Minggu, 22 April 2018

Agar Anak Bahagia Menyambut Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)




“Bi, ada undangan dari sekolah,”
“Tapi, Abi ada rapat penting loh!” jawab suami.
“Ya, terserah Abi deh, ambil keputusan yang terbaik,” ujarku memberi waktu suami berpikir.
Tak lama, WA berbunyi. Suami memilih untuk menemani Faris. Aku tersenyum bahagia.



Mas Faris anak sulungku sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah Bersandar Nasioanl (USBN). Saat ini duduk di kelas 6 SDIT Permata Bunda 1. Di antara waktu menghitung hari USBN ini, Mas Faris sempat mogok belajar. Ya, enggak mogok 100% sih, tapi sulit sekali diajak belajar bersama. Selalu mengelak, “Mi, Mamas belajar dengan Ami Santri aja,” atau “Mi, Mas Faris belajar kelompok saja!”


Awalnya, Abinya setuju saja Faris belajar bersama orang lain atau bersama teman-temannya, hitung-hitung belajar mandiri.  Saat Latihan Ujian Soal (LUS) 1, 2 dan 3 berlangsung masih berganti-ganti pola belajar. Antara didampingi Umi dan Abi dengan belajar bersama orang lain. Nyatanya, saat mengambil nilai LUS 2, aku sempat terhenyak hebat. Nilai Matematika Faris sempat anjlok jauh dari LUS 1.

Hal ini membuat aku dan suami melakukan evaluasi. Tak mungkin membiarkan Faris belajar tanpa pengawasan. Apalagi yang mengetahui karakter dan gaya belajar Faris lebih banyak orang tua dan wali kelas. Mas Faris lebih kuat belajar dengan cara visual dan auditori, sehingga belajar harus ditemani dengan cara tanya jawab. Namun, Mas Faris ini suka sulit konsenterasi jika bad mood. Ya, kalau suasana hatinya lagi enggak enak, buyar deh semua!

Menjaga kebersamaan keluarga :)


Nah, beruntung kami sebagai orang tua mendapat wejangan di acara Istighosah dan tasyakuran khataman Quran yang diadakan pihak sekolah beberapa hari lalu. Kedua orang tua anak kelas 6 hadir mendampingi dan memberikan motivasi sebelum USBN berlangsung. Acara ini juga diisi ceramah oleh Ustadz Sukirman. Menurut Ustadz Sukirman, kenal 4 macam anak :

4 Golongan Anak dalam Al Quran :

1. Anak sebagai perhiasan dunia.
Contohnya :  Saat ortunya membereskan rumah, tapi anaknya tidak membantu orang tua. Nah, ini masuk sebagai kategori anak hanya sebagai perhiasan saja.

2. Anak sebagai Fitnah.
Orang tua akan mendapatkan cobaan atau ujian dari anaknya. Bahkan orang tua dapat tercoreng tercoreng namanya karena ulah anaknya.

3. Anak sebagai Musuh.
Contohnya : anak jika diberitahu tidak taat. Diajak sholat membantah. Dinasehati selalu melawan.

4. Anak Qurrata A’yun (Penyejuk mata kedua orang tua).
Contoh : Anak sholeh dan sholehah dan berbakti kepada kedua orang tua.

Mendengar 4 golongan anak ini, membuat aku semakin bertekad untuk menjadi orang tua yang baik, terutama memotivasi Mas Faris untuk bersemangat mengikuti USBN.

Kegiatan Asyik Menyambut Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN)


Saat acara Istighosah dan tasyakuran khataman Quran anak-anak diajak meminta maaf kepada orang tua dan meminta doa restu persiapan USBN. Kedua orang tua juga memberikan hadiah istimewa kepada anak setelah khataman Qur’an dan biar makin semangat menyambut USBN.

“Apa Bi, hadiahnya?” bisikku.
“Uang aja deh!” jawab Abi.
Ya, kami berdua lupa menyiapkan kado buat Faris huhu..  aku sempat melirik wali murid yang lainnya membawa kotak hadiah yang besar hehe... untunglah Faris mau menerima uang pemberian Abinya.
“Pengen beli rubik,” kata Faris.

Yeee reward buat Mas Faris berenang di Tabek Indah
Esoknya Faris sudah asik dengan rubik yang dibeli bersama Abi, tapi menjelang siang menagih hadiah lainnya. “Mi, berenang sih di Tabek!” mintanya merenggek. Aku yang enggak pengen pergi sempat menolak. Tapi, beda dengan Abinya yang langsung menyetujui. Jadilah kami berangkat menuju Tabek Indak tanpa rencana alias mendadak.

