Sabtu, 21 April 2018

Cerdik Menjaga Kesehatan dari Diabetes


Saat diajak ACT Lampung ikut Senam Zumba Massal dalam rangka Hari Kesehatan Dunia, aku menyambut dengan gembira.  Sudah lama banget pengen senam tapi kok ada aja halangan. Dulu, saat di Padang, ada kelompok senam aerobik dekat rumah, sampai di Lampung mulai lupa deh pengen rajin senam hiks...

Nah, pada tanggal bertepatan dengan Hari Kesehatan Dunia, kami dari Tapis Blogger berkesempatan dapat tiket gratis untuk cek kesehatan dan juga senam zumba massal.Acara awalnya akan dimulai Pukul 06.00 WIB tapi molor hihi... tapi alhamdulillah aku ketemu Yoga dan Hermawan jadinya enggak sendirian banget, teman-teman lainnya belum datang. Namun, terlihat peserta lainnya sudah ramai membentuk kelompok untuk Senam Zumba Massal. Beberapa instruktur sudah terlihat di sekitar panggung.

Dari pagi sudah siap senam nih tim Tapis Blogger :)

Serunya Ikut Senam Zumba

Tak lama Senam Zumba Massal akan dimulai, para peserta membentuk barisan dengan membentangkan kedua belah tangan agar ada jarak. “Ayo rapikan barisannya!” instruktur senam sudah bersiap. Peserta yang terdiri dari berbagai usia dan kalangan juga sudah tak sabar mau menggerakan tubuhnya. Tak hanya para perempuan, para laki-laki juga ada yang ikutan.

Jaga kasehatan ya, manisnya hidup kita yang tentukan :)

“Wah, ada kakek dan nenek juga euy! Jangan sampai kalah gerak!” ujarku pada seorang teman di sampingku. Ya, ajang senam ini jadi ajang silaturahmi. Ketemu teman yang selama ini kenal sekilas aja hehe...
“Sama siapa Mbk, tanyaku?”
“Sama keluarga dan group senam,” ujar Mbk Sulis. Widiw kece sekeluarga ikutan ya?

Senam Zumba dimulai, diawali dengan pemanasan dan satu persatu teman Tapis Blogger sudah hadir. Aku memilih senam di bagian depan terus pindah kebagian belakang hihi.... makin seru karena gerakan senamnya emang bikin banyak berkeringat.

Baca Juga : Eliminasi Hepatitis Menuju Keluarga Sehat

Instruktur Senam Zumba Massal :)

Instruktur senamnya berganti-ganti.  Satu instruktur senam terdiri dari 2 lagu. Dari instruktur yang emang jago senam  zumba hingga yang biasa yoga ikut hadir. Jadi pengen nyatat jadwal mereka melatih senam ya? Hehe..

CERDIK Menjaga Kesehatan dari Ancaman Deabetes

Senam berhenti sejenak mendengarkan kata sambutan dari Pihak acara. Kata sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan Tropicana Slim.  Acara ini diakukan serentak oleh 21 Kota di Indonesia loh! Melalui kampaye #BeatDiabetes menyatakan kalau Tropicana Slim siap memerangi penyakit diabetes yang telah menyerang 10,3 jua orang di Indonesia. Bahkan Indonesia masuk peringkat ke-6 sedunia, hiks...

Senam Massal Zumba (Foto by Hermawan)

Selain senam, acara ini juga ada pembagian susu gratis dari Tropicana Slim, peserta boleh mencicipi untuk melengkapi nutrisi, pengecekan kesehatan kadar gula darah secara gratis, pengundian tiket dan peserta akan mendapatkan door prize sekaligus pembagian buah secara gratis sebagai pendukung GERMAS.
Kata sambutan kedua Pak dr Edwin Rusli, MKM  Kepala Dinas Kesehatan. Namun, beliau berhalangan hadir dan kata sambutannya dibacakan saja. Menurut beliau, pemerintah sangat mendukung GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

GERMAS yaitu suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran 

Kegiatan GERMAS dilakukan dengan cara :

Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari
Memeriksa kesehatan secara rutin
Makanan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang

Perwakilan Tropicana Slim, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dll Foto By Hermawan
Baca juga : Peran Blogger Untuk Prevalensi Stunting di Flash Blogging Lampung

Upaya pengendalian penyakit tidak menular dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam menuju masa muda sehat, untuk hari tua nikmat dilakukan melalui perilaku CERDIK yaitu :


CERDIK :

Cek kondisi kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin aktivitas fisik
Diet sehat dengan kalori seimbang
Istirahat yang cukup
Kendalikan stress

Cek Kesehatan Gratis

Cek kesehatan dan konsultas dengan dokter gratis


Di tempat acara sudah disiapkan beberapa tenda untuk cek kesehatan secara gratis. Aku pun mencoba mengecek seberapa ideal atau tidaknya lemak. Selain itu ada juga mengecek kadar gula. Nah, setelah antri panjang alhamdulillah akhirnya bisa ngecek kadar gula hehe... dan hasilnya normal.

Namun, biar lebih menyakinkan aku tetap konsultasi dengan dokter. Aku disarankan untuk mangatur pola makan dan berolahraga. Untuk asam urat yang aku derita saat ini, disarankan untuk tidak makan jantung pisang, hadeeh itu masakan kesukaan loh hiks...


Usai cek kesehatan kami mendengarkan pengumuman door prize, sayang belum rezeki nih, kami belum ada yang menang hehe... Namun, happy banget deh bisa ikut Senam Massal Zumba bersama Tropicana dan ACT lampung.
Usai senam jadi makin segar :)

2 komentar:

  1. Berbaris di belakang si kakek yang semangat senam aku merasa bak butiran debu hahaha

    Asik sekali zumba zumba masal begitu ternyata. Its my first time. Dan sangat fun. Biasanya minggu pagi gitu aku masih molor syantikkk soalnya. Minggu yang sangay berfaedah.

    BalasHapus
  2. Apakah stress berlebihan bisa memicu diabtes juga yaa? Hmm, intinya harus pola hidup yang sehat supaya tidak terkena diabetes.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^