Senin, 23 April 2018

Blog Tour dan Giveaway Novel Cinta Suci Adinda Karya Afifah Afra



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Beberapa hari ini Lampung mendung dan berakhir hujan, pengennya di rumah santai dengan bacaan nih. Jadilah aku memilih Novel keren bertema yang tak biasa. Kalau beberapa minggu sebelumnya suka dengan film bertema kedokteran. Nah, pas banget ini ada novel yang bertema dokter ganteng hahaha... ups. Ini bukan sekedar dokter ganteng tapi juga konfliknya seru banget. Penasarankan?

Review  Novel Cinta Suci Adinda

Judul         : Cinta Suci Adinda
Penulis      : Afifah Afra
Terbit        : Cetakan pertama, Februari 2018
Halaman    : 368 hal
Penerbit     : Indiva Media Kreasi


Cinta Suci Adinda karya Afifah Afra ini menceritakan seorang perawat miskin yang berkerja di RSJ. Beberapa teman perawatnya sangat ingin mendapatkan kesempatan langkah berdekatan dengan Man of The Year, dokter tampan, cerdas dan baik hati bernama Dr. RM. Irhamudin Prasetyo, Sp.KJ.


Disaat teman-teman perawatnya mencoba mendekati dokter Irham dengan berbagai upaya, Adinda tidak terpengaruh. Tapi, ia mulai mengamati dari jauh. Adinda ingin sekali meminta tolor dokter Irham mengobati Pak Brata yang mengidap Skizofrenia.

Dokter spesialis jiwa yang tengah naik daun.. diakah yang kucari?
 (Hal. 14)

Adinda berjuang mengumpulkan rupiah demi menyelamatkan lelaki yang sangat disayanginya. Lelaki itu seorang konglomerat mantan majikannya. Berkat Pak Brata Kusuma, Adinda dapat bersekolah tinggi. Tapi, bukan itu saja, Adinda ingin menyelamatkan Pak Brata dari sikap diabaikan ketiga anaknya. Pak Brata bahkan pernah mencoba 10 kali bunuh diri. Adinda berjuang sendiri, bahkan nasehat sahabatnya Mirna tidak membuatnya berhenti.

“Jangan mau jadi lilin, dia memang terang membagi sinarnya, tetapi tubuh dia hancur,”  (Hal. 138)

 Novel Cinta Suci Adinda Karya Afifah Afra

Adinda mencoba mendekat dokter Irham untuk mengobati Pak Brata, berulang-ulang mencoba mendekati, tapi dokter Irham sibuk dengan cintanya yang selalu kandas. Dokter Irham memiliki calon tunangan bernama Marissa Leonita Siregar dan mantan kekasih yang meninggalkannya menikah, bernama Siska Widiastuti.

Dalam perjalanan menyelamatkan konglomerat, tiba-tiba Adinda ditangkap polisi dengan tuduhan menculik Pak Brata. Dokter Irham semakin penasaran, bagaimana bisa seorang perawat miskin seperti Adinda dituduh menculik?

“Adinda, lelaki itu bernama Bejo. Dia mengaku dibayar kamu untuk menculik Pak Brata dan membawanya ke indekosmu,” ujar Rahajo. “Sekarang, katakanlah apa yang sebenarnya terjadi. Apakah betul, kamu membajar Bejo?”
(Hal. 242)

Dokter Irham tergerak untuk membantu bawahannya itu. Melalui kenalannya ia menelusuri apakah benar Pak Brata mengidap penyakit Skizofrenia? Dan mengapa terlihat janggal ketika ia bertemu dengan Tommy anak sulung Pak Brata? Irham semakin penasaran dan membawa pada titik, inikah cinta suci Adinda? Apakah Irham berhasil membantu Adinda? 

Novel dengan 368 halaman ini membawa sarat makna. Selain konflik pribadi dokter Irham dan Adinda, aku sangat tersentuh di halaman 158. Nasehat Dokter Syamsudin mengenai tiga unsur dalam menjaga kesehatan yaitu unsur qolbu, aqliyah dan jasadiyah. Hati, jiwa dan nurani untuk menjaga kesehatan diri. Dokter Syamsudin juga berbagi ilmu kesehatanya dengan menulis di blog. Aduh, ge-er deh profesi blogger juga dikenalkan di novel ini hehe...

