Senin, 02 April 2018

Tips Mengajak Anak ke Acara Blogger




Assalamualaikum sahabat Smart  Mom,

Tips Mengajak Anak ke Acara Blogger. Sejak menikah, aku sering mengajak anak-anak dalam aktivitasku. Baik acara kajian rutin, mengisi acara hingga kegiatan blogger. Kalau diacara pengajian, sudah lumrah menjadi “TPA” alias Tempat Penitipan Anak. Jarang banget ibu-ibu yang pengajian bebas bawa anak. Ada saja yang bawa anak. Entah yang masih bayi hingga sudah usia SD.



Bawa anak-anak ke acara emang merepotkan. Repot? Iya, persiapannya banyak! Kalau sendiri  bisa persiapan hanya 30 menit atau 1 jam. Kalau bawa anak? Bisa 2 hari sebelum hari H. Belum lagi anak-anak moody banget! Saat sebelum acara dijanjikan  A agar tidak ribut atau gaduh saat acara berlangsung, tapi pas hari H belum tentu mau mentaati. Belum lagi kalau persiapan mau mandi, makan dan lainnya aduuuh rempong chin!

Saat mengisi Milad Tapis Blogger 1, tanpa bawa anak-anak :)
Syukurlah masa-masa itu berlalu, saat aku masih LDR, suami masih kuliah di Padang, sekitar 1 tahun aku harus berjibaku bawa anak-anak kesetiap event blogger. Saat itu masih merintis Tapis Blogger. Undangan ke beberapa acara yang membuat aku harus membawa anak. Setiap ada undangan, aku selalu minta izin ke panitia, “Maaf, nanti saya izin bawa anak ya karena Abinya tidak di rumah dan kami tidak punya ART.”

Namun, saat aku bawa anak, seorang blogger nyeletuk, “Tiap Mbk Naqi bawa anak, pasti menang!” Allah Maha Baik ya, selalu ada hikmah disetiap kerepotanku. Saat acara berlangsung jelas aja enggak semua acara aku bisa stand by dalam ruangan. Aku pasti duduk paling pojok dekat pintu keluar atau di belakang. Nah, saat kegiatan event blog berlangsung aku harus memilih dan menjaga mood anak-anak agar tidak menganggu peserta lainnya.

Alhamdulillah saat acara inti, anak-anak bisa diajak kerjasama dengan sebuah perjanjian yang berat xixixi...  biasanya aku berbagi tugas dengan Faris dan Fatih.

“Mas Faris, nanti bantu Umi jaga adik-adik ya!”
“Abang Fatih nanti enggak boleh lari-lari atau rebutan ya!”
Mengkondisikan Aisyah tak kalah hebohnya, Aisyah sering berlari-lari dan mengajak ke depan tempat pembicara, huhuhu....

Nah, beberapa event aku mengajak anak-anak itu, aku pernah menang lomba live twit dan flash blogging dengan hadiah dari goodie bag, uang tunai hingga hp.

Tips Mengajak Anak ke Acara Blogger

Ada beberapa tips yang perlu mom blogger lakukan saat mengajak anak ke acara blogger :

Persiapkan Kesehatan Anak
Mengajak anak ke acara blogger, berarti anak juga mengikuti kegiatan berlangsung. Entah 2-4 jam acara berlangsung. Lihat apakah anak mampu mengikuti acara berlangsung. Apakah acara di dalam ruangan atau dalam luar ruangan. Tiap anak kondisinya berbeda. 
 
Bawa Aisyah dalam meliput event Lacofest
Persiapkan Makanan atau Cemilan
Mengajak anak ke acara blogger, baik di hotel atau di luar ruangan, aku harus banyak stok cemilan. Anak-anakku selain Faris belum mau makan ala orang dewasa. Fatih lebih suka makan ayam goreng, jadinya kalau menu tidak ada kan repot? Caranya, aku menyiapkan dari rumah nasi dan ayam goreng untuk anak-anakku. Untuk Aisyah aku menyiapkan jagung rebus dan agar-agar. Jadi, saat kita acara, perut anak tidak kosong. Kita pun nyaman ikut acara.
 
