Kamis, 25 April 2019

Solusi Berwakaf Di Era Milenials


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Tahukah Anda kalau selain zakat dan sedekah, umat muslim berwakaf? Dulu, saat aku merintis membangun PAUD di desa suamiku, ada seseorang yang mewakafkan bangunannya untuk menjadi sekolah PAUD. Senang sekali rasanya sekolah PAUD yang kami rintis dapat berkembang hingga saat ini. Nah, apa itu wakaf?



Secara deskriptif, wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah. Hukumnya memang sunnah, tapi misinya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus menerus. 

Oiya, saat ini tak perlu khawatir dalam menyalurkan zakat. Ada Lembaga wakaf yang siap menyalurkan wakaf kepada para penerima wakaf. Salah satunya adalah Badan Wakaf Al-Quran (BWA).Badan Wakaf Al Qur'an adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP). BWA memiliki visi menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat dan Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim.


Sedangkan misi BWA yakni Menyalurkan Al Qur'an kedaerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, mengajarkan Al Qur'an dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf.

Project yang  tampilkan  BWA adalah untuk membantu komunitas dan individu yang membutuhkan, setiap komunitas dan individu memiliki keunikan persoalan dan solusinya. BWA hadir membantu mereka dalam project yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada desa yang membutuhkan air bersih dan hanya bisa diselesaikan dengan membuat sumur dalam, namun ada lokasi lain yang kebutuhan air bersihnya dipecahkan dengan pipanisasi dari mata air.

Individu dan komunitas yang ada dalam project BWA adalah riil, mereka ada dalam kehidupan nyata bukan sekedar model untuk promosi marketing. Berikut ini adalah delapan program unggulan BWA.


1.       Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an.




2.       Water Action for People

Adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.

3.       Tebar Cahaya Indonesia Terang

Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka. Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.




4.       Wakaf Khusus

Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil.

5.       Zakat Peer To Peer

100% zakat Anda diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional BWA. Lebih Manfaat dan sesuai Syariah.

6.       Indonesia Belajar

Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah.

7.       Wakaf Produktif

Dalam program ini, BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan. Kemudian, BWA dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya


8.       Sedekah Kemanusiaan

Sedekah Kemanusiaan Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal. Sedekah Kesehatan,  adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat.

Kehadiran BWA menjadi solusi untuk berwakaf di era digital seperti sekrang ini. Wakif atau calon wakif bisa berwakaf secara online dengan mengunjungi website BWA di www.wakafquran.org kemudian melihat project-procect yang sedang open donasi. Tak hanya melihat projectnya, kita juga bisa menlihat kondisi atau profil project wakaf secara rinci karena BWA memaparkan dari hadil survei yang rill.

15 komentar:

  1. Wakaf itu berarti tujuannya untuk "memodali" sarana yg produktif ya. Apakah wakaf itu harus berbentuk bangunan/tanah/sarana atau bisa dalam bentuk lain seperti uang, mbak?

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, dengan tujuan saling membantu, kita bisa membuat suasana kehidupan yang lebih baik. Berakaf juga lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
  3. jenis sedekahnya banyak, tinggal pilih
    keren ya
    kalau aku kayaknya tertarik dengan sedekah kemanusiaan

    BalasHapus
  4. Waqaf buat kita umat muslim sangat penting ya buat aset qt nanti setelah meninggal dunia..

    BalasHapus
  5. wakaf masih kurang populer dibanding infak dan sedekah padahal bentuk wakaf bisa menjadi sangat produktif, ya. trus pahalanya itu lho ngalir terus selama memberi manfaat.

    BalasHapus
  6. senang banget sekarang makin banyak metode berwakaf yg bisa kita laksanakan.. sebagai muslim, hal ini penting kita sambut baik..

    BalasHapus
  7. Oh ternyata wakafquran jg membantu dalam bidang kesehatan ya mbak?
    Wakaf ini istimewa krn pahalanya ngalir terus sampai kita meninggal...

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya pilihan untuk berwaqaf.. semoga bisa ikut aktif berpartisipasi dalam berwaqaf..

    BalasHapus
  9. Sekarang berwakaf sudah semakin mudah, apalagi wakaf ini bisa memberdayakan dan membantu umat ya

    BalasHapus
  10. Tinggal milih mau wakaf dan sedekah bentuk apa yah

    BalasHapus
  11. Informasi tentang wakaf ini sangat bermanfaat serta sangat membantu saya dan orgtua

    BalasHapus
  12. Selalu kagum sama orang yang ridha mewakafkan tanahnya utk ummat.

    Dengan perantaraan BWA jadi lebih mudah ya berwakaf, juga berzakat.

    BalasHapus
  13. Waqaf ternyta bukan hanya tanah Dan bangunan ya mba aku juga baru tahu ini bisa berwawaf dlam bentuk lainnya semoga bisa ya

    BalasHapus
  14. Barokallah dengan adanya BWA jadi semakin mudah kita berwakaf
    zaman yang canggih, ternyata memberikan kemudahan pula alhamdulillah

    BalasHapus
  15. dapat ilmu baru nih.. Alhamdulillah, semoga juga bisa diterapkan dalam kehidupan jugaa

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^