Selasa, 12 Februari 2019

5 Wisata Edukasi di Bandung


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, tahun 2017 lalu aku dan Aisyah pergi ke Bandung. Aku mengikuti Munas FLP yang ke-5. Saat itu aku baru pertama kali ke Bandung.  Jadi, saat naik pesawat dengan Aisyah aku merasa exited sekali ketika sudah sampai di Bandara Husein Sastra Negara, Bandung. Sayangnya, aku enggak sempat jalan-jalan ke tempat wisata edukasi di Bandung. Baru ada beberapa tempat saja yang aku kunjungi.

Tak lama kami pulang dari Bandung, Mas Faris anakku yang sulung study tour ke Bandung. Wah, mendenger cerita Mas Faris membuat aku jadi kangen ke Bandung lagi.  Mas Faris banyak bercerita pengalamannya selama berwisata di 
Bandung.

Nah, Moms, kalau aku ke Bandung lagi, ada 5 Tempat Wisata Edukasi yang akan aku kunjungi :

Masjid Raya Bandung

Di Masjid Raya Bandung, Aisyah bermain di halamannya. Indah sekali ya rerumputannya. Aisyah sempat membeli bola dan bermain bola di rumput yang luas banget. Selain itu, di sekitar halamannya ada tempat permainan anak, seperti plosotan dan alat olahraga. Kalau ingin jajanan di sekitar halaman juga banyak orang yang berjualan makanan. Cocok banget kalau jalan pagi ke Masjid Raya Bandung, ya?


Saung Anglung Udjo

Saung Angklung Udjo (SAU) tempat wisata edukasi yang ingin sekali aku kunjungi. Mas Faris study tur ke SAU dan sangat senang sekali. SAU adalah tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, ada juga workshop instrumen musik dari bambu dan lainnya. Anak-anak sering ke SAU untuk mengenai budaya, etrutama soal angklung. SAU didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda, khususnya angklung.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika terletak di kota Bandung di Jalan Asia Afrika nomor 65 museum ini dekat sekali dengan Masjid Raya Bandung. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama dan di sampingnya Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika tempat Konferensi Asia Afrika. Museum ini didirikan adalah keinginan daripada pemimpin bangsa-bangsa di Asia Afrika terinspirasi dari Konferensi Asia Afrika sendiri diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai 24 April 1955.

Nah, museum ini digunakan untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi bangsa Asia Afrika anak-anak sering datang ke museum ini untuk mendapat informasi dan sebagai indikasi dalam mencintai sejarah.


Farm House Lembang-Bandung

Ketika melihat foto-foto Mas Faris study tour ke tempat wisata Farm House Lembang Bandung ini aku jadi sangat tertarik. Jadi penasaran untuk mengajak anakku yang lainnya ke Farim House. Di sana, pengunjung mendapat susu murni dan sosis bakar dari penukaran tiket.
Di Fram House Bandung ini terdapat berbagai macam tumbuhan dan hewan seperti burung ayam bebek kelinci hingga kuda yang mengajak anak-anak untuk mengenal hewan dan tumbuhan semakin dekat. Wah, makin seru ya kalau liburan ke sini bersama keluarga.

Gedung Sate

Namanya unik banget ya? Aku sempat penasaran kenapa disebut Gedung Sate ternyata ada ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya yang menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung. Gedung Sate ini sejak tahun 1980 dikenal sebagai sebutan kantor karena sebagai pusat kegiatan pemerintahan provinsi Jawa Barat yang sebelumnya pemerintahan provinsi Jawa Barat menempati gedung Kerta Mukti di Jalan Braga Bandung.
Aku senang banget dapat berkesempatan melihat secara langsung Gedung Sate, walaupun tidak memasuki area Gedung Sate itu sendiri. Lumayan deh ngajak Aisyah melihat secara langsung Gedung Sate dan juga berfoto di depannya.

Nah, Moms, kalau ingin ke Bandung, bersiap untuk memesan tiket agar perjalanan menjadi nyaman. Aku sudah mengecek cara mudah mendapatkan tiket pesawat ke Bandung di pegipegi.com. Liburan akan lebih nyaman kalau sidah memesan tiket pesawat jauh hari, apalagi jika menemukan promo tiket pesawat murah. Sebuah anugerah tersendiri kalau liburan mendapat tiket pesawat murah ya, kan? Untuk itu dengan harga tiket yang cocok dapat ditemukan di pegipegi.com.

So, liburan sudah siap ke mana nih? Kalau ke Bandung, jangan lupa wisata edukasi kelima tempat di atas ya? Seru deh! Selamat liburan!

29 komentar:

  1. Bandung emang selalu ngangenin, Bandung juga termasuk rumah kedua bagi saya pribadi. Karna pernah kuliah meski tidak sampai selesai hiks

    BalasHapus
  2. Sekarang ada bandros alias bus wisata keliling Bandung untuk memudahkan wisatawan menjelajah Kota Bandung. Makin seru deh wisata di Bandung :)

    BalasHapus
  3. Wah sayang sekali pas mbak nya ke Bandung ga janjian yaa kita, huhuh. Emang sih di Bandung banyak sekali wisata edukasinya.

    BalasHapus
  4. Duh, saya ingin sekali ke sana. Semoga suatu saat bisa ke sana, hehe.

