Kamis, 05 Juli 2018

Sambut Asian Games 2018 dan 10 Cabang Olahraga Baru


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, Sebentar lagi perhelatan Asian Games 2018 akan segera dimulai. Kalau lihat poster dan baliho di mana-mana sudah banyak dukungan acara Asian Games 2018. Jadi teringat zaman kecil saat Ayahku nonton bola, bulu tangkis, renang, sepak takraw, dan cabang lomba lainnya di acara Asian Games. Ayahku sempat menempel jadwal pertandingan di belakang pintu sehingga mudah sekali kami serumah tahu jadwal pertandingan hehe.... 

Tahun demi tahun berlalu, kenangan kecil itu membawa aku semakin penasaran dengan acara Asian Games 2018. Akhirnya aku mencari info, kapan sih Asian Games pertama kali dimulai? Asian Games ini adalah pesta olahraga paling bergengsi se-Asia. Sebelum ini, Indonesia sudah pernah jadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 silam. 



Wah, sudah lama ya? Nah, menurut yang aku baca, saat itu Indonesia sangat antusias menyambut peserta dilaksanakan di Jakarta, kompetisi olahraga empat tahunan itu diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018 di dua kota, yaitu di Jakarta dan Palembang. Tahun ini akan ada  40 cabang pertandingan terdiri dari  32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.


Gelora Sriwijaya (Sumber : https://srivijaya.id)


Keseruan menyambut Asian Games 2018 terlihat dengan berbagai macam pernik menggunakan maskot Asian Games 2018. Nah, kita kenalan yuk dengan 3 maskot Asian Games 2018!


Inilah 2 Maskot Asian Games 2018 :

maskot asian games 2018


1. BHIN BHIN 

Nah, si Bhin-bhin ini adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Menurut yang aku baca dari bahan website https://asiangames2018.id. Bhin-bhin yang lucu ini  mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. 

2.  ATUNG 

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung si rusa yang menggemaskan ini mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. 


3. KAKA 
Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka si badak yang imut ini mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.


anak-anak dan maskot asian games 2018
Anak-anak dan maskot Asian Games 2018 (Sumber IG @asiangames2018)

Maskot lucu ini bikin kita makin semangat mendukung peserta lomba Asian Games 2018 ini. Selain itu, tahun ini akan ada 10 cabang olahraga Asian Games yang pertama kali :


10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018


1.       Rollersport

Rollersport adalah cabang olahraga yang terdiri dari skateboarding dan roller skate. Olahraga ini banyak penggemarnya loh. Biasanya anak muda.

Rollersport (Sumber IG @asiangames2018)

2.       Bridge
Tahun ini pertama kali cabang lomba ini dipertandingkan. Olahraga otak ini mirip seperti catur. Namun, bridge harus dimainkan berpasangan dan media yang digunakan adalah kartu remi, berbeda dengan catur dengan bidak.


Bride cabang baru di Asian Games 2018 (Sumber IG @asiangames2018)

3.       Basket 3x3
Lomba basket ini baru pertama kali akan ditandingkan. Akan berbeda dengan basket reguler karena olahraga ini terdiri dari 6 pemain saja. Lapangan yang digunakan juga tidak full hanya setengah lapangan saja.

4.       Jet Ski
Sering dong dengar Jet Ski. Cabang olahraga ini sering kita lihat di TV hehe... kalau pertandingan nanti di lokasi yang disetujui di Pantai Indah Ancol.

5.       Pencak Silat
Saat tinggal di Padang, Pencak Silat ini menjdi salah satu ekskul wajib anakku.  Pertandingan ini mempertaruhkan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Seni bela diri ini berasal dari Indonesia yang paling ditunggu-tunggu di Asian Games 2018.


Pencak Silat (Sumber IG @asiangames2018)

6.       Jiu Jitsu
Seni bela diri ini sesikit eksrim ya soalnya seperti gulat,  serangan keras, gigit, mengunci sendi dan berfokus menjatuhkan musuh di titik tengah gravitasinya. Widiw, nonton ini kudu siap cemilan ya hihi....

lomb asian games 2018
Jiu Jitsu (Sumber IG @asiangames2018)

7.       Sambo

Baru pertama kali sih aku dengar Sambo ini. Ternyata adalah seni bela diri merupakan perpaduan antara berbagai macam gaya seni bela diri yang ada di dunia, yang kemudian disatukan agar lebih efisien dalam menyerang lawan dan mempertahankan diri.