Abang Fatih ikut berenang nih :)

“Ini dalam rangka menyemangati Faris, Mi,” ujar suami saat kutanya kok mendadak mau menyetujui permintaan anak? Soalnya aku tahu banget Abinya lagi sibuk dikejar laporan. Bener loh, aku sendiri sempat bete, setiap hari lepas Maghrib selalu di depan laptop mengetik laporan yang deadline ketat hahah... jadilah kami sekeluarga menikmati kebersamaan keluarga di Tabek Indah.

Aisyah nungguin Mas Faris dan Abang Fatih berenang :)


Aisyah seperti biasa lincah bermain dan memilih tidak mau berenang. Mas Faris dan Abang Fatih sudah berenang diawasi Abi, karena perjalanan mendadak, tidak smepat persiapan cemilan banyak, beruntung aku sudah membeli beberapa cemilan dari Julie’s, Peanut Butter Sandwich atau Biskuit Sandwic Mentega Kacang. Aisyah yang menyukai kacang suka banget dengan biskuit Julies’s ini.

Umi bawa cemilan enak nih, siapa mau???



Mengenal Biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich 


Ternyata setelah aku mencari informasi kalau Biskuit Julie's  ini diproduksi di Malaysia sejak tahun 1981. Telah tersebar sebanyak 70 negara seluruh dunia dari produksi Perfect Food Manufacturing (M) Sdn Bhd. Jadi enggak ragu lagi kalau aku membawa cemilan ini ke acara keluargaku dong?

 Biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich cemilan enak sudah berenang :)

Selain itu, aku mengecek kehalalan dari Biskuit Julie's   ini, alhamdulillah sudah punya sertifikat halal. Bikin aku makin percaya membelian cemilan dan buah tangan Biskuit Julie's   loh! Apalagi mudah dicari. Aku cukup ke Indomaret dekat rumah dan harganya juga sangat terjangkau loh! Bahkan saat aku beli 2, dapat gratis 1, widiw hebat banget kan? Haha...

 Biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich  teman belajar yang seru :)


Nah, sejak mengenal Biskuit Julie's aku menyiapkan ini sebagai teman Mas Faris belajar. Selain memotivasi, mengajak berkreasi, Mas Faris juga butuh makanan yang bergizi. Mas Faris menyukai Biskuit Julie's ini karena mudah sekali dibuka alias dirobek tidak  perlu pakai gunting hehe... ketika dibuka sudah terlihat  selai kacang yang menggoda, uhuy...

Belajar persiapan USBN jadi makin seru dengan 
Biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich
Sekarang enggak kesulitan lagi mencari buah tangan untuk anak-anak setelah mengikuti acara blogger. Aku tinggal menyiapkan Biskuit Julie's    di dalam tasku. Oiya, Biskuit Julie's juga menjadi temanku dalam acara blogger. Soalnya sering ke tempat acara terburu-buru dan lupa sarapan. Jadi sebelum ikut acara, aku ngemil dulu deh.

Bawa Biskut Julie's bekal Smart Mom :)

Lomba Foto Berhadiah dari Julie's 

Nah, Sahabat Smart Mom, bagi yang suka memotret makanan, yuk ikutan lomba dengan cara, Mom beli produk Julie's Peanut Butter kemasan 90 gram, lalu simpan struknya, abadikan momen serumu dengan tema Buah Tangan #PenuhCintaDariJulies dan upload ke Instagram atau fanpage Julie's Peanut Butter. Hadiahnya apa?  Kalau beruntung Mom akan mendapatkan Microwave, alat masak dan voucher. 

Info lengkap bisa cek di sini : http://bit.ly/BuahTanganPenuhCintaDariJulies



Jangan lupa dalam postingan dituliskan kepada siapa teman-teman ingin berbagi Julie's Peanut Butter Sandwinch sebagai buah tangan penuh cinta kepada orang tersayang.


Hadiah yang disiapkan lomba ini sendiri antara lain:

Juara 1: Mendapat 1 pcs Modena microwave senilai Rp 5.000.000 + Shopping voucher senilai Rp 1.000.000 dan product package

Juara 2: Mendapat cooking set senilai 2.000.000 + Shopping voucher Rp 1.000.000 dan product unggulan 
Hadiah hiburan untuk 10 pemenang berupa shopping voucher senilai @ Rp 250.000 dan product package

Kompetisi "Temukan Buah Tangan #PenuhCintaDariJulies" ini akan berakhir tanggal 30 April 2018.

