Jumat, 12 April 2019

Tips Menyamarkan Flek Hitam dengan Foundation



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sejak usia terus beranjak tua, flek di wajah semakin bertambah. Terkadang bikin rasa percaya diri menurun. Misal, kalau mau foto selfie pilih dulu angle yang pas biar flek di wajah enggak terlalu kelihatan. Apalagi kalau mau bikin video. Jangan sampai di zoom deh, fleknya sangat menganggu!  Emang sih sekarang sudah ada aplikasi wajah cantik dari smartphone, tapi jadi ingat kata teman, “Wajah itu bukan diedit, tapi dirawat!” okelah... wajah ini emang butuh dimanja deh hehe...

kebaya pernikahan
Mencoba  foundation khusus untuk make up pesta
Suatu hari aku menghadiri pesta pernikahan keponakan, kami didandan cantik banget. Asli bikin pangling lihat wajah sendiri. Kemudian, adik iparku cerita kalau itu wajahku dipakaikan foundation khusus untuk make up pesta. “Wah, ini jadi cantik banget, walau make upku minimalis loh!” ujarku takjub melihat cermin.

 “Iya, Mbk kalau pakai foundation itu bisa bikin wajah terlihat makin cantik dan tahan lama, tapi bisa make up secara natural juga loh!”

Nah, semakin penasaranlah aku mengenai foundation ini! Oiya Smart Mom, ada 2 jenis foundation, yaitu berbentuk cair dan padat. Untuk foundation cair, teksturnya cenderung kental dan pekat, sehingga mampu menutupi kekurangan pada wajah dengan baik. Jadi pantas dong banyak perempuan pakai foundation untuk ke pesta atau acara formal?

Aku sendiri memakai foundation untuk beberapa acara. Apalagi flek hitam di wajahku emang  perlu disamarkan hehe... agar makin percaya diri di depan kamera, ups! Untuk itu  ada Tips Pakai Foundation Agar Terlihat Natural :

1. Kenali Wajah
Sebelum memulai menggunakan foundation, kita kenali wajah kita. Yap, apakah sudah sehat belum? Wajah yang kusam kurang terawat perlu dirawat dengan rajin membersihkan wajah sebelum tidur atau menggunakan masker bahan alami.

foundation wardah

2. Pakai Pelembap
Untuk hasil yang bagus, sebaiknya sebelum pakai makeup menggunakan pelembap. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya, kalau foudationmu sering terlihat kering, maka coba gunakan produk yang melembabkan seperti kirim dengan konsistensi yang agak tebal. Aku sendiri memilih pakai pelembap dan foundation dengan dengan merk yang sama. Ya, ini aku lakukan karena wajahku lebih cocok. Namun, tidak menutup kemungkinan aku mencoba produk lain sih!

3. Pilih Foundation Cair
Kalau aku memilih foundation yang cair. Ingin berguna untuk tampilan makeup yang natural, sebab foundation cair lebih mudah dipakai meski berulang-ulang masih terlihat natural dan menyerupai kulit wajah kita.

4. Gunakan dengan Spon Basah
Ih enggak banget kalau pakai foundation jadi cakey deh. Untuk itu coba gunakan spon basah dengan air hangat dan diperas dulu dengan menggunakan tisu. Kemudian, ratakan foundationnya. 

Foundation Wardah yang aku pakai.

5. Agar Tidak Mengalami Foundation yang Cakey
Kalau ingin tetap natural, jangan gunakan foundation terlalu banyak. Saran dari MUA adalah less is more sebuah istilah dari make up.  Jadi emang lebih mudah menambahkan dibanding menghapus yang sudah diapikasikan di wajah. Selain itu, coba pilih foundation yang warna alas bedak sedikit lebih gelap dari waran kulit Anda. Warna yang lebih gelap akan membuat makeup terlihat lebih natural. Tapi, jika foundationnya terang, maka make upnya terlihat norak atau berlebihan.

Menyamarkan flek hitam dengan foundation tapi tetap natural :)

Nah, sahabat Smart Mom enggak bingung lagikan tampil cantik dengan menutup flek pakai foundation? Aku rekomendasikan juga buat belinya  di Shopee! Mungkin belum pada tahu, tapi di bulan April ini Shopee ikutan merayakan pesta demokrasi Indonesia dengan campaign #2019PilihShopee. Sahabat Smart Mom bisa belanja di Shopee dan dapat berbagai macam promo spesial, seperti Pasti Gratis Ongkir dengan minimal belanja Rp19 ribu, Pasti Cashback hingga Rp199 ribu, dan Pasti Serba 10 ribu!

Udah tahu kan, cara smart belanja dan pakai foundation? Yuk, share juga pengalaman kalian di kolom komentar!

5 komentar:

  1. Mbak cantik banget yang ada di acara pernikahan itu. Asli saya pangling

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh Bun, dengan memakai foundation. Flek hitam bisa tersamarkan

    BalasHapus
  3. Wah ternyata memakai foundation bisa menyamarkan flek hitam ya

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih informasinya. Sangat membantu nih Bun

    BalasHapus
  5. Dengan menggunakan foundation bisa tampil cantik natural ya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^