Mengenal Afifah Afra


Tak kenal maka tak sayang, kita kenalan yuk dengan Mbk Afifah Afra penulis novel Cinta Suci Adinda ini. Mbk Afra bernama asli Yeni Mulati ini lahir di Purbalingga, 18 Februari 1979. Mbk Afra atau Mbk Yeni ini sangat produktif menulis. Kurang lebih 60 judul buku telah dihasilkannya. Pada tahun 2013, Mbk Afra meraih Anugerah Pena kategori Penulis Terpuji Forum Lingkar Pena. Tahun 2014 meraih Anugerah Presidatama dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, kategori Tokoh Sastra Indonesia di Jawa Tengah. Tahun 2017, Afra terpilih sebagai delegasi Musyawarah Nasional Sastra Indonesia (Munsi) 2017 yang diselenggarakan Badann Bahasa Kemendikbud RI Jakarta.

Afifah Afra penulis novel dan Ketua Umum FLP

Berikut Hasil wawancara via WA dengan Mbk Afra :

Mbk ceritakan dong sedikit proses nulis buku ini. Mengapa mengambil tema kedokteran?
Sebenarnya buku ini kan republish naskah lama, ditulis tahun 2004, saat itu masih pengantin baru, dan suami masih jadi koas. Saat beliau di stase RSJ, mendadak yang terbetik ide nulis soal RSJ. Jadi, saya memang riset khusus beberapa hari masuk RSJ, mengamati tingkah polah orang2 yang dirawat di sana

Berapa lama selesai novel ini?
Sekitar 2 bulan saya nulis novel ini utk tahap pertama, yakni Cinta Adinda. Sempat direvisi untuk cetakan kedua, masih diterbitkan Mizan. Lalu diterjemahkan dalam bahasa Malaysia oleh Pelangi Books dg judul Kasih Adinda. Tahun 2012, naskah ini right off. Lalu pelan-pelan saya perbaiki. Sempat agak lama vakum. Kemudian saya tawarkan ke Indiva, alhamdulillah bisa terbit.

Apa harapan Mbk buat pembaca novel ini?
Harapannya, pertama memberikan hiburan yang mencerahkan. Kedua, bisa terbentuk empati terhadap pasien-pasien sakit jiwa. Ketiga, bisa terbentuk hubungan yang hangat antara ayah dan anak, ortu dan keluarga, sehingga bisa terbentuk lingkungan keluarga yang kondusif.

Give Away Novel Cinta Suci Adinda Karya Afifah Afra

Nah, teman-teman, yuk ikutan agar dapat  1 Novel gratis dari Penerbi Indiva. Caranya :

1. Like fanpage FB Penerbit Indiva
2. Follow Instagram @penerbitindiva
3. Follow Instagram @afifahafra79
4. Follow Instagram @naqiyyahsyam
6. Follow Instagram @bloggerflp
5. Tulis di kolom komentar  :
1. Tuliskan nama penulis Novel Cinta Suci Andinda?
2. Tuliskan alasanmu kenapa ingin mendapatkan Novel Cinta Suci Adinda.
3. Sertakan akun instagram di bawah jawaban ya!
7. Pastikan alamatmu di Indonesia
8. Share di medsosmu dan ajak 3 teman ikut give away ini!
9. Jawaban ditunggu paling lambat tanggal 28 April 2018

  1. 10. Pemenang diumumkan tanggal 2 Mei 2018


Ikuti juga rangkaian blog tour ini di blog lainnya ya!

Terima kasih, ditunggu partisipasinya!

31 komentar:

  1. 1. penulis Novel Cinta Suci Andinda adalah Afifah Afra
    2. Kenapa aku ingin mendapatkan Novel Cinta Suci Adinda? karena aku suka dengan gaya menulisnya Mbak Afifah Afra, yang pasti akan sarat makna kehidupan. pasti banyak ilmu - ilmu yang terkandung dalam cerita yang ditulis oleh Mbak Afifah Afra
    3. akun instagram ; @farida_271

    BalasHapus
  2. Penulis Cinta Suci Adinda: Afifah Afra
    Alasan: Karena selama ini aku hanya mengenal Mbak Afifah di tulisan-tulisan media sosialnya saja, jadi aku ingin sekali baca buku beliau juga. Apalagi ini risetnya cukup mendalam tentang RSJ. Dan kisah tentang keluarga itu selalu aku sukai.
    Akun IG: @delinabooks

    BalasHapus
  3. Bismillah ikutan ya mbak naqiyyah Syam.