Yuk, sahabat Smart Mom, ikutan lombanya. Ikut juga mempersiapkan anak menyambut USBN agar makin bahagia.

25 komentar:

  1. Mau ikutan lomba fotonya ah. Siapa tau menang.

    BalasHapus
  2. Sesekali perlu memberi anak reward biar semangat dan tau bahwa kerja keras membuahkan hasil

    BalasHapus
  3. Semangaaat yaa biar bisa menjalani USBN dengan udah dan lancaaar. Pas banget ditemani biskuit yang emang enaak

    BalasHapus
  4. Belajar jadi menyenangkan kalau ditemani cemilan ya, Mbak. Sama kaya aku dikejar deadline pun nikmat kalau ada cemilan.

    BalasHapus
  5. Kalau anak mau ujian disemangati, nanti kalau sudah selesai ujian diajak jalan-jalan. Pasti semangat tuh kalau ujian hehe.

    BalasHapus
  6. Ujian buat anak, ortu ikut deg2an.. gurunya juga hehehe...
    Betewe snacknya crunchy banget sepertinya.. jadi pingin ikut beli..

    BalasHapus
  7. Bahasa Baper ala Generasi Dilanial 😂😂😂

    BalasHapus
  8. Aaaak, banyak Julies Peanut butter ada dimana-mana, aku jadi ingin coba.

    BalasHapus
  9. bikin deredeg y mba klo anak ujian, tp.klo ada suport dr ortu pasti bikin ank tenang

    BalasHapus
  10. Mau ikutan lomba fotonya tp sadar diri jg sih peralatan n skill masih cetek.. Hihihi..

    BalasHapus
  11. Aku nyomot biskuitnya aahh, apalagi jam segini lapeer..

    Btw, USBNnya si sulung moga dilancarkan yaaa. Anakku juga lagi UNBK nih huhuu, emaknya yang setia nemenin..

    BalasHapus
  12. Snack favorit keluarga ku juga nih mbak :)

    BalasHapus
  13. wah bisa jadi inspirasi saya nih buat menyemangati anak nanti kalau sudah besar

    BalasHapus
  14. penasaran deh dengan biskuitnya, jadi aggal fokus dengan ujiannya. hee

    BalasHapus
  15. Setelah banyak baca biskuit ini, baru ngeh ini keluaran Malaysia mbak :D

    BalasHapus
  16. Semangat ya Faris. Semoga ujiannya berhasil.

    Btw lombanya lumayan juga nih. Ikutan ah.

    BalasHapus
  17. Duh aku termasuk kategori anak yg mana ya ,semoga yng bisa menyejukan hati kkedua orangtua . Aamiin
    Aku blm pernah coba biscuitnya, coba cari di minimarket deh.

    BalasHapus
  18. Mas Faris minta biskuit julies nya dooong 🤤 pasti makin semangat ya menghadapi ujian akhir, semoga dimudahkan Allah ya Mas Faris 👍

    BalasHapus
  19. USBN... dulu aku kayaknya masih nyebut EBTANAS pas SD kayaknya hahaha

    BalasHapus
  20. Enaknya punya anak yang mau menyemangati anak belajar dan memberikan reward seperti ini. Semua happy jadinya, bisa makan Julie's sama-sama juga.

    BalasHapus
  21. Yang mau USBN, semangat yaa, semoga lancar. Kan ada Julie's yang bisa menemani selama belajar, hihi.

    BalasHapus
  22. Enaknya makan biskuit :D
    Wah USBN, suka bikin ibuk2 deg2an ya hehe, blm ngrasain sih cuma denger2 cerita aja. Tapi insyaAllah anak2 do the best ya mbak. Yg penting sholeh sholehah baik ilmu agamanya :D

    BalasHapus
  23. Faris aemoga sukses ya slainh mendoakan Nawra juga nih, mau ujian

    BalasHapus
  24. Mau juga ah ikutan lomba fotonya. Mumpung sedang ada promo

    BalasHapus
  25. Tanggung jawab orang tua ya menjadikan anaknya jadi ke-empat hal tersebut, pantas kalau amalan ini pahalanya terus mengalir. Semoga sukses terus untuk anak-anak ya mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^