Sabtu, 28 April 2018

4 Tips Menjaga Kesehatan dan Persiapan Puasa


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


4 Tips Menjaga Kesehatan dan Persiapan Puasa. Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Rasanya senang sekali menyambut Bulan Ramadhan karena kita pasti butuh Ramadhan. Iya, kalau di Bulan Ramadhan semua jadi khusu’ beribadah. Televisi juga semakin semarak dengan iklan religi, masjid juga penuh dengan jama’ah terawih, anak-anak juga gemar mengaji. Seru ya?


Menyambut Ramadhan diperlukan persiapan yang matang agar jiwa raga siap. Nah, bagaimana menjaga kesehatan agar ibadah kita maksimal? Apa saja sih yang dipersiapkan? Ikuti langkah-langkah berikut :

Cari Ilmu Tentang Ramadhan


Cari Ilmu Keutamaan Bulan Ramadhan

Cari keutamaan Bulan Ramadhan. Kita berusaha mencari info sebanyak-banyaknya mengenai keutamaan Bulan Ramadhan dan ibadah puasa (shaum) baik dari segi fiqih (tuntunan tatacaranya dalam Islam), keutamaannya, manfaatnya dan ibadah sunah apa saja yang diajurkan selama Bulan Ramadhan.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu bertakwa.” (Qs. Al Baqarah, 2 : 183).

Keutamaan utama berpuasa di Bulan Ramadhan adalah diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Nah, sahabat Smart Mom, kalau masih terasa galau dengan dosa yang pernah dilakukan.

Target
Ajak anak menyambut Bulan Ramadhan

Buatlah target ibadah dan amal shalih selama Bulan Ramadhan. Baik buat diri sendiri mau pun bersama keluarga. Nah, saat aku ikut  Ibu Profesional Lampung kami diajak membuat Family Project di Bulan Ramadhan loh. Anak-anak di Playdate juga diajak menghias menyambut Bulan Ramadhan. Aku juga sudah menyiapkan rencana saat Rmadhan nanti untuk kegiatan bermain Fatih dan Aisyah. Beberapa permianan itu adalah :
1. Bercerita mengenai Rasulullah Saw dan Sahabat Nabi.
2. Membuat kolase tema Ramadhan.
3. Membuat Pohon Istimewa, seperti pohon literasi dari buku yang telah dibaca.
4. Mencari jejak. Permainan ini mencari hadiah untuk yang sedang berpuasa. Akan aku siapkan makanan atau biskuit yang disembunyikan dibeberapa tempat.
5. Membuat Panggung Boneka.
Menjelang berbuka puasa, aku  mau mengajak anak-anak di sekitar rumah mendongeng. Ceritanya enggak usah panjang, cukup 10-15 menit mengenai tema Islami.

Persiapan Fisik

Selain persiapan ilmu dan finansial, diperlukan juga persiapan fisik saat Bulan Ramadhan. Sebelum Bulan Ramadhan persiapkan kesehatan agar ibadah menjadi lancar.  Saat ini aku sudah melist apa saja yang harus aku lakukan agar badan fit sebelum Bulan Ramadhan tiba.

Berikut 4 Tips Menjaga Kesehatan Persiapan Puasa :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Pernah aku mengalami sakit pinggang. Ketika aku cek, ternyata aku kurang minum. Sejak itu, aku mencoba teratur minum minimal 8 gelas per hari. Ini sangat bermanfaat agar badan tetap fit.

2. Atur Jadwal Tidur
“Mi, langsung tidur!” ujar suami.
Ya, kadang aku suka keasyikan ngetik sampai telat tidurnya. Akibatnya tidur sehari hanya 3-4 jam saja. Padahal, kalau ingin badan tetap sehat dan bugar, tidur sekitar 7 jam sehari.

3. Olahraga
Sejak mengalami sakit asam urat, aku rutin berolahraga. Jika tidak berenang aku jalan kaki. Jalan kaki muter-muter komplek dekat rumah rutin minimal 30 menit secara rutin setiap hari. Tapi, aku baru bisa 2 minggu sekali hiks...