    1. Penulis novel cinta suci Adinda adalah mbak Yeni mulati dengan nama pena Afifah Afra

    2. Saya ingin memiliki novel ini adalah suka dengan tema psikologi. Apalagi disajikan dalam bentuk novel. Lebih ringan bacanya dan tetap dapat ilmu. Jadilah novel ini memuat konten psikologi, religi, romance dan mungkin misteri (hehe karena ada culik menculik juga). Novel2 mbak Afifah Afra sebelumnya yang pernah saya baca selalu memikat dan bikin susah move on tapi selalu membekaskan pesan yang manis. Oh ya satu lagi. Semoga dengan membaca novel bermutu membuat saya bersemangat menyelesaikan novel saya yang terbengkalai .semoga mbak afra semakin sukses dengan karyanya.

    Ig: @arindashafa

    BalasHapus
  4. Penulis novel Cinta Suci Adinda : Afifah Afra (Yeni Mulati)

    Kenapa aku ingin mendapatkan novel ini ? : karena novel ini berlatar di RSJ, itu antimainstream. Aku blm pernah baca novel yang berlatar di RSJ. Sepertinya juga jarang novel yg menggunakan RSJ sebagai latar tempatnya. Selain itu, aku merupakan mahasiswa keperawatan yang ingin melihat bagaimana jalan hidup Adinda di RSJ, dengan harapan semoga bisa memberi inspirasi ke aku. Oiya,kemarin aku juga baru selesai praktik stase Jiwa, dan itu sangat menarik dan mengesankan. Jadi aku ingin mengingat kembali keseruan dan kesan dilingkungan RSJ. So, i hope i get it.

    IG : oktavianindyah

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya mbak, ikutan ahhh :-)

    BalasHapus
  6. Aku baru ngeh kalau blog tour ini untuk bukunya ya mbak, hahaha.

    Seru ya ceritanya mbak. Soalnya jarang banget novel di Indonesia yang menyusung tema khusus seperti kedokteran seperti ini

    BalasHapus
  7. 1. Nama penulis Novel Cinta Suci Adinda adalah Afifah Afra

    2. Alasanku kenapa ingin mendapatkan Novel Cinta Suci Adinda : Karena novel Mb Afra selalu keren, penuh intrik dan twist yang gak terduga. Nah kali ini ambil setting dunia kedokteran, aku pernah angkat kehidupan perawat di buku dimana aku jadi co-writer di dalamnya "Perempuan Penyulam Rasa", kehidupan tenaga kesehatan gak kenal siang dan malam ya, salut kadang. Dan meski mb Afra bukan dari latar belakang kedokteran, tapi menjadi istri dokter pasti turut merasakan kerjaan suaminya ya Mb Afra *soktau wkwkw. Jadi wajar banget novel ini lahir 😍 dan gak diragukan logika ceritanya

    3. Akun IG :@nufaz3e

    BalasHapus
  8. Bismillah, ikutan ya mbaa.

    1. penulisnya mba Afifah afra, ketua umum FLP dengan segudang prestasi yang beliau peroleh.

    2. alasannya karena dari dulu suka tulisannya mba Afra. Dalem banget, menyentuh, penuh hikmah tapi tidak menggurui.

    3. ig: @atiqoworld.id

    BalasHapus
  9. 1. Nama penulis novel Cinta Suci Adinda adalah Yeni Mulati dengan nama pena Afifah Afra.
    2. Jujur membaca judul dan reviewnya saja membuat saya penasaran dengan isi novel yang mengangkat tema kedokteran. Saya tertarik banget mengenai ilmu kedokteran apalagi psikologi gitu hehe. Apalagi ada kutipan dari novelnya mba Afifah di halaman 158 mengenai 3 unsur dalam menjaga kesehatan yaitu unsur qolbu, aqliyah, dan jasadiyah. Sekali lagi pingin banget punya novel karya ketum FLP karena saya yakin pasti akan menyajikan pesan yang sarat akan makna yang bisa memotivasi saya kedepannya.Aamiin.
    Ig : @evaanurul

