang saya menuliskan ini, bebrapa penulis ternyata berkenan menyumbangkan naskah bukunya (satu naskah, lho!) buat tanah Rumah Dunia. Subhanallah, mata saya menghangat membaca pesan mereka. Terima kasih, teman-teman...

Ya Allah, Engkau tahu, kusandarkan segala kemungkinan pada-Mu...

Serang, 7 Mei 2011

Menjelang Hari Kebangkitan Buku ke-4 esok pagi,

dengan tarikan nafas mengharu-biru,

Tias Tatanka

"Rumah Dunia", Komplek Hegar Alam 40, Serang 42118.


Indie Publishing--Pilih Paket Penerbitan

Pilih salah satu paket yang kami tawarkan :

1. Paket PERCAYA DIRI, biaya Rp 0.-

GRETONGAN, Bo! Paket PERCAYA DIRI ini ditujukan untuk mereka yang punya kemampuan desain dan tata letak buku, serta percaya diri dengan kemampuan editing naskah mandiri. Untuk paket ini Anda harus mengirimkan naskah yang sudah dilayout sendiri (dalam bentuk file PageMaker atau InDesign, dan sertakan file PDF untuk dummy) dan mendesain sendiri cover (dalam bentuk file TIF/PSD dengan resolusi minimal 300 dpi, layers mode). Ukuran standar buku untuk paket PERCAYA DIRI ini adalah 14 x 21 cm. (A5). Panjang naskah Maksimal 150 hal jadi (A5)

Untuk paket PERCAYA DIRI :

  • # Tidak ada proses penyuntingan aksara (pembetulan salah ketik)
  • # Tidak ada proses penyuntingan penyelarasan isi
  • # Tidak ada ISBN
  • # Tidak mendapat contoh buku bukti terbit. Untuk mendapatkan bukunya, maka harus membeli sesuai harga yang disepakati.



2. Paket
PROFESIONAL , biaya Rp 500.000,-

Paket ini cocok untuk Anda yang bukan hanya percaya diri, tapi juga punya semangat dan jiwa writerpreuneurship yang siap 'meledak'. Dengan fasilitas dan arahan dari IndiePro, naskah Anda yang biasa akan menjadi lebih berdaya! Paket profesional memberikan kemudahan bagi Anda yang tidak bisa/tidak sempat melakukan tahap-tahap pracetak seperti editing, tata letak, desain cover, dll. Kirimkan naskah mentah Anda dalam format Microsoft words, dan siap-siap menerima sebuah buku dambaan hati :)

Fasilitas:

  • # Penyuntingan aksara (pembetulan salah ketik), PENYELARASAN ISI.
  • # Tata letak dengan sentuhan grafis yang disesuaikan dengan naskah, dengan kuantitas yang lebih bervariatif di dalam layout)
  • # Perwajahan sampul/Cover dengan mutu dan kulitas prima, disesuaikan dengan request penulis buku. Dipadukan dengan penggunaan teknik kolase image yang lebih kompleks dan artistik
  • # Ada ISBN
  • # Mendapat 2 exp contoh buku bukti terbit
  • # Konsultasi TAK TERBATAS dengan redaksi IndiePro lewat email atau chating YM/FB mengenai penerbitan bukunya
  • # 1 kali proofing (ditunjukkan) desain, baik layout isi maupun cover. Anda berhak meminta perubahan desain cover atau layout maksimal 1 kali.
  • # Maksimal 250 hal A5 spasi 1 times new roman 12

KETENTUAN UMUM NASKAH LAYAK TERBIT

  • # Tidak berisi hal yang menyangkut SARA dan pornografi
  • # Isi buku sepenuhnya tanggung jawab penulis, atau pengirim naskah, termasuk yang berkaitan dengan copyright.