Berenang yuk! Mau banget!

4. Mengatur Pola Makan
Ingin sukses beribadah di Bulan Ramadhan, sebaiknya sudah mempersiapkan fisik dari jauh hari, termasuk mengatur pola makan. Badan yang sehat dan bugar sangat diperlukan bagiku yang sering beraktivitas di luar rumah, seperti mengisi pelatihan kepenulisan, kelas blogger, mengikuti seminar parenting hingga atar-jemput anak sekolah. Sejak mengalami asam urat, aku mengurangi makan daging, kacang-kacangan dan bayam. Alhamdulillah perkembangannya semakin baik.

Untuk Bulan Ramadhan ini, temanku merekomendasikan mengkonsumsi  MyBio Susu Kolostrum. MyBio Susu Kolostrum adalah susu rendah lemak dengan kolostrum dan kalsium, difortifikasi vitamin dan mineral, membantu meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan tulang.


Apa Itu Kolostrum?

Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh kelenjar mamalia pada 16 jam pertama setelah melahirkan. Ini sangat berguna dalam mendukung kehidupan bayi yang baru dilahirkan loh. Nah, kandungan dari kolostrum mengandung zat besi 10-17 kali lebih banyak, Vitamin D 3 kali lebih banyak, dan Vitamin A 10 kali lebih banyak dibandingkan susu biasa. Jadi, kalau Ibu baru melahirkan, ASI Kolostrum sangat bermanfaat bagi  bayi.
  

Anak-anak dan orang dewasa dapat mengkonsumsi MyBio Susu Kolostrum karena dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga anak-anak lebih tahan menghadapi penyakit, dan juga mendukung pertumbuhan mental dan fisik. Untuk remaja juga baik loh karena membantu memperkuat sistem imun dan meningkatkan pertumbuhan tulang yang sehat. Bagi orang dewasa juga sangat diperlukann karena dapat membantu menangkal racun-racun. Bagi orang tua juga dapayt menstimulasi reproduksi sel baru dan memperlambat proses penuaan.



Cara membuatnya juga mudah banget. Cukup siapkan 150 ml air hangat, tuangkan 1 sachet ke dalam gelas, aduk dengan sendok plastik dan minum sebelum makan sebanyak 2x sehari. 


Ingin mendapatkan info lebih lengkap mengenai MyBio Susu Kolostrum silakan hubungi :



PT. ADI JAYA NATURINDO
The Kensington Commercial Kelapa Gading
Jl. Boulevard Kelapa Gading Blok TKC / B07
Kelapa Gading, Jakarta 14240
+6285881133853 / 021 2452 0964

Facebook: MyBio Colostrum Milk
Instagram : @mybiomilk
Twitter : @mybio_brand

Nah, sahabat Smart Mom, ingin badan sehat dalam menyambut Bulan Ramadhan, lakukan 4 Tips Menjaga Kesehatan dan Persiapan Puasa di atas. Semoga info tersebut bermanfaat ya. Selamat Menyambut Bulan Ramadhan! Nah, apa sih tips darimu? Share dong!

37 komentar:

  1. Buat anak 1tahun bisa ga ya mbak? Baby K tuh ga mau sufor soalnya x aja nyobain ini cocok

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah semakin diingatkan untuk memberikan persiapan buat Ramadhan. Aku termasuk yangs udah mulai bersiap siap, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk kudu persiapan biar kelak meraih kemenangan :)

      Hapus
  3. Nggak terasa ya, sudah mau bulan puasa saja.
    Harus mempersiapkan segalanya nih termasuk kesehatan. Nyontek tipsnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbk Ijul. Iya Mbk, persiapan kesehatan penting banget.

      Hapus
  4. Gak terasa ya mbak, sebentar lagi sudah mau Ramadhan.. cukup banyak ya persiapannya supaya ibadah lebih maksimal..