    BalasHapus
  10. 1. Nama penulis novel Cinta Suci Adinda adalah Yeni Mulati dengan nama pena Afifah Afra.
    2. Jujur membaca judul dan reviewnya saja membuat saya penasaran dengan isi novel yang mengangkat tema kedokteran. Saya tertarik banget mengenai ilmu kedokteran apalagi psikologi gitu hehe. Apalagi ada kutipan dari novelnya mba Afifah di halaman 158 mengenai 3 unsur dalam menjaga kesehatan yaitu unsur qolbu, aqliyah, dan jasadiyah. Sekali lagi pingin banget punya novel karya ketum FLP karena saya yakin pasti akan menyajikan pesan yang sarat akan makna yang bisa memotivasi saya kedepannya.Aamiin.
    3. Ig : @evaanurul
    4. Alamat : Buyut Ilir, Gunung Sugih, Lampung Tengah
    5. Done

    BalasHapus
  11. Nama penulis Novel Cinta Suci Adinda adalah Afifah afra

    Alasanku kenapa ingin mendapatkan Novel Cinta Suci Adinda karena seperti yang telah dipaparkan secara singkat diatas, saya menangkap bahwa didalam novel ini menyimpan banyak pesan moral. Dan itulah yang membuat saya penasaran. Dimana adinda yang mencintai seseorang dalam diam. Untuk menjaga fitrahnya sebagai seorang perempuan. Lalu kebaikan hatinya yang ingin menolong majikannya. Dia tidak melupakan kebaikan orang yang dulu pernah berjasa atas keberhasilannya sekarang. Meskipun dia telah berada di atas. juga keikhlasannya dalam menerima semua cobaan dalam perjalanannya. Dan satu lagi, tentang keluarga. Dimana disini keluarga sebenarnya peranannya begitu penting dalam hidup. Mereka seharusnya harus di nomer satukan. Bukan malah orang lain yang menjadi penolong bagi keluarga kita. Ketika kita masih mampu. Saya sangat ingin menulusuri semua isi novel ini. Bagaimana adinda begitu kuat memegang prinsipnya? Bagaimana adinda menjalankan semua dengan keikhlasan? Saya ingin tahu semuanya. Ketika saya dapat membaca novel ini

    Ig: Nihaya_elfishy

    BalasHapus
  12. 1. Mbak Yeni Mulati Ahmad alias Afifah Afra Amatullah / Afifah Afra
    2. Saya ingin sekali novel ini karena pertama, saya penggemarnya Mbak Afifah Afra daan tulisan tulisan beliau baik itu novel, buku motivasi, maupun tulisan di medsos beliau.Kedua, seperti novel nivel beliau lainnya, novel ini pasti sarat pesan. Ketiga, saya penggemar novel novel dalam negeri terutama yang ditulis para jebolan FLP.
    3. Ig : @azzahra_fathurahman

    BalasHapus
  13. Jadi kepengin baca neh ... udah lama nggak baca novelnya Mbak Afra

    BalasHapus
  14. 1. Afifah Afra
    2. aku harus baca novel ini soalnya lagi nggarap novel tentang anak broken home yang mengidap skizofrenia yang jatuh cinta sama orang dengan pengidap bipolar. kesulitan riset di RSJ karena perijinannya yang susah. novel ini bakal jadi sumber referensi akuu bangeeet...
    3. IG : @agusthaningrum

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr.Wb. Ikutan give away nya ya bu naqi.

    1. Penulis cinta suci adinda adalah Ibu Afifah Afra dengan nama asli (Yeni Mulati).
    2. Alasan saya ingin mempunyai buku ini adalah , saya suka ketika membaca review dari bu naqi di blog ini, semakin penasaran banget sama isi dari novel "cinta suc adinda". Selain itu dari review yang saya baca menarik sekali untuk di baca karena ada unsur-unsur religi (nasehat), unsur romantis *yang bikin aku penasaran banget kisah cinta adinda dan pak dokternya .
    Selain kedua unsur ada lagi unsurnya yaitu unsur empati yang ada , "ketika kita ditolong oleh orang lain maka janganlah melupakan jasa kebaikannya". Selain itu terdapat nasehat yang menyentuh kita sebagai seorang anak "jadilah anak yang berbakti kepada orang tua kita , janganlah meninggalkan orang tua saat mereka susah" kata-kata ini saya ambil hikmah dari review bu naqi.

