Senin, 29 Oktober 2018

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Apartemen



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Suatu ketika aku terpesona dengan apartemen sebuah drakor yang aku tonton. Tokoh dalam drakor ini memiliki dua anak, yaitu laki-laki dan perempuan. Di apartemennya rapi dan tersusun berbagai permainan edukatif. Selain itu, tetangganya juga sangat kondusif. Pernah suatu hari anaknya akan diculik, penghuni apartemen lainnya bergerak cepat menangkap si penculik dengan menyebar info di group WA.

Menonton film ini pemikiranku terang apartemen berubah. Jika dulu aku berpikir, "Wah, sok kaya orang pilih tinggal di apartemen, entar enggak bisa bersosialisasi!" ternyata salah ya?  Tidak selamanya loh yang tinggal di apartemen itu memilih tempat tinggal di sana karena gengsi.

Menurut Wikipedia, apartermen merupakan sebuah jenis tempat tinggal yang hanya mencakup sebagian dari suatu bangunan. KBBI mengartikan apartemen sebagai tempat tinggal (terdiri atas kamar duduk, kamar mandi, dapur dan sebagainya). Biasanya apartemen ini dalam satu bangunan bertingkat besar dan mewah. Terdapat juga berbagai fasilitas penunjang penghuninya.



Perlu diketahui, jumlah apartemen di Indonesia terus meningkat. Tak jarang iklan tentang jual apartemen sering muncul di TV. Tidak bisa dipungkiri kebutuhan tentang tempat tinggal sekarang sangat penting. Apalagi penduduk Indonesia terus bertambah.

Untuk memilih apartemen yang ideal dan sesuai kebutuhan, Moms perlu melakukan hal berikut :

1. Cek Lokasi

Sebelum melakukan sewa apartemen atau membelinya, hendaknya Mom melihat lokasinya, apakah dekat dengan tempat beraktivitas, seperti dekat dengan kantor, sekolah anak, sehingga lebih efisien dalam menghemat tenaga, waktu dan biaya transportasi.
 

2.  Cek Fasilitas.

Apartemen biasanya menawarkan fasilitas yang dapat digunakan oleh penghuninya, seperti fasilitas kesehatan, olahraga, kolam renang (dewasa dan anak), tempat bermain aka, hingga pusat perbelanjaan. Cek juga apakah disekitar apartemen telah memiliki keamanan yang memadai. Dari Security, CCTV dan ATM.

3. Tanyakan Apa yang Termasuk dalam Biaya Sewa dan Tidak.

Nah, sebelum menyewa apartemen, Mom membuat list apa saja yang termasuk dalam biaya sewa, misalnya tagihan listrik, internet, uang kebersihan, uang keamanan atau lainnya.

4. Cek Penghuni Sekitar

Akan lebih nyaman jika mengenal siapa saja penghuni apartemen di dekat yang akan kita sewa atau beli. Ajak anak untuk mengecek lokasi. Perkenalkan calon tetangga apartemen kita. Mom dapat mengajak anak berdiskusi sebelum memutuskan untuk sewa membeli apartem

5. Cek Legalitas

Nah, setelah 4 informasi di atas, Mom wajib mengecek juga legalitas izin tanah dan berdiri bangunan apartemen sebelum membeli atau menyewa. Agar lebih aman lakukan perjanjian atau akad dengan dokumen lengkap, seperti hak pemilik tanah, Hak Guna Bangunan dan lainnya.

Berapa sih sewa apartemen atau membeli apartemen?

Nah, pertanyaan ini sering kali diajukan atau paling tidak terpendam dalam hati, iya enggak, Moms? Untuk sewa apartemen harian, bulanan atau membelinya, memilik harga yang berbeda-beda. Dari informasi yang aku dapatkan, harga sewa per bulan salah satu contohnya disebuah apartemen senilai Rp. 18 juta dan harga jual dimulai Rp. 2,6 Milliar. Namun, ada sewa yang murah Sewa selama setahun dengan Rp 3.500.000 per bulan + setoran Rp 3.500.000 yang akan dikembalikan pada akhir periode kontrak jika semua tagihan dan kondisi apartemen masih bagus. Selain itu, ada harga jual apartemen mulai dari Rp. 630 juta (bisa nego) dan lainnya.

Namun, ada harga, ada kualitas. Dengan memilih tinggal di apartemen Mom sudah mendapatkan berbagai fasilitas dan kemudahan. Jika dihitung dengan biaya pengeluaran tentu sesuai dengan yang ditawarkan apartemen. Ada baiknya sebelum memutuskan timbang dulu untuk untung dan rugi sewa aparteman atau membeli apartemen.

Itulah Tips sebelum menyewa atau membeli apartemen semoga membantu ya!

10 komentar:

  1. Aduh ya ampun mahal bngt ya harga apartemen, padahal aku pengen investasi trus disewain lg loh mak

    BalasHapus
  2. pembangunan apartemen skrg ini semakin marak ya mba...

    BalasHapus
  3. Dulu saya pingin banget tinggal di apartemen. Tp akhir akhir ini SDH tidak ingin LG, gara2 kepikiran kalau misalnya (jangan sampai sih) ada gempa, tinggal di apartemen mungkin akan lebih sulit untuk menyelamatkan diri

    BalasHapus
  4. Cita2 sih dulu kpingin bngt punya apartemen buat singgah atau disewa .. mesti kumpulin uang dulu nih noted bngt tipsnya

    BalasHapus
  5. Salah satu impian saya tinggal di apartemen. Hehehe... saya tau drakor itu mbak. Hihihi...

    BalasHapus
  6. Waaaa tipsnya menarik dan berguna bgt
    Thanks, mba Naqi

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Ya ampuun duit semua tuu berasa ya buat sewa apartemen ajah tetep sy lebih suka yg nyentuh tanah hehe

    BalasHapus
  8. Tips yg bagus nih kalo kita pgn pnya unit apartemen, biar gak kecewa nantinya ya
    Pgn ah pnya satu aja bs buat investasi kan

    BalasHapus
  9. Wah tipsnya oke banget tuh mba. Kadang kita suka ga memperhatikan 5 hal itu dan fokus ke diskon yg dikasih salesnya

    BalasHapus
  10. Sudah tahu rasanya tinggal di apartemen, tapi asik yang rumah biasa. Buat investasi kerennn ini bund.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^