Kamis, 24 Januari 2019

Rumbel Menjahit IP Lampung : Cara Menjahit Jilbab Pet

menjahit jilbab pet rumbel menjahit ip lampung

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Aku mau cerita pengalaman Aku belajar menjahit jilbab pet 

Pagi itu aku sudah janjian bersama teman-teman di Rumah Belajar Menjahit atau disingkat jadi Rumberl Ibu Profesional Lampung di rumah Mbak Lusi yang emang kece banget kalau bicara soal menjahit. Nah, kalau dulu aku mupeng banget melihat teman-teman sudah pintar menjahit, makan akhir Desember 2018 aku bertekad untuk  belajar menjahit

Sempat mengalami nyasar walaupun sudah pakai Google Map ternyata rumah Mbak Lusiana spanduk nya tidak kelihatan karena berdasarkan alamat yang aku dapat ada agen Wahana tapi ternyata spanduknya sudah ketutup pantesan aja di Google Map dibilang sudah sampai tapi aku nggak ketemu Untungnya aku nelpon Mbak Ranti dan langsung direspon Soalnya di grup untuk hari Minggu not chat kalo hal yang tidak terlalu penting.

cara menjahit jilbab pet
Jilbab segi emapat dilipat menjadi segi tiga seperti mau dipakai.

Sampai di rumah Mbak Lusiana teman-teman sudah berkumpul dan sudah mendapatkan paket menjahit masing-masing kami Quran untuk belajar menjahit ini Rp75.000 per orang untuk mendapatkan bahan sekitar 2 meter ada pilihan warna yaitu biru dan hitam aku dong langsung memilih warna hitam warna biru

Cara menjahit jilbab pet pertama-tama kita buat kain segi empat menjadi segitiga dulu dilihat kiri kanannya secara simetris lalu pinggir untuk kita bagian kepalanya diberi jarum pentul yang cukup rapat

pola jilbab pet
Ini pola bagian pet (busa pet)


Setelah itu kita membuat pet nya dengan menyiapkan pola dan busa untuk dibungkus dengan kain yang telah disediakan

Busa yang telah dibungkus dengan kain itu di jarum pentul sekelilingnya dengan cukup rapat dan arahnya harus sesuai dengan arah Kita akan menjahit nanti agar jarum bentuknya mudah dilepaskan

pola jilbab pet
Bikin pet dilapisi busa dan diberi jarum bentul sekelilingnya, gunting dengan memberi jarak sekitar 1-2 cm.

Jahit bagian P untuk topi dengan perlahan-lahan. Pilih yang bagian rapi untuk bagian depannya.

Kemudian aku pun menjahit bagian pet dan disatukan dengan jilbab yang tadi sudah dibikin segitiga jahitnya harus pelan-pelan ya agar rapi aku sempat mengalami kesulitan karena sudah lama banget tidak megang mesin jahit nah Beruntung aku dipinjami hehe...
cara menjahit jilbab pet
Menjahit Jilbab Pet bersama IP Lampung
Karena adanya kesibukan dan alasan lainnya beberapa teman sudah izin pulang duluan Namun kami sudah mendapat ilmu untuk membuat jilbab pet. Berdasarkan pengalaman pertama ikut Rumbel Menjahit IP Lampung ini berikut cara belajar menjahit dengan mesin jahit :

belajar menjahit
Keseruan Rumbel Menjahit IP Lampung

1. Kenali dulu mesin jahitnya. Mau merk ternama atau pilih yang berkualitas, sesuai budget dan tujuan menjahit. Kalau untuk belajar sekedar hobi dengan ingin membuka bisnis tentu saja berbeda. Saat ini sebagian anggota sudah punya mesin jahit sendiri, sebagian masih ikut arisan menjahit. 

2. Pahami dasar-dasar menjahit.  Kami yang hadir berbeda latar. Ada yang emang sudah bisa menjahit, ada yang belum sama sekali. Aku termasuk yang sudah pernah menjahit dengan mesin jahit jadul. Ketika mencoba mesin jahit yang ada aku kikuk alias gugup banget hehe... untuk dibantui cara pasang benang, ketika benang putus dan lainnya.

3. Ketika awal menjahit jangan takut-takut. Ikuti saja irama menjahit lama-lama akan mengetahui cara menjahit cepat dan rapi. Aku pun saat menjahit takut-takut, pelan-pelan soalnya kuatir jahitannya tidak rapi dan keluar jalur. Namun, kalau kelamaan kasihan teman lainnya yang mengantri pakai mesin jahit hehe... emang enaknya kalau praktik gini membawa mesin jahit sendiri ya?

