Jumat, 02 November 2018

Matras Airtrack, Sahabat Perempuan yang Ingin Senam di Rumah




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak punya anak tiga, fisik sudah sangat berbeda. Mudah sekali capek dan drop. Jika sebelum menikah dikenal sebagai cewek aktivis, rapat sana-sini dan penuh energik. Namun, setelah menikah, prioritas telah berbeda. Kegiatan bersama keluarga adalah yang utama. Dari mengantar anak sekolah, menjemput anak sekolah, tugas domestik hingga pengembangan kapasitas sebagai ibu rumah tangga. Semua kegiatan itu memerlukan fisik yang kuat juga loh! Apalagi sejak melahirkan anak ketiga perut tidak ikutan kempis. Masih aja dikira orang hamil lagi, huhu...


“Ayo Taci, rajin olahraga! Senam saja dari rumah!” nasehat keponakanku seorang dokter. Ia memanggilku dengan sebutan Taci al
Iya sih, olahraga dari rumah itu paling memungkin karena tidak menghabiskan waktu dan modal yang banyak. Selama ini aku olahraga renang dan jalan kaki tapi sering malasnya,huhu...  Jalan kaki mulai jarang karena weekend beberapa kali ada acara, jadinya terlupakan. Renang pun sesekali menunggu jadwal sesuai dengan anak-anak renang.

Setalah dipiki-pikir, nasehat keponakanku boleh juga tuh! Akhirnya aku mencari info perlengkapan yang membantuku untuk sehat dengan senam dari rumah. Seorang teman merekomendasikan menggunakan matras airtrack. Wah, aku jadi penasaran apa itu matras airtrack ya?



Setelah Googling sana-sini akhirnya rasa penasaranku terjawab, kalau ada matras airtrack yang dapat digunakan untuk olahraga senam lantai. Matras air track ini membantu untuk gerakan salto atau berguling. Berukuran seperti kasur tiup dengan ketebalan 10 cm. 20 cm dan 30 cm dengan panjang rata-rata 4 m.
Selain itu kalau ingin mengajak anak-anak berolahraga di rumah akan semakin menyenangkan karena lebih aman dan matras air mat ini membuat anak-anak makin betah berolahraga.


Oiya Sahabat Smart Mom, sebelum senam, sebaiknya lakukan persiapan sebagai berikut :

1. Mempersiapkan Diri

Buatlah jadwal untuk senam untuk sendiri, bersama anak atau bersama keluarga. Jika anak ingin senam, lakukan pengawasan orang dewasa. Lakukan rutin agar badan tetap fresh dalam berbagai aktivitas.

2.  Pakaian yang Sesuai.

Untuk senam, sebaiknya pilih pakaian yang tidak terlalu ketat agar kulit tidak lecet. Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat. Jika rambut panjang, ikatlah terlebih dahulu. Jika mengenakan kaca mata, ada baiknya dilepas dan ditaruh di tempat yang aman dari rangkaian anak-anak.


3. Tempat

Pilih tempat yang nyaman di dalam rumah. Pilih tempat yang luas dan bebas dari barang-barang yang becah belah. Jika ada ruangan khusus untuk berolahraga di rumah itu lebih baik. Namun, jika tidak ada jadilah tempat yang luas dan datar.

4. Lakukan Pemanasan

Sebelum senam, ada baiknya lakukan pemanasan dimulai dari meregangkan seluruh tubuh. Pemanasan ini bermanfaat untuk meningkatkan performa dan mencegah cidera otot ya.

5. Cek Peralatan

Pastikan kembali alat penunjang senam jauh dari bahaya yang dapat menyebabkan cidera. Cek lantai dan matras yang akan digunakan. Pilih tempat yang datar dan bagian matras tidak ada yang menggelembung. Matras berguna untuk melindungi tubuh dari benturan disaat berguling atau melompat. Selain itu jika memiliki kolam renang di dalam rumah, gunakan saja air track pool gymnastics mat. Anak-anak pasti suka sekali untuk melompat dan berguling-guling seperti video berikut :



Nah, sahabat Smart Mom, ternyata mudah ya senam dari rumah. Apalagi jika ditemani dengan matras air track. Gerakan senam dapat dipilih di youtube yang mudah dilakukan saja. Salah satu senam berikut dapat dicoba di rumah ya. Semoga informasi di atas mengenai air track  berguna. Selamat mencoba!

14 komentar:

  1. matrasnya keren banget mbk.... bisa jadi keluarga sehat bentar lagi nih.. #jejakbiru

    BalasHapus
  2. Mbak kapan membuat pelatihan blogger lagi ?

    BalasHapus
  3. Wah ini asyik ya mbak buat senam2 di rumah. Olahraga emang penting tapi suka malas juga. Hiks.

    BalasHapus
  4. Kalau peralatan nyaman dan aman untuk di rumah. Olahraga bisa jadi menyenangkan ya Mbak Naqi

    BalasHapus
  5. Akupun demen olahraga di rumah
    Wahhh ini menarik bgt nih, kudu punya

    BalasHapus
  6. Bener banget klo urusan olahraga rutin tuh males banget haha
    Klo lagi mau dan inget jarum timbangan makin gerak ke kanan ya rajin. Tapi klo lagi mager, udah males aja pokoknya :D

    BalasHapus
  7. Lebih enak senam di rumah ya, kita bisa mengatur waktunya lebih fleksibel..

    BalasHapus
  8. Wah seru banget ya punya matras ini di rumah aku fix mau beli matras ini Terima kasih ya mbak buat infonya

    BalasHapus
  9. saya lagi rajin banget worksout di rumah nih mbak..penting banget memang pemanasan itu

    BalasHapus
  10. wah cocok ini matras airtrack buat istri nih mbak.. tapi belinya dimana ya?

    BalasHapus
  11. Aku pengen juga punya ini mbak
    Kall olahraga di lantai rumah suka lecet hehe

    BalasHapus
  12. Aku mau matras ini buat jadi alas pas anak2 nginjakin badan, hahaha

    BalasHapus
  13. Aku mau matras kayak begini, kayaknya enak ya dipakai utk yoga.

    BalasHapus
  14. Taci itu apa mbak? Tante atau budhe gtu ya? #dibahas
    Asyik kalau punya matras di rumah. Kalau aku punyanya yang alas yoga itu tapi dikasi org gak beli sendiri xixixi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^