    BalasHapus
  5. Mudah2an kita semua smp.pd bulan ramadhan ya mba, tipsnya bner bnget semuanya apalagi d tmbah susu.my bio baru tahu ini ada kandungan colestrumny

    BalasHapus
  6. Waaah. Sekarang orang dewasa juga bisa mengonsumsi kolostrum. Kemajuan teknologi memang hebat.

    BalasHapus
  7. Gak teraa bentar lagi ketemu puasa lagi ya mbak.emang penting mempersiapkan fisik dan mental, khususnya buat anak2 kalau mereka mau puasa jg, juga buat ibunya krn pasti aktivitas tambah banyak dan harus puasa. Pensaran susunya nih kyke buat nambah2 stamina ok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, emak-emak pasti bakal sibuk banget ya

      Hapus
  8. Betul mba, dulu adik ku mengkonsumsi susu kolostrum aku lupa merk apa dan 1 box nya ratusan ribu yang isinya hanya beberapa sachet. Sadly, aku lupa merk nya dan belakangan aku tau ada susu kolostru yang di jual 40.000an per box tapi ga yakin itu asli kolostrum. Aku jadi ingin coba my bio, semoga sesuai exkspektasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba in Mbk sapa tau cocok dan bikin Mbk tambah fresh

      Hapus
  9. Yang punya hutang puasa, jangan lupa buat bayar puasanya, hehehe. My Bio lumayan tuh buat perbekalan

    BalasHapus
  10. Bulan Ramadhan mamang harus pinter bagi waktu nih. Buat badan, ruhiyah, sama tugas ini itu.
    Makasih mbk tipsnya...

    BalasHapus
  11. Bulan Ramadhan mamang harus pinter bagi waktu nih. Buat badan, ruhiyah, sama tugas ini itu.
    Makasih mbk tipsnya...

    BalasHapus
  12. Wahh sangat membantu sekali informasi dan produknya untuk persiapan menjelang ramadhan.. makasih mbak....

    BalasHapus
  13. Setuju atur pola makan dengan kandungan makanan bergizi. Btw penasaran banget sama susunya, kandungan kolostrumnnya itu lho yg bikin kepo.

    BalasHapus
  14. Tips nya bagus.
    Jangan lupa juga persiapkan niat.

    BalasHapus
  15. makasih tipsnay, dan sudah kembali bertemu ramadhan, alhamdulilah

    BalasHapus
  16. Memang harus diatur dengan baik ya mba. Aaah Ramadhan memang selalu istimewa ;)

    BalasHapus
  17. Itu tempat renangnya keceh sekali mba. Aq juga mau coba susu my bio colostrum buat anakku, semoga cocok. Aamiin

    BalasHapus
  18. semoga Ramadhan ini saya bisa beribadah dengan baik

    BalasHapus
  19. Waktu tidur kita sehari sama, Mbak, 3-4 jam aja huehehe
    Ramadhan bentar lagi datang, mesti persiapan matang buat menyambutnya nih. Makasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  20. Sungguh bulan mulia, tepat di bulan ramadhan saya pun terbebas dari rokok. Semoga pada sukses puasanya :)

    BalasHapus
  21. Memang kalo mau full ramadhan harus punya target di awal berapa juz yang akan dibaca dll.
    Masalah kesehatan harus dijaga juga ya mbak. Biar fit 30 hari puasa

    BalasHapus
  22. Makasi tipsnya bu naqi..bermanfaat bangeet

    BalasHapus
  23. Busui macem saya kayanya perlu nih minum susu my bio biar puasanya tetep lancar jaya

    BalasHapus
  24. Busui macem saya kayanya perlu nih minum susu my bio biar puasanya tetep lancar jaya

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah diingatkan utk jaga kssehatan jelang ramadan. Semoga kita semua sehat . Aamiin

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah dapat info yang sangat bermanfaat. Saya sendiri bukan penggemar susu sih. Paling sy konsumsi spirulina. Kalau anak2 minumnya susu uht sama madu 😁

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^