4. Ikuti instruksi. Saat itu,kami belajar cara membuat jibab pet. Pola menjahit jilbab pet dan bahan membuat jilbab pet juga sudah disiapkan. Jangan sampai ketinggalan instruksi ya, nanti salah potong! Kan sayang dong bahannya hehe...

5. Terus belajar menjahit. Seperti kita belajar naik sepeda selalu ada jatuh dan bangunnya. Awalnya ada terlincir dan jatuh. Jangan lekas putus asa. Teruslah belajar menjahit. Aku juga ingin segera mengetahui cara menjahit jilbab pet, cara menjahit baju hingga cara menjahit baju anak-anak.
menjahit jilbab pet rumbel menjahit ip lampung
Hasil menjahit jilbab pakai pet :)

Nah, sahabat Smart Mom, itulah kegiatan Rumbel Menjahit IP Lampung. Doakan ya kami semakin lancar menjahitnya. Kalau Moms, sudah bisa menjahit belum? Ada keinginan belajat menjahit juga? Share dong!

35 komentar:

  1. Bahan kain untuk pet nya terpisah ya mbak? Ga ambil dari kain kerudung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo terakhir saya belajar bahannya sama cuma beda pola atau di potong terpisah mb hehe

      Hapus
  2. hahah aiya ya mbak takut-takut pasti adaaa
    takut gak rapi
    atau takut benangnya sembrawut
    tapi akhirnya bisa
    keren banget mbak

    BalasHapus
  3. Keren masih punya semangat menjahit. Kalau mamah saya pintar menjahit. Sampai sekarang masih suka terima jahitan. Tetapi, keahliannya gak menurun ke saya. Memang sayanya juga yang gak telaten kalau menjahit padahal sering diajarin mamah

    BalasHapus
  4. Kalau menjahitnya sih aku bisa mbak, cuma itu pola-polanya yang gak bisa. PIngin kursus cuma niatnya aja hehehe. btw nanti mbak Naqi bisa bikin jilbab sendiri trus ya gak usah beli lagi & bisa dijadikan usaha juga

    BalasHapus
  5. IP tuh keren banget ya mbak selalu aja ada kegiatan yg bikin produktif. Aku mau banget gabung cuman ketinggalan trs daftarnya... Aku juga pengen bgt bisa menjahit soalnya seneng sama fashion. Seneng pasti ya mbak kalau bisa bikin sendiri bisa dijadiin ladang usaha. Sukses terus. Aamiin dan salken

    BalasHapus
  6. Keren euy Buibu ini!! Jempoool... Saya mah angkat tangan klo urusan jahit menjahit..hihi.. TFS mba..

    BalasHapus
  7. Menarik banget ini, udah lama aku ga menjahit pake mesin terakhir aku bikin baju tidur pake mesin jahit pas SMP itupun minjem punya orang karena dulu ga punya hehehe sekarang jadi pengen banget menjahit mba lihat ini kangen banget bikin pola :)

    BalasHapus
  8. Wah Salam kenal mom, saya jadi ingat saya pernah belajar buah pola dasar kurung pet dan hasilnya tetot kurang bagus hehehe ah mungkin saya harus Belajr lagi. Terimaksih infonya mom hehe

    BalasHapus
  9. cakeeep jadinya Mba..aku pengen banget Belajar menjahit dari dulu tapi sampai sekarang belum sempet - sempet ajaaa nih mba

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah bisa bikin kerudung sendiri ya abis pelatihan ini. Trus kalo mahir bisa terima pesanan nantinya ya mba

    BalasHapus
  11. wah asik yah mba bisa bikin kerudung sendiri, unchh smart mom banget. IP ini ada di mksr jg gak yah? mau dong gabung

    BalasHapus
  12. Masha Allah, senang ya dapat ilmu menjahit jilbab sendiri. Saya sendiri suka banget model begini Mak, kalau bisa jahit sendiri pasti jadi rajin ke toko kain buat bikin jilbab hihihi. Sedikit banyak kebayang cara bikinnya, semoga satu saat bisa praktek sendiri

    BalasHapus
  13. Wahh seru yaa, menjahit jilbab sendiri. Saya juga kepengen banget bisa jahit tapi belum kesampaian kursus

    BalasHapus
  14. masyaAllah keren mbak, tahun lalu kami di IP Batam juga membuat jilbab dengan pet. Saya punya warna hijau toska. Alhamdulillah rumbel bisa bikin kita hepi dan hemat. Tahun ini kami menjahit kolaborasi dengan craft membuat bantal knot pillow