Acara Kompasiana 2017, Aisyah diajak. Saat acara berlangsung  Aisyah suka makan jagung :)
Persiapkan Mainan
Anak-anak lekat dengan dunia bermain. Kalau mengajak anak-anak, aku ekstra repot karena saat itu hp masih satu. Jadinya aku bawa laptop hihi... anak-anakku nonton kartun di laptop selama acara berlangsung. Tapi ini tidak selamanya mulus. Biasanya Faris dan Fatih rebutan minta nonton film yang mereka sukai. Akhirnya Fatih akan rewel dan aku jadinya bakal merayu dengan sejuta rayuan hihi.... tapi, rewelnya Fatih masih bisa dibujuk dibanding Aisyah suka lari ke luar ruangan, hadeeeh...

Persiapkan Baju Ganti
Nah, baju ganti ini penting banget karena anak-anakku aktif semua. Pernah kami beruntung bisa mandi di kolam renang Hotel Horison. Ceritanya, acara diundangan pukul 17.00 WIB ternyata berlangsung 19.00 WIB. Nah, menunggu jadwal itu aku minta izin ke pegawai hotel untuk mengajak anak-anak mandi di kolam renang (baju ganti sudah disiapkan). Alhamdulillah diizinkan dan anak-anak senang sekali diizinkan berenang. Syukurnya, setelah puas berenang, anak-anak makan malam dan lebih tenang. Saat acara berlangsung cukup lancar dan aku bisa menang lomba live twit, alhamdulillah... horeeee!

Rezeki anak-anak dapat mandi di kolam renang hotel dan Ummi menang lomba live twit :)
Persiapkan Mental
Bawa anak-anak tidak sama saat pergi sendirian. Untuk itu, Mom Blogger harus menjaga hati dan emosi. Tidak bisa egois ingin mengikuti semua acara berlangsung. Jaga kondisi peserta lainnya agar tidak terganggu dengan kehadiran anak-anak kita. Pilih tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar. Aku bersyukur di Lampung belum seketat acara blogger di luar sana karena kami merintis bersama, aku pun tidak membatasi teman-teman yang punya anak untuk ikut acara blogger. Silakan saja senyamannya karena aku menyadari sekali saat aku “terpaksa” bawa anak-anak di acara blogger. Aku juga sangat terrbantu dengan teman-teman lainnya. Mereka mau menjaga anak-anakku agar nyaman dan sukses mengikuti event.

Kini, Aisyah sudah besar dan bisa ditinggal di day care. Kalau ada acara blogger sudah bisa aku titipkan. Suamiku juga sudah selesai kuliah dan kami lebih mudah berbagi tugas menjaga anak-anak saat aku ada undangan acara blogger. 

Sudah jarang bawa anak-anak di acara blogger lagi, tapi persiapan meninggalkan anak-anak
  di rumah juga perlu matang loh! :)

Nah, sahabat Smart Mom, itulah pengalamanku mengajak 3 anakku ke acara blogger. Semoga Tips Mengajak Anak keAcara Blogger di atas bermanfaat. Apakah Mom  pernah mengalaminya? Yuk, share dong!


44 komentar:

  1. Aku bisa dihitung jari nih ngajak anak ke even karena jarak&kendaraan ibu kota berjubel

    BalasHapus
  2. Aku jarang ajak anak ke event resmi

    BalasHapus
  3. Kalau ajak anak ke suatu even, harus sama ayahnya, buat bantu momong hehe

    BalasHapus
  4. Waktu anak-anak masih kecil, ibu g belon ngeblog 😁 jadi ngga sempet ngalamin yang seru seru begitu. Emak emak bloger emang setrong bener dah

    BalasHapus
  5. Intinya jadi emak kudu setrooong

    BalasHapus
  6. anak saya suka bosenan, kalo ga terpaksa saya ga bawa anak :(

    BalasHapus
  7. Wah anteng ya dede Aisyahnya, emaknya emang keren euy

    BalasHapus
  8. Ga kebayang betapa rempongnya. Jadi emak emang kudu tangguh jiwa raga ya.