CARA PENGHITUNGAN HARGA JUAL BUKU & ROYALTI

Rumus Harga jual buku:

Biaya produksi + Royalti yg diinginkan penulis + Fee IndiePro = Harga buku

Catatan:

  • # Biaya produksi tergantung faktor tebal tipis buku setelah dilayout.
  • # Ukuran buku standar: 14 x 21 cm
  • # Anda bisa menentukan sendiri berapa rupiah royalti yang Anda mau
  • # Fee IndiePro = royalti yang diinginkan penulis (persentase 50 : 50)

Contoh:

Harga jual sebuah buku akan ditentukan oleh 3 hal yang disepakati antara IndiePro dan Penulis. Untuk buku setebal 100 halaman, jika biaya produksinya Rp 30.000 dan Royalti yang diinginkan oleh penulis sebesar Rp 2500, maka fee untuk IndiePro juga Rp 2500. So, harga jual buku tersebut adalah Rp 35.000 (Biaya Produksi Rp 20.000 + Royalti Penulis Rp 2500 + Fee IndiePro Rp 2500 = Harga jual Rp 35.000)

Ketentuan Penjualan Buku:

  • # Buku-buku yang diterbitkan oleh IndiePro hanya akan dijual via online di situs IndiePro Publishing, dan toko buku online lainnya.
  • # Biaya kirim buku ke tempat pembeli/penulis disesuaikan dengan biaya kirim paket melalui jasa pengiriman JNE.
  • # Hasil penjualan akan dilaporkan tiap bulan kepada penulis.
  • # Penulis diharapkan bisa mempromosikan buku karyanya sendiri lewat jejaring sosial miliknya seperti FB, blog dan komunitas lainnya.
  • # Laporan penjualan buku akan dikirimkan via email setiap 2 bulan.
  • # Pembayaran royalti penjualan akan ditransfer setiap 2 bulan.

Tertarik? KIRIM NASKAH!

Kumcerku di LeutikaPrio (edisi revisi)


Ada belasan file cerpen bertebaran di laptopmu. Ada setumpuk kertas berisi cerpen-cerpen jadul yang hanya kalian tulis, baca dan simpan. Apa kalian suka bertukar cerpen dengan kawan-kawan lain yang juga hobi menulis? Kenapa nggak bikin antologi aja? So, Leutika mengajak kalian yang punya karya untuk ikutan event “Kumcerku di LeutikaPRIO”.

Ketentuan :

1. Add FB LeutikaPrio untuk memudahkan peserta dalam bertanya tentang lomba ini.

2. Tidak ada persyaratan khusus soal tema.

- Peserta boleh mengeksplor tema apa pun.

- Peserta boleh menerapkan satu tema (perempuan saja, misalnya), atau beragam tema (perempuan, politik, anak-anak jalanan, dll.) dalam satu kumcernya.

- Termasuk kami memperbolehkan pengiriman kumcer anak, remaja, ataupun dewasa.

3. Isi naskah tidak mengandung SARA dan pornografi.

- Batasan pornografi dewan juri adalah tidak menarasikan adegan seks secara eksplisit.

4. Cerpen yang menjadi bagian dari kumcer yang diikutsertakan tidak pernah diterbitkan oleh pihak lain baik dalam bentuk media cetak (lokal maupun nasional) atau media online (website sastra, misalnya), baik media yang menyediakan imbalan dalam bentuk fee maupun sekadar pemuatan saja.

Hal demikian untuk menyamaratakan setiap cerpen yang masuk dalam sesi penjurian. Ketentuan no.4 ini mengecualikan cerpen yang pernah dimuat di blog pribadi atau FB. Kami mempersilakan cerpen tersebut untuk diikutsertakan dalam lomba ini.

5. Satu naskah terdiri dari minimal 10 cerpen dan maksimal 15 cerpen. Dengan jumlah halaman tiap cerpen min.4 mak.10 hal. A4 spasi 1 ½ Times New Roman 12.

6. 10 atau 15 cerpen tersebut boleh merupakan karya sendiri atau pun komplasi (bareng-bareng).

- Apabila peserta menghendaki opsi kedua (kompilasi) maka maksimal penulis adalah 5 orang.

7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaik.

- So, Peserta yang memilih opsi pertama (menulisnya sendiri) tidak diperbolehkan mengirim

naskah dalam bentuk kompilasi. Begitu juga sebaliknya, peserta yang masuk dalam kompilasi, tidak boleh mengirim naskah dalam bentuk solo.

Teknis pengiriman naskah:

1. Kirim karyamu ke leutikaprio@hotmail.com dengan subjek “Kumcerku di LeutikaPRIO”. (Peserta dalam bentuk kompilasi, wajib menunjuk satu koordinator yang bertugas mengirim naskah ke email tersebut).

2. Lengkapi karyamu dengan biodata.

(Nama asli, nama pena, tempat tanggal lahir, alamat sesuai KTP, alamat surat, email, fb, no telp/HP yang bisa dihubungi, dan no rekening yang masih aktif.)