    IG:@masyrifahainun

    BalasHapus
  16. Wah hebat yaaa udh nulis 60 buku

    BalasHapus
  17. Assalammualaikum mbak naqiyyah dan mbak yeni, mau menjawab pertanyaannya ya semoga bisa menang dan membaca buku Cinta Suci Adinda untuk merefreshing otak dan menambah wawasan
    1.Mbak Afifah Afra
    2.Alasan ingin membaca untuk menambah wawaasan dan merefreshing otak karena saya sangat suka membaca novel apalagi novelnya mbak Yeni yang gaya bahasanya dan alur ceritanya menarik dan mudah dicerna otak, apalagi novel yang meninggalkan kesan motivasi dan ada hikmah dibalik ceritanya sungguh menarik untuk segera dibaca


    IG : @fitria_listia

    BalasHapus
  18. Bismillah. Aku ikutan ya mbak Naqi. Semoga kali ini rezeki. Aamiin

    1. Penulis Novel Cinta Suci Adinda: Afifah Afra (Yeni Mulati)

    2. Alasan ingin punya buku Cinta Suci Adinda:

    Awal membaca review dari mbak Naqi, saya bisa langsung menerjemahkan bahwa cerita di dalam novel ini sangat luar biasa. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik. Terutama tentang hubungan dan kehangatan di dalam keluarga. Apalagi terhadap kedua orang tua. Mereka adalah sosok mulia yang harus selalu kita sayang dan hormati dalam keadaan apapun. Terlebih jika tubuh mereka sudah melemah karena usia.jangan sia-siakan saat mereka masih ada. Selagi masih ada orangtua di rumah kita, maka ada banyak peluang bagi kita meraih ridho Allah.

    Aku juga ingin buku ini bisa dibaca seseorang yang saat ini cenderung abai dengan ibunya karena sang ibu merepotkan menurutnya. Semoga nanti saat aku beri buku ini,dapat membuka hati kecilnya, betapa orangtua itu adalah anugrah terindah yang tak boleh disia-siakan.

    Aku juga penasaran dengan kisah perjuangan Adinda dalam menghadapi liku hidup beserta kisahnya dengan Dokter tersebut.

    IG: @Rika_Altair

    BalasHapus
  19. 1. Penulis: Afifah Afra

    2. Alasan ingin membaca buku ini tema yang diangkat tentang dunia kedokteran, terutama yang menyangkut pasien RSJ, itu sangat menarik dan informatif. Kisah perjuangan suster Adinda pun begitu menginspirasi. Ditambah lagi covernya juga cantik. Jadi semakin penasaran dengan novel ini. Semoga bisa menjadi salah satu dari pembacanya.

    IG: @nunaalia

    BalasHapus
  20. 1. Penulis nya adalah Afifah Afra

    2. Saya tertarik sekali ingin membaca novelnya. Penasaran, belum pernah membaca novel bertemakan kesehatan, pasti menarik alur ceritanya. Selain itu, novel ini juga cukup inspiratif bagi saya sebagai seorang penikmat novel. Semoga saya bisa menjadi salah satu pemilik novel ini.

    3. Instagram: @novrian_haqiki23

    BalasHapus
  21. 1. Penulisnya : Afifah Afra
    2. Ingin baca tulisan ini, karena aku dari dulu suka sama anak kesehatan, dan sampe sekarang masih belum tak pastikan. anaknya belum tahu juga :D udah sih itu daong alasan sederhanaku. sama belum punya bukunya mbak afra mbak..

    instgram: @ilhamsadli

    BalasHapus
  22. 1. Penulisnya: Kak Afifah Afra
    2. Bahasa dalam tulisan kak Afra meramu bumbu romantis dibalut konflik batin yang dapat dikadikan solusi bagi keluarga. Selain itu membahas perjalanan yang dapat dijadikan hikmah dalam berkeluarga maupun single.

    instagram: @mivanauliarokhman

    BalasHapus
  23. 1. Penulisnya : Afifah Afra
    2. Karena bahasa tulisan kak Afra sangat menghibur untuk menambah inspirasi bagi pembaca. Selain itu menambah kisah yang mengudara konflik batin mampu memperdaya reaksi pembaca untuk memberikan pendapat terlalu terkesan dalam novel tersebut.

    instgram: @mivanauliarokhman

    BalasHapus
  24. Yah telat deh ikutan GA-nya. Kalau mbak afra aku paling ingat sama novelnya yang bulan mati di javashce orange

    BalasHapus
  25. Duuuh aku jadi penasaran nih mba sama cerita lengkapnya. Gimana yaa endingnya.

    Mau ikutan GA nya eh udah telat :D

    BalasHapus
  26. Pengumumana : Pemenang Give Away adalah : IG: Nihaya_elfishy Mohon kirim alamat lengkap via WA : 081379562508 (Naqi).

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^