8.       Kurash

Kurash berasal dari Uzbekistan. Seni bela diri ini memiliki gerakan menyerang lawan, saling membanting lawan, bahkan saling mengaitkan baju untuk menjatuhkan lawan.

9.       Paralayang

Seru loh melihat cabang lomba ini. Peserta akan terun bebas dengan menggunakan parsut. 

10.   Panjat Tebing

Nah, ini perlu atlet yang teruji ya. Memanjat tebing hingga mencapai puncaknya.


spanduk asian games 2018 di lampung

Nah, itu 10 pertandingan yang baru pertama kali ada di Asian Games 2018 ini. Oiya Sobat Mom, saat aku jalan-jalan ke Lampung, aku menemukan spanduk pendukung Asian Games 2018. Senang dan bangga deh Indonesia menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Aku juga mau ngajak anak-anakku ikut menyemangati atlet dengan mengenalkan lagu  ini. Lagunya seru banget deh bisa ikutan bersemangat, yuk ikutan nyanyi juga! Nah, kalau di kotamu gimana semaraknya menyambut Asian Games 2018? Seru kan? Cerita dong!




26 komentar:

  1. Waah nambah 10 cabang olahraganya. Semoga Indonesia bisa borong juara nanti sbg tuan rumah.. 😊

    BalasHapus
  2. Wah, keren. Dan saya baru tahu duung, tentang cabang baru olahraganya. Makasi infonya yaa 🙏🙏

    BalasHapus
  3. wah seru banget. rencananya kami mau jalan jalan ke palembang nanti bulan agustus kalo tidak ada halangan. memberi dukungan atlet kita. di tempat kita banyak atlit panjat tebing. semoga Indonesia jadi juara umum

    BalasHapus
  4. Gelora sriwijayanya keren banget

    BalasHapus
  5. Maskot asian games nya lucu lucu hehe

    BalasHapus
  6. Wah banyak juga ya cabang lombanya

    BalasHapus
  7. Semoga Indonesia bisa dapet banyak emas di kandang sendiri hehe

    BalasHapus
  8. Theme song nya bagus hehe

    BalasHapus
  9. Kayaknya semangat Asian Games ini menyebar sampai ke pelosok ya Mbak. Hampir semua elemen masyarakat ikut bersuka cita menyambutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbk, boneka maskot nya juga cakep ya

      Hapus
  10. Wuih mbk ulasannya komplit sekali. Jadi ingat waktu sekolah sering ada pertanyaan seputar perhelatan besar di ujian cawu jadi kami harus baca koran yang rajin. Bangga dengan Indonesia yang jadi tuan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap Mbk bangga Indonesia jadi tuan rumah 😍

      Hapus
  11. Semoga Asian Games sukses dan Indonesia bisa membawa banyak mendali emas. Ada lomba bridge, mau tau cara bagaimana cara mainnya.?

    BalasHapus
  12. Gua baru tau ada olahraga bridge hehe,

    BalasHapus
  13. saya baru tahu ternyata maskot Asian Games 2018 di Indonesia itu dari hewan-hewan yang ada di Indonesia.. semoga Agustus perhelatan Asian Games bisa memacu semua atlit menjadi yang terbaik

    BalasHapus
  14. Berharap di tanggal 18 Agustus ada di Jakarta jadi bisa merasakan kemeriahan Asian Games :-)

    BalasHapus
  15. 10 cabang baru ini masih ada yang asing dan belum aku paham banget kayak apa lombanya, hihihi

    BalasHapus
  16. Aduh makin tidak sabar nonton Asian Games 2018

    BalasHapus
  17. Mari dukung bersama Asian Games 2018 ..gak sabar nih nunggu pembukaan nya

    BalasHapus
  18. Wa alaikumsalam kakak, ternyata banyak banget ya cabang olahraga yang baru masuk Asian Games 2018, jadi bingung nich mau nonton yang mana

    BalasHapus
  19. Penasaran banget pengen liat pertandingan ke 10 cabor baru itu..

    BalasHapus
  20. Yuk ah mari #dukungbersama asian ganes 2018 untuk kemenangan indonesia. Indonesia pasti juara!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^