    BalasHapus
  9. Anakku jarang di bawa, kecuali emang ada event harus bawa, biasanya suka ikut.
    Tapi kalo sekarang ikut jd bodiguard mamanya aja, nungguin sambil makan di meja terpisah..

    BalasHapus
  10. Kudu siap rempong ya mba kalau bawa anak. Tapi kadang juga bawa anak bawa hoki 😁

    BalasHapus
  11. Aku selama ikut event juga suka kagum euy sama mba mba yang punya anak, kok bisaa gitu yah?
    hebat hahaa

    Aku aja yang dateng event sendirian kadang bisa kecapean karena keasyikan, apalagi kalau bawa anak ya?
    Tapi ini tipsnya manfaat banget sih, nanti kalau udah jadi mommy dan tetap aktif ngeblog kayaknya ini bisa di terapin :D


    Eh... tapi gimana..
    Nikah aja blm
    :')

    BalasHapus
  12. Saya juga dulu suka rempong bawa anak2 kemana-mana... Banyak manfaatnya bawa anak itu, minimal wawasan anak bisa bertambah dan selalu dekat dengan ibunya, Juga bisa kita awasin daripada diawasin sama pembantu yg kadang paham ttg anak juga tidak hehe..
    Harus mau cape memang kalau mau punya anak yang berkualitas...Goodluck Mba :)
    Sekarang udah pada gede, sudah bebas melanglang kemana aja sendirian, memang ada masa-masanya..

    BalasHapus
  13. Wah, keren bunda naqi masih bisa ke event blogger bawa anak. Aku jadi ingey temen aku yg datang ke event selalu bawa anak n selalu menang atau adaaa aja dapetnya. Hihi. Kalau aku? Masih maju mundur bawa anak nih. Waktu kecil anteng loh anakku dibawa Sudah besar malah suka bosen sendiri dia liat acara dan akhirnyya bilang, "Mama.. Pulang"

    BalasHapus
  14. Aku gak pernah bawa anak ke Acar seperti ini, sekalinya bawa anak oun pinjem anak Bibi 😅

    Btw, tipsnya bermanfaat sekali nih buat para Ibu dan calon ibu Blogger

    BalasHapus
  15. Waaahh mantap banget nih mbak tipsnya.kalo bawa anak dengan tips ini, semoga tidak ada hal diluar kendali

    BalasHapus
  16. Hehehe, selama ini sering lihat kalau bawa anak pasti ramai. Tp untungnya yang punya event bersahabat.

    BalasHapus
  17. Tips oke banget mbak..harus benar-benar well prepare ya mbak kalau mau ajak anak ikut ke acara kita.

    BalasHapus
  18. Aku hampir ga pernah bawa anak anak ke acara Blogger, takutnya mengganggu kenyamanan blogger lain. Berguna banget nih mbak Naqi tips nya. Jadi pas perlu bawa anak udah tau apa yg perlu dipersiapkan

    BalasHapus
  19. Tipsnya ternyata simple ya mbak, lain kali mau diterapin ahk pas bawa anak anak

    BalasHapus
  20. Aku mah gak punya anak kecil mba

    BalasHapus
  21. Tipsnya keren,, bisa di terapkan ketika diajak kumpulan atau rapat di Balai desa juga nih,, ketika dapet undangan sempet khawatir juga, kalo dibawa apakah kitanya bisa fokus, kalo ditinggal kasihan masih balita. coba terapin tips dari mba naqy ini mah.

    BalasHapus
  22. bisa di coba nih.. mungkin bisa ditambahkan kendaraan yang nyaman juga untuk anak-anak apalagi jika acara nya jauh dan butuh waktu atau hal-hal yang diluar perkiraan jika menggunakan motor ya harus disiapkan jas hujan dll

    BalasHapus
  23. Aku suka salut sama orangtua yang melibatkan anak-anaknya dalam aktivitasnya. Enggak mudah loh itu nyiapinnya. Keren tipsnya.

    BalasHapus
  24. Wah tips2nya ok juga nih mbak diterapkan buat mamak2 blogger. Meski saya jarang bawa anak kecuali acaranya wajib bawa anak hihihi.
    Poin terakhir betul banget mbak, yg penting gk ganggu org lain ya.