    BalasHapus
  5. Saya juga ingin sekali mengunjungi dan sholat di Masjid Raya Bandung.

    BalasHapus
  6. Wah asyik nih kalau jalan-jalan ke sana.

    BalasHapus
  7. Wah ternyata banyak ya tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi di Bandung.

    BalasHapus
  8. Harus dikunjungi semua nih 5 wisata itu kalau aku pergi ke Bandung.

    BalasHapus
  9. Belum pernah ke Bandung, pengin kesana, Bandung banyak tempat wisata nya ya, kulinernya juga banyaaak. Penasaran nih dengan degung sate, namanya unik *kenapa langsung kebayang makanan sate hahaha :D
    Cari diskonan di Pegi Pegi ah buat liburan.

    BalasHapus
  10. Yang belum pernah saya kunjungi saung angklung Udjo mbak, Masya Allah kepengen banget, mudah-mudahan suatu hari bisa kesana sama anak, aamiin

    BalasHapus
  11. Aku udah bolak balik ke bandung tapi belum pernah kesemua tempat di atas mbak, kecuali gedung sate seh, hehehehe. Jadi kangen bandung lagi. Emang wajib banget beli tiket di pegi-pegi, suka dapat diskon kalau sering transaksi disana

    BalasHapus
  12. aku belum pernah ke Saung Anglung Udjo mba.. yang lainnya udah. Pilihan mba itu wisata edukasi semuanya

    BalasHapus
  13. Wah senangnya Aisyah jalan2 ke Bandung ❤ Bandung sekarang banyak tempat2 bagus ya, Mak. Tapi maceetttt, ku tak kuat kalo nemu macet 😅

    BalasHapus
  14. saung angklung n farm house belun sempat. kalo boyz seneng ke mesjid raya bisa guling2an n maen bola di atas karpet rumput

    BalasHapus
  15. Mau ke tempat2 ini juga kalau ke Bandung. Di sana banyak tempat oke dan bersejarah

    BalasHapus
  16. Ada satu lagi wisata edukasi yang recommended bu, Taman Lalu Lintas Bandung.. Belum pernah kesana juga sih, cuma diceritain tetangga katanya anaknya betah banget diajak kesitu nggak mau pulang, gratis juga, hihi

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah Farm House ama Gesung Sate uda pernah kesana. Kalo yang lainnya belum. Semoga ada kesempatan.

    BalasHapus
  18. senangnyaaa bisa jalan2 sama si kecil. dulu sekali saya pernah ke bandung. suatu hari semoga bisa ke sana lagi sama suami dan anak. dia pasti hepi tahu tempat wisata beredukasi seperti ini

    BalasHapus
  19. berkali-kali ke Bandung malah belum pernah ke Saung Udjo. Padahal keren buat edukasi seni budaya ke anak.

    BalasHapus
  20. Eksplore Bandung memang enggak ada habisnya ya Mbak..Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam dan kulinernya..warbiyasah. Ah, jadi kangen Bandung saya. Cuss kepoin tiket di pegipegi:)

    BalasHapus
  21. Aku sekalipun ga pernah ke bandung mba. Duh, malunya.. Orang indonesia macam apa ini. Hihi. Pengen banget ke wisata2 edukasi keren ini.

    BalasHapus
  22. Aku orang bandung. Tapi dari kelima ini yang belum pernah masuk ke gedung sate bun. Penasaran sama dalemnya kayak apa, cuma sering lewat doang jadinya

    BalasHapus
  23. Aku pun kangen Bandung, mba. Gedung Sate juga jadi destinasi impian kalo ke Bandung lagi

    BalasHapus
  24. Aku belom pernah ke semuanya dong ya ampuunn..

    Butuh piknik nih aku 🤣

    BalasHapus
  25. lari-larian di halaman masjid raya Bandung seru tuh mbak apalagi tumputnya sintetis ya. Bandung banyak banget tempat wisatanya kalau cuma 1-2 hari gak bakaln bisa ke explore semuanya

    BalasHapus
  26. Mudah-mudahan dalam waktu dekat aku jadi ke Bandung dan bisa main ke tempat edukasi di Bandung. Kayaknya harus 2 malam ya di Bandung biar puas mainnya.

    BalasHapus
  27. Wah sudah lama nggak ke Bandung. Tapi aku bolak balik ke Bandung malah belum pernah ke gedung sate atau museum. Cuma lewat2 aja. Soalnya sama remaja,maunya jajan n belanja baju.

    BalasHapus
  28. Ahhaa...Bandung.
    Kota tempatku sekarang tinggal, kak Naqi...

    Senang sekali di Bandung karena banyaj tempat wisata edukasi yang murah meriah.
    Kak Naqi uda makan batagor belum?
    Hihi...nanti balik ke Bandung, ateu ajak jalan-jalan keliling Bandung yuukk...Aisyah.

    BalasHapus
  29. Mbaaa...aku jadi pengin ke Saung Angklung Ujo. Pernah dapet oleh2 gantungan kunci berbentuk angklung dari temen. Trus sukses penasaran kayak apa sih saung angklungnya.

    Gedung Sate dan Farm House juga oke banget nih untuk dikunjungi. Semoga kapan-kapan bisa ramai-ramai bareng keluarga liburan ke Bandung.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^