(PESERTA TIDAK PERLU MENGIRIM SINOPSISNYA)

3. Untuk memudahkan proses download kami, kumpulkan masing-masing cerpen dalam satu file doc., jangan mengirimkannya dalam bentuk file yang terpisah-pisah.

4. Mohon untuk meng-attach file dan tidak menaruh (kumcer maupun biodata) di badan email.

5. Setiap karya yang dikirim ke selain email di atas, tidak kami data dan kami anggap tidak sah.

6. Posting gambar event & materi lomba di FB masing2. Tag minimal 25 orang. Dengan berbagai pertimbangan peserta mohon tidak mentag FB Leutika Publisher/Leutika Publisher Dua/LeutikaPrio, pendataan kami lakukan via email.

7. Peserta tidak diperbolehkan memosting cerpen yang diikusertakan selama lomba berjalan, baik dalam blog pribadi maupun notes FB. Bagi yang mengikut sertakan cerpen yang pernah diposting di blog pribadi, mohon untuk menghapus postingan tersebut.

Hadiah:

Leutika akan memilih 5 (lima) kumcer terbaik, masing-masing akan mendapatkan:

1. Paket penerbitan secara GRATIS di LeutikaPrio senilai 500rb (atau total Rp 2.500.000).

2. 1 eks hasil buku jadi, dan royalti dari penjualan buku yang hanya dijual secara online.

3. 5 judul buku dari Leutika Publisher (judul tidak bisa memilih.

Hadiah buku akan dikirim langsung ke alamat pemenang (untuk pemenang dalam bentuk kompilasi, Leutika hanya mengirimkan hadiah ke alamat koordinator).

Bagi peserta yang belum menang, akan mendapatkan diskon biaya penerbitan di LeutikaPrio senilai 100rb, yakni, apabila menghendaki penerbitan di LeutikaPrio maka cukup mebayar 400rb (menghemat 20% dari biaya asli). Deadline diskon akan kami informasikan setelah lomba selesai, & hak karya kami kembalikan ke masing-masing peserta.

Deadline: 31 Mei 2011 (jam 12 malam).

Pengumuman Pemenang: 6 Juni 2011 (jam 12 siang) di www.leutika.com dan www.leutikaprio.comdan seluruh FB Leutika.

LOMBA MENULIS CERITA Bobo

LOMBA MENULIS CERITA Bobo - OCBC NISP - Total hadiah Rp.7.000.000,- Teman-teman SD dan SMP, ayo ikutan!

oleh Majalah Bobo pada 20 April 2011 jam 17:40

Tema tulisan: “Kau Memberiku Inspirasi”

Kirim karyamu ke e-mail Bobo: bobo_majalahku@yahoo.co.id

Hadiah Tabungan Mighty Savers OCBC NISP

Juara I : Rp3.000.000,00

Juara II : Rp2.000.000,00

Juara III : Rp1.000.000,00

4 Juara Harapan : Rp250.000,00

Ceritakanlah tentang orang yang pernah berbuat baik padamu. Orang yang selalu membantumu di saat kau sedih atau punya masalah, orang yang telah membuatmu bersemangat lagi di saat kau putus asa. Orang itu bisa; anggota keluargamu, temanmu, gurumu, atau kenalanmu.

Cara Kirim:

Lewat email ke: bobo_majalahku@yahoo.co.id. Atau lewat pos ke: Panitia Lomba OCBC - Red.Majalah Bobo - Gedung Kompas Gramedia lt 4 - Jl. Panjang 8 A - kebun jeruk – Jakarta

Boleh kirim lewat pos. Kirik ke: Panitia Lomba OCBC - Red.Majalah Bobo - Gedung Kompas Gramedia lt 4 - Jl. Panjang 8 A - kebun jeruk – Jakarta

Ketik: 1/2 halman atau 1 halmn jg boleh

DL: Via pos tgl 23 Mei. Kalau e-mail kan lebih cepat. Jadi boleh tgl 27 Mei

jangan lupa! tulis nama, alamat dan no telp aja :)

Sumber:http://www.facebook.com/notes/majalah-bobo/lomba-menulis-cerita-bobo-ocbc-nisp-total-hadiah-rp7000000-teman-teman-sd-dan-sm/10150174354504208