Senin, 29 April 2019

Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan Bersama Aplikasi Quranbest




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Tak terasa ya, Ramadhan yang dirindukan sebagai tamu agung sudah menghitung hari. Tentu sebagai umat muslim, Ramadhan adalah sebagai bulan penuh kegiatan beribadah, salah satunya membaca Al Quran.

Jika di Bulan Ramadhan, kita ingin sekali khatam Al-Quran, apalagi pahala membaca Al-Quran disaat Bulan Ramadhan sangat besar. Di Bulan Ramadhan juga Al-Quran diturunkan. Allah Swt berfirman : 

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185).

Nah, sabagai perempuan, kita memiliki keterbatasan mengejar khatam Al-Quran selama Bulan Ramadhan. Perempuan memiliki masa haid sehingga ada 2 pendapat untuk tilawah ini. Lengkapnya silakan baca referensi yang lebih shahih ya! Aku ingin memperkenalkan Aplikasi Quranbest sebagai aplikasi yang memudahkan untuk khatam Al Quran selama di Bulan Ramadhan.


Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan :

1. Bikin Target
Di kelompok pengajianku, biasanya kami membuat kesepakatan, target khatam Baca Al Quran di Bulan Ramadhan berapa kali? Jika biasanya hanya 1 kali, maka di Bulan Ramadhan usahakan 2 kali.

2. Pilih Jadwal Khusus
Untuk khatam baca Al Quran di Bulan Ramadhan, Anda perlu menyiapkan waktu khusus. Bisa setiap setelah sholat fardu min 1 juz atau ditarget setelah sholat tarawih. Ini memerlukan disiplin dan komitmen pribadi masing-masing ya!

3. Bawa Al Quran kemana saja.
Nah, ini perlu bangetm untuk mencapat target khatam baca Al Quran di Bulan Ramadhan, gunakan waktu saat ngantri, menunggu anak di sekolah, atau usai masak dengan membaca Al Quran. 

4. Aplikasi Quranbest, Mempermudahkan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan.
Aku telah lama memilih membaca  Al-Quran dengan aplikasi di smartphone. Hal ini karena aku sering kelupaan bawa Al-Quran cetak. Apalagi mataku minus, sehingga aku memerlukan Al-Quran cetak yang hurufnya besar. Sayangnya, ukurannya besar dan berat. Membuat aku  kesulitan untuk membacanya ke dalam tas.  Selain itu, kalau ikut acara dan memerlukan pergi ke toilet, akan ribet menggeluarkan Al-Quran cetak dulu sebelum masuk toilet. Untuk itu, aku nyaman mengunduh aplikasi yang direkomendasikan temanku, yaitu Quranbest.

Mengenal Quranbest, Aplikasi Al-Quran The Best


Saat pertama aku mengunduh aplikasi ini, aku bertanya-tanya, apa sih keistimewaan aplikasi Quranbest selain aplikasi serupa? Tak lama pertanyaan itu terjawab sudah. Masya Allah, inilah aplikasi yang sangat membantu aku dalam berbagai hal, seperti  berikut ini :

1. Fitur Pengingat Sholat
Suatu hari, aku harus menghadiri sebuah acara di mall. Saat itu menjelang maghrib dan aku segera berwudhu menunggu adzan maghrib di mall tersebut. “Bu, sudah maghrib ya?”  tanyaku heran pada seorang yang baru keluar mushola. “Kami sholat asar, Mbk!” jawabnya. Kulirik jam tanganku yang telah  pukul 17.50 WIB. Olala... alangkah mepetnya si Mbk itu sholat asar?  Aku langsung ke mushola dan melihat seorang ibu sedang bermukena dan menunggu adzan maghrib.
“Sudah belum ya adzan?” tanya si ibu ragu dengan teman sebelahnya.
“Belum bu, sebentar lagi,” jawabku. Yes, aku berani menjawab  begitu karena aku sudah mengunduh  aplikasi Quranbest yang ada alarm sholat 5 waktunya. Betapa leganya hatiku ketika alarm sholat maghrib tiba, dapat membantu orang lain di sekitarku untuk mengetahui jadwal sholat tepat waktu.