    BalasHapus
  25. makasih tips-nya, mbak. saya sampai hari ini belum berani ngajak anak ke event blog karena takut nggak bisa ngehandle-nya. semoga nanti kalau ada event blog di banjarmasin bisa bawa anak

    BalasHapus
  26. Aku gak pernah bawa anak ke acara blogger mba. Tips ini pasti berguna banget nih. Makasih ya mba sharingnya :D

    BalasHapus
  27. Umi sudah melewati masa-masa indah itu, 6 orang anak, hampir tanpa art. Sekarang saatnya pergi sendiri, lama nunggunya😂😂😂

    BalasHapus
  28. Jagoan! Bisa renang di hotel sampai menang live tweet. Hihihi. The power of emak-emak. Aku tuh mikir bikin daycare di dekat venue acara Blogger. Daycare keliling

    BalasHapus
  29. Kamu emang enak seterong dah, Aisyah teman uminya yaa

    BalasHapus
  30. Aku sih belum pernah acara blogger sampai gendong anak-anak, paling ada yang jagain

    BalasHapus
  31. Anaknya pengertian banget kalau bisa diajak ikutan diajak ke acaranya blogger

    BalasHapus
  32. Tapi saya rasa kalau acara yang butuh konsentrasi tinggi mamah mamah bisa nggak konsen ya mbak kalau anak ikut, apalagi yang pake live twit

    BalasHapus
  33. Bener bangeet deh soal persiapan mental, namanya pergi bawa anak kan ya, apalagi kalau banyak :D

    BalasHapus
  34. wah makasih banget mbak tipsnya, ini juga yang saya lakukan ketika mengajak Saki.. alhamdulillah cukup membantu. makasih ya

    BalasHapus
  35. Uuuu.. Menantang bgt y mb naqi.. Keren mb naqi ini.. Infonya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  36. Bisa dibayangkan reportnya kalau under 3 th tapi kalau udah agak besar udah berkurang rempong ya, haha nikmati saja ya mba ntar juga kita bakal rindu deh dengan segala kerepotan itu

    BalasHapus
  37. Saya juga lumayan sering bawa anak-anak saat saya punya kegiatan. Karena di rumah juga gak ada asisten yang bisa dititipkan.
    Puji Tuhan gak terlalu sulit untuk beradaptasi dengan keadaan.
    Tapi persiapan tetap harus poll.. iya kan (",)

    BalasHapus
  38. Salah satu alasan blm ikut acara offline karena ya harus bawa anak ini, Mbak. Sayanya aja yg masih blm kuat mental. Ditambah dua anak saya aktif banget, mereka kurang tahan duduk berlama-lama apalagi dlm ruangan. Nice tips, Mbak. Suatu saat akan saya coba

    BalasHapus
  39. Tipsnya simple tapi useable banget mbak. Nice info nih

    BalasHapus
  40. dua anak saya termasuk yang gak rewel aklau dibawa kemana saja, mknya kl ngajar juga suka aku bawa

    BalasHapus
  41. jarang sekali kalau ada acara blogger anak-anak boleh diajak, tapi ini salah satu tips bermanfaat buat blogger2 lain mbak.

    BalasHapus
  42. Ngajak anak ke acara serius belum pernah, Mak. Paling acara hura2 hore atai acara nyantaii.
    Sejak punya anak bayi cuti dulu beredar xixixi maless sama ribetny wkk
    Jadi y online aja palingan
    Ini emamg dasarny emak males ribet ye wkkk
    Di samping itu pengin nikmati jd ibu dulu mbaa
    Kalau mak naqi sih g usah ditany ye
    Udah kebukti sejak zaman ketemuan di lampung dulu juga udah kerenn

    BalasHapus
  43. Wah tipsnya bermanfaat sekali. Walau belum punya buah hati, tapi memang saat mengajak anak berkegiatan bersama harus peersiapan matanng. Anak senang, umminya juga riang.

    BalasHapus
  44. Ya Allah aku belum pernah membawa anak anak dalam aktivitas ku karena takut sekali,anak anakku sangat aktif.tapi setelah membaca tips ini seperti nya aku harus coba😂

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^