Kamis, 14 Februari 2019

Dibalik Layar Wawancara Online : Pengalaman Mengelola Komunitas Blog




Bisakah Mba Naqiyyah Syam memperkenalkan diri, kegiatan utama serta kesibukan lainnya sehari-hari?

Perkenalkan nama saya Naqiyyah Syam, ibu 3 anak tinggal di Bandar Lampung. Kegiatan saya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, blogger, penulis dan trainer. Sebelumnya  saya seorang guru di sebuah SDIT di Lampung dan mengajar selama 6 tahun. Kemudian saya memilih resign untuk fokus smart mom, tetap kreatif dari rumah.

Silakan baca lengkap data ku di link ini
https://www.naqiyyahsyam.com/p/profil-naqiyyah-syam.html



Sejak kapan Mba Naqiyyah Syam aktif menulis dan memulai blogging? Apa nama blog yang Mba Naqiyyah Syam kelola? Dan apa alasannya memberi nama tersebut? Niche blog apa yang Mba Naqiyyah Syam pilih? Mohon dijelaskan.

Saya mulai aktif ngeblog tahun 2010. Tapi, dulu ngeblog masih sekedar hobi untuk curhatan dan ikut lomba blog. Dulu blog saya bukan nama ini. Dibuatkan seorang teman karena sangat menyukai dengan judul cerpen saya. Awalnya blog saya http://cerpeneddelweissnaqiyyah.blogspot.com dan tahun 2015 saya berganti domain https://www.naqiyyahsyam.com. Sejak itu saya baru fokus menjadi blogger profesional. Dari hobi menjadi profesi.
Nama blog www.naqiyyahsyam.com alasannya kenapa nama blog ini silakan baca diink ini
https://www.naqiyyahsyam.com/2018/11/rahasia-nama-blog-naqiyyah-syam.html




Menurut Mba Naqiyyah Syam, Seberapa Pentingkah Komunitas Blogger untuk Narablog? Serta seberapa besarkah  keaktifan para blogger untuk bergabung dan aktif dalam komunitas blogging? Kira-kira, mengapa hal itu terjadi?

Penting sekali, blogger sebaiknya berkomunitas untuk saling bersinergi. Berkomunitas berarti ingin meningkatkan kapasitas diri menjadi lebih baik. Termasuk skill dalam blogging. Misalnya membuat artikel yang menarik, mengedit video, membaca google analytic dan lainnya.

Keaktifan anggota untuk bergabung aktif dalam komunitas masih relatif sedikit. Hal ini karena berbagai alasan anggota bergabung dan tingkat semangat belajarnya berbeda-beda. Ada yang memang sudah paham dunia blogger ketiga bergabung dan komunitas dan konsisten bertahap menjaid blogger profesional. Tapi, ada juga masih nyaman sebagai hobi. Ini tidak dapat memaksakan kehendak anggota, untuk  itu komunitas harus menjembati keinginan dan kemampuan anggotanya.


Menurut Mba Naqiyyah Syam apa saja 5 hal yang membuat seorang blogger tertarik untuk mengikuti komunitas ngeblog? Mohon dijelaskan satu persatu.

1. Menambah wawasan
Berkomunitas peserta dapat menambah wawasan dunia kepenulisan dan juga skill ngeblog. Semakin bertemu banyak orang akan saling berbagi informasi dan menerapkan di blog masing-masing.

2. Silaturahmi
Berkomunitas berarti menambah teman. Banyak jaringan, banyak juga teman baru. Dengan banyak teman akan mengenal karakter banyak hal. Ini bisa menjadi pengalaman hidup dalam dunia nyata.

3. Menambah Penghasilan
Berkomunitas bisa saling tukar informasi untuk menambah penghasilan dengan meningkatnya skill maka peluang itu besar. Aapalagi banyak info job di group blogger membuat semarak anggota komunitas blogger.

4. Jaringan
Dengan berkomunitas, jaringan lebih luas. Dapat bekerjasama dengan pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata, Keminfo, Kesehatan, dan lainnya. Ini dapat bersinergi dalam menebarkan info ke masyarakat.

5. Mendapat ide baru
Bersama komunitas akan menemukan ide baru untuk kepentingan bersama. Contohnya mengetahui apa yang dibutuhkan para anggota sehingga dibuatlah acara untuk meningkatkan skill anggota lainnya.
 

Apakah Mba Naqiyyah Syam sendiri memiliki komunitas blogger? atau aktif mengikuti beberapa komunitas? Jika ada, apa sajakah nama komunitasnya?

Saya aktif berkomunitas di Komunitas Blogger seperti di Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB), Blogger Perempuan, Blogger FLP dan Tapis Blogger. Terakhir adalah Komunitas Tapis  Blogger yang aku dirikan untuk blogger orang Lampung. Tapis Blogger sendiri berdiri atas kegelisahan saya dalam mencari wadah blogger di Lampung untuk meningkatkan skill di dunia blogger.

Jika Mba Naqiyyah Syam merupakan salah satu founder komunitas blog, apa rencana/harapan Mba Naqiyyah Syam terhadap komunitas yang mba dirikan? Dan apa alasan mendirikan komunitas tersebut.

Harapan saya mendirikan Komunitas Tapi Blogger adalah orang mau menebarkan tulisan atau konten positif. Boleh aktif di media sosial tapi manfaatkan untuk menebarkan kebaikan. Hindari Hoax, SARA dan menyudutkan orang lain. Selain itu, kami ingin mengenalkan Lampung lewat blog.

5 komentar:

  1. Dulu saya juga gitu hanya sekedar hobi, eh sekarang sudah bisa jadi salah satu sumber penghasilan

    BalasHapus
  2. Wah keren banget tuh Mbak Naqiyyahsyam. Aku jadi pingin kayak Mbaknya

    BalasHapus
  3. Memang seru ya kalau menjadi narablog itu. Aku merasakannya kok :D

    BalasHapus
  4. Wah keren banget ya. Aku pingin deh jadi kayak Mbak Naqiyyah Syam

    BalasHapus
  5. Awalnya dari hobi lama-lama bisa jadi sumber penghasilan :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^