Kamis, 29 November 2018

5 Rekomendasi Buku Anak



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Dalam 3 bulan terakhir, baca buku apa saja Moms? Aku jadi teringat saat mengisi formulir pemilihan Duta Baca Provinsi Lampung, ada list 10 buku yang sudah dibaca. Ya, sudah bisa ditebak, aku banyak membaca buku fiksi dalam 3 bulan terakhir. 

Dulu, aku lebih banyak mengoleksi buku non fiksi tema parenting. Namun dalam 3 bulan terakhir, bacaanku sangat beragam. Tapi, lebih banyak buku bacaan anak hehe... 

Buku anak itu banyak banget loh yang bagus-bagus. Apalagi isinya mengajak anak-anak menjadi anak yang sholeh, kreatif dan cerdas. Penulis buku anak Indonesia itu banyak bangets. Nah, ini ada 5 Rekomendasi Buku Anak Favoritku. Yuk, dikoleksi!

 5 Rekomendasi Buku Anak 


1. 10 Komik Pahlawan Islam - Izzah Annisa 


Ingin mengajarkan pahlawan Islam pada anak? Buku ini cocok banget deh buat anak usia SD. Ada 10 Sahabat Nabi yang memiliki kesitimewaan. Kina dapat mengenalkan sejak dini bagaimana ketangkasan para sahabat Nabi. Selain ibadahnya kuat, akhlak mulia dan juga pemberani melawan musuh Islam. Nah, sahabat Smart Mom, buku ini sudah best seller. Jadi, enggak akan menyesal deh membelinya. 

2. Aku Cerdas Mengelola Emosi - Watike Ideo dan Fitri Restiana


Zaman aku masih mengajar dulu, anak-anak diajarkan mengenalkan emosinya. Ada pohon emosi di kelas. Setiap hari anak-anak ditanyakan bagaimana kondisi perasaannya hari ini. Mengapa anak-anak diperlukan mengenalkan emosi? Ya, anak-anak agar dapat mengendalikan emosinya. Misal mengenalkan emosi rasa marah, takut, sedih dan lainnya. Nah, dari cerita di buku ini akan mengajarkan melatih anak-anak mengendalikan emosi. 


3. Pahlawan Bumi - Fadila Hanum


Aku sempat malu baca buku ini, lulusan S1 Kehutanan eh belum nulis tema lingkungan hehe... Dulu, pengen banget jadi aktivis ekofeminisme, tapi apa daya aku sibuk dengan kegiatan lain xixi... Buku karya Fadila Hanum ini sudah berprestasi menjadi buku non fiksi terbaik loh. Kalau ingin mengajarkan anak-anak mengenai sayangi bumi, manfaat menanam pohon dengan bahasa yang sederhana. Buku ini acuannya! 


4. Buku Apa Kata Rasulullah SAW - Tethy Ezokanzo 


Buku ini termasuk favorit Mas Faris. Saat baru belajar bacaan yang panjang, sekitar kelas naik kelas 4. Mas Faris sangat menyukai buku ini. Bahkan komiknya juga Mas Faris meniru untuk digambar. Mengenalkan adab dan akhlak Rasulullah Saw dengan cara menyenangkan dan bergambar, buku ini bagus banget buat dikoleksi. 


5. Princess Akhlak – Lisdy Rahayu 


Saat Aisyah kecil, aku suka banget membacakan buku ini pada Aisyah. Akhirnya Aisyah senang dipanggil Putri Aisyah hehe... Princess Aisyah sempat pengen kujadikan nama blog, namun akhirnya nama blog Aisyah www.jalanjalaniasyah.net. Ceritanya anak perempuan banget dengan mengajarkan akhlak mulia. Cocok banget sebagai ide cerita mendongeng loh, Moms! 

Nah, itulah 5 Rekomendasi Buku Anak Favoritku. Yuk, Mom dikoleksi juga agar anak-anak kita memiliki bacaan anak bermutu dan berkualitas. Oiya, ingin belajar menulis buku anak? Yuk, kita saling sharing! 


5 komentar:

  1. Waah... Terimakasih, smartmom. Btw, asyik juga ya di kelas ada pohon emosi. Idenya kereen.. 🙏😍

    BalasHapus
  2. Makasih, Mi. Udah merekomendasikan Komik 10 Pahlawan Islam. Saat ini, komiknya lagi jalan2 ke Chiang Mai, Thailand, lho. Nemenin buku2 Room to Read yang kemaren dilaunching di sana, hehehe...

    BalasHapus
  3. keren sekali. saya beberapa kali baca bukunya Mbak Izza. bagus dan emang rekomded buat anak-anak. anak-anak pasti suka kalo diceritain buku ini.

    BalasHapus
  4. Whaaaa dari semua buku ini aku baru punya satu dong.. Yang nomor 2, hihihi. Pengen nabung buat beli yang lain juga ahh. Makasih buat rekomendasi buku anaknya ya mb..

    BalasHapus
  5. Mbak, thanks bgt rekomendasi bukunya. Aku blm sempat2 mau beli buku mbak izzah dan uni fifi. Sekarang ada c boy, mau dikit2 mengoleksi buku anak ah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^