    BalasHapus
  15. Aku nyerah mba kalo jahit, padahal mama cerewet banget suruh ak belajar

    BalasHapus
  16. Aduuuh bund keren bangeeet, masih aktif apalagi dalam hal menjahit yang butuh kesabaran, ketelitian & keteraturan.
    Waktu itu Ujame pernah coba menjahit cuma gak sesuai ekspektasi hahaha
    Makanya keren banget deh bund..
    Mungkin harus belajar lagi Ujamenta :D

    BalasHapus
  17. Wah, mba naqi kalau didalami bisa ini buat bisnis. Terus dimodif deh bahannya dengan coraknya unik atau corak khas Lampung, aku bayanginnya keren loh hijab pakai corak khas Daerah

    BalasHapus
  18. Bntar lagi mba naqy bakalan buka usaha kerudung pet nih. Aamiin.. hasilnya aja udah bisa dipake dan bagus. Keren

    BalasHapus
  19. Menjahit pet kerudungan memang terlihat mudah tapi kalau mpo di suruh menjahit , mpo ratne nyerah deh.

    Nah bagian pet kalau bisa di kasih bordir pasti cantik.

    BalasHapus
  20. Wah asyik ya kalau bs menjahit urusan baju bisa lebih murah hehe....kalau sy pernah kursus tp ga bisaeun dan ga menikmati jd ga tamat hehe..

    BalasHapus
  21. Barakallahu fiik... IP Lampung.
    Produktif sekali...

    Rumbel Bandung juga ada, yakni Rumah Belajar Menjahit.
    Tapi setiap anggota hanya boleh ambil 2 Rumbel kan yaa, mba Naqi...

    BalasHapus
  22. Waaaah, keren banget ni IIP. Jadi sarana ibu-ibu selain silahturahmi dan belajar tentang keluarga, juga bisa update skill macam-macam ya Mbak....

    BalasHapus
  23. vWuih keren, belajar menjahit jilbab. Aku masih belom bisa kao jahit jilbab. Bisanya jahit yang lurus-lurus aja. Lama gak pegang mesin jahit bikin kaku. :D

    BalasHapus
  24. Aku dulu beli mesin jahir ternyata gak bisa dipakai, aku gk tau krn aku emang gk bisa mengoperasikannya hiks. Mau aku bawa ke servis blm sempat2 krn aku sendiri gak tau kapan bis aserius belajar. Seru banget ya bisa jahit2 gtu mbak :D

    BalasHapus
  25. Cantik ya jadinya. Bisa dibikin usaha dan brand juga itu, Mbak. Peluang busnis. Btw, serunya bisa jahit. Saya paling gak bisa urusan satu ini. Lah gak pernah belajar, jahit tangan ala kadarnya. Malah suami yg lebih pinter jahit, hehe malah curcol.

    BalasHapus
  26. Jilbab pet-nya bagus mba Naqi, asyik ya kalau bisa bikin sendiri, pengen deh bisa jahit sendiri, belum pernah belajar jahit padahal penting ya skill ini

    BalasHapus
  27. Ngebaca postingan ini bikin aku inget masa-masa ngebisnis online dulu mba hihi sambil ngikutin cara nenjahit juga walopun nggak bisa menjahit, tapi tetap pahm prosesnya :D

    BalasHapus
  28. Wah keren mba Naqy, sekarang menjahit juga ya. Aku belum ada waktu untuk melakukan hal lain selain menulis dan urus rumah.

    BalasHapus
  29. Aku blas belum bisa jahit pake mesin mba. Pengin banget bisa belajar, paling tidak bisa jahit lurus dulu dengan lancar gitu :))

    BalasHapus
  30. Emak emak produktif ya gini ini. Suka banget. Andai aku dekat pasti ikutan juga. Saya selalu mau bisa jahit tapi di sini jauh jauh tempatnya.

    BalasHapus
  31. Boleh bangt nih mba, dari dulu kepingin bngt bisa jahit may beli mesin jahit nih

    BalasHapus
  32. hehehe, kalau aku nyerah mbak kalo jahit, padahal ibu saya penjahit..tp anaknya gk bisa jahit...:p

    BalasHapus
  33. mau belajr jahit dari dulu sudah beli mesin jahit, belum bisa-bisa

    BalasHapus
  34. Jahit menjahit ini sebenernya passion sih mak, aku ngerasanya klo ga telaten ya hasilnya berantakan. Tp buatan mak Naqi keren tuh ,ciba dibikin usaha mak hee

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^