Minggu, 20 Mei 2012

BUBUR HUNKWE STROBERI

Bahan: 1 sdm tepung maizena 50 gr stroberi, blender hingga lembut 150 ml air 1 sdm susu formula lanjutan Cara Membuat: 1. Larutkan tepung maizena dengan air, aduk rata. Rebus dengan api kecil hingga mendidih dan tekstur mengental. 2. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan susu formula lanjutan yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Tuang stroberi yang sudah dihaluskan, aduk rata. Masak lagi hingga mendidih. Angkat, sajikan. Untuk 1 Porsi Sesuai Untuk Bayi Usia 6-12 bulan Nutrisi/Porsi: Protein: 2.1 g Karbohidrat: 27.1 g Lemak: 3.2 g Energi: 109 kal Sumber: www.nusantaraku.org

Mengolah MPASI

Mengolah MPASI Category : MPASI Beberapa teknik umum untuk mengolah MPASI. Si Kecil sudah hampir 6 bulan? Bersiap mengenalkannya pada MPASI, dong? Menyiapkan MPASI tidak seperti menyiapkan makanan keluarga yang berupa makanan padat, karena si kecil sedang dalam masa transisi. Mommy butuh mengolah dahulu bahan makanan agar menjadi makanan semi padat. Yuk, kenali berbagai cara mengolah MPASI! 1. Mengukus, Merebus, dan Tim Dengan cara ini, nutrisi, vitamin, dan mineral yang hilang dalam proses pematangan dapat diminimalisasi. Nutrisi yang keluar dari bahan makanan saat proses mengukus akan terbawa di dalam air sisa kukusan. Gunakan air tersebut untuk mengencerkan makanan, agar nutrisi yang lepas tidak terbuang. Kelebihan lainnya, sayuran dan buah yang dikukus warnanya lebih terang daripada yang direbus. 2. Memanggang Memanggang adalah memasak menggunakan panas oven. Kelebihannya, Mommy bisa memasak dalam jumlah yang banyak, nutrisi yang hilang realtif sedikit, dan makanan bisa dicerna dengan mudah. 3. Microwave Memanfaatkan microwave untuk mengolah bahan makanan bayi dapat menjadi alternatif yang cuku praktis. Tetapi, pastikan wadah yang digunakan khusus untuk digunakan dalam microwave. Untuk memasaknya, Mommy cukup memasukan bahan makanan dengan sedikit air untuk merendam. Nyalakan microwave selama tiga menit, kemudian aduk-aduk sesaat. Lanjutkan kembali memasak selama dua menit. 4. Menggoreng Merupakan metode pengolahan MPASI yang belum diminati hingga si kecil menunjukkan sudah siap makan makanan yang lebih padat dari pada bubur atau nasi tim. Goreng masakan hanya bila diperlukan. Menggoreng dengan sedikit minyak lebih baik daripada menggoreng dengan banyak minyak dan hindari menggunakan minyak bekas pakai.

CHICKEN NUGGET WORTEL KEJU

Bahan : 500 gr daging ayam giling/cincang (*aku daging ayamnya diblender) 1 lembar roti tawar tanpa kulit, rendam dalam 100 ml susu cair sampai hancur 2 sdm tepung tapioka --> bisa diganti tepung maizena 2 butir telur ayam, kocok lepas 50-100 gr keju cheddar parut --> aku pake 50g keju quickmelt yg dipotong dadu and 100g keju kraft cheddar 1 sdt bawang putih goreng, haluskan *aku pake Wortel 2 buah (ukuran kecil Bumbu : Garlic powder, merica bubuk, pala bubuk, garam, dan gula pasir secukupnya Lapisan : 3 butir telur, kocok lepas Tepung roti secukupnya Cara Membuat : Campur semua bahan jadi satu. Masukkan dalam loyang kotak/loaf yang sudah diolesi minyak/margarin Kukus sampai matang. Angkat, dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong kotak. Celupkan dalam kocokan telur, masukkan ke dalam tepung panir sampai terbalut rata. Diamkan di kulkas sekitar 1 jam sebelum digoreng agar tepung melekat sempurna. Notes : Alasi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke atas nugget. Kemas nugget dalam wadah kedap udara, simpan di freezer/bagian penyimpanan daging agar lebih tahan lama.

Resep Nugget

Bahan • 250 gr ayam cincang/udang cincang/fillet ikan yang dah diblender/1 kotak tempe yang dah diblender (biar gampang ngeblender, campur sedikit air pas ngeblender) • 2-3 siung bawang putih, garam dan merica secukupnya, haluskan * bisa plus bubuk bumbu tambahan (optional) : bubuk pala atau bubuk oregano) * ... biar asik rasanya :) • 1 sdm tepung panir halus. • 1 butir telur ayam, kocok lepas (tuk dicampur ke adonan) • 1 butir telur ayam, kocok lepas (tuk bahan celupan) • Tepung terigu • Tepung roti butiran kasar yang berwarna (biar kayak nugget2 supermarket gitu deh ntar hasilnya). • Minyak goreng Cara • Masukkan bumbu halus dan 1 sdm tepung panir halus ke dalam adonan ayam/udang/ikan/tempe yang dah diblender, aduk rata. • Masukkan kocokan telur, aduk rata. • Letakkan adonan ke dalam pinggan tahan panas. • Kukus 15-20 menit. • Setelah dingin, potong2 menurut selera (panjang, menjari, kotak, atau dicetak aneka bentuk) • gulingkan potongan nugget ke dalam tepung terigu. • gulingkan ke dalam kocokan telur. • Gulingkan ke dalam tepung roti butiran kasar yang berwarna merah. • Goreng nugget hingga kuning kecoklatan……..jadi deh aneka nugget buat cemilan or lauk si kecil.