Fitur Pengingat Sholat dapat disesuaikan lokasi domisili kita.

2. Fitur Bookmark
Terkadang bingungkan memberi tanda batasan baca Al-Quran yang cetak. Sudah diberi batas, kadang tercecer karena Al-Quran di dalam tas suka diambil anak-anak atau gantian dengan Abi dibaca pengajian. Beruntung dengan aplikasi Quranbest ada boormark yang memiliki 5 pilihan. Wah, makin tambah semangat ya menambah bacaan Al Quran.

3. Fitur Mendengarkan Murrotal
Bagi Anda yang ingin belajar membaca Al Quran dengan benar sesuai tajwid, seringah mendengan murratal. Sering mendengar membuat Anda semakin memahami bacaan yang benar. Jangan utamakan nada dulu, bagi pemula, sebaiknya hukum dan cara baca sesuai tempat keluar huruf saat baca Al Quran. Ada beberapa pilihan untuk Murattol Al Quran yang dapat Anda dengar. Tak perlu mengunduh secara terpisah, sudah dalam satu aplikasi  Quranbest loh!

Ada pilihan untuk mendengarkan murrotal

4. Mudah Untuk Menghapal Al Quran
Aplikasi Quranbest  ini membantu bagi Anda yang ingin menambah hapal dengan cara membaca  Quran Tajwid Indonesia,  Per Ayat, Madinah, atau Madinah Tajwid. Ada juga Al Quran beserta terjemahannya, tinggal pilih saja untuk fitur Al Quran Per Ayat.

Baca Al Quran lebih menyenangkan



Selain di atas, Quranbest memiliki Fitur Daily Activity User yang akan membantu Anda dalam memilih surat atau ayat yang berhubungan dengan kehidupan, misalnya tentang cinta, solusi hidup, riba dan lainnya. Tak lupa ada juga fitu petunjuk arah qiblat. Wah, lengkap ya Aplikasi Quranbest ini?


Fitur Qiblat membantu untuk menentukan arah qiblat



Nah, sahabat Smart Mom, Bulan Ramadhan ini jadikan diri kita untuk semakin giat membaca Al Quran yuk! Ingin mengunduh aplikasi Quranbest silakan klik link https://quranbest.page.link/LCAF  berikut ya! Selamat mencoba!

27 komentar:

  1. Semoga bisa khatam taddarus quran ramadhan ini. Btw, aplikasi alquran dalam HP emang banyak manfaat ya mbak, jadi bisa sewaktu2 bisa sambil baca. Dan quran best ini juga banyak fitur yang bermanfaat buat kita

    BalasHapus
  2. Pas banget nih mbak, saya juga sedang mencari aplikasi Al Quran yang fiturnya berjalan tanpa membuat hang dan mudah untuk digunakan. Terima kasih banyak ya sharenya, jadi memahami apa itu QuranBest

    BalasHapus
  3. Naaah, ini aplikasi Quran yg berfaedah banget untuk semua org muslim. Makasiii mba. Semoga ibadah Ramadhan kita berkah dan diterima Allah ta'ala.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. AW! Perlu banget download Quran best ! Selama ini baca Quran online saja aku terus download compass juga untuk arah qiblat. Di sini lebih lengkap ya .. alhaAlhamduli

    BalasHapus
  5. Oh quranbest namanya. HP saya satunya belum dipasang aplikasi quran nih, coba ah

    BalasHapus
  6. Supaya bisa khatam setidaknya sehari harus baca 1.5 juz ya mbak, karena Ada kepotong halangan.. kalau saya belum bisa sebanyak itu, yang penting rutin saja baca tiap hari, huhu

    BalasHapus
  7. Lengkap sekali ini Quranbest ya...all in one ada, praktis pula dibaca dimana saja.
    Menriknya ada Fitur Daily Activity User yang akan membantu kita dalam memilih surat atau ayat yang berhubungan dengan kehidupan, wah jadi kalau galau tentang satu hal tinggal lihat hukumnya di Quran
    Masya Allah!

    BalasHapus
  8. semoga khatam baca quran di bulan ramadan ini ya mbak...dan sharingnya berguna buat banyak orang.

    BalasHapus
  9. MasyaAllah, aplikasi yang lengkap banget nih...
    Gak cuma ada Quran online yang bisa dibaca dimanapun, ada arah kiblat juga.

    BalasHapus
  10. MasyaAllah, keren banget aplikasi QuranBest ini. Lengkap dengan tajwid Indonesia pula...Bisa dibaca dimanapun. Selain itu, lengkap juga dengan petunjuk arah kiblat

    BalasHapus
  11. Jatuh cinta pada pandangan pertama deh sama QuranBest ini. Begitu install dan buka, langsung kerasa nyamannya. Kayak baca versi cetak saja. Mana fiturnya banyak pula. Aku jadi belajar lagi soal tajwid. Smoga bacaanku bisa lebih baik.

    BalasHapus
  12. Wah.. jadi bisa baca Al-Quran dimanapun kapanpun ya mba..

    BalasHapus
  13. Praktis banget ini, cocok buat aku yg sering punya waktu idle tapi pendek2. Sekarang ibu2 pengajian juga kalau baca yasin dll bawaannya hp doang. Isinya dijamin sama dg Alquran cetak kan ya?

    BalasHapus
  14. Paling suka murrotalnya, apalagi anak saya masih kecil dan suka sekali ikut mendengarkannya.

    BalasHapus
  15. Fiturnya cakep, nih. Ada bookmark dan bisa mempermudah menghapal Al-Qur'an. Rada susah kalau nggak ada bookmark. Suka lupa sampai dimana ngaji terakhir. belum pernah coba aplikasi quranbest. Jadi pengen coba.

    BalasHapus
  16. Kayaknya lebih enak diunduh di tablet ya mba. Klo di hape koq aku tetep agak kurang jelas bacanya. Maklum layarnya kan cuma 5.5 inch. Mana mata udh mau peralihan ke campuran minus dan plus gini hehehe...
    Aku udah nyobain yang via hape dan intip2 fiturnya semua. Overall membantu banget lah kita untuk bisa tilawah di mana pun kita berada. Sukaaaa dengan app ini.

    BalasHapus
  17. Kalau ke mana aja bawa Al quran digital gini bisa cepat khatam ya, gak harus di rumah bacanya. Semoga dengan adanya aplikasi ini makin giat lagi beribadah

    BalasHapus
  18. Pengen install juga, fiturnya lengkap ya daripada aplikasi yang lugu akan.semoga bisa khatam juga aku Ramadan ini aamiin

    BalasHapus
  19. Wah, penting banget nih aplikasi ini ada di hp.. Scara emak2 milenial skrg suka kesana kemari bawa bayi. Susah kalo mau baca qur'an kalo ga ad aplikasi ini. Thanks infonya bund

    BalasHapus
  20. Masyaallah khatam al quran impian banget semenjak punya anak ada aja alasanku ga bisa khatam. Semoga pakai aplikasi jadi bisa khatam ya

    BalasHapus
  21. Lengkap ya fitur2 Quran Best ini mbak...
    MEmang saat Ramadan tu bikin semangat mengkhatamkan Al Quran. Apalagi kalau pakai aplikasi AL Quran,pastinya ya bisa dengan mudah bersentuhan dengan Al Quran (ngaji) di mana pun dan kapan pun

    BalasHapus
  22. Makasi tipsnya mak, sangat membantu untuk lebih rutin baca quran selama bulan puasa. Terlebih kalo aplikasinya menggunakan quran best

    BalasHapus
  23. Iya nih akupun dah undah tulisan arabnya bagus mudah d baca lumayan ini bisa tilawah sambil nunggu atau Naik kendaraan umum

    BalasHapus
  24. QuranBest, membuat saya lebihmudah mendengarkan murottal 30 juz dimana saja kapan saja, tanpa harus download.
    Senang sekali..
    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  25. Oke ini patut dicatet supaya bisa khatam di Ramadhan ini. Semangat.

    BalasHapus
  26. MasyaaAllah lengkap ya. Jadi ga ada alasan buat ngga mendekat sama Al